Apa manfaat kursus keuangan bagi karyawan non keuangan? Pembelajaran manajemen keuangan bukan hanya dibutuhkan oleh karyawan yang bekerja di bidang keuangan. Mari pelajari manfaat kursus keuangan bagi karier Anda yang bekerja di bidang selain keuangan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengapa Manajemen Keuangan Penting?

Adakah di antara Anda yang bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah Anda? Misalnya saja sarjana astronomi bekerja di bank, sarjana sastra bekerja di bidang pemasaran, dan lain sebagainya. Lintas jurusan sudah bukan menjadi hal yang aneh lagi. Seringkali kebetulan kesempatan yang ada di depan mata tidak sesuai dengan bidang, namun untuk apa menyia-nyiakan kesempatan?

Dalam dunia manajemen masa kini, mau tidak mau Anda pun dituntut untuk mempelajari hal yang belum tentu sesuai dengan bidang Anda. Pembelajaran mengenai manajemen keuangan saat ini sudah dianggap sebagai hal yang penting di dalam perusahaan. Tidak ada perusahaan komersial yang tidak mengharapkan keuntungan dari kegiatan usahanya. Karenanya manajemen keuangan pasti digunakan di perusahaan manapun.

ilmu-dasar-manajemen-untuk-karir-dan-kesejahteraan-keuangan-finansialku

[Baca Juga: Ilmu Dasar Manajemen untuk Karier dan Kesejahteraan Keuangan]

 

Jika Anda adalah seorang karyawan yang tidak memiliki latar belakang keuangan sekalipun Anda perlu mempelajarinya. Terutama jika sudah berada pada jajaran manajemen menengah ke atas. Mengapa? Jika sudah ada pada taraf manajemen, Anda mau tidak mau harus turut andil dalam mengambil sebuah keputusan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, setiap perusahaan pasti mengharapkan keuntungan. Jika Anda tidak mengerti ilmu manajemen keuangan, tentunya akan sulit untuk membangun rencana atau mengambil keputusan yang dapat memberikan keuntungan optimal bagi perusahaan. Banyak hal yang dapat terlewatkan dari pengawasan Anda jika tidak mengerti manajemen keuangan.

Misalnya saja Anda adalah seorang manajer perusahaan makanan. Anda dituntut untuk mengoptimalkan pengeluaran biaya produksi agar biaya yang dikeluarkan seminimal mungkin tetapi keuntungan yang didapatkan sebesar mungkin. Bagaimana Anda dapat mengarahkan bawahan Anda untuk mengoptimalkan kapasitas produksi jika tidak mengerti apapun mengenai manajemen keuangan?

Manajemen Risiko untuk Karyawan - Kenapa Karyawan Butuh Asuransi Jiwa Tambahan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Rencana Keuangan Kedua: Manajemen Risiko Pribadi]

 

Karena perusahaan berorientasi pada keuntungan, sebisa mungkin setiap profesional yang bekerja di dalamnya harus memahami manajemen keuangan. Dalam hal ini manajemen keuanganlah yang memiliki peran penting untuk mengatur strategi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Jangan salah, sebuah perusahaan bisa saja memiliki penjualan yang sangat besar. Tetapi jika setiap manajernya tidak mengerti manajemen keuangan, bisa saja uang yang didapatkan terbuang percuma.

 

Manajemen Keuangan Tidak Hanya Tersedia Pada Pendidikan Formal

Siapa bilang manajemen keuangan hanya bisa dipelajari oleh seorang mahasiswa keuangan? Siapapun bisa mempelajari manajemen keuangan. Ada banyak lembaga yang menyediakan pelatihan manajemen keuangan bagi masyarakat umum. Pelatihan ini bukan hanya dapat mengembangkan potensi Anda tetapi juga dapat mengembangkan karier.

Jika Anda tidak memiliki latar belakang keuangan maka program yang cocok bagi Anda adalah pelatihan di bidang manajemen keuangan yang bersifat dasar. Misalnya saja financial management for non-finance manager atau yang biasa disebut finnon. Pelatihan ini dapat sangat bermanfaat secara luas bagi manajer di bidang apapun dalam setiap perusahaan. Untuk mendapatkan pelatihan ini Anda dapat mencari informasi dari lembaga-lembaga maupun institusi yang menyediakan pelatihan sejenis.

ternyata-kecemasan-keuangan-pengaruhi-produktivitas-kerja-karyawan-finansialku

[Baca Juga: Ternyata! Kecemasan Keuangan Pengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan]

 

Jika Penting untuk Manajer, Bagaimana dengan Karyawan Non-Manajer?

Jika manajemen keuangan penting untuk dipelajari oleh para manajer, bagaimana dengan para karyawan yang berada di bawahnya? Bukan berarti tidak perlu mempelajari manajemen keuangan. Ingat, manajemen keuangan bukan hanya dapat membantu mengembangkan potensi, tetapi juga mengembangkan karier Anda.

Bisakah Anda bayangkan betapa banyaknya orang di luar sana yang saling bersaing ketat untuk mendapatkan sebuah pekerjaan? Jika tidak memiliki menunjukkan performa yang baik, Anda akan disingkirkan dari dunia pekerjaan. Tetapi jika tidak memiliki kelebihan, tidak ada nilai tambah yang membedakan Anda dengan para pencari kerja lainnya. Begitu pula halnya ketika sudah mulai bekerja. Setiap perusahaan tentunya mengharapkan setiap karyawannya dapat berkembang.

8 Cara Menuju Kesejahteraan Keuangan ala Carl Richards - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Menuju Kesejahteraan Keuangan ala Carl Richards]

 

Cobalah bayangkan jika Anda memiliki sebuah bisnis. Apakah Anda mau memiliki pegawai yang stuck pada kemampuannya saat ini dan tidak pernah mau berkembang? Tentu Anda tidak akan tertarik untuk memberi promosi pada karyawan seperti itu. Bahkan Anda mungkin berpikir untuk menggantikan karyawan tersebut dengan orang lain yang lebih baik. Tetapi bagaimana jika Anda memiliki seorang karyawan yang mau belajar dan terus meningkatkan kemampuannya? Mungkin Anda akan segera memberinya promosi agar dapat menangani tanggung jawab yang lebih besar lagi.

Manajemen keuangan memang paling dibutuhkan pada tahap manajemen menengah ke atas. Tetapi bukan berarti Anda yang berada di bawah posisi manajemen tidak membutuhkannya. Suatu saat nanti ketika karier Anda berkembang, Anda juga akan berada pada posisi manajer. Jika sudah mengembangkan kemampuan Anda sejak dini, bukankah akan lebih mudah mendapatkan kenaikan pangkat? Di samping itu, ketika Anda sudah lebih dulu menguasai manajemen keuangan, Anda akan selangkah lebih maju dari manajer-manajer lainnya yang menunggu naik pangkat baru ingin mempelajarinya.

6-cara-meningkatkan-kreatifitas-untuk-memperbaiki-keuangan-dan-karir-finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Kreativitas untuk Memperbaiki Keuangan dan Karier]

 

Karyawan yang Berinisiatif Akan Menarik Perhatian Atasan

Paradigma bahwa ilmu manajemen keuangan hanya dibutuhkan oleh karyawan di bidang keuangan sudah tidak berlaku saat ini. Pengetahuan lintas bidang sangat dibutuhkan karena mau tidak mau setiap divisi dalam perusahaan di sektor apapun akan terintegrasi dengan keuangan. Manajemen keuangan sangat krusial bagi para manajer level menengah ke atas. Tetapi manajemen keuangan juga akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan karier karyawan non manajer. Jika Anda berinisiatif mengembangkan diri untuk menunjang karier, kemungkinan kemajuan karier akan semakin tinggi. Tidak ada salahnya berusaha menjadi karyawan yang berinisiatif untuk mengembangkan potensi.

 

Apa saja manfaat manajemen keuangan untuk karier Anda? Berikan tanggapan atas pertanyaan ini pada kolom yang tersedia di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Dadan M. Ramdan. 2015. Mengembangkan Karier lewat Kursus Keuangan. Kontan Februari 2015.

 

Sumber Gambar:

  • Man in the bookstore – https://goo.gl/8uTl4I

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang