Perjalanan karier Young Lex sebagai rapper dan pebisnis ternyata menyimpan segudang cerita yang tidak banyak diketahui publik.

Kesuksesan yang diraihnya bukanlah tanpa usaha, melainkan berkat kerja kerasnya menghadapi setiap tantangan hidup. Yuk simak kisah inspiratif berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Menilik Perjalanan Hidup Young Lex, Hingga Kisah Suksesnya

Menyandang nama lengkap Samuel Alexander Pieter, rapper muda berdarah Batak dan Ambon yang lahir pada 18 April 1992 ini lebih dikenal dengan nama panggung Young Lex. Popularitasnya sebagai rapper pun semakin melejit dan jadi sorotan publik ketika muncul kolaborasi fenomenal bersama Karin Novilda atau dikenal Awkarin.

Seperti dilansir dari Pikiran-rakyat.com, Sabtu (26/5/2018), awal karier Young Lex bermula dari Youtube. Namanya pun semakin melambung ketika ia bergabung dengan label di mana salah satu tembangnya berjudul “O Aja Ya Kan” yang telah diunggah ke Youtube sejak 2014 lalu, dirilis ulang dengan aransemen berbeda oleh Lex.

Kisah Sukses Young Lex 2 Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Jimmy Wales, Pendiri Wikipedia]

 

Bersama label Trinity Optima Production, lagu “O Aja Ya Kan” dinyanyikan Lex berkolaborasi dengan TJ dan Kemal.

Tidak hanya menjadi seorang rapper, Young Lex juga dikenal sebagai video creator. Tercatat semua video klip pada awal kariernya merupakan karyanya sendiri.

Berbagai karya lagu lainnya yang diciptakan Lex, berhasil menempati hati kalangan muda karena memiliki kekuatan dari temanya, lirik catchy, serta beat yang dinamis.

Menurut Lex, saat menulis lagu ia terbiasa melakukan riset terlebih dulu sehingga inspirasi lagunya seringkali datang dari diri sendiri atau cerita orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Kepada redaksi Pikiran Rakyat, Lex bercerita,

“Saya harus up to date. Penulisan lirik ada strateginya. Sekarang adalah era update status. Jadi gimana caranya lirik yang saya buat bisa buat update status orang di media sosial. Setiap bikin lagu saya riset, saya gaul sama anak-anak SMA. Gila, ada jarak yang jauh antara anak SMA dan anak kuliahan, apalagi anak SMA dan orangtua.”

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Sisi Lain Sang Rapper Muda, dari Gudang Hingga Dapur Rekaman

Meski tengah berada di titik kesuksesan, belum banyak yang mengetahui bahwa pencapaiannya kini merupakan buah dari perjalanan panjang yang berhasil dilewati.

Mari kita lihat perjalanan hidupnya yang banyak tidak diketahui orang banyak:

 

#1 Mandiri Sejak Kecil

Berasal dari keluarga kelas menengah, ia pun sudah kehilangan sang ayah sejak dirinya menginjak usia 5 tahun.

Sejak kecil Lex sudah terbiasa mencari uang jajan sendiri, terbukti saat duduk di bangku SMP Lex sempat berjualan nasi uduk yang dibelinya kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi demi mencukup kebutuhan hidupnya.

Kisah Sukses Young Lex 1 Finansialku

[Baca Juga: Inspiratif! Teringat Sang Kakek, Putri Pekerja Gali Kubur, Inka Lulus ke Fakultas Kedokteran Unpad]

 

Time flies, Lex yang duduk di bangku SMA dan sempat menjadi ketua kelas pun mulai menunjukan ketertarikannya untuk mendalami musik Hip Hop. Setelah lulus, Lex sempat menghadapi situasi dilematis untuk mencari cara agar bisa mendapatkan penghasilan serta mengejar impiannya masuk dapur rekaman.

Bermodalkan ijazah SMA, Lex pun melamar pekerjaan hingga diterima sebagai staff gudang yang merangkap Office Boy (OB) di sebuah perusahaan.

Di sela-sela bekerja, Young Lex gemar menuliskan lirik di smartphone miliknya, karena tujuannya bekerja adalah memang untuk mengumpulkan modal. Modal apalagi kalau bukan untuk membuat musik, dan juga video klip.

 

#2 Perjalanan Panjang dalam Meniti Karier

Saat akhirnya bisa mewujudkan keinginannya untuk kuliah pun, Young Lex bekerja keras. Young Lex memilih jurusan Perfilman di IKJ, ilmu yang bisa menunjang mimpinya menjadi seorang rapper.

Waktu yang cukup panjang hingga akhirnya Lex bertemu Felix yang membuatnya semakin bersemangat untuk mendalami musik Hip Hop. Semenjak itulah Young Lex mulai rajin untuk membuat lagu beserta video klipnya.

 

#3 Idola Young Lex Ternyata Bukan Penyanyi Hip Hop

But anyway, walaupun terkenal sebagai rapper ternyata genre musik favorit Lex adalah lagu-lagu milik Iwan Fals dan Slank. Hal ini tentunya beralasan, Young Lex sendiri mengidolakan kedua musisi legendaris tersebut dikarenakan Iwan Fals maupun Slank menulis lagu berdasar kenyataan.

Kisah Sukses Young Lex 4 Finansialku

[Baca Juga: 10 Kisah Inspirasi Usaha Para Pengusaha Sukses di Indonesia Mampu Memanfaatkan Peluang Usaha]

 

#4 Anak Mama

Ada hal yang mengharukan juga lho, Lex ternyata mengaku bahwa tujuan utamanya untuk sukses adalah membahagiakan mamanya.

Lex tumbuh sangat dekat dengan sang mama bahkan ia mengaku sampai saat ini masih sering makan dari suapan tangan sang mama lho. Wah, anak mama banget ya…

 

Semakin Tinggi, Semakin Banyak Kontroversi

Memang tidak selalu berjalan mulus seperti yang diharapkan, sejak merintis karirnya Young Lex telah dihadapkan pada berbagai tantangan. Termasuk ketika ia sudah dikategorikan sebagai public figure yang sukses.

Semakin melambung tinggi, maka semakin kencang angin yang berhembus dan hal ini terjadi pada Lex. Seringkali ia menjadi sorotan publik karena aksinya yang menuai kontroversi.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Ia sempat berseteru dengan Iwa K karena kalimatnya yang dianggap kurang sopan saat wawancara dengan Metro TV News.

Menurut Iwa K, dirinya bisa saja tidak mempermasalahkan hal ini jika Lex tidak menghubunginya dan menyatakan bahwa statement itu adalah kalimat yang dipelintir media.

Belum lagi, dia juga masih harus menghadapi 8 Ball yang juga tersinggung dengan salah satu ucapan Lex. 8 ball bahkan menulis lagu yang menyindir keras Young Lex. Hal ini jelas menjadi permasalahan baru di kalangan rapper-rapper Tanah Air.

 

Belajar dari Kisah Sukses Young Lex

Setelah membaca perjalanan hidup Young Lex, ternyata banyak hal yang bisa kita petik pembelajarannya ya. Jangan pernah takut bermimpi dan kejarlah mimpimu dengan semangat serta kerja keras.

 

We need to accept that we won’t always make the right decisions, that we’ll screw up royally sometimes–understanding that failure is not the opposite of success; it’s part of success- Arianna Huffington

 

Dalam hidup, kita harus menerima bahwa kita tidak akan selalu membuat keputusan yang tepat, bahkan hingga mengalami kegagalan. Tetapi percayalah, kegagalan merupakan bagian dari kesuksesan. Selamat mengejar mimpimu…

 

Kamu bisa membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan kamu yang membutuhkan.

Jika kamu mempunyai saran, tanggapan atau pertanyaan, kamu bisa menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi Hai Online. 9 Agustus 2016. Pengalaman Hidup Rapper Young Lex yang Bisa Bikin Lo Terharu. Hai.grid.id – https://goo.gl/4DfU2q
  • Windy Eka Pramudya. 9 Juni 2016. Rapper Young Lex Meniti Karier Lewat Jalur Independen. Pikiran-rakyat.com – https://goo.gl/tFKKX2
  • Melisa. 2 November 2016. Ini Dia 6 Fakta Young Lex yang Mungkin Bikin Kamu Melongo. Selebupdate.com – https://goo.gl/6o7XMt
  • Admin. 18 Mei 2018. Young Lex. Wikipedia.org – https://goo.gl/B8xTfo

 

Sumber Gambar:

  • Young Lex – https://goo.gl/1iEAdF
  • Young Lex 2 – https://goo.gl/RtxqCs
  • Young Lex 3 – https://goo.gl/QYFie1
  • Young Lex 4 – https://goo.gl/jWFQoN

 

Summary
Kisah Sukses Young Lex, Sang Rapper Muda Sukses. Inspiratif!
Article Name
Kisah Sukses Young Lex, Sang Rapper Muda Sukses. Inspiratif!
Description
Perjalanan karier Young Lex sebagai rapper dan pebisnis ternyata menyimpan segudang cerita yang tidak banyak diketahui publik.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo