Kisah Sukses Sri Prakash Lohia: Siapa yang tidak kenal dengan salah satu orang terkaya di Indonesia, Sri Prakash Lohia?

Yuk cari tahu bagaimana kisah sukses seorang pebisnis tekstil ini hingga seperti sekarang.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Masa Muda Sri Prakash Lohia

Para pembaca, selama ini mungkin Anda mengenal beberapa orang terkenal di Indonesia bahkan di dunia. Namun kenalkah Anda dengan Sri Prakash Lohia?

Sri Prakash Lohia adalah salah satu miliarder terkaya di dunia asal India yang merantau ke Indonesia dan sukses besar dengan ‘kerajaan’ Indorama di Purwakarta, Jawa Barat

Pastinya Anda penasaran dong bagaimana masa muda Sri Prakash Lohia hingga bisa menjadi sukses seperti sekarang?

Sri Prakash Lohia lahir pada tanggal 11 Agustus 1952 di India. Ayahnya bernama Mohan Lal Lohia seorang pengusaha garmen yang membuka usahanya di Indonesia dan ibunya bernama Kachan Devi Lohia. Keluarga Lohia merupakan keluarga berkecukupan.

Sri Prakash Lohia merupakan lulusan dari Universitas New Delhi dengan gelar Bachelor of Commerce

Pria yang kerap dipanggil dengan sebutan Prakash ini tidak menghabiskan masa mudanya untuk bersantai-santai, di usianya yang ke-19 Prakash mulai membantu ayahnya dalam berbisnis.

Kisah Sukses Sri Prakash Lohia, Pendiri Indorama Corporation 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Hendy Setiono Pendiri Kebab Baba Rafi, 2 Outlet di 2003 Jadi Lebih Dari 1200 Outlet di 2015]

 

Dari sinilah sejarah kesuksesannya dimulai.

Seperti apa kisah selanjutnya dari Sri Prakash Lohia hingga menjadi salah satu miliarder dunia? Yuk simak rangkuman Finansialku berikut ini.

 

Bermula dari Indorama Corporation

Pada tahun 1974, ayah Prakash memutuskan untuk pindah dari India dan mendirikan pabrik benang untuk tekstil di kota Purwakarta, Indonesia.

Di usianya yang baru menginjak 22 tahun, Prakash sudah mulai terjun ke dunia bisnis membantu ayahnya dalam berbisnis garmen di Indonesia ini. Berbekal investasi awal sebesar US$10 juta, bisnis ini dikembangkan dengan bermodalkan 2000 orang karyawan.

Bagi Prakash, tahun-tahun awal mendirikan perusahaan merupakan bagian terberat. 

“Masa tersulit itu terjadi di tiga sampai empat tahun pertama.”

 

Namun kegigihan Prakash dan ayahnya bagai tak kenal lelah sehingga menyebabkan angin kesuksesan akhirnya bertiup ke arah mereka.

Pada akhirnya, pria lulusan Bachelor of Arts/Science dari Delhi University itu berhasil mengembangkan bisnisnya dan mulai merambah ke bidang lain.

Gebrakan Sri Prakash terjadi pada 1990, di mana ia mulai merambah bisnis di bidang polyethylene terephthalate (PET).

Dilansir dari Economy.okezone.com, lewat perusahaannya yang bernama Indorama Synthetichs, ia membangun basis produksi untuk pembuatan botol plastik yang merupakan bahan baku dari botol plastik Coca Cola, Pepsi serta Aqua botol.

Kisah Sukses Sri Prakash Lohia, Pendiri Indorama Corporation 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Menjadi Pebisnis Sukses, Simak Dulu Kisah Sukses Ray Dalio, Pemilik Perusahaan Hedge Fund Terbesar Di Dunia]

 

Tak butuh waktu lama, perusahaan Indorama Ventures yang didirikan oleh Sri Prakash Lohia kemudian berkembang pesat menjadi perusahaan pemasok polyethylene terephthalate (PET) resin terbesar di dunia.

Tentu saja, pundi-pundi uang mengalir dengan deras ke kantong Sri Prakash Lohia seiring Indorama yang maju dengan pesat pada tahun 1995. Hal ini kemudian semakin memantapkan Prakash untuk berbisnis di bidang petrokimia.

Tak hanya itu, Prakash juga membuka perusahaan baru di Nigeria pada 2006 yang bergerak pada bisnis petrokimia. Seiring dengan berjalannnya unit usaha baru ini, Prakash juga membeli perusahaan lokal yang sebelumnya dikelola pemerintah setempat yang bernama National Petroleum Corporation.

Pada tahun 2012, SP Lohia selaku pemilik Indorama Group melakukan tindakan berisiko dengan membeli Old World Industries Inc., sebuah divisi kimia AS yang terletak di Nigeria, dan merupakan perusahaan yang hampir bangkrut dan dijual melalui proses pelelangan.

Namun ternyata dengan sentuhan Prakash, usaha yang hampir keok ini dirombak secara besar-besaran yang kemudian menjadi sebuah bisnis yang paling menguntungkan dan penyumbang kekayaan terbesar bagi SP Lohia.

Tepat pada bulan September tahun 2006 perusahaan ini aktif dan beroperasi kembali dengan berhasil menghasilkan 350.000 poliolefin per tahun, sesuai dengan kapasitas sebenarnya. Hasil produksinya pun tidak hanya dijual di Afrika, namun juga diekspor.

Kisah inspiratifnya yang berhasil melakukan privatisasi terhadap sebuah pabrik yang hampir bangkrut ini sering dikutip dan menjadi sebuah studi kasus untuk privatisasi oleh lembaga keuangan dunia seperti Bank Dunia.

Kisah Sukses Sri Prakash Lohia, Pendiri Indorama Corporation 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Daniel Mananta, Pendiri DAMN I Love Indonesia!]

 

Untuk pengelolaan perusahaannya, Lohia mempercayakan anaknya yang bernama Amit Lohia, anak pertamanya dari pernikahan Prakash dengan Seema Lohia.

Anak keduanya bernama Shruti Hora yang juga mengikuti jejak ayahnya dalam berbisnis.

Amit Lohia sendiri adalah seorang lulusan Universitas Pennsylvania yang lulus dengan predikat Magna Cum Laude. Sementara Shruti merupakan lulusan Babson College.

 

Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Sulit dibayangkan sebuah perusahaan bermodal awal US$10 juta kini melonjak jadi perusahaan bernilai US$7 miliar atau Rp67,3 triliun.

Bisnisnya menyebar di seluruh dunia dimana Indorama Group atau Indorama Corporation telah memiliki 39 pabrik yang tersebar di 19 negara.

Melihat kesuksesannya ini, tak aneh Sri Prakash Lohia dinobatkan oleh Forbes sebagai salah satu dalam daftar orang kaya di Indonesia.

Di tahun 2017, dengan jumlah kekayaan saat itu US$6,4 miliar atau Rp92,8 triliun (kurs Rp14.500), Prakash duduk di posisi 5 orang terkaya se-Indonesia

Prakash hanya kalah dari Hartono bersaudara, Eka Tjipta Widjaja, Susilo Wonowidjojo dan Anthoni Salim.

Hingga Maret 2019 pria yang berkediaman di London, Inggris tersebut sudah memiliki harta US$7,3 miliar (Rp105,85 triliun).

Kisah Sukses Sri Prakash Lohia, Pendiri Indorama Corporation 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Steve Chen, Salah Seorang Pendiri Youtube]

 

Sri Prakash Lohia juga sempat memperoleh penghargaan bernama Pravasi Bharatiya Samman Award atau Overseas Indian Award pada tahun 2012 yang diberikan langsung oleh presiden India.

Saat ditanya mengenai kunci kesuksesannya, Prakash menjelaskan bahwa kuncinya adalah dengan mempertimbangkan dan memperhitungkan bisnis yang akan ia jalani sampai mencapai kesuksesan.

Pertimbangan yang dimaksud adalah:

  • Memilih lokasi yang tepat dan memiliki prospek yang baik untuk berinvestasi.
  • Mencari sumber bahan baku.
  • Menjaga ketersediaan bahan baku.
  • Memberikan harga wajar namun tetap menguntungkan.
  • Memberikan diskon dan potongan harga kepada pelanggan namun tetap kompetitif.

 

Selain hal di atas, faktor terpenting dalam mengembangkan sebuah bisnis besar adalah dengan mempertahankan pembiayaan yang memanfaatkan kerja sama dengan berbagai lembaga keuangan internasional seperti Bank swasta dan Internasional Finance Corporation, dan selalu berkomitmen untuk membayar tepat waktu.

Prakash juga menjabarkan bahwa salah satu yang menjadikan SP Lohia dapat mengatur karyawannya yang berjumlah 19 ribu di seluruh dunia adalah dengan memilih dan mendidik manajer yang tepat dalam menjalankan perusahaan dan bisnisnya.

“Kami melatih karyawan menjadi rajin, terampil, dan jujur.”

 

Kisah Sukses Sri Prakash Lohia, Pendiri Indorama Corporation 06 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Sikap Mental yang Perlu Dimiliki oleh Setiap Pengusaha Sukses seperti Anda]

 

Namun Prakash tidak ingin puas sampai disini.

Untuk langkah selanjutnya, Sri Prakash Lohia lebih berfokus untuk membidik peluang yang diperhitungkan akan berpeluang terbuka di lima sampai 10 tahun ke depan.

SP Lohia saat ini sedang mengerjakan megaproyek di Nigeria, Timur Tengah dan Uzbekistan, yang bernilai sekitar US$5 miliar. Dan proyek-proyek ini termasuk sebuah bisnis yang membutuhkan waktu yang lama untuk beroperasi.

 

Anda Juga Bisa Sukses!

Bagaimana? Apakah kisah sukses Sri Prakash Lohia berhasil menginspirasi Anda? Percayalah, dengan ketekunan dan kerja keras Anda juga bisa meraih kesuksesan seperti beliau.

Kita semua bisa sukses, selama kita tekun dan cerdas dalam menjalaninya. Jadi, penting untuk membekali diri Anda selalu dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang menjadi minat Anda.

Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus online dari Aplikasi Finansialku.

Jadi, disini Anda akan memperoleh kursus online, artinya Anda dapat mengakses pelatihan manajemen keuangan Finansialku melalui smartphone dan langsung dapat dipraktikkan. Pelatihan ini menggabungkan antara konsep dan cara praktis dalam penerapannya.

Adapun tujuan dari kursus online ini adalah sebagai berikut:

  1. Anda dapat mengetahui dan mempratikkan cara mengurus keuangan yang benar.
  2. Anda dapat mulai merencanakan keuangan untuk tujuan jangka pendek, menengah dan panjang.
  3. Anda dapat mewujudkan tujuan-tujuan keuangan dengan perencanaan keuangan.

 

Bagaimana dengan cara kerjanya? Cara kerja kursus online-nya gampang sekali kok, yaitu sebagai berikut:

  1. Selesaikan Video: Tonton seluruh video (34 video, 2 jam 38 menit) pelatihan manajemen keuangan dan pelatihan perencanaan keuangan.
  2. Selesaikan Tugas: Selesaikan setiap tugas yang terdapat di masing-masing materi sub bab. 
  3. Dapatkan Sertifikat: Dapatkan sertifikat digital setelah Anda menyelesaikan pelatihan tersebut.

 

Anda dapat mengakses 34 video dengan tema pelatihan manajemen keuangan dan pelatihan perencanaan keuangan dalam bahasa Indonesia dengan durasi hingga 2 jam 38 menit.

Anda juga akan memperoleh membership aplikasi Finansialku versi full premium untuk 1 tahun.

Dan seperti yang banyak ditanyakan orang, bagi Anda yang sudah memiliki membership di Aplikasi Finansialku, maka membership Anda akan di-upgrade dan/atau diperpanjang masa aktifnya.

Semua itu dapat Anda peroleh dengan harga Rp350.000 saja lho! Gunakan kode voucher POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan harga Rp50.000.

Dijamin worth it deh dengan semua benefit yang bisa Anda dapatkan. Yuk langsung ikuti kursus online-nya dengan mengklik tautan berikut ini:

 

Apakah Anda mengetahui kisah sukses lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

 

Sumber Referensi:

  • Puti Aini Yasmin. Rabu, 05 Sep 2018. Kisah Sri Prakash, Remaja India yang Jadi Orang Terkaya di RI. Detik.com – https://bit.ly/2YoL7JH
  • Admin. May 1, 2014. Kisah Sukses Sri Prakash Lohia, Pengusaha Sukses Dunia yang Memilih Menjadi Warga Negara Indonesia. https://bit.ly/2Yof64I
  • Admin. 22 Maret 2017. Biografi dan Profil Sri Prakash Lohia – Raja Poliester dari Indonesia. Biogfrafiku.com – https://bit.ly/2MmIpCg

 

Sumber Gambar:

  • Kisah Sukses Sri Prakash Lohia 01 – https://bit.ly/2Or6VET
  • Kisah Sukses Sri Prakash Lohia 02 – https://bit.ly/2YsxZY3
  • Kisah Sukses Sri Prakash Lohia 03 – https://bit.ly/2YmDQhR
  • Kisah Sukses Sri Prakash Lohia 04 – https://bit.ly/2OpXwxy
  • Kisah Sukses Sri Prakash Lohia 05 – https://bit.ly/2SVOuXL
  • Kisah Sukses Sri Prakash Lohia 06 – https://bit.ly/2Onya3a