Apakah Anda memiliki keinginan untuk memulai bisnis baru dengan berbagai potensi yang ada namun ragu? Ayo, pelajari kisah inspiratif dari kesuksesan bisnis kopi JPW yang di luar bayangan Anda.

Simak artikel berikut selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Usaha Kopi JPW dan Seseorang di Baliknya

Setiap usaha yang sukses tentu tidak terjadi secara praktis dan memiliki jenjang yang berliku-liku sebelum akhirnya mulai muncul harapan tinggi tentang keberhasilan.

Seperti yang dilakukan oleh salah seorang lelaki yang merupakan sarjana IT dari Pekalongan.

Lelaki yang akrab disapa Togu tersebut sebenarnya bukan seseorang yang memiliki dasar kemampuan untuk mengelola dan melakukan pemasaran kopi, karena keahliannya memang berada di bidang teknologi informatika.

Bahkan merek kopi yang mulai dipasarkannya berasal dari nama bisnis jasa online, yakni Jasa Pembuat Web.

Tanpa dasar ilmu manajemen dan bisnis, ia memulai usahanya saat membuka jasa pembuatan web yang saat ini banyak berkembang.

Dari situ, ia bertemu dengan seorang klien yang membutuhkan bantuannya untuk membuat sebuah web bisnis yang digunakan sebagai media pemasaran kopi.

Sikap Togu yang mau membantu seorang klien yang hanya memiliki modal sedikit untuk mengembangkan bisnis kopi membuatnya menawarkan kerja sama.

Niatnya berawal dari membantu usaha klien untuk sukses, dan Ia pun mencari banyak cara agar pemasaran kopi meningkat dengan memulai proses pengolahan kopi sederhana.

Tanpa mengambil untung banyak, ia melakukan kesepakatan untuk memperoleh hasil bisnis yang dibagi rata, yakni 50:50.

Namun, ketika kopi dilihatnya menjadi salah satu produk sangat strategis di pasaran dan kerja sama klien hanya berjalan selama satu tahun, sementara perkembangan bisnis produk kopi berada di tengah jalan, Togu pun memutuskan untuk melanjutkan proyek bisnisnya tersebut.

Meskipun bisnis yang dilakukan dimulai dari hal yang bukan menjadi bidangnya, tetapi strateginya tetap berdasarkan kemampuan yang dimilikinya di bidang IT.

 

5 Strategi Sukses Bisnis Kopi JPW yang Bisa Diambil Manfaatnya

Apabila Anda terlalu takut untuk memulai langkah mengawali bisnis, sebenarnya ada banyak cara mengatasi hal tersebut.

Salah satunya adalah mempelajari berbagai kisah sukses yang dialami oleh orang-orang dengan banyak risiko.

Usahakan melihat sebuah usaha dari berbagai sisi, baik itu secara positif maupun negatif, agar Anda dapat memulainya dengan cara yang benar-benar matang.

Anda juga perlu mengelola keuangan Pribadi dan Bisnis Anda dengan baik, Anda bisa membaca ebook Pentingnya mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

Berikut beberapa strategi yang dilakukan Togu saat memulai bisnis kopi JPW yang bisa Anda ambil manfaatnya.

 

Strategi 1: Berani Mencoba Berbagai Peluang

Langkah pertama yang mendasar dan sangat penting, yakni sikap berani memulai langkah bisnis.

Apabila terlalu banyak keraguan di dalam diri Anda, maka usaha tidak akan bisa berkembang karena Anda tidak mampu melihat celah peluang besar yang ada di pasar.

Belajar Cara Bisnis Sukses dari Kisah Usaha Kopi JPW 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pebisnis Baru? 8+ Tips dan Strategi Mengembangkan Startup Di Tahun Pertama]

 

Jika Anda mengawalinya dengan berani, tentu Anda akan menemukan banyak cara dan upaya mengembangkan usaha, mengingat saat ini terdapat media yang sangat strategis untuk memasarkan produk ke seluruh dunia.

Jadi, jangan khawatir untuk mengembangkan popularitas produk Anda.

 

Strategi 2: Kembangkan Jaringan Bisnis

Berdasarkan pengalaman si pemilik bisnis kopi JPW, jaringan berupa mitra bisnis merupakan salah satu komponen terpenting.

Karena mereka tentu memiliki berbagai hal yang bisa bermanfaat untuk usaha Anda, baik itu berupa ide dan pengetahuan terkait ilmu bisnis, pemasaran, atau teknik pengolahan beberapa produk tertentu.

Belajar Cara Bisnis Sukses dari Kisah Usaha Kopi JPW 03 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Tips Mengelola Bisnis Waralaba Agar Semakin Berhasil Di Tahun 2019]

 

Semuanya bisa menjadi jalan kesuksesan Anda jika bisa diamati dengan baik.

Anda juga bisa memanfaatkan jaringan mitra bisnis untuk memasarkan produk lebih luas lagi yang dipraktikkan secara nyata.

Selain itu, pembagian keuntungan dengan mitra bisnis juga akan sangat menjanjikan bagi Anda jika produk telah berhasil dipasarkan secara maksimal.

Bahkan dari sebuah langkah sederhana memulai bisnis dengan mitra Anda bisa mengembangkan jaringan lebih luas lagi hingga mendirikan sebuah perusahaan yang mengusung brand atau merek tertentu.

 

Strategi 3: Mampu Melihat Peluang Pasar yang Menjanjikan

Strategi selanjutnya, yakni Anda harus bisa melihat salah satu produk yang paling menonjol di pasaran.

Meskipun produk banyak diproduksi tetapi permintaan tidak pernah berhenti atau dalam keadaan stabil, menjadi salah satu peluang besar yang harus diambil.

Anda bisa melakukan pemantauan popularitas produk melalui media internet, jika tidak bisa menjalankannya Anda bisa meminta bantuan rekan yang memiliki kemampuan di bidang tersebut, seperti yang dialami oleh Togu.

Anda bisa memilih produk yang jarang muncul di pasaran, tapi pastikan bahwa permintaannya akan selalu naik atau stabil.

 

Strategi 4: Menggunakan Kemampuan Dasar Sebagai Modal Sukses

Setiap orang bisa menjalankan bisnis, begitu pun dengan orang-orang yang memiliki kemampuan di berbagai bidang tertentu tanpa harus memahami ilmu dasar bisnis dan marketing.

Beberapa contoh orang yang sukses menjalankan bisnis seperti Togu, tentu memulai kariernya dengan mengembangkan kemampuan dasar yang dimilikinya, yakni dalam bidang pengembangan web.

Belajar Cara Bisnis Sukses dari Kisah Usaha Kopi JPW 04 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Berhasil Memulai Bisnis Ternak Ayam Broiler yang Menguntungkan]

 

Jika Anda memiliki keahlian di bidang peternakan, maka kembangkanlah bisnis di situ, jangan khawatir mengalami kegagalan meskipun Anda tidak memiliki ilmu dasar berbisnis.

Karena hal terpenting adalah kemampuan Anda dalam menekuni salah satu bidang tertentu.

 

Strategi 5: Mengutamakan Pelayanan Pelanggan Secara Online

Langkah paling penting yang harus dilakukan oleh pebisnis, baik itu pemula maupun yang telah sukses, yakni memberikan pelayanan pelanggan yang berkualitas.

Anda bisa mendapatkan rating tinggi dan peningkatan penjualan karena ulasan dari para pelanggan.

Jangan sampai mengecewakan mereka, jika Anda melayaninya secara online maka berikan banyak waktu untuk memberikan informasi detail produk dan membalas pesannya dalam waktu singkat.

Belajar Cara Bisnis Sukses dari Kisah Usaha Kopi JPW 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Richard Liu Qiang Dong, Pendiri JD.com]

 

Ketahui Berbagai Peluang Usaha dari Kisah Bisnis Kopi JPW

Bagi Anda seorang pemula yang hendak memulai usaha jangan ragu untuk mencoba berbagai peluang bisnis.

Ada berbagai hal yang bisa Anda kembangkan sebagai sebuah produk yang unik dan bisa mendongkrak pasar, Anda hanya perlu memiliki keberanian untuk menghadapi banyak risiko dari berbagai peluang tersebut.

Jika mengamati kisah sukses kopi JPW, Togu sebagai pelaku utama mampu melihat bahwa kopi menjadi salah satu produk yang sangat berpeluang untuk dikembangkan sebagai usaha.

Pengelolaannya pun tidak terlalu rumit jika si pelaku bisa bersikap telaten saat menekuninya. Mengingat di Indonesia juga menjadi sebuah lahan strategis untuk mengembangkan perkebunan kopi dan olahannya.

Begitu pun yang perlu dilakukan ketika Anda ingin menekuni salah satu bidang usaha, berusahalah bersikap telaten jika usaha Anda termasuk salah satu yang menjadi produk strategis di pasaran.

Tambahkan sisi unik produk yang Anda kembangkan untuk diunggulkan agar ada ciri khas yang bisa dikenali jika produk tersebut banyak dipromosikan berbagai pihak di pasaran.

Kemudian mulailah secara bertahap tanpa modal yang terlalu besar, serta lakukan dengan berani.

Jika Anda bingung, Anda bisa merencanakan modal bisnis Anda menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda sudah mulai ingin berbisnis kopi? Jika ya, maka jangan lupa bagikan informasi penting ini pada semakin banyak orang ya, terima kasih.

 

Sumber referensi:

  • Eddy Dwinanto Iskandar. 15 Oktober 2017. Peruntungan Anak Pekalongan di Bisnis Kopi. Swa.co.id – https://bit.ly/2Ib8Nh5

 

Sumber Gambar:

  • Usaha Kopi JPW 1 – https://goo.gl/images/nnjrkq
  • Usaha Kopi JPW 2 – https://goo.gl/images/arjBC1
  • Usaha Kopi JPW 3 – https://goo.gl/images/Efcyn1
  • Usaha Kopi JPW 4 – https://goo.gl/images/xLjCb4
  • Usaha Kopi JPW 5 – https://goo.gl/images/ExhhtF