Artikel ini akan membahas cara-cara mengurus keuangan berdasarkan psikologi kepribadian masing-masing orang. Dengan mengetahui karakter Anda dan cara mengurus keuangan sesuai dengan karakter Anda maka kondisi finansial Anda akan lebih efektif dan efisien.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Psikologi Kepribadian

Salah satu tes kepribadian yang dapat Anda ikuti untuk menentukan kepribadian Anda adalah The Myers-Briggs atau yang sering dikenal dengan nama Tes MBTI (Myers Briggs Type Indicator). Tes ini membaca kepribadian seseorang melalui cara orang tersebut membuat keputusan dan menilai sesuatu.

Tes MBTI terdiri dari 4 dimensi utama yang masing-masing terdiri dari sifat yang berlawanan (dikotomi), yaitu:

  • Orientasi Energi: Extrovert (E) vs. Introvert (I)
  • Pengelolaan Informasi: Sensing (S) vs. Intuition (N)
  • Pengambilan Keputusan: Thinking (T) vs. Feeling (F)
  • Orientasi pada Struktur: Judging (J) vs. Perceiving (P)

 

Mudah! Cara Mengurus Keuangan Berdasarkan Psikologi Kepribadian 02 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Langkah Keuangan agar Hidup Kaya Sebagai Single Moms]

 

Biasanya seseorang yang telah mengikuti tes ini akan mendapatkan empat huruf dari keempat dimensi tersebut. Empat huruf tersebut akan menentukan tipe kepribadian Anda. Total tipe kepribadian yang dihasilkan dari tes MBTI ini adalah 16 tipe, yaitu:

  1. ENFJ (The Teacher / The Giver)
  2. ENFP (The Champion / The Inspirer) 
  3. ENTJ (The Commander / The Executive)
  4. ENTP (The Visionary / The Innovator) 
  5. ISFJ (The Protector / The Nurturer)
  6. ISFP (The Composer / The Artist) 
  7. ISTJ (The Inspector / The Duty Fulfiller)
  8. ISTP (The Craftsman / The Mechanic)
  9. ESFJ (The Provider / The Caregiver) 
  10. ESFP (The Performer / The Entertainer) 
  11. ESTJ (The Supervisor / The Overseer) 
  12. ESTP (The Dynamo / The Doer) 
  13. INFJ (The Counselor / The Protector) 
  14. INFP (The Healer / The Idealist) 
  15. INTJ (The Mastermind / The Scientist) 
  16. INTP (The Architect / The Thinker)

 

Mudah! Cara Mengurus Keuangan Berdasarkan Psikologi Kepribadian 03 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Para Pengatur Keuangan Keluarga, Hindari 6 Hal Ini Agar Keuangan Tidak Berantakan]

 

4 Tipe Kepribadian Keuangan

Walaupun terdapat 16 tipe kepribadian yang berbeda, dari segi finansial, hanya ada 4 tipe kategori. Dalam kategori ini, orientasi energi tidak terlalu berpengaruh pada kebiasaan Anda menghabiskan uang. Berikut adalah 4 kategori kepribadian keuangan seseorang serta pembahasannya:

  • Pelindung (The Protector) – ESTJ, ISFJ ESFJ dan ISTJ
  • Perencana (The Planner) – ENTJ, INTJ, ENTP dan INTP
  • Penyenang (The Pleaser) – ENFJ, INFJ, ENFP dan INFP
  • Pemain (The Player) – ESTP, ISTP, ESFP dan ISFP

 

Kerja 11 Bulan, Libur 1 Bulan Full, Yakin Rencana Keuangan Anda Sudah Siap 02 - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Time Value of Money atau Nilai Uang Atas Waktu Adalah]

 

#1 Pelindung (The Protector) – ESTJ, ISFJ ESFJ dan ISTJ

Grup ini ditandai dengan kepribadian Judging (J) atau ‘menghakimi’. Biasanya orang yang memiliki sifat ini memiliki gaya hidup yang lebih terstruktur karena mereka yang menentukan bagaimana hidup mereka. Anda menghabiskan waktu yang cukup banyak untuk mendapatkan pilihan terbaik dari seluruh pilihan yang Anda miliki.

Dari keempat karakter yang ada di grup ini, ISFJ adalah yang paling hemat, kemudian diikuti oleh karakter ISTJ. Tentunya orang dengan sifat seperti ini akan sangat berhati-hati dalam mengurus keuangannya, mereka cenderung lebih konservatif. Akan tetapi, kekurangannya adalah mereka tidak dapat menentukan keputusan secara instan. Jika Anda harus menentukan tujuan dengan cepat, kembalilah pada pilihan yang Anda miliki dan berikan keputusan Anda dengan segera.

Miliki Karakter ini Demi Meraih Kesuksesan Hidup dan Kesuksesan Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Miliki Karakter ini Demi Meraih Kesuksesan Hidup dan Kesuksesan Keuangan]

 

#2 Perencana (The Planner) – ENTJ, INTJ, ENTP dan INTP

Sesuai dengan namanya, orang dengan sifat ini akan cenderung merencanakan sesuatu beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun sebelumnya. Spesialisasi dari grup ini adalah Intuition (N) yang mana mereka cenderung mengelola informasi dengan pemikiran yang terkonsep dan berpola. Kemungkinan besar, Anda memiliki portfolio investasi yang bagus dan teman Anda meminta nasihat keuangan dari Anda.

Kekurangan dari orang dengan sifat seperti ini adalah mereka terlalu fokus dengan gambar besar dan mereka melihat sesuatu secara jangka panjang. Ini berarti terdapat kemungkinan mereka melewatkan kesempatan investasi jangka pendek. Berikan sedikit waktu untuk memperhatikan kejadian yang terjadi di sekitar Anda, atau Anda akan kehilangan kesempatan gambaran besar yang menguntungkan.

 

#3 Penyenang (The Pleaser) – ENFJ, INFJ, ENFP dan INFP

Jika Anda mempunyai sifat seperti ini, mungkin Anda sering menyadari bahwa Anda lebih sering menghabiskan uang Anda untuk orang lain dibandingkan diri Anda sendiri. Memang tidak ada salahnya menghabiskan uang untuk orang-orang yang Anda sayangi, akan tetapi, Anda harus menyesuaikannya dengan kemampuan Anda.

Sifat di kategori ini lebih fokus dengan Feeling (F), Anda mengeluarkan uang dengan empati dan melibatkan perasaan Anda. Hal seperti ini dapat dimanfaatkan oleh teman Anda yang bermaksud jahat. Karena Anda terlalu mementingkan perasaan, Anda akan cenderung membelanjakan mereka sesuatu yang sebenarnya Anda tidak sanggup. Pastikan bahwa Anda menghabiskan uang Anda untuk seseorang yang benar-benar layak dan membutuhkannya.

6 Cara Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga 3 - Finansialku

[Baca Juga: Slide: 6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Bisa Anda Praktikkan!]

 

#4 Pemain (The Player) – ESTP, ISTP, ESFP dan ISFP

Karakter utama pada kategori ini adalah Perceiving (P), seseorang yang lebih fleksibel, mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan bersifat terbuka. Mereka lebih cenderung bebas dan santai dan tidak memiliki banyak rencana. Untuk orang yang memiliki kepribadian ini, uang sama dengan kebebasan.

Karena Anda adalah pribadi yang impulsif dan penuh dengan energi, gaya Anda menghabiskan uang pun mengikutinya. Mungkin cara Anda menghadapi hidup adalah cara yang menyenangkan, tetapi tentu saja dalam segi keuangan, Anda dapat dinilai tidak bertanggung jawab.

Orang yang memiliki sikap ini tidak pernah atau jarang memikirkan situasi jangka panjang. Kebanyakan kepribadian ‘pemain’ adalah seseorang yang boros. Tentunya untuk mengubah kondisi finansial Anda menjadi lebih baik, Anda harus mencoba untuk menahan hasrat belanja dan lebih berencana.

 

Gunakan Uang dengan Bijak

Dengan mengerti cara mengurus keuangan melalui tes kepribadian ini, seseorang dapat memanfaatkan potensi positif dan mengurangi kekurangan yang mungkin terjadi. Tentunya masing-masing kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangannya, yang terpenting adalah sikap Anda dalam membelanjakan uang. Tanggung jawab dan bijak terhadap finansial Anda adalah kunci untuk mengurus keuangan dengan benar.

 

Apakah Anda pernah mengikuti Tes MBTI dan jika pernah, apa hasilnya? Di kategori manakah sifat Anda mengurusi keuangan? Setelah Anda memahami karakter Anda dengan lebih baik, berusahalah untuk memperbaiki sisi negatif Anda dan mempertahankan sisi positif Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Anum Yoon. Your Money Habits Based on Your Myers-Briggs Personality Type. Singlemomsincome.com – https://goo.gl/acy5oi
  • Si Mbah. 11 November 2014. Pengertian Apa Itu Tes Kepribadian MBTI. Si-pedia.com – https://goo.gl/KOKApB

 

Sumber Gambar:

  • Uang dan Psikologi Kepribadian – https://goo.gl/9J72ov
  • MBTI – https://goo.gl/yt35RQ dan https://goo.gl/VJ6dFV

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana