Kisah Sukses Walt Disney berikut ini pastinya akan menginspirasi dan membuat kamu semakin bersemangat dalam mencapai mimpi.

Simak kisah lengkapnya pada artikel ini.

 

Rubrik FinansialkuRubrik Finansialku Success Story

 

Siapakah Walt Disney?

Bicara akan Walt Disney pasti mengingatkan kita pada tokoh-tokoh kartun favorit bukan?

Mulai dari Mickey Mouse, Donald Duck, Winnie the Pooh atau mungkin kisah-kisah romantis seperti Snow White, Cinderela atau Frozen.

Walt Disney telah memberikan banyak kenangan dan memori menyenangkan, lewat kisah haru yang bernuansa keajaiban.

Semua kebahagiaan yang kita rasakan itu tak lain adalah hasil kerja keras dan perjuangan seorang Walt.

Ya! Walt Disney yang identik dengan simbol kepala seekor tikus, adalah seorang kartunis, ilustrator, dan produser kartun animasi.

Ia adalah pionir film kartun animasi dan sudah eksis membuat film sejak tahun 1920an.

 

Walt Disney memiliki nama lengkap Walter Elias Disney, Walter Elias Disney lahir di Chicago pada tanggal 5 Desember 1901.

Semasa kecil Walt Disney selalu berpindah-pindah tempat tinggal bersama dengan kedua orang tuanya.

Keluarga Disney berpindah dari Chicago ke Missouri dan kemudian akhirnya menetap di Kansas City saat ia berusia sembilan tahun.

Hidup Disney seketika berubah ketika ia berusia 16 tahun, saat itu  Amerika memasuki era Perang Besar.

Di tahun 1917 itu, Disney dikeluarkan dari sekolahnya di McKinley High School Chicago karena mempublikasikan karya-karya kartun berbau patriotik perang dunia di koran sekolah.

Jiwa patriotisnya pun membuat ia mencoba mendaftarkan diri ke tentara namun ditolak karena usianya.

Gagal menjadi tentara, Walt Disney kemudian bergabung dengan Palang Merah AS kemudian ia dikirim ke Perancis selama setahun sebagai sopir ambulan juga kemudian membantu operasi pasca perang.

Kata-kata Mutiara Walt Disney 05 Mickey Mouse - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Raffi Ahmad Tajir Melintir Punya 20 Bisnis Sekaligus]

 

Sepulangnya dari Perancis, Walt kembali ke keluarganya yang berada di Kansas City untuk mencari pekerjaan.

Sayangnya, tidak ada satupun perusahaan yang menerima lamaran kerjanya, baik sebagai pelukis ataupun sebagai supir. Pada akhirnya, Disney mendapat pekerjaan di Studio Pesmen-Rubin, berkat bantuan Roy yang merupakan saudaranya.

Di sini, dia membuat iklan untuk surat kabar, majalah dan bioskop. Walt juga  bertemu dengan sesama kartunis dan teman sebayanya bernama Ubbe Iwerks. Setelah berakhirnya kerja sementara di Pesmen-Rubin.

Keduanya lalu memutuskan untuk mendirikan perusahaan mereka sendiri bernama “Iwerks-Disney Commercial Artists”.

Apakah ini awal kesuksesan karir seorang Walt Disney? Ternyata tidak begitu. Perusahaan yang ia dirikan bersama rekan kerjanya itu tidak bertahan lama.

Semua tokoh sukses pastinya selalu memiliki pengaturan keuangan yang baik.

Finansialku yakin kamu pasti juga bisa! Bagi kamu yang mau memulai mengatur keuangan Finansialku punya e-Book spesial nih. Dapatkan GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Ebook Sekarang

 

Kegagalan Disney Lainnya

Gagal diterima sebagai tentara, tertolak melamar pekerjaan, menganggur dan gagal mempertahankan perusahaan, Walt Disney kemudian memutuskan mencari pekerjaan lainnya.

Ia berhasil mendapat pekerjaan di Kansas City Film Ad Company, perusahaan pembuat iklan berdasarkan cutout animation.

Perusahaan ini membuat iklan kartun berdasarkan potongan kertas, dan pertama kali memperkenalkan Walt ke dunia animasi film dan kartun.

Di sinilah Disney terpesona oleh dunia ini dan menenggelamkan diri di dalamnya, ia mengembangkan minatnya dalam bidang animasi, dan berkeinginan untuk menjadi animator.

Walt mulai mengerjakan sebuah produksi bernama Alice’s Wonderland. Proyek ini berisiko karena Walt telah memasukkan karakter live-action ke dalam dunia animasi.

Namun, saat dipertengahan jalan proyek Walt berhenti, dan usaha barunya yang bermodalkan US$ 15.000 dolar kembali bangkrut karena biaya produksi tinggi dan pasar yang sangat terbatas.

Walt akhirnya terpaksa tinggal di sebuah garasi yang di dalamnya hanya ada sebuah bangku.

Satu-satunya perabot yang digunakannya untuk makan, tidur, dan aktivitas lainnya, bahkan untuk mandi pun dimasa itu Walt harus pergi ke stasiun kereta api.

 

Gagal dan Tekun

“Ada dua macam golongan orang. Pertama adalah mereka yang merasa kalah dan terlantar bila mereka tak dapat menemukan pekerjaan. Dan golongan kedua adalah mereka yang dapat mencari penghasilan dengan cara apa pun dalam masa sulit” – Walt Disney

 

Bangkit coba lagi, gagal maju lagi. Perjalanan hidup Walt Disney tidak sesederhana kelihatannya. Sebelum ia bertemu dengan tokoh utama Mickey si tikus yang memutar nasibnya.

Disamping ia menunggu pekerjaan, Walt menggambar film-film komik kartun dengan maksud akan dijual kepada pengusaha bioskop.

Walt mengirim proyeknya yang belum selesai yakni Alice’s Wonderland.

Di sinilah, awal titik cerah dari karir seorang Walt Disney dan permulaan ia bertemu seseorang yang membuatnya terus diingat hingga saat ini.

 

Titik Cerah Walt Disney

Disney ditawarkan uang US$ 1.500 yang rupanya jumlah itu lebih besar daripada yang diharapkan.

Keberhasilan rangkaian seri Alice in Wonderland diputar berurutan hingga tiga tahun lamanya, dari situ Walt Disney bisa membeli rumah dan bahkan membangun studio filmnya sendiri bersama kakaknya, Roy O. Disney.

 

Bertemu Motimer si Tikus

Dalam perjalanan pulang kereta dari New York, Walt sangat membutuhkan ide baru.

Imajinasinya membawa ia memikirkan tentang seekor tikus yang baik dengan banyak potensi, nama tikus itu adalah Mortimer Mouse.

Namun, karena didesak oleh istrinya, si tikus berubah nama menjadi Mickey Mouse.

Karakter Mickey Mouse yang diciptakannya, tidak sukses dalam semalam. Mickey pertama kali muncul pada bulan Mei 1928 di Plane Crazy yang belum selesai. Enam bulan kemudian ia membintangi Steamboat Willie bersama pasangannya Minnie.

Melanjutkan keberhasilannya, Mickey Mouse pada akhirnya memiliki teman-teman lainnya, setelah perusahaan itu aktif dalam memproduksi animasi Mickey Mouse beserta karakter lain seperti Donald Duck, Pluto, dan Goofy.

 

Perkembangan Perusahaan Disney

Kini Walt Disney Company adalah salah satu media terbesar di dunia dalam hal pendapatan.

Perusahaan yang terdiri dari berbagai bidang yaitu jaringan televisi, saluran kabel, termasuk Jaringan Televisi yaitu ABC, Disney Channel, ESPN Inc. dan Televisi Khusus CTV.

Film dan kartunnya dikenal dan dicintai di seluruh dunia, mempunyai wahana permainan, permainan, pakaian, CD dan barang dagangan lainnya.

Sukses dalam dunia film kartun, perusahaan Walter Disney terus mengembangkan inovasi di bidang bisnis berbasis hiburan keluarga.

Taman wisata Disneyland yang saat ini tersebar di 6 negara di dunia, ide terlahir saat mengunjungi Children’s Fairyland di Oakland, California.

 

Mengenang Walt Disney

Sang legenda meninggal dunia pada tanggal 15 Desember 1966, Walt telah memenangkan 31 Academy Awards. Setelah kesehatannya memburuk akibat terkena kanker.

Kerajaan Walt Disney diteruskan oleh Roy Disney yang sebenarnya ingin pensiun namun terus maju dengan perusahaan.

Hal yang selalu diingat oleh rekan-rekannya dari seorang Walt adalah perkataannya:

“Saya hanya berharap kita tidak pernah melupakan satu hal, bahwa semuanya dimulai oleh seekor tikus.”

 

Apakah cerita Walt Disney ini menginspirasi kamu untuk tidak menyerah pada mimpi-mimpi mu?

Wujudkan impian kamu bersama Finansialku. Kami memiliki aplikasi yang bisa bantu kamu merencanakan keuangan di masa depan dengan perhitungan yang akurat.

Dapatkan aplikasinya pada tautan di bawah ini.

 

Penasaran dengan kisah sukses tokoh lainnya? Finansialku punya video mengenai Chairul Tanjung. Yuk simak!

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Bagikan kisah inspiratif ini pada kerabat,teman, dan relasi kamu, supaya mereka makin semangat untuk menggapai impian!

Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tung Desem. 29 Agustus 2017. Kisah Sukses Walt Disney yang Sangat Inspiratif. Finance.detik.com – https://bit.ly/31iU5NZ
  • Tasya Hero. 2 Juli 2019. Biografi Walt Disney dan Kisah Jatuh Bangunnya. Koalahero.com – https://bit.ly/3831F0k
  • Aini Boom. Kisah Memilukan Walt Disney Si Raja Animasi Dunia yang Bikin Menitikkan Air Mata. Boombastis.com – https://bit.ly/2Nzfl9O
  • Admin. Kisah Sukses Pendiri Disney. Bisnisjasa.id – https://bit.ly/2Z97sxj
  • Admin. 13 Juni 2020. Kisah Sukses Walt Disney, Perusahaan Animasi Pertama yang Mendapatkan Academy Award. Jurnalpresisi.pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/2CAWau6