Kisah sukses Sophia Amoruso, pendiri Nasty Gal. Ini dia yang muda, yang berkarya dan memberikan inspirasi bagi dunia lewat bakatnya menjadi seorang pebisnis sukses.

Dialah Sophia Amoruso, si cantik jelita yang sukses lewat bisnis yang ia hasilkan dari kerja kerasnya melalui Nasty Gal, perusahaan pembuat pakaian. Simak kisah sukses Sophia Amoruso yang inspiratif melalui rubrik berikut ini.

Selamat membaca dan selamat terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Sophia Amoruso, Kreator Nasty Gal yang Sukses

Sophia Amoruso, dikenal sebagai seorang wanita cantik yang pandai dan kreatif dalam melakukan bisnisnya. Memulai kariernya yang cemerlang hanya dengan modal sebesar US$200 (Rp2.740.000), ia membuka sebuah toko jual beli baju bekas di e-bay.

Setelah perjalanan yang cukup singkat selama 5 tahun dalam mengembangkan bisnisnya tersebut, ia berhasil mengumpulkan keuntungan sebesar US$28 juta (Rp383,6 miliar).

Sebagai perusahaan yang dimulai dari titik nol, tentu ini adalah sebuah bisnis dengan laju kesuksesan yang cukup cepat. Tak heran jika Majalah Inc menyebutkan Nasty Gal sebagai salah salah satu perusahaan yang mengalami pertumbuhan yang cepat di tahun 2012.

Kisah Sukses Sophia Amoruso, Pendiri Nasty Gal 02 - Finansialku

[Baca Juga: Penuhi Kepuasan Pelanggan Dengan Mengenali Karakter Pelanggan Agar Strategi Promosi Berhasil]

 

Pada tahun 2016 yang lalu, majalah Forbes menganugerahi Sophia Amoruso sebagai salah satu dari CEO wanita terkaya dengan usahanya sendiri, dengan nilai perusahaan mencapai US$280 juta (Rp3,83 triliun).

Bahkan, kesuksesannya itu membuatnya disandingkan dengan Taylor Swift, wanita termuda dengan hasil karya usaha sendiri dan mampu meraih kesuksesan melalui penghasilan finansial yang sangat besar.

 

Meroketnya Keuntungan Nasty Gal Dipimpin Sophia Amoruso

Selama masa kepemimpinan Sophia Amoruso, sang wanita bertangan dingin asal Amerika Serikat kelahiran tahun 1983, Nasty Gal mengalami kesuksesan besar.

Dari tahun 2008 hingga tahun 2011, penjualan Nasty Gal meroket 10.160 (sepuluh ribu seratus enam puluh) persen, menjadikan Nasty Gal sebagai salah satu perusahaan ritel yang tumbuh paling cepat.

Pada tahun 2012, perusahaan tersebut melaporkan pendapatan lebih dari US$100 juta (Rp1,37 triliun), pendapatan yang terkumpul sebesar US$49 juta (Rp671,3 miliar) dari perusahaan modal ventura, Index Ventures – investor awal di Asos dan Net-a-Porter – dan hasil sewa lahan seluas 500.000 meter persegi.

 

Sophia Amoruso, Sang Mantan Pencuri

Tak disangka, jika kita melihat kehidupan Sophia Amoruso sebelumnya, ternyata dulunya ia pernah mencuri beberapa barang di sebuah toko.

Saat itu, Sophia Amoruso masih berusia 20 tahun dan ia menyatakan bahwa itu adalah pengalaman yang membuatnya berada di titik terendah dalam hidup.

Beruntungnya sang pemilik toko tidak memanggil polisi dan membuatnya masuk ke bui.

Dan pengalaman buruknya tersebut ia bukukan dalam buku karyanya seri pertama dari #GIRLBOSS 2014.

Kisah Sukses Sophia Amoruso, Pendiri Nasty Gal 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Menabung Usia 20 an yang Ga Bakal Lupa, Pasti Bisa Nabung, Terbukti 99% Berhasil]

 

Selain itu, ia juga pernah bergonta-ganti pekerjaan, seperti penjaga toko di sebuah outlet mall, bagian informasi di sebuah toko buku, bagian administrasi di sebuah perguruan tinggi bahkan sebagai tukang setrika baju pria di sebuah binatu, dan berbagai pekerjaan lainnya pernah ia lakoni.

 

Sophia Amoruso Resign – Pamor Nasty Gal Menurun

Pada bulan November 2016, tanpa kepala eksekutif aslinya, Sophia Amoruso, merek pakaian yang berbasis di Los Angeles mengajukan perlindungan kebangkrutan.

Beberapa vendor perusahaan mengklaim berhutang hingga US$100.000 (Rp1,37 miliar).

Pada Februari 2017, perusahaan pengecer online Boohoo.com membeli Nasty Gal seharga US$20 juta (Rp274 miliar).

 

Rilisnya Buku #GIRLBOSS Hingga Kisahnya dalam Film Netflix – Sophia Amoruso Semakin Tenar

Setelah mendirikan Nasty Gal sebagai e-tailer independen, pada tahun 2014 Sophia Amoruso menerbitkan buku biografinya berjudul #Girlboss.

Buku #GirlBoss merupakan New York best selling book yang ditulis sendiri oleh Sophia Amoruso, CEO dari Nastygal.com.

Buku yang bercerita tentang kisah sukses dari Sophia Amoruso ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Winner of the 2014 Goodreads Choice Award for Best Business Book.

Selain berisi tentang kehidupan dan kariernya, Sophia Amoruso juga mengupas berbagai tips bagi para wanita muda yang ingin sukses dan menjadi seorang CEO atau boss. Bukunya tersebut sangat menginspirasi dan sangat memotivasi para pembacanya, terutama para kaum hawa.

Kisah Sukses Sophia Amoruso, Pendiri Nasty Gal 04 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 11 Tips untuk Berhasil dalam Negosiasi Saat Membeli Properti #Part 2]

 

Melihat kesuksesan Sophia Amoruso melalui penjualan buku #Girlsboss karyanya yang menjadi best seller, kisahnya yang menginspirasi tersebut kemudian diadaptasi menjadi seri Netflix pada tahun 2017.

Disutradarai oleh Christian Ditter dan penulis Pitch Perfect, disamping Kay Cannon yang menjadi written and executive producer, Girlboss TV series sangat diminati bahkan ditunggu-tunggu setiap episodenya oleh mereka yang terinspirasi kisah hidup Sophia Amoruso.

Sophia Amoruso, Charlize Theron dan Laverne McKinnon of Denver & Delilah juga ikut serta dalam mengarahkan serial tersebut.

 

Belajar dari Kisah Sukses Sophia Amoruso

Melihat kisah suksesnya, banyak orang yang terinspirasi oleh kreativitas dan daya juangnya yang tinggi.

Berikut ini beberapa pembelajaran yang bisa kita petik dari kisah hidup seorang wanita karier berparas cantik yang pernah menjadi seorang pencuri di sebuah toko, namun kini lewat kesuksesannya mencuri perhatian dunia bisnis.

 

#1 Jadilah Diri Sendiri

“No matter where you are in life, you’ll save a lot of time by not worrying too much about what other people think about you. The earlier in your life that you can learn that, the easier the rest of it will be.” – Sophia Amoruso

“Di mana pun Anda berada dalam hidup, Anda akan menghemat banyak waktu dengan tidak terlalu mengkhawatirkan apa yang dipikirkan orang lain tentang Anda. Semakin awal dalam hidup Anda yang dapat Anda pelajari, semakin mudah sisanya.”

 

Sebelum mendulang kesuksesan, hidupnya sangat tak menentu. Ia sering bergonta-ganti pekerjaan.

Pengalamannya itu banyak mengajarkannya tentang bagaimana untuk terus bekerja keras, belajar untuk terus kreatif dalam berusaha dan tentu saja menjadi diri sendiri tanpa melihat pandangan orang lain tentangnya.

Hingga akhirnya ia menemukan sebuah jalan untuk sukses ketika menjual pakaian vintage di e-bay hanya dengan modal yang tak besar.

 

#2 Terus Melangkah Ke Depan

“Abandon anything about your life and habits that might be holding you back. Learn to create your own opportunities. Know that there is no finish line; fortune favors action. Race balls-out toward the extraordinary life that you’ve always dreamed of, or still haven’t had time to dream up. And prepare to have a hell of a lot of fun along the way.” – Sophia Amoruso

“Abaikan apa pun tentang kehidupan dan kebiasaan Anda yang mungkin menghambat Anda. Belajar untuk menciptakan peluang Anda sendiri. Ketahuilah bahwa tidak ada garis akhir; keberuntungan mendukung aksi. Berlombalah menuju kehidupan luar biasa yang selalu Anda impikan, atau masih belum sempat Anda impikan. Dan bersiaplah untuk bersenang-senang di sepanjang jalan menuju kesuksesan itu.”

 

Berada di bawah bayang-bayang pengalaman sebagai seorang pencuri tentu saja membuatnya tidak nyaman. Namun pengalaman yang membuatnya berada di titik paling bawah dalam hidupnya tidak membuat langkah kakinya terhenti.

Terus melangkah meski Anda pernah melakukan kesalahan, bahkan sebuah kesalahan terbesar sekalipun. Hidup ini belum berakhir, carilah kesempatan untuk terus maju.

 

#3 Lakukan Pekerjaan yang Hebat

“Each time you make a good decision or do something nice or take care of yourself; each time you show up to work and work hard and do your best at everything you can do, you’re planting seeds for a life that you can only hope will grow beyond your wildest dreams. Take care of the little things—even the little things that you hate—and treat them as promises to your own future. Soon you’ll see that fortune favors the bold who get shit done.” – Sophia Amoruso

“Setiap kali Anda membuat keputusan yang baik atau melakukan sesuatu yang baik atau merawat diri sendiri; setiap kali Anda muncul untuk bekerja dan bekerja keras dan melakukan yang terbaik dalam segala hal yang dapat Anda lakukan, Anda menanam benih untuk kehidupan yang hanya dapat Anda harapkan akan tumbuh melampaui impian terliar Anda. Jaga hal-hal kecil — bahkan hal-hal kecil yang Anda benci — dan perlakukan mereka sebagai janji untuk masa depan Anda sendiri. Anda akan segera melihat bahwa keberuntungan memihak pada para pemberani yang melakukan aksi gila mereka.”

 

Sebagai CEO Nasty Gal, Sophia Amoruso ingin agar para pelanggannya merasakan bahwa setiap pakaian yang mereka beli di Nasty Gal sangat pantas mereka dapatkan,

Bahkan dengan harga termurah sekalipun, para pelanggan dibuat untuk merasakan bahwa mereka sedang membeli pakaian dengan kualitas seharga jutaan dolar.

Sophia Amoruso berusaha untuk melakukan yang terbaik melalui pekerjaannya yang hebat itu.

 

#4 Tepati Janji Anda

“You don’t get what you don’t ask for.” – Sophia Amoruso

“Anda tidak mendapatkan apa yang tidak Anda minta.”

 

Tak jarang para pelanggan dari toko online yang kecewa dari barang yang mereka beli. Barang yang tidak sesuai dengan apa yang ditayangkan dalam wishlist, hingga barang yang tak kunjung datang atau barang yang tiba dalam keadaan yang tidak seharusnya.

Nasty Gal dibawah pimpinan Sophia Amoruso terus menjaga kualitas barang hingga di tangan para pelanggan.

Barang yang ditayangkan akan sama menakjubkannya ketika para pelanggan menerima dari bagian pos.

Ini akan membuat para pelanggan tidak hanya membeli hanya sekali saja, tetapi menjadi pelanggan setia yang memberikan rekomendasi kepada teman-teman atau kenalan mereka akan kepuasan berbelanja di Nasty Gal.

 

“Keep reminding yourself over and over that this is what you want, and you’ll soon find that the more you know what you want, the less you’re willing to put up with what you don’t.” – Sophia Amoruso

“Terus ingatkan diri sendiri berulang kali bahwa ini adalah apa yang Anda inginkan, dan Anda akan segera menemukan bahwa semakin Anda tahu apa yang Anda inginkan, semakin sedikit Anda bersedia menerima apa yang tidak Anda inginkan.”

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Jamie Friedlander. 12 September 2016. GIRLBOSS Sophia Amoruso Is the Most Successful Misfit You Know. Success.com – https://goo.gl/aVeWVe
  • Sophia Amoruso. 22 Mei 2014. 3 Rules of Success That Made Nasty Gal A $100 Million Business. Businessinsider.com – https://goo.gl/SDB8fM
  • Zameena Mejia. 6 November 2017. 3 Pieces of Career Advice Girlboss Founder and CEO Sophia Amoruso Wants You to Know. Cnbc.com – https://goo.gl/Lu82D4
  • Admin. Sophia Amoruso. Forbes.com – https://goo.gl/U5FTTW
  • Kim Gittleson. 19 Mei 2014. Nasty Gal’s Sophia Amoruso: ‘Shoplifting Saved My Life’. Bbc.com – https://goo.gl/mjLDPm
  • Business of Fashion. Sophia Amoruso. Businessoffashion.com – https://goo.gl/SNEAYW

 

Sumber Gambar:

  • Kisah Sukses Sophia Amoruso 01 – https://goo.gl/vJtDQj
  • Kisah Sukses Sophia Amoruso 02 – https://goo.gl/AqhzrF
  • Kisah Sukses Sophia Amoruso 03 – https://goo.gl/BG4CEn
  • Kisah Sukses Sophia Amoruso 04 – https://goo.gl/G7aVFQ

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang