Bagaimana cara agar tidak lupa membuat catatan keuangan? Penting mencatat keuangan agar Anda dapat mengendalikan pengeluaran. Namun terkadang kita lupa untuk membuatnya. Berikut adalah tips saya agar Anda tidak lupa membuat catatan keuangan.

 

Rubrik Finansialku

rubrik-ask-the-financial-planner

 

Mencatat Keuangan Setiap Bulan

Pernahkah Anda merasa keuangan setiap bulan tidak teratur? Ketika sudah mencapai tanggal belasan setiap bulannya, uang terasa menipis bahkan hampir habis. Di akhir bulan terpaksa berutang kesana kemari demi membeli makanan sehari-hari. Bagi Anda yang berkata dalam hati:

“Ini saya banget!”

 

Saya dapat memastikan Anda sedang berada dalam permasalahan keuangan. Sudah pasti Anda tidak mengatur keuangan dengan baik.

Dalam perencanaan keuangan, prioritas pertama adalah memperbaiki arus kas dan memiliki dana darurat. Anda harus memiliki kebiasaan yang baik terlebih dahulu dalam mengendalikan keuangan setiap bulan. Caranya adalah dengan membuat catatan keuangan.

Konsultasi Bagaimana Cara Agar Tidak Lupa Membuat Catatan Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis #3: Mengelola Arus Kas Cashflow dan Dana Darurat]

 

Seorang teman kami di Facebook bertanya terkait membuat catatan keuangan sebagai berikut:

Konsultasi Bagaimana Cara Agar Tidak Lupa Membuat Catatan Keuangan 03 - Finansialku

Pertanyaan: Bagaimana cara agar tidak lupa membuat catatan keuangan, kadang saya lupa atau malas mencatat. Sepenting apakah catatan keuangan?

 

Jika Anda memiliki pertanyaan silakan like Facebook Finansialku dan kirimkan pertanyaan Anda.

 

Jawab:

Pertama-tama saya akan menjawab pertanyaan kedua. Sepenting apakah catatan keuangan? Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya. Jika Anda merasa pernyataan-pernyataan di atas adalah “saya banget”, maka Anda perlu catatan keuangan.

Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku : Kalo Ga Direncanain Sekarang, Duit Darimana? 02

[Baca Juga: Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku: Kalo Ga Direncanain Sekarang, Duit Darimana?]

 

Setiap kali mengeluarkan uang untuk keperluan apapun, sebaiknya Anda segera mencatatnya. Dengan begitu Anda tahu kemana saja uang tersebut digunakan. Catatan keuangan ini bisa menjadi bahan evaluasi dan memiliki fungsi kontrol keuangan Anda. Seringkali tanpa catatan keuangan Anda lupa uang berjuta-juta rupiah yang ada di rekening digunakan untuk apa saja. Akibatnya Anda tidak tahu apa yang harus diperbaiki dari sikap Anda dalam menggunakan uang. Tetapi jika mencatat, Anda dapat mengevaluasi pengeluaran mana saja yang sebenarnya tidak perlu dan dapat dikurangi.

Jadi, sudah paham kan apa pentingnya mencatat keuangan? Namun muncul satu kendala lagi. Terkadang kita lupa atau malas mencatat keuangan setiap hari. Iya sih, penting mencatat keuangan, tetapi karena malas akhirnya hanya menjadi angan-angan belaka.

Ada berbagai cara untuk mencatat keuangan. Mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling rumit, tradisional hingga yang paling canggih. Jika menggunakan cara tradisional Anda dapat mengumpulkan struk pembayaran dari setiap pengeluaran. Jika tidak ada struknya maka Anda dapat mencatatnya di secarik kertas kecil. Lalu pada akhir bulan kumpulkan seluruh struk dan catatan tersebut, baru Anda dapat jumlahkan seluruh pengeluaran.

Membuat Anggaran dan Catatan Pengeluaran - Perencana Keuangan Indpenden Finansialku

[Baca Juga: Membuat Anggaran dan Catatan Pengeluaran]

 

Tetapi Anda harus ekstra hati-hati dalam mengumpulkan struknya, karena seringkali struk yang kecil hilang atau tidak sengaja terbuang. Jika banyak struk yang hilang maka catatan keuangan Anda menjadi tidak akurat. Belum lagi jika di akhir bulan Anda malas menghitung seluruh pengeluaran dan berpikir untuk menundanya hingga bulan depan. Saya yakin pada akhirnya Anda tetap tidak akan memiliki catatan keuangan yang benar.

Cara selanjutnya adalah dengan mencatatnya di komputer. Anda dapat menggunakan Microsoft Excel untuk menyimpan semua pengeluaran. Software tersebut bisa secara otomatis menghitung berapa total pengeluaran Anda. Keuangan akan terkendali selama Anda membawa laptop kemana-mana. Nyatanya tidak semua orang selalu membawa laptop kemana saja dan kapan saja. Anda berusaha bertahan menggunakan sistem catatan keuangan ini dengan pemikiran:

“Nanti saya catat ketika sudah sampai di rumah”

 

Jika Anda berpikir cara ini adalah cara yang efektif, coba tanyakan pada diri Anda sendiri. Sudah berapa kali Anda lupa mencatat pengeluaran seperti membeli makanan ringan di minimarket? Terlihat kecil, terlihat seperti hanya beberapa kali, terlihat tidak akan mempengaruhi keuangan. Nyatanya pengeluaran-pengeluaran terkecil yang sering Anda lupakan pun dapat menimbulkan kebiasaan buruk. Pada akhirnya keuangan Anda akan berantakan juga.

90+ Mindset yang Membuat Orang Susah Jadi Pengusaha - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 6 Kesalahan dalam Membuat Rencana Keuangan yang Sering Dilakukan oleh Keluarga Baru]

 

Agar tidak lupa mencatat pengeluaran dan pemasukan, Anda dapat menggunakan aplikasi keuangan Finansialku. Dalam aplikasi keuangan Finansialku terdapat beberapa fitur yang dapat membantu Anda. Untuk mencatat keuangan Anda dapat menggunakan menu ‘Transaksi’. Dalam menu ini Anda dapat mencatat pengeluaran sekecil apapun. Aplikasi keuangan Finansialku akan secara otomatis menghitung berapa total pengeluaran dan pemasukan yang Anda miliki, sekaligus langsung mengintegrasikannya dengan rekening bayangan serta anggaran Anda.

Fitur-fitur ini diharapkan dapat membantu Anda mengelola keuangan setiap bulannya. Mengapa aplikasi ini bisa sangat membantu? Aplikasi Finansialku tersedia di Google Play Store dan dapat diakses melalui website Finansialku. Anda mungkin tidak membawa laptop kemanapun dan kapanpun, tetapi secara umum setiap orang membawa ponsel atau gadgetnya kemanapun.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Aplikasi Finansialku dapat segera diakses melalui gadget yang Anda bawa setiap hari. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai cara menggunakan fitur Transaksi di aplikasi Finansialku, silakan membaca artikel berikut ini:

DIY (Do It Yourself) Perencanaan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi Finansialku 01 - Finansialku

 [Baca Juga: Aplikasi Finansialku: Menggunakan Menu Transaksi Untuk Keuangan Anda]

 

Mengapa Mencatat dengan Aplikasi di Ponsel atau Gadget?

Saat ini, perkembangan teknologi semakin pesat. Harga gadget pun sudah tidak lagi semahal dulu, karena itu hampir semua orang bisa memiliki ponsel atau gadget canggih. Perkembangan teknologi ini membuat orang semakin lama semakin bergantung pada barang-barang elektronik. Membawa ponsel atau gadget sudah menjadi keseharian.

Anda bahkan tidak akan merasa malas membuka ponsel atau gadget yang mudah digenggam bukan? Berbeda halnya jika Anda harus membawa kertas dan alat tulis atau membawa laptop kemana-mana. Karena itu manfaatkanlah ponsel atau gadget pintar Anda untuk mendukung keuangan setiap bulannya.

Perlu diingat bahwa mencatat keuangan sangat penting bagi pengelolaan keuangan Anda. Mungkin setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda. Ada orang yang merasa sangat perlu untuk mencatat keuangan, ada yang merasa ia dapat mengendalikan keuangan tanpa perlu mencatat. Apapun pilihan Anda, cobalah untuk memahami bahwa manusia seringkali lupa. Ketika sudah lupa, banyak orang yang cenderung tidak peduli dan mencari berbagai pembenaran untuk tidak perlu mengelola keuangan.

Yakin Anda Memiliki Keuangan yang Sehat Yuk Coba Financial Health Check Up dari Aplikasi Finansialku 01 - Finansialku

[Baca Juga: Yakin Anda Memiliki Keuangan yang Sehat? Yuk Coba Financial Health Check Up dari Aplikasi Finansialku]

 

Saat ini mungkin Anda merasa permasalahan keuangan ini hanya akan mempengaruhi hidup Anda di bulan yang sama. Padahal pengelolaan keuangan akan menjadi kebiasaan. Jika Anda terbiasa tidak teratur, kemungkinan besar selamanya Anda akan seperti itu. Tetapi jika Anda terbiasa mengatur keuangan dengan baik, kemungkinan besar selamanya Anda dapat mengelola keuangan dengan baik.

Kebiasaan baik ini dibutuhkan dalam jangka panjang. Orang-orang yang tidak bisa mengelola keuangannya dengan baik, seberapa besarpun gajinya, biasanya akan kesulitan di masa tuanya. Mengapa? Karena sejak muda sudah terbiasa menghambur-hamburkan uang secara tidak bijaksana. Jika pengelolaan uang satu bulan saja tidak benar, bagaimana mungkin bisa memikirkan kebutuhan di masa depan? Akhirnya ketika sudah tua, tidak ada aset apapun yg dimiliki. Masa pensiun pun dihabiskan untuk meratapi nasib dan mengais keuntungan dari bisnis kecil-kecilan yang hanya menyiksa dirinya sendiri.

Slide Perencanaan Keuangan Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Slide Perencanaan Keuangan: Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda]

 

Menjadi Catatan Keuangan sebagai Rutinitas

Mencatat keuangan seringkali dipandang sebelah mata. Rasanya tidak perlu mencatat pengeluaran yang ‘hanya’ Rp10.000. Namun perlu diingat bahwa pengelolaan keuangan adalah kebiasaan. Jika Anda terbiasa tidak teratur, dalam jangka panjang pun keuangan Anda akan berantakan. Tetapi jika dari hal terkecil pun Anda terbiasa mencatat keuangan dengan teratur, dalam jangka panjang Anda bisa mengelola keuangan dengan baik. Jadikanlah catatan keuangan sebagai rutinitas yang wajib dikerjakan. Untuk mempermudah Anda dalam mencatat keuangan, silakan coba aplikasi keuangan Finansialku dengan fitur Transaksi.

 

Menurut Anda, kesulitan apa yang Anda hadapi dalam membuat catatan keuangan? Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Catatan Keuangan – https://goo.gl/Lnx7Zw dan https://goo.gl/ZToLr2

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana