Akuntansi manajemen apa yang harus dikuasai oleh calon pengusaha sukses? Persaingan bisnis saat ini terjadi begitu ketatnya. Dampak persaingan yang terjadi memicu perusahaan untuk meningkatkan manfaat produk kepada pelanggan melalui inovasi. Dalam peningkatan inovasi ini seringkali menimbulkan peningkatan biaya karena aktivitas yang dilakukan perusahaan sehingga perusahaan sangat memerlukan efisiensi di dalamnya.

 

Rubrik Finansialku
Rubrik Finansialku Start It Up

 

Akuntansi Manajemen yang Harus Dikuasai Calon Pengusaha Sukses

Akuntansi manajemen sangat penting bagi perusahaan karena melalui akuntansi manajemen, perusahaan bisa menjalankan kinerjanya dengan maksimal. Bisa dibayangkan jika sebuah perusahaan tidak memiliki akuntansi manajemen yang dijadikan sebagai sarana untuk mengolah dan mengontrol serta mengendalikan manajemen perusahaan. Hal ini akan membuat perusahaan tidak akan berjalan sesuai dengan yang ditargetkan sebelumnya. Mengelola manajemen sebuah perusahaan sangat penting supaya perusahaan memiliki acuan dan pegangan sehingga tidak melenceng dari apa yang sudah ditetapkan.

Akuntansi Manajemen yang Harus Dikuasai oleh Calon Pengusaha Sukses seperti Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ilmu Dasar Manajemen untuk Karir dan Kesejahteraan Keuangan]

 

Salah langkah dalam pengambilan keputusan perusahaan akan mengalami kerugian yang bisa berakibat buruk bagi jalannya roda perusahaan. Keputusan yang diambil oleh pihak manajemen berdasarkan laporan dalam akuntansi manajemen menjadi kunci utama apakah bisa mengontrol dan memonitor semua komponen dan bagian penting dalam perusahaan. Oleh karena itulah, mengapa mempelajari dan menguasai akuntansi manajemen bagi perusahaan itu hukumnya adalah wajib.

 

#1 Menyusun Anggaran

Para pengusaha dapat menggunakan informasi akuntansi manajemen untuk merencanakan bisnis mereka. Dengan membangun anggaran, sebaiknya dengan memiliki masukan dari tim manajemen dan karyawan, pemilik dapat memperkirakan saldo tunai dan persediaan sepanjang tahun.

Selanjutnya, anggaran dapat memproyeksikan jumlah jam kerja yang dibutuhkan untuk produksi. Hal ini memberi pemilik wawasan tentang kebutuhan perekrutan sepanjang tahun. Salah satu penggunaan anggaran yang paling kuat adalah penetapan tujuan. Dengan membuat tolak ukur anggaran, para pemilik dapat memotivasi karyawan untuk mencapai lebih baik dari tahun ke tahun. 

Ini 5 Cara untuk ‘Mengelabui’ Anggaran Anda Agar Selalu Berjalan Sesuai Rencana 2 - Finansialku

[Baca Juga: Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini]

 

Anggaran yang disusun dapat berupa anggaran operasi (seperti anggaran penjualan, produksi, pembelian bahan, tenaga kerja, overhead, beban penjualan dan administrasi, persediaan akhir serta harga pokok penjualan) dan anggaran keuangan (seperti anggaran arus kas, neraca, dan pengeluaran modal). Anggaran kinerja karyawan.

 

#2 Melakukan Analisis Cost Volume Profit (CVP)

Analisis biaya volume laba (CVP) merupakan suatu alat yang sangat berguna untuk perencanaan laba dan pengambilan keputusan. Karena cost volume profit menekankan keterkaitan antara biaya, kuantitas yang terjual dan harga, maka semua informasi keuangan perusahaan terkandung di dalamnya. Analisis cost volume profit menekankan hubungan antara biaya, volume (kuantitas penjualan) dan harga jual. Analisis cost volume profit analysis juga merupakan alat yang berguna untuk mengindentifikasi permasalahan yang berhubungan dengan perencanaan penjualan dan membantu perusahaan dalam memecahkan masalah tersebut.

Kesalahan Umum dalam Membuat Anggaran dan Cara Memperbaikinya

[Baca Juga: Ini 10 Pertanyaan Manajemen Keuangan yang Harus Anda Bicarakan dengan Pasangan]

 

Dalam analisis cost volume profit sangat membutuhkan penentuan titik impas atau break even point. Selain itu, titik impas sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk melakukan berbagai analisis. Sebagai contoh, apabila perusahaan ingin mengetahui dampak yang akan terjadi terhadap pendapatan, biaya dan laba sebagai akibat dari perubahan volume penjualan, maka manajemen perusahaan perlu mengetahui titik impas dalam unit penjualan.

Untuk menemukan titik impas dalam penjualan, manajemen harus berfokus pada perhitungan laba operasi (operating income). Langkah selanjutnya adalah menentukan jumlah unit yang seharusnya dijual untuk mendapatkan laba yang ditargetkan (targeted profit).

 

#3 Pengambilan Keputusan Taktis

Salah satu kegunaan terbaik dari informasi akuntansi manajemen adalah membantu membuat keputusan berdasarkan data. Pemilik usaha perlu memutuskan produk apa yang akan dijual, berapa biaya, apa yang harus dipasarkan dan bagaimana cara memperluas, di antara banyak keputusan lainnya. Meskipun ada tempat dalam bisnis untuk menemukan firasat, dengan memeriksa informasi akuntansi manajemen, pemilik dan manajer secara sistematis dapat mengevaluasi alternatif keputusan.

Membuat Anggaran dan Catatan Pengeluaran - Perencana Keuangan Indpenden Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Ini Manfaat Kursus Manajemen Keuangan bagi Karier Anda]

 

Langkah-langkah dalam pengambilan keputusan taktis adalah:

  • Mengenali dan mendefinisikan masalah yang spesifik, misalnya kebutuhan tambahan ruangan untuk gudang, kantor, alasan kebutuhan dan bagaimana tambahan ruangan itu akan dimanfaatkan.
  • Identifikasikan setiap alternatif sebagai solusi yang layak atas masalah tersebut dan eliminasi alternatif yang secara nyata tidak layak.
  • Identifikasikan biaya dan manfaat sebagai relevan atau tidak relevan, serta eliminasikanlah biaya dan manfaat yang tidak relevan dari pertimbangan.
  • Hitunglah total biaya dan manfaat yang relevan dari masing-masing alternatif.
  • Nilailah faktor-faktor kualitatif.
  • Pilihlah alternatif yang menawarkan manfaat terbesar secara keseluruhan

 

#4 Pemilihan Sistem Pembebanan Biaya yang Tepat untuk Penentuan Harga Jual

Salah satu keputusan yang paling sulit yang dihadapi oleh perusahaan adalah mengenai penetapan harga (pricing). Pendapatan yang terima perusahaan harus dapat menutup biaya perusahaan untuk memperoleh laba, maka yang harus dilakukan adalah menetapkan biaya lebih dahulu baru menetapkan harga. Perusahaan menghitung biaya produk dan kemudian menambah laba yang diinginkan.

Konsultasi Bagaimana Cara Agar Tidak Lupa Membuat Catatan Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Agar Tidak Lupa Membuat Catatan Keuangan?]

 

Penetapan harga dapat dilakukan dengan penetapan harga dengan melakukan perhitungan biaya target (target costing) adalah suatu metode penentuan biaya produk atau jasa berdasarkan harga (harga target) yang pelanggan bersedia membayar.

Umumnya perusahaan menetapkan suatu harga produk baru sebagai penjumlahan dari biaya dan laba yang diinginkan. Perhitungan biaya target merupakan metode terbalik dari harga untuk menentukan biaya. Departemen biaya menetapkan karakteristik dan harga produk yang paling diterima pelanggan, selanjutnya tugas teknisi perusahaan untuk mendesain serta mengembangkan produk sedemikian rupa sehingga biaya dan laba dapat ditutup dengan harga.

 

#5 Mengontrol

Begitu rencana dibuat, pemilik menggunakan informasi akuntansi manajemen untuk mengendalikan bisnis. Dengan menghasilkan laporan kinerja, pemilik dapat mengetahui dimana bisnis berkinerja baik dan dimana mengalihkan usaha untuk mengendalikan kegiatan yang tidak memuaskan. Dalam usaha kecil yang memisahkan fungsi kepemilikan dan pengelolaan, pemilik dapat menggunakan laporan kinerja untuk mengawasi bisnis tanpa terlibat dalam operasi sehari-hari. Hal ini memungkinkan pemiliknya untuk melakukan investasi lain atau mengelola perusahaan lain.

Mudah! Cara Mengurus Keuangan Berdasarkan Psikologi Kepribadian 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mudah! Cara Mengurus Keuangan Berdasarkan Psikologi Kepribadian]

 

#6 Evaluasi Manajemen

Bagi pemilik yang tidak mengelola bisnis mereka, informasi akuntansi manajemen dapat digunakan untuk mengevaluasi manajer bisnis. Balance scorecard menggunakan data keuangan dan non keuangan untuk memberikan cara untuk mengevaluasi kinerja sambil mempertimbangkan keuntungan, namun tidak menjadikannya keseluruhan fokus evaluasi. Sistem akuntansi manajemen unik karena mereka akan memberikan informasi keuangan, seperti yang diharapkan, namun juga dapat dikonfigurasikan untuk menyediakan informasi non keuangan juga.

 

Akuntansi Manajemen Perlu Anda Kuasai Sebagai Calon Pengusaha Sukses

Setelah Anda membaca ke-6 bagian penjelasan sebelumnya, akuntansi manajemen memang perlu dan sangat penting bagi Anda kuasai sebagai calon pengusaha sukses di sebuah perusahaan. Hal ini akan membuat Anda dapat menggerakkan roda perusahaan agar kinerja perusahaan menjadi maksimal.

 

Menurut Anda, seberapa penting akuntansi manajemen bagi perusahaan Anda? Berikan komentar dan alasan Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • John Freedman. How is Managerial Accounting Used in Business Ownership. Yourbusiness.azcentral.com – https://goo.gl/bAuPZ4
  • John Freedman. Why Management Accounting is Important in Decision-Making. Smallbusiness.chron.com – https://goo.gl/DZeDdJ
  • Hansen Mowen. 2006. Management Accounting. Edisi 7 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat
  • Hansen Mowen. 2006. Management Accounting. Edisi 7 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat
  • Garrsion, RH, EW Norren dan PC Brewer. 2009. Managerial Accounting. Singapore: McGraw-Hill Companies Inc.

 

Sumber Gambar:

  • Pengusaha Sukses – https://goo.gl/7cNnxJ
  • Coaching – https://goo.gl/exJk8t

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana