Sudahkah Anda mengetahui bagaimana cara mengajukan klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online maupun offline?

BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu fasilitas yang diberikan pemerintah untuk melindungi para tenaga kerja di Indonesia. Namun tidak sedikit para tenaga kerja tidak mengetahui cara mengajukan klaimnya.

Jangan khawatir, kali ini Finansialku akan membahas cara cepat mengajukan klaim BPJS Ketenagakerjaan baik secara online maupun offline.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Cara Cepat Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online dan Offline

BPJS Ketenagakerjaan, pada dasarnya merupakan salah satu program dari pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial bagi seluruh tenaga kerja di Indonesia.

Sudah sepantasnya setiap perusahaan maupun badan usaha untuk menyertakan karyawannya pada program ini.

Nah nantinya, perusahaan atau badan usaha tersebut akan membayarkan iuran setiap bulannya kepada BPJS.

Saldo yang setiap bulannya terkumpul menjadi hak peserta yang notabenenya para tenaga kerja itu sendiri. Sehingga nantinya Anda para karyawan maupun tenaga kerja dapat mengajukan klaim.

 

Namun apakah Anda sudah mengetahui cara mengajukan klaim yang cepat baik secara online maupun offline? Jika belum mengetahuinya, berikut ini Finansialku akan menjelaskan caranya untuk Anda.

*Sebelum itu perlu Anda ketahui bahwasanya dari keempat program BPJS Ketenagakerjaan, hanya satu program dengan saldo iuran yang dapat diklaim yakni Jaminan Hari Tua (JHT).

Total saldo yang didapatkan merupakan akumulasi dari iuran yang telah dibayarkan perusahaan sebelumnya yang terdiri dari 3,7% pihak perusahaan dan 2% potongan gaji karyawan.

 

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Melalui situs online sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dan aplikasi mobile BPJSTKU, Anda dapat dengan mudah melakukan pengajuan klaim. Selain itu, Anda juga bisa secara langsung mendapatkan nomor antrean secara online.

Berikut ini adalah tata caranya:

  1. Buka salah satu platform yang Anda gunakan, baik aplikasi maupun situs online
  2. Silakan login ke akun BPJS Ketenagakerjaan, kemudian pilih menu ‘Klaim Saldo JHT
  3. Anda akan menemukan kolom informasi yang perlu diisi. Pada kolom ‘KPJ’, isi dengan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan milik Anda. Kemudian pada kolom ‘Keperluan’, pilih ‘Pengajuan Klaim’
  4. Pilih jenis klaim sesuai dengan yang Anda perlukan
  5. Ketika sudah terisi lengkap, klik ‘Kirim’
  6. Siapkan beberapa dokumen-dokumen sesuai dalam daftar sebagai persyaratan
  7. Selanjutnya Anda diinstruksikan untuk mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan secara online. Setelah selesai upload semua dokumen tersebut, tunggu email konfirmasi dari BPJS Ketenagakerjaan
  8. Anda akan menerima email resmi dari BPJS Ketenagakerjaan yang menyatakan kalau pengajuan klaim secara online telah berhasil. Lalu dalam email yang sama, akan ada informasi tanggal dan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang harus Anda datangi untuk melanjutkan proses klaim saldo JHT
  9. Pastikan untuk datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang diarahkan oleh email tersebut, pada tanggal dan waktu sesuai dengan instruksi itu, dengan membawa seluruh dokumen yang dibutuhkan
  10. Saat dipanggil oleh petugas customer service (CS), Anda akan diminta untuk menyerahkan dokumen yang telah diminta sebelumnya. Petugas CS akan memeriksa seluruh berkas
  11. Jika semua sudah lengkap, CS akan menginformasikan waktu pencairan saldo JHT Anda

 

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Secara Offline

Selain dengan cara online, Anda juga bisa melakukan klaim secara offline. Artinya Anda harus datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Akan tetapi, cara yang satu ini sudah tidak lagi direkomendasikan, karena Anda harus mengantre cukup lama.

Begini Lho Cara Gampang Pindah Faskes BPJS Kesehatan1

[Baca Juga: Sudah Tahu Fungsi SIPP BPJS Kesehatan? Simak di Sini!]

 

Nah, berikut ini cara klaim BPJS Ketenagakerjaan dengan cara offline:

  1. Silakan datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.
  2. Jangan lupa untuk membawa dokumen-dokumen persyaratan yang dibutuhkan baik asli maupun fotokopi.
  3. Isi formulir yang diberikan petugas kantor, setelah itu kembalikan formulir tersebut beserta dokumen-dokumen persyaratan yang telah disiapkan. Nantinya Anda akan mendapatkan nomor antrean.
  4. Petugas customer service (CS) akan memanggil Anda sembari meninjau ulang isi formulir serta kelengkapan dokumen yang terlampir.
  5. Jika ada yang kurang, Anda akan diminta untuk melengkapinya dahulu. Jika semuanya sudah lengkap, Anda akan mendapatkan nomor antrean untuk menemui CS bagian pengajuan klaim.
  6. Setelah mendapat panggilan, CS pengajuan klaim akan memeriksa kembali semua dokumen untuk memastikan kelengkapannya. Jika sudah sesuai, CS akan memberitahukan waktu pencairan saldo JHT Anda.

 

Kesimpulan

Anda memiliki hak sepenuhnya akan dana BPJS Ketenagakerjaan yang telah diklaim. Pastikan Anda merencanakannya dengan baik dan digunakan sesuai kebutuhan.

Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku dalam melakukan perencanaan tersebut. Anda bisa mengunduh aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

Nah itulah cara mengajukan klaim BPJS Ketenagakerjaan dengan cepat secara online maupun offline. Jangan lupa share artikel ini semoga bermanfaat…

 

Sumber referensi:

  • Dina Lathifa. 7 Agustus 2019. Bingung Gimana Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan? Online-pajak.com – https://bit.ly/3eGakZw