Bagaimana kisah sukses Richard Liu Qiang Dong? Apa saja pelajaran dan motivasi hidup yang bisa diperoleh dari catatan hidupnya?

Kali ini Finansialku akan membahas tentang kisah sukses Richard Liu Qiang Dong, pendiri JD.com.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Profil Singkat Richard Liu Qiang Dong

Liu Qiangdong merupakan seorang pengusaha sukses dari negara China. Ia lahir pada tanggal 14 Februari 1974 yang dikenal sebagai pendiri JD.com, rival terbesar Alibaba, sang pemimpin pasar China.

Pemimpin salah satu e-commerce terbesar di China ini pada tahun 2018 telah mengumpulkan kekayaan hingga US $ 12,7 miliar.

 

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Kesuksesan Richard Liu Qiang Dong di JD.com

Pada tahun 1998 ia mulai bisnis miliknya sendiri dengan menjadi distributor produk optik dengan nama Jingdong Century Trafing Co., Ltd. Bisnis yang dijalaninya dengan ketekunan serta kerja kerasnya terus berkembang dari waktu ke waktu. Hingga tahun 2003, Liu Qiang telah membuka 12 toko di Beijing, China.

Kesuksesan yang diraih oleh Richard Liu Qiang ini dimulai dari model bisnis online yang pertama kali diluncurkannya pada tahun 2004, dengan nama JDlaser.com. Lalu berganti menjadi 360buy.com di 2007, dan ditetapkan menjadi JD.com (JingDong Mall) pada Maret 2013.

Kisah Sukses Richard Liu Qiang Dong 4 Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Muak dengan Sekolah? Ini Para Wirausahawan Sukses yang Meninggalkan Pendidikannya]

 

Satu tahun kemudian, semua toko offline-nya ditutup dan masuk ke dalam platform bisnis online-nya.

Perkembangan platform tersebut terus menerus meningkat sehingga saat ini telah menjadi e-commerce terkemuka di China.

JD.com sendiri telah melakukan Initial Public Offering di negara Amerika Serikat pada tahun 2014. Tepatnya pada bulan Mei harga sahamnya telah naik pada kisaran 15%.

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Kunci Sukses Richard Liu Qiang Dong

Seseorang yang sukses seperti halnya Richard Liu Qiang Dong tentunya memiliki mental yang tangguh dan tidak mudah menyerah dengan keadaan.

Ia pun selalu optimis selama masih melihat kemungkinan dan berusaha melakukan yang terbaik demi mempertahankan bisnisnya.

Lalu, apa yang perlu diperhatikan oleh pebisnis sukses supaya bisa mengikuti jejak Richard Liu Qiang Dong? Mari simak pembahasannya:

 

#1 Mencari Kebebasan

Dalam mengawali sebuah usaha, seseorang bebas menentukan nama yang dipilih sesuai dengan keyakinannya.

Tentu nama yang diinginkan tersebut harus masuk akal, dan memiliki peluang terbaik untuk dikenal masyarakat.

Kebebasan di sini maksudnya memiliki keyakinan bahwa apa yang dipercayainya mempunyai peluang untuk berhasil.

Kisah Sukses Richard Liu Qiang Dong 1 Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cristiano Ronaldo Mengelola Keuangannya? Yuk Kita Intip Gaya Hidupnya!]

 

Tentunya keyakinan ini didukung dengan kemampuan seseorang dalam merealisasikannya.

Seorang pengusaha bebas dalam menentukan pilihan yang memiliki kemungkinan terbesar untuk mendapatkan keuntungan.

Namun demikian, risiko yang terjadi di kemudian hari misalnya terjadi kegagalan atau bangkrut karena pilihan tersebut, juga harus dipahami dan diantisipasi.

 

#2 Mencari Kepopuleran

Pebisnis harus cerdas dan mengetahui cara mempopulerkan usahanya. Ia harus membuat banyak orang tahu tentang produk yang dipasarkannya.

Ini adalah faktor penting agar usaha seseorang tidak mengalami kegagalan dan bisa terus berlanjut.

Cara yang bisa dilakukan agar mencapai kepopuleran adalah dengan melakukan promosi.

Memberikan diskon dengan jumlah besar atau bahkan memberikan secara gratis untuk konsumen yang beruntung merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan agar orang lain banyak tahu tentang bisnis Anda.

Semakin banyak orang yang tahu, maka tingkat kepopulerannya meningkat sehingga membuat masyarakat menjadikannya sebagai pilihan utama.

Langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuat konsumen tidak kecewa dengan menjaga kualitas produk serta layanan.

 

#3 Mencari Harta Tak Ternilai

Salah satu harta yang tak ternilai dalam berbisnis adalah kepercayaan dari konsumen maupun mitra.

Untuk itu, kejujuran harus bisa diberikan oleh seseorang pada saat menjalankan bisnisnya. Hal ini akan memberikan rasa aman pada siapapun baik pembeli maupun rekan bisnis.

Kepercayaan ini bukan hanya tentang informasi yang harus benar apa adanya, melainkan juga pada kualitas barang.

Kisah Sukses Richard Liu Qiang Dong 3 Finansialku

[Baca Juga: Gaya Hidup dan Cara Menghabiskan Uang ala Miliarder Dunia]

 

Untuk bisa memberikan kepuasan pada pelanggan, Anda harus memberikan barang yang kualitasnya sesuai dengan harganya. Pesaing lain dapat dijadikan pertimbangan untuk menentukan harga.

Kepercayaan yang ada di masyarakat perlu dijaga dengan baik di antaranya dengan layanan purna jual atau pelayanan setelah transaksi berakhir, contohnya garansi pengembalian barang bila ada kecacatan.

Layanan purna jual akan memberikan rasa aman bagi konsumen. Prosedur garansi pun harus dipertimbangkan, jangan sampai merugikan dan menyusahkan konsumen.

 

#4 Attitude Membawa Uang

Sikap seseorang sehari-hari akan mendapat penilaian, baik itu dari rekan maupun konsumen.

Sikap yang tegas, disiplin, ramah dan pekerja keras merupakan hal utama bagi pebisnis. Attitude baik ini pun akan memberi nilai tambah untuk bisnisnya.

Seorang pebisnis akan mempunyai banyak mitra dan konsumen dengan sikapnya yang baik, bersahabat, serta profesional.

Tentu pundi-pundi keuangan akan mudah bertambah dengan perilaku yang terpuji. Jaga perasaan mitra bisnis maupun pembeli agar mereka merasa nyaman.

Dalam menjalankan pekerjaannya, pebisnis akan memilih orang-orang dengan sikap yang baik, begitu juga dengan mitra bisnis Anda. Miliki sikap profesional, jujur, disiplin, dan sikap lain yang memberi nilai plus di mata orang-orang.

Kenyamanan dalam berinteraksi juga akan mempengaruhi pandangan seseorang.

Maka dari itu, jaga sikap agar bisnis menjadi lancar dan uang pun ikut mengalir lebih banyak.

 

#5 Perencanaan Membuat Segalanya Terstruktur

Perencanaan adalah suatu yang penting agar tujuan seseorang bisa tercapai.

Perencanaan dibagi ke dalam dua kategori waktu, ada jangka panjang dan juga pendek. Apa yang hendak dicapai dalam jangka panjang perlu dibagi ke dalam tahapan-tahapan jangka pendek.

Pengelompokan ini akan memudahkan seorang pebisnis dalam mencapai target, serta mengetahui bagaimana perkembangan yang telah ia capai. Perlu juga dilakukan evaluasi setiap selesai melakukan satu tahapan supaya bisa memperbaiki kekurangan yang pernah dilakukan.

Kisah Sukses Richard Liu Qiang Dong 5 Finansialku

[Baca Juga: Inilah Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes]

 

Perencanaan dapat lebih matang bila disiapkan alternatif lain, supaya bila terjadi kegagalan atau tidak mencapai target, Anda tidak kebingungan dan diam di tempat.

Supaya mudah mengeksekusi rencana, buatlah perencanaan dengan sangat detail. Mulai dari aspek who (siapa saja yang perlu berkontribusi untuk mewujudkan target tersebut?), when (kapan harus melakukan tahapan-tahapan tersebut?), how (bagaimana cara mewujudkan target tersebut?), dan masih banyak lagi.

Pertanyaan di atas dapat memperjelas arah dan tujuan seorang pebisnis. Tanpa ada rencana yang matang, maka seseorang akan sulit untuk mewujudkan tujuannya secara efektif dan efisien.

 

Mulailah Usaha Sekarang Juga, Tanpa Tapi!

Hal yang paling penting agar bisa menjadi pengusaha sukses adalah dengan memulai segalanya secepat mungkin.

Peserta ujian pasti akan segera mengerjakan soal begitu tes dimulai. Hal yang sama dapat diterapkan dalam kehidupan nyata. Maka, mulailah sekarang juga, tanpa ditunda-tunda!

 

Kunci sukses manakah yang akan Anda lakukan? Jika Anda sudah mempunyai kelompok pebisnis yang ingin saling membagi motivasi, maka jangan lupa share kisah sukses ini pada rekan sejawat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Richard Liu: Three Types Of People Won’t Success In Startup. Beststory.technewsinchina.com – https://goo.gl/BrsuTK
  • Jamil Anderlini, 15 September 2017. Liu Qiangdong, the ‘Jeff Bezos of China’, on making billions with JD.com com – https://goo.gl/cB7nmR

 

Sumber Gambar:

  • Kisah Sukses Richard Liu Qiang Dong – https://goo.gl/HpbLL3
  • Kisah Sukses Richard Liu Qiang Dong 2 – https://goo.gl/f29aA6
  • Kisah Sukses Richard Liu Qiang Dong 3 – https://goo.gl/UiecCt
  • Kisah Sukses Richard Liu Qiang Dong 4 – https://goo.gl/v2xs1A
  • Kisah Sukses Richard Liu Qiang Dong 5 – https://goo.gl/gPRHY4