Penuhi Kepuasan Pelanggan Dengan Mengenali Karakter Pelanggan Agar Strategi Promosi Berhasil

Setiap bisnis tentunya membutuhkan strategi promosi yang ampuh untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Tetapi setiap pelanggan memiliki karakter masing-masing dan tidak bisa disamakan begitu saja lho. Mari kita simak cara memenuhi kepuasan pelanggan dengan mengenali karakter pelanggan agar strategi promosi bisnis Anda berhasil.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Benarkah Pelanggan adalah Raja?

Dengan tingginya tingkat persaingan, kini semakin sulit membuat strategi promosi yang berpotensi tinggi untuk sukses. Banyak pesaing yang menawarkan harga lebih murah dengan kualitas yang lebih baik juga. Lalu bagaimana cara mengakalinya? Mudah saja, Anda dapat mengeksplor bisnis dari aspek lain selain produk atau jasa, yakni dari sisi pelanggan

Pelanggan merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis. Apa itu pelanggan? Secara umum, pelanggan diartikan sebagai:

Perseorangan atau kelompok yang mencari pemenuhan keperluan primer, sekunder atau tersier dengan cara menggunakan produk atau jasa yang disediakan oleh perseorangan atau kelompok lain melalui kegiatan transaksi jual-beli.

 

Tanpa pelanggan, bisnis Anda tidak mungkin memperoleh kesuksesan. Oleh karena itu, penting untuk membangun hubungan baik secara dua arah. Tujuannya adalah untuk memperoleh kepuasan pelanggan dengan menggunakan pendekatan yang tepat. Tetapi bagaimana caranya ya?

Penuhi Kepuasan Pelanggan Dengan Mengenali Karakter Pelanggan Agar Strategi Promosi Berhasil 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif Dan Efisien Dalam Bisnis Anda]

 

Hubungan antara bisnis dan pelanggan dapat dilakukan melalui pelayanan. Anda tentunya tahu bahwa karakteristik pelanggan berbeda-beda, sehingga dibutuhkan cara berbeda dalam melayani pelanggan. Selain karakter, pelanggan juga memiliki ekspektasi yang berbeda-beda terhadap produk atau jasa. Dengan demikian, benar jika dikatakan pelanggan adalah raja. Anda perlu mengenali pelanggan dan memberikan produk atau jasa yang melebihi ekspektasinya untuk memberikan kepuasan.

Melalui artikel ini, Finansialku akan mengajak Anda melihat berbagai karakter pelanggan sehingga Anda dapat membuat strategi promosi yang mampu memenuhi kepuasan pelanggan.

 

Karakter Pelanggan versi Finansialku

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap pelanggan memiliki karakteristik berbeda yang ditunjukkan melalui ekspektasi, tingkah laku, dan pola pikirnya. Melalui beberapa faktor tersebut, maka secara umum karakter pelanggan diklasifikasikan menjadi beberapa jenis yakni sebagai berikut:

 

Berdasarkan Tingkah Laku Pelanggan

Pelanggan tentunya memiliki tingkah laku yang berbeda-beda. Walaupun hanya berjumpa beberapa saat, Anda bisa mengenali sifat umum pelanggan melalui tingkah lakunya lho. Seperti apa saja sih perilaku pelanggan? Beberapa tingkah laku pelanggan adalah seperti pada poin-poin berikut ini:

Ini Manfaat Online Marketing untuk Bisnis Waralaba - Finansialku

[Baca Juga: Ini Manfaat Online Marketing untuk Bisnis Waralaba]

 

#1 Pelanggan Pendiam

Sangat jelas bahwa ciri utama pelanggan pendiam adalah tidak banyak bicara. Karena sedikit bicara, maka umumnya akan sulit memahami apa yang diinginkan pelanggan jenis ini. Walaupun tidak banyak bicara, pelanggan yang pendiam cenderung memiliki pendapatnya yang disimpan dalam hati.

Anda dapat menebak tingkat kepuasannya dengan melihat loyalitasnya. Jika ia sering kembali, maka besar kemungkinan ia telah menjadi salah satu pelanggan setia Anda. Jika ia tidak pernah kembali, pengalaman transaksinya tidaklah memuaskan walaupun ia tidak mengeluh sedikitpun. Pelanggan pendiam belum tentu berarti judes atau sombong lho. Namun memang mereka tidak pandai mengungkapkan atau mengekspresikan perasaannya.

 

#2 Pelanggan Cerewet

Berkebalikan dengan tipe pelanggan sebelumnya, pelanggan cerewet cenderung banyak bicara. Mereka akan tampak sangat aktif walaupun tidak mengenal Anda. Tetapi, cerewet belum tentu berkonotasi negatif karena mungkin saja mereka bermaksud baik namun memang terkadang gaya bicaranya berlebihan. Anda dapat memahami pelanggan cerewet dengan lebih mudah karena mereka cenderung mengungkapkan isi hatinya dengan mudah.

10 Cara Berwirausaha dan Pelajaran Entrepreneurship yang Perlu Anda Ketahui 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Berwirausaha dan Pelajaran Entrepreneurship yang Perlu Anda Ketahui]

 

#3 Pelanggan Bersahabat

Pelanggan yang bersahabat umumnya tidak menganggap Anda sebagai pramusaji, namun sebagai teman sehingga ia seringkali menggunakan gaya bahasa yang santai dan ringan. Pelanggan ini lebih senang situasi yang tidak formal dan intim.

Umumnya pelanggan bersahabat lebih sabar dan tidak suka membesar-besarkan masalah walaupun ada hal-hal yang tidak mengenakan. Pelanggan jenis ini juga biasanya akan lebih sabar dan tisak mudah marah.

 

#4 Pelanggan Tidak Bersahabat

Berbeda 180o dengan pelanggan bersahabat, pelanggan tipe ini senang mencari-cari kesalahan. Entah apa motif dan latar belakangnya, namun umumnya mereka sudah skeptikal dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Jenis pelanggan ini biasanya akan mengeluh atau meminta pelayanan lebih dari seharusnya. Beberapa ciri pelanggan tidak bersahabat adalah sebagai berikut:

  1. Tidak sabaran
  2. Suka membentak-bentak
  3. Sering membesar-besarkan masalah
  4. Tidak mau menerima pendapat orang lain

 

Akuntansi Manajemen yang Harus Dikuasai oleh Calon Pengusaha Sukses seperti Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Akuntansi Manajemen yang Harus Dikuasai oleh Calon Pengusaha Sukses seperti Anda]

 

Pelanggan tipe ini juga terkadang memang sengaja mencari masalah untuk menjatuhkan nama baik perusahaan Anda. Misalkan karena ada dendam atau mungkin ingin menjatuhkan nama Anda karena bisnisnya tersaingi. Sehingga jangan terpancing amarah oleh pelanggan seperti ini ya!

 

Berdasarkan Ekspektasinya terhadap Kualitas

Selain berdasarkan tingkah lakunya, pelanggan juga berbeda-beda ekspektasinya. Sebagai contoh, Anda dan teman Anda tentunya memiliki harapan berbeda saat mendatangi sebuah restoran. Anda mungkin mengharapkan makanan tradisional dengan harga terjangkau, tetapi teman Anda mengharapkan makanan ala barat dengan tempat yang mewah.

Beberapa sifat pelanggan dilihat dari ekspektasinya adalah sebagai berikut:

 

#5 Pelanggan Perfeksionis

Pernahkah Anda melihat pelanggan restoran yang membaca menu dengan saksama, memesan dengan banyak pertanyaan, kemudian mengecek setiap komponen makanannya mulai dari rasa, bentuk, ukuran, bahkan warnanya? Sebenarnya wajar jika pelanggan bertanya mengenai produk yang diminatinya. Ini menunjukkan sifat teliti dan perfeksionis, dimana ia mengharapkan segala sesuatunya sempurna seperti yang dibayangkan.

Pelanggan perfeksionis juga biasanya sudah sangat mengenal produk dan jasa yang ditawarkan termasuk kompetitornya, sehingga ia akan bertanya untuk memastikan seluruh informasi yang dimilikinya sebelum membeli. Jangan kaget jika ia meremehkan Anda saat Anda tidak memiliki pengetahuan produk yang kurang.

Cara Memulai Bisnis yang Perlu Anda Ketahui agar Sukses Menjadi Pengusaha 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Memulai Bisnis yang Perlu Anda Ketahui agar Sukses Menjadi Pengusaha]

 

#6 Pelanggan Setia atau Cuek

Berbeda dengan pelanggan perfeksionis, pelanggan ini biasanya tidak mementingkan hal-hal kecil. Ia mungkin kerap datang hanya karena menyukai produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan kata lain, apabila terjadi sesuatu yang salah atau tidak mengenakan, masih ada peluang ia akan tetap menjadi langganan.

Desain ruangan atau harga tidak terlalu mempengaruhinya, karena tujuannya datang hanya untuk memenuhi kerinduannya terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Pelanggan jenis ini biasanya tidak banyak bertanya dan cepat menentukan pilihan.

 

Berdasarkan Pola Transaksinya

Nah, ini dia karakteristik pelanggan yang sangat mudah dilihat. Karena Anda berfungsi sebagai penjual, tentunya sifat pelanggan akan ditunjukkan oleh pola transaksinya. Yuk kita lihat sifat-sifat pelanggan dalam bertransaksi:

 

#7 Pelanggan Hemat

Pelanggan yang hemat akan selalu memperhitungkan plus minus dari seluruh transaksinya. Oleh karena itu, ia cenderung sering membanding-bandingkan untuk memperoleh nilai lebih atau untuk memperoleh sedikit potongan harga. Karena ingin berhemat, pelanggan jenis ini juga sangat teliti, terutama bila ada tulisan promo di pintu toko Anda. Ia akan mencari celah di balik seluruh syarat dan ketentuan yang sudah diterapkan oleh toko.

 

#8 Pelanggan Arogan

Pelanggan arogan biasanya bangga dengan dirinya sendiri dan senang memamerkan kemampuannya. Jenis pelanggan ini tidak terlalu memperhatikan harga dan kualitas, namun lebih mementingkan harga diri dalam bertransaksi.

10 Fakta Unik tentang Kecerdasan Emosional yang Mungkin Tidak Diketahui Para Entrepreneur 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Fakta Unik tentang Kecerdasan Emosional yang Mungkin Tidak Diketahui Para Entrepreneur]

 

Sebagai contoh, jika ada dua produk serupa dengan kualitas yang sama namun harganya berbeda, mungkin saja ia membeli produk yang lebih mahal hanya untuk memamerkan kekayaannya. Pelanggan seperti inilah yang mudah dipengaruhi dan cenderung melakukan pembelian impulsif sehingga digemari penjual atau pramusaji.

 

Pelayanan yang Tepat Sesuai Karakter Pelanggan

Nah, setelah Anda mengetahui jenis-jenis pelanggan berdasarkan karakteristiknya, kini saatnya mengatur strategi promosi atau pelayanan yang tepat bagi tiap-tiap pelanggan. Finansialku menyiapkan beberapa tips melayani pelanggan sesuai dengan karakternya sebagai berikut:

NoJenis Pelanggan berdasarkan KarakternyaTips Pelayanan yang Sesuai
1Pelanggan Pendiam
  • Lebih banyak bicara dan sedikit mendengar
  • Inisiatif memulai pembicaraan dengan topik yang ringan
  • Lebih banyak bertanya untuk menghindari kesalahpahaman
2Pelanggan Cerewet
  • Menjadi pendengar yang baik
  • Dengarkan pembicaraan hingga titik tertentu lalu alihkan pembicaraan secara perlahan kepada topik atau inti pembicaraan (jangan memotong perkataannya di tengah-tengah)
  • Gunakan bahasa sopan untuk mengalihkan pembicaraan
3Pelanggan Bersahabat
  • Gunakan bahasa yang ringan dan santai
  • Jangan bersikap terlalu formal
  • Lakukan pendekatan yang intim layaknya sahabat
4Pelanggan Tidak Bersahabat
  • Sikapi dengan tegas dan jelas
  • Gunakan bahasa sopan dan sikap formal
  • Layani dengan teliti untuk menghindari kesalahan
  • Jangan mudah terpancing amarah
  • Jangan ragu untuk menggunakan jalur hukum jika dibutuhkan
5Pelanggan Perfeksionis
  • Pelajari produk atau jasa termasuk seluruh informasi mengenai kompetitor
  • Pastikan kemampuan presentasi Anda baik
  • Berikan pelayanan dengan detil dan terperinci
  • Jawablah setiap pertanyaan dengan benar
  • Sikapilah dengan sabar
6Pelanggan Setia atau Cuek
  • Lakukan pendekatan yang santai layaknya sahabat
  • Tetap berikan pelayanan yang baik
7Pelanggan Hemat
  • Berikan penjelasan dan harga yang jelas dan terperinci
  • Sampaikan setiap manfaat dan fungsi dari setiap produk atau jasa
  • Jangan mengabaikan perhitungan atau ketentuan walau sedikit, karena mereka akan menilai setiap rupiah yang mereka keluarkan
8Pelanggan Arogan
  • Berikan informasi produk secara menyeluruh dan biarkan mereka memilih sesuai keinginannya
  • Biarkan mereka bicara sesuka hatinya
  • Berikan pujian mengenai dirinya atau hal yang mereka banggakan
  • Berikan rayuan agar mempengaruhi mereka untuk membeli produk

 

Meraih Kesuksesan dengan Mengenal Karakter Pelanggan

Setelah membaca artikel tersebut, tentunya Anda memperoleh pencerahan mengenai cara mengatur strategi pemasaran sesuai dengan karakter pelanggan bukan? Jika masih bingung, tempatkanlah diri Anda sebagai pelanggan.

Tentunya tidak peduli sebaik apapun produk atau jasa yang ditawarkan, pelanggan tidak akan membelinya jika pelayanannya buruk. Mementingkan produk dan jasa itu harus, namun jangan sepelekan aspek pelanggan dalam strategi pemasaran Anda ya!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai strategi promosi yang dapat memenuhi kepuasan pelanggan sesuai dengan karakternya?Atau Anda mengetahui karakter pelanggan yang belum tertera di atas? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Firman Ilkha. 25 Oktober 2013. Cara Mengenal Karakter Pelanggan. Zahiraccounting.com – https://goo.gl/d29YWg
  • Yeaind. 30 Juli 2013. 6 Tipe Konsumen Dan Cara Melayaninya. Yea-indonesia.com – https://goo.gl/AN4cUw
  • Dillashop. 18 September 2013. Tips Melayani Pelanggan Dengan Berbagai Karakter. Dillashop.com – https://goo.gl/a7SjwW
  • Akbar. 15 Juni 2017. Sebelum Bikin Strategi Promosi, Simak Nih 6 Karakter Pelanggan yang Wajib Kamu Ketahui. Duitpintar.com – https://goo.gl/QsmcR8

 

Sumber Gambar:

  • Strategi Promosi – https://goo.gl/FhKMxt
  • Pelanggan – https://goo.gl/tYZQep

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By |2017-08-07T17:10:48+00:00July 15th, 2017|Categories: Bisnis, Entrepreneur|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment