Ada 7 karakter yang perlu Anda miliki untuk meraih sebuah kesuksesan yang menjadi impian banyak orang. Berikut ini pemaparannya oleh Tim Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Sukses Merupakan Impian Semua Orang

Siapa yang tidak mau mencapai kesuksesan, kebutuhan tercukupi bahkan berlebih sehingga dapat memberi kepada orang yang memerlukan. Namun untuk meraih kesuksesan tidaklah mudah, seringkali banyak orang yang tidak tahan uji dan enggan mengalami proses yang harus dijalani untuk meraih kesuksesan yang dia impikan.

Terkadang kita terinspirasi oleh orang-orang yang sukses dan terkagum akan keberhasilan yang mereka raih. Namun dibalik keberhasilan mereka, sesungguhnya mereka telah mengalami jatuh bangun dan rasa sakit sebagai suatu harga yang harus dibayar atas kesuksesan yang saat ini mereka rasakan.

Miliki Karakter ini Demi Meraih Kesuksesan Hidup dan Kesuksesan Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan untuk First Jobber dan Karyawan]

 

Tahukah Anda bahwa dalam proses menuju kesuksesan, dibutuhkan semangat, kerja keras dan tentu saja fondasi karakter dalam diri yang teruji. Kali ini Tim Finansialku akan membahas berbagai karakter yang perlu Anda ketahui dan bahkan perlu Anda miliki apabila Anda mengejar sebuah kesuksesan. Berikut ini pemaparannya.

 

#1 Selalu Ingin Belajar

Hidup ini adalah suatu pembelajaran yang tidak akan pernah ada habisnya. Semakin Anda belajar, semakin Anda tidak mengetahui banyak hal dan semakin Anda ingin terus belajar. Karakter ini perlu dimiliki oleh seseorang yang ingin mengejar kesuksesan.

Dengan sifat ingin terus belajar, hal ini membuatnya memiliki pikiran yang terbuka terhadap saran, nasihat dan perubahan yang mengarah kepada peningkatan dan kebaikan.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#2 Percaya Diri dan Bangga akan Kemampuan yang Dimiliki

Rasa rendah diri dapat membuat seseorang menjadi kurang bersemangat dalam meraih mimpi. Kepercayaan diri perlu ditingkatkan untuk dapat meraih keberhasilan demi keberhasilan hal ini erat kaitannya dengan memiliki keyakinan akan kemampuan yang dimiliki.

Apabila seseorang yakin dapat menyelesaikan suatu permasalahan dengan kemampuannya maka dia memiliki kepercayaan diri yang tidak diragukan lagi.

Namun kepercayaan diri ini juga perlu diimbangi dengan sikap rendah hati untuk mau mendengarkan masukan agar tidak jatuh karena kepercayaan diri yang menyimpang menjadi kesombongan hati.

Praktikkan 8 Kiat Sukses Menjadi Karyawan Teladan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Praktikkan 8 Kiat Sukses Menjadi Karyawan Teladan]

 

#3 Pantang Menyerah dan Berani Ambil Risiko

Ketika dihadapkan pada suatu masalah yang cenderung menuju kepada jalan buntu, seorang yang pantang menyerah akan selalu berjuang dengan pemikirannya yang kreatif dan percaya diri bahwa dia dapat melewatinya dengan baik melalui setiap risiko yang harus diambil guna meraih kesuksesan yang akan dicapai di kemudian hari.

Dalam kehidupan, risiko akan selalu ada ketika kita mengambil sebuah keputusan. Bahkan ketika kita tidak mengambil sebuah keputusan pun, kita sedang menghadapi risiko. Hanya orang yang berani mengambil risiko dan tentu saja mengedepankan logika dan kreativitas tinggi dapat menjadi pribadi yang sukses di kemudian hari.

 

#4 Inisiatif dan Berkomitmen

Inisiatif adalah rasa ingin melakukan sesuatu tanpa harus diminta atau dipaksa untuk melakukannya. Anda melakukannya berdasarkan rasa suka dan cinta. Saat melakukannya Anda merasa bahagia. Bila Anda sudah memiliki hal tersebut maka akan lebih memudahkan Anda untuk mencapai impian Anda yang lain.

Tidak hanya berangan-angan, orang yang sukses akan langsung melakukan action untuk mencapai impian mereka. Dengan melakukan action akan lebih memudahkan mereka mengetahui seberapa jauh mereka telah mencapai perjalanan. Apakah perlu melakukan strategi yang berbeda atau perlu mengurangi upaya yang tidak dibutuhkan dalam mencapai kesuksesan mereka.

Para Entrepreneur, Bagaimana Kepemimpinan Seorang Wirausaha 2 - Finansialku

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Bagaimana Kepemimpinan Seorang Wirausaha?]

 

Komitmen adalah janji yang Anda lakukan terhadap diri Anda. Komitmen menandakan Anda serius terhadap hidup dan impian Anda.

Komitmen juga berarti Anda siap untuk melakukan semua upaya yang dibutuhkan untuk mencapai impian Anda, tidak peduli apa pun yang Anda akan hadapi di depan. Kebanyakan orang tidak berani berkomitmen terhadap impian mereka karena takut ditolak. Bila hal ini terjadi, sebaiknya Anda melihat kembali tujuan Anda.

Bila ternyata tujuannya tidak tepat wajarlah Anda tidak bisa berkomitmen dengan diri Anda sendiri, tapi kalau memang impian Anda bermakna dan penting bagi Anda, maka Anda harus menguatkan diri Anda untuk melewati proses yang dibutuhkan sampai ke tujuan Anda.

Women Entrepreneur Ketahui 5 Tantangan Kewirausahaan bagi Wanita 01 - Finansialku

[Baca Juga: Women Entrepreneur: Ketahui 5 Tantangan Kewirausahaan bagi Wanita]

 

#5 Berpikir Positif

Tidak ada suatu masalah yang tidak ada jalan keluar. Banyak jalan menuju Roma, demikianlah ungkapan yang dapat digambarkan bahwa selalu ada jalan keluar. Yakinlah bahwa dalam setiap masalah yang Anda hadapi, akan selalu ada pembelajaran yang bisa semakin membentuk karakter sukses dalam diri Anda.

 

#6 Sabar dan Disiplin

Tidak ada suatu kesuksesan tanpa sebuah kedisiplinan. Disiplin untuk melakukan hal-hal kecil dan dengan sabar menikmati proses menuju kesuksesan. Tidak ada sesuatu pun yang instan. Semuanya ada proses yang harus dilakukan dengan disiplin serta kesabaran.

4 Ide Bisnis Rumahan yang Tidak akan Lesu Seperti Rupiah 01 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Ide Bisnis Rumahan yang Tidak akan Lesu Seperti Rupiah]

 

#7 Integritas & Rasa Syukur

Banyak orang yang telah mengalami berbagai proses menuju kesuksesan dan menikmati hasil yang mereka kerjakan. Namun rasa syukur tidak ada dalam diri mereka, sehingga ketamakan, kesombongan bahkan rasa tidak cukup diri membuatnya menjadi pribadi yang ingin menghancurkan lawan bisnis dengan berbagai cara, bahkan menggunakan cara-cara yang tidak benar.

Milikilah integritas yang tinggi dengan menghindari cara-cara yang kotor dan tidak benar. Jangan hanya karena harta semata, membuat Anda melakukan perbuatan yang tidak baik.

Selain itu, miliki rasa syukur atas segala berkat yang telah Anda terima. Selalu ingat bahwa masih banyak orang yang mengalami kesusahan dalam bidang finansial dibandingkan Anda. Dengan rasa syukur, Anda juga akan memiliki sikap yang mau berbagi dengan sesama.

 

Sudahkah Anda memiliki berbagai karakter di atas? Bagikan nilai-nilai hidup yang Anda jalani dalam meraih kesuksesan bisnis Anda dan jangan lupa untuk membagikan artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Napoleon Hill. 1993. Think & Grow Rich. USA: Penguin
  • Masithoh Azzahro Lutfiasari. 11 Februari 2014. 7 Karakter yang harus dimiliki seseorang untuk dapat sukses. Merdeka.com – https://goo.gl/jvFw6r
  • 12 Karakter Yang Layak Dimiliki Untuk Menjadi Orang Sukses. Aquariuslearning.co.id – https://goo.gl/lY3tNB

 

Sumber Gambar:

  • Orang Sukses – https://goo.gl/KnJGY7
  • Businessman – 123rf

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang