facebook_pixel

Kebijakan Baru Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan 100 Persen

Bagaimana cara pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan 100 Persen? Berikut ini penjelasan detil mengenai cara mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan..

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Kebijakan Baru Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan 100%

BPJS Ketenagakerjaan atau yang dahulu lebih dikenal dengan Jamsostek, semakin mengembangkan pelayanannya, namun bukan hanya layanannya saja yang dituntut harus menjadi lebih baik dan semakin baik tetapi pembaharuan kebijakan pun selalu dinanti agar bisa terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat ada umumnya dan khususnya bagi para peserat BPJS TK itu sendiri.

Perubahan kebijakan ataupun terjadi perkembangan pada BPJS TK tentunya bagi Anda yang merupakan salah satu peserta dari BPJS TK ini, perlulah mengupdate hal-hal terbaru yang terjadi di BPJS TK, mengapa harus demikian? Dikarenakan saat ini BPJS Ketenagakerjaan melakukan perombakan pada kebijakan yang akan lebih memaksimalkan pelayanan dan kesejahteraan para pekerja Indonesia.

kebijakan-baru-pencairan-jht-bpjs-ketenagakerjaan-100-persen-1-finansialku

[Baca Juga : Program Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan]

 

Sebagai salah satu solusi untuk mempersiapkan masa depan para pekerja yang dapat memberikan jaminan hari tua untuk tenaga kerja, saldo JHT (Jaminan Hari Tua) bisa di claim atau dicairkan dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Dalam hal tersebut kebijakan baru muncul dan haruslah diketahui oleh Anda dan seluruh peserta BPJS TK, kebijakan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah menyangkut bagaimana cara mencairkan program JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS Ketenagakerjaan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah(PP) No 60 tahun 2015 yang mulai berlaku sejak 1 september 2015 menyatakan bahwa saldo JHT bisa diambil 10%, 30% hingga 100% tanpa harus menunggu usia kepesertaan 10 tahun atau peserta minimal berumur 56 tahun seperti yang tertera di peraturan sebelumnya (Peraturan Pemerintah (PP) No 46 tahun 2015)

Merupakan satu kabar baik bagi para peserta BPJS TK, selain itu bagi Anda yang merupakan peserta dari BPJS TK ada beberapa informasi terkait untuk mengklaim JHT ini yang harus Anda ketahui dan pahami agar Anda tidak binggung lagi dan lebih lancar dalam proses pengurusan BPJS TK Anda.

 

Menurut Anda, seharusnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pencairan BPJS TK ini?

Silakan tulis pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini, terima kasih.

 

Terima kasih telah memberikan komentarnya. Sebagai bentuk apresisasi kami, maka kami memberikan free trial Aplikasi Finansialku. Aplikasi ini dapat membantu Anda mencatat pengeluaran dan merencanakan keuangan. Silakan download. 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Syarat dan Ketentuan

Bagi Anda yang akan mencairkan program JHT, ada beberapa pilihan cara untuk claim saldo JHT, bisa dicairkan 10 % saja, 30% saja atau hingga 100%, dibawah ini adalah beberapa syarat dan ketentuannya,

 

Ketentuan Mencairkan Saldo JHT 10%, 30% Hingga 100%

Berikut beberapa ketentuan yang harus Anda ketahui terkait cara mencairkan (klaim) saldo JHT Jamsostek (BPJS ketenagakerjaan):

  • Sesuai dengan peraturan pemerintah no 60 tahun 2015 yang mulai berlaku sejak 1 september 2015, Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan 10% dan 30% bisa dilakukan hanya untuk peserta yang masih bekerja dengan syarat usia kepesertaan sudah menginjak 10 tahun, pencairan hanya boleh dipilih salah satu, 10% atau 30% saja, tidak bisa dua-duanya. 10% untuk dana persiapan pensiun, sedangkan yang 30 persen untuk biaya perumahan.
  • Setelah melakukan salah satu pencairan 10% atau 30% pencairan berikutnya yang bisa dilakukan adalah pencairan 100% setelah keluar dari pekerjaan.
  • Sementara untuk mencairkan saldo JHT sampai 100% hanya diperuntukan untuk peserta yang sudah tidak bekerja (keluar, resign atau PHK), saldo bisa langsung dicairkan setelah menunggu 1 bulan sejak keluar tidak bekerja.
  • Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan 100% Tidak bisa dicairkan tanpa paklaring (surat pengalaman/berhenti kerja) paklaring bisa diminta dari perusahaan yang sudah Anda tinggalkan, jika perusahaan sudah tidak ada maka bisa meminta ke disnaker.
  • Pastikan Data KTP sama dengan data Kartu Keluarga (KK) jika berbeda Anda bisa membuat surat keterangan koreksi kesalahan dari kelurahan setempat.
  • Pengambilan Saldo JHT tidak bisa diwakilkan, jika si peserta cacat total pencairan harus disertai surat kuasa, kecuali untuk peserta yang meninggal dunia.
  • Cara klaim JHT Jika kartu BPJS hilang, untuk mencairkan saldo JHT BPJS, Anda harus mengurus surat pengganti kartu peserta yang hilang yaitu surat keterangan hilang dari kepolisian. Dengan mencantumkan no Kartu Peserta BPJS di dalam surat keterangan hilang tersebut, maka Anda sudah bisa mencairkan JHT Anda.
  • Untuk Peserta yang sudah berhenti bekerja, saldo JHT bisa dicairkan 100% setelah menunggu selama satu bulan sejak keluar dari pekerjaan, meskipun usia kepesertaan kurang dari 10 tahun.

 

Cara Mengecek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga :  Cara Mengecek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan]

 

Persyaratan Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan 10% dan 30% Terbaru

Dan satu hal lagi yang perlu dipahami oleh para peserta BPJS TK dari adanya peraturan baru itu adalah ketika peserta sudah mencairkan JHT yang sebesar 10% atau 30%, maka peserta BPJS TK tidak bisa mencairkan JHT secara bertahap lagi. Tahap selanjutnya sendiri setelah pencairan 10% atau 30% adalah pencairan 100% atau klaim JHT secara penuh. Klaim pencairan JHT 100% ini sendiri membutuhkan waktu sebulan sejak peserta yang bersangkutan sudah berhenti bekerja. Berikut ini adalah persyaratan untuk mencairkan saldo JHT 10% atau 30% yang berlaku mulai 1 september 2015 berdasarkan peraturan pemerintah No 60 tahun 2015:

  1. Peserta minimal sudah bergabung selama 10 tahun
  2. Peserta masih aktif bekerja diperusahaan.

 

Syarat untuk Mencairkan Saldo JHT 10%

  1. Fotocopy kartu BPJS TK/Jamsostek dengan membawa yang asli.
  2. Fotocopy KTP atau Paspor Peserta dengan menunjukkan yang asli.
  3. Fotocopy KK (Kartu Keluarga) dengan menunjukkan yang asli.
  4. Surat keterangan masih aktif bekerja dari perusahaan.
  5. Buku Rekening Tabungan

 

Syarat untuk Mencairkan Saldo JHT 30%

  1. Fotocopy kartu BPJS TK/Jamsostek dengan membawa yang asli.
  2. Fotocopy KTP atau Paspor Peserta dengan menunjukkan yang asli.
  3. Fotocopy KK (Kartu Keluarga) dengan menunjukkan yang asli.
  4. Surat keterangan masih aktif bekerja dari perusahaan.
  5. Dokumen Perumahan.
  6. Buku Rekening Tabungan

bedanya-jaminan-hari-tua-dan-jaminan-pensiun-bpjs-ketenagakerjaan-finansialku

[Baca Juga : Bedanya Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan]

 

Jika Anda ingin mencairkan JHT sebesar 10% dan 30% maka Anda harus bersiap dengan pemberlakuan pajak progresif yang harus ditanggung.

  • Pajak progresif sendiri dikenakan mulai dari 5% hingga 30%.
  • Jika saldo JHT di bawah Rp50 juta akan dikenakan pajak sebesar 5%. Dan jika Anda pekerja yang memiliki saldo JHT antara Rp50 juta sampai Rp250 juta maka tarif pajaknya lebih besar yaitu 15%.
  • Jika saldo JHT Anda antara Rp250 juta sampai Rp500 juta maka pajaknya yaitu sebesar 25%.
  • Jika saldo JHT yang telah mencapai lebih dari setengah milyar, maka tarif pajaknya adalah 30%.
  • Namun bila pekerja tidak pernah mencairkan JHT meski sudah mencapai 10 tahun kepesertaan ini maka berapapun saldo JHT Anda nanti saat akan mencairkannya pajak yang dikenakan hanya sebesar 5%.

 

Persyaratan Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan 100% Terbaru

Salah satu kabar yang mebahagiakan bagi para peserta BPJS TK mencairkan saldo JHT 100%  siapapun peserta BPJS TK yang sudah berhenti bekerja baik karena Putus Hubungan Kerja (PHK) atau resign dengan kemauan sendiri, bisa mencairkan saldo JHT sampai 100% setelah menunggu 1 bulan,  tanpa harus menunggu usia 56 tahun atau ketika Anda mengalami cacat total atau meninggal dunia, sedangkan untuk yang masih bekerja hanya ada 2 pilihan untuk mencairkan saldo JHT yaitu 10% saja untuk persiapan pensiun atau 30% untuk biaya perumahan.

 

Syarat untuk Mencairkan Saldo JHT 100%

Berikut adalah persyaratan untuk mencairkan saldo JHT BPJS (JAMSOSTEK) sampai 100%:

  1. Sudah berhenti bekerja (PHK/ resign)
  2. Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan.
  3. Paklaring (Surat pengalaman bekerja / surat keterangan sudah berhenti bekerja)
  4. KTP atau boleh juga SIM.
  5. Kartu Keluarga (KK).
  6. Buku Tabungan untuk Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan.
  7. Jangan lupa sertakan fotocopy minimal sebanyak 1 lembar untuk masing-masing dokumen di atas.

tahukah-anda-ada-4-jaminan-bpjs-ketenagakerjaan-bpjs-tk-untuk-karyawan-finansialku

[Baca Juga :  Coba Cek Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Freelance]

 

Jadi Prosedur Pengajuan Pencairan

Bagi Anda yang akan mencairkan saldo JTH berikut adalah beberapa  prosedur pencairannya:

  1. Mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.
  2. mengisi formulir pengajuan klaim JHT,
  3. Menandatangani surat pernyataan sedang tidak bekerja di perusahaan manapun,
  4. Ceklis kelengkapan berkas,
  5. Panggilan wawancara dan foto
  6. Terakhir transfer seluruh saldo JHT ke nomor rekening bank.

 

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan dalam mencairkan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan? Silakan share pengalaman Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi :

  • . Agustus 2016. Cara Mencairkan 100% JHT Jamsostek BPJS (Syarat dan Ketentuan). https://goo.gl/nMfIFz

 

Sumber Gambar : 

  • Claim – https://goo.gl/2VigjE
  • Workers – https://goo.gl/GFFN0b

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

286 Comments

  1. Riana novita sari 6 September 2017 at 19:26 - Reply

    Saya ingin bertanya jika seseorang menjajikan bisa membantu mencaikan bpjs dalam waktu 5hari apakah itu benar?

    • Finansialku
      Finansialku 10 September 2017 at 23:18 - Reply

      Hi Ibu Riana, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Sebenarnya tidak perlu calo / agen untuk pencairan BPJS Ketenagakerjaan.
      Ibu cukup penuhi syarat yang dibutuhkan.
      Jika mengalami kesulitan coba hubungi customer care BPJS 1500 – 910
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  2. mulyadi 6 September 2017 at 19:27 - Reply

    pak jika tidak ada panglaring bisa tidak

    mohon jawaban yah

    • Finansialku
      Finansialku 10 September 2017 at 23:17 - Reply

      Hi Pak Mulyadi terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Tidak bisa pencairan Pak, jika tidak ada paklaring
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  3. Sujianto 6 September 2017 at 19:36 - Reply

    Saya baru bergabung BPJS sekitar 2tahun,,tp uda resign dr perusahaan sekitar 7 bulan. Apakah saya masi berhak atau bisa mengajukan claim?tq.

    • Finansialku
      Finansialku 10 September 2017 at 23:17 - Reply

      Hi Pak Sujianto, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Masih bisa klaim Pak, namun kami tidak sarankan, karena uang Bapak tetap diinvestasikan.
      Jika mengalami kesulitan coba hubungi customer care BPJS 1500 – 910
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  4. lalan 6 September 2017 at 22:09 - Reply

    Ijin bertanya.. kalo status pernikahan dalam kk dan ktp berbeda gimana pa..jadi di ktp belum menikah sedangkan di kk udah..itu gimana pa masih bisa di cairkan gak bpjs nyah.. sebelumnya terimakasih

    • Finansialku
      Finansialku 10 September 2017 at 23:16 - Reply

      Hi Ibu Lalan, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Kasus tersebut bisa saja terjadi, karena ektp belum diupdate.
      Saran kami coba update data di ektp atau coba hubungi customer care BPJS 1500 – 910
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  5. rahmat 6 September 2017 at 22:52 - Reply

    permisi pak numpang nanya , mencairkan saldo bpjs itu waktunya satu bulan setelah kita berhenti bekerja ya ?
    saya dan temen saya berenti bekerja belum satu bulan .
    hari ini saya dn rekan saya mencairkan saldo bpjs , kelengkapan dn syarat” pun sudah lengkap .
    yang saya pengen tanyakan . kenapa temen saya bisa dn saya tidak bisa ya pak ?
    mohon arahannya ?
    terimakasih

    • Finansialku
      Finansialku 10 September 2017 at 23:16 - Reply

      Hi Pak Rahmat, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Seharusnya setelah 1 bulan Pak baru bisa.
      Jika mengalami kesulitan coba hubungi customer care BPJS 1500 – 910
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  6. Lukman Handok9 7 September 2017 at 09:04 - Reply

    Pagi, mau nanya dikit. Bulan lalu saya udah klaim jht dan jaminan pensiun. Dana semua udah cair. Nah terus dikasih tau sama pihak bpjsnya kalo setiap 3 bulan sekali datang ke kantor untuk ambil uang pensiunan. Itu maksudnua gimana ya ? Sebelumnya terimakasih

    • Finansialku
      Finansialku 10 September 2017 at 23:15 - Reply

      Hi Pak Lukman, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Pak mohon maaf, kami kurang jelas dengan pertanyaan Bapak.
      Kami sarankan coba hubungi kantor BPJS Ketenagakerjaan.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  7. Tati suheti 7 September 2017 at 11:28 - Reply

    Apakah pencairan bpjs harus online atau tidak?

    • Finansialku
      Finansialku 10 September 2017 at 23:09 - Reply

      Hi Ibu Tati, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Pencairan BPJS Ketenagakerjaan bisa offline, dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  8. Kuniyatun 7 September 2017 at 14:17 - Reply

    Assalamu”alaikum.
    Apakah BPJS JHT bisa langsung d cairkan tanpa harus ada surat pengalaman kerja… Terimakasih..

    • Finansialku
      Finansialku 10 September 2017 at 23:10 - Reply

      Wassalamu’alaikum
      Hi Ibu Kuniyatun, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Pencairan BPJS Ketenagakerjaan tidak memerlukan surat pengalaman kerja.
      Yang diperukan Paklaring.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  9. Teddy Suhandi 8 September 2017 at 09:43 - Reply

    Saya mau tanya,, saya punya 3 BPJSTK dari 3 perusahaan yang berbeda.. akan tetap, dari ke3 perusahaan tsb, saya tidak pernah mendapatkan surat paklaring/surat keterangan berhenti dsbnya.. lalu, jika saya ingin mengClaim BPJSTK saya salah satunya, itu bagaimana caranya ya??? mohon penjelasannya..
    terima kasih

    • Finansialku
      Finansialku 10 September 2017 at 23:14 - Reply

      Hi Pak Teddy, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Bapak coba minta surat paklaring dari HRD perusahaan tersebut.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  10. Deny wijaya 9 September 2017 at 10:35 - Reply

    Hai. Mau nanya dong saya mau nyairin bpjs tapi belum 5 tahun kepesertaannya bisa gak

    • Finansialku
      Finansialku 10 September 2017 at 23:14 - Reply

      Hi Pak Deny, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Jika masih bekerja, minimal 10 tahun Pak.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  11. nurul emawati 9 September 2017 at 14:07 - Reply

    selamat siang..mau nanya pak jika dalam pencairan dana JHT syarat2 yang harus dibawa sudah terpenuhi namun kurang 1 syarat nya yaitu kartu JAMSOSTEK dan saya hanya mmbawa yang BPJS Ketenaga kerjaan,dari pihak kantor BPJS di wilayah saya tidak mau menerima kartu yang BPJS tapi mereka maunya kartu yang jamsostek asli..padahal no KPJ sama dg yang kartu BPJS yg saya bawa,sedangkan persyaratan sudah jelas tertulis bs kartu BPJS/JAMSOSTEK yang asli, dan mereka bilang ke saya,kalau saya harus mengurus surat kehilangan dr kepolisian karena tdk dpt menunjukkan kartu JAMSOSTEK yang asli,itu gmn pak solusinya.terimakasih

    • Finansialku
      Finansialku 10 September 2017 at 23:12 - Reply

      Hi Ibu Nurul, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Memang untuk mencairkan BPJS Ketenagakerjaan memerlukan syarat yang komplit.
      Ibu coba minta kartu Jamsostek ke HRD.
      Jika mengalami kesulitan coba hubungi customer care BPJS 1500 – 910
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  12. katon 9 September 2017 at 17:48 - Reply

    Mau tanya nih ,, riwayat saya bekerja di perusahan PT xxxxx brrjalan kurang lebih 16 bulan dan sudah mendaftar BPJS TK. Dalam 9 bulan pertama saya di berhentikan selama 1 bulan. Dan pada pemberhentian saya di berikan paklaring. Setelah satu bulan saya di panggil kembali untuk bekerja di PT trsebut. Namun setelah beberapa bulan kurang lebih 7 bulan saya resign tnpa dapet paklaring.
    Apakah paklaring saya yg pertama bisa untuk mengambil saldo JHT tsb

    • Finansialku
      Finansialku 10 September 2017 at 23:08 - Reply

      Hi Pak Katon, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Sebaiknya Bapak ambil surat paklaring yang kedua.
      Bapak juga dapat menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500 – 910 untuk informasi lebih lengkapnya.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  13. Anton 9 September 2017 at 19:44 - Reply

    Selamat malam
    Saya mau nanya saya sudah berhenti bekerja selama 2 tahun,saya ada packlaring tp kenapa gara² bulan berhenti bekerjanya tidak sama saya tidak bisa mencairkan saldo JHT nya.saya udah konfirmasi ke HRD tempat saya bekerja tidak ada respon.apakah ada solusi

    • Finansialku
      Finansialku 10 September 2017 at 23:08 - Reply

      Hi Pak Anton, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Kami sangat menyayangkan atas kejadian yang menimpa Bapak.
      Jika Bapak sudah mencoba menghubungi HRD dan kesulitan, Bapak coba hubungi BPJS Ketenagakerjaan.
      Bapak juga dapat menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500 – 910 untuk informasi lebih lengkapnya.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  14. eka ridhaldi alka 9 September 2017 at 19:51 - Reply

    Saya ada keluhan,,,saya peserta JHT BPJS, tp sekarang perusahaan saya bekerja dulu sudah bangkrut. Sejak dulu saya mau urus bpjs saya, tp tak satupun manajemen lama menanggapi, pernah saya ke kantor bpjs, tp syarat yg diminta harus keterangan manajemen perusahaan, sementara tak satupun manajemen yg mau urus…mohon masukan saran

    • Finansialku
      Finansialku 10 September 2017 at 23:07 - Reply

      Hi Pak Eka, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Kami turut menyesalkan kasus yang menimpa Bapak. Kami sarankan coba minta solusi dari BPJS Ketenagakerjaan.
      Bapak juga dapat menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500 – 910 untuk informasi lebih lengkapnya.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  15. Aditya siti fajrun 9 September 2017 at 20:35 - Reply

    Saya mau tanya jika saya kerja sekarang sudah sekitar 8 tahun dan saya seorang karyawan tetap saya mau mencairkan sekitar 30% apakah bisa pak? Fast respon yah pak mkasih

    • Finansialku
      Finansialku 10 September 2017 at 23:06 - Reply

      Hi Pak Aditya, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Minimal 10 tahun Pak. Untuk memastikan waktu Bapak, silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan.
      Bapak juga dapat menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500 – 910 untuk informasi lebih lengkapnya.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  16. Dwi Oktaviandri Uno 10 September 2017 at 19:15 - Reply

    ass. yang saya mau tanyakan saya mempunyai kartu bpjs tk tetapi untuk kartu bpjs jht tidak ada, jadi bisa tidak saya mencairkan bpjs tk saya?dan apakah bpjs jht juga beda untuk pencairannya?saya sudah tidak bekerja dari tanggal 30-08-2017 mohon penjelasannya, data saya lengkap semua

    • Finansialku
      Finansialku 10 September 2017 at 23:04 - Reply

      Hi Pak Dwi, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Seharusnya terdaftar dalam satu paket pak. Kami sarankan Bapak konfirmasi kepada pihak HRD di perusahaan Bapak.
      Bapak juga dapat menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500 – 910 untuk informasi lebih lengkapnya.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  17. Imam rosadi 14 September 2017 at 09:50 - Reply

    Mau tanya emang sekarang mencairkan bpjs harus bikin akun e klaim dulu ya?? Terus dapet email disuruh tanggal sekian datang ke kantor bpjs sama print an surat datang tersebut. Soalnya barusan habis dr bpjs kaya gtu, tidak bisa langsung dan harus nunggu jg email untuk dateng tersebut

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 11:45 - Reply

      Hi Pak Imam, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Bapak:
      Ya Pak, untuk mempermudah dan mempersingkat proses.
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  18. dwi 16 September 2017 at 05:04 - Reply

    Maaf,tenggaang wktu 1 bulan dari tgl berhenti msh berlaku kan?soalnya ada yg ngmong skarang(september 2017)harus nunggu 3 bulan bru cair…mohon infonya

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 11:38 - Reply

      Hi Pak Dwi, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Bapak:
      Menurut informasi yang kami dapat seperti itu Pak.
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  19. Tata H 16 September 2017 at 13:39 - Reply

    Maaf.. mau tanya
    1. sewaktu mendaftar BPJS, sy memakai KTP bentuk lama (bukan elektronik). Dan tahun ini masa berlakunya sudah habis. KTP baru belum buat. Apakah Dana BPJS bisa dicairkan dengan memakai KTP Lama ?

    2. sekarang sy sudah bekerja di perusahaan baru… tapi belum dapat bpjs ketenagakerjaan.. sedangkan procedur di atas disebutkan adanya : menandatangabi pernyataan tidak bekerja diperusahaan manapun (point 3).. apakah tetap bisa dicairkan ?

    Terimakasih.

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 11:38 - Reply

      Hi Pak Tata, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Bapak:
      1. BPJS Ketenagakerjaan bisa dicairkan, namun kami sarankan gunakan EKTP.
      2. Menurut informasi yang kami dapat, jika seseorang masih bekerja maka harus 10 tahun kerja baru boleh dicairkan.
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  20. Radyan 17 September 2017 at 10:43 - Reply

    Bpk/Ibu. Saya punya 2 ketenagakerjaan saldo 150rb apakah bisa ? Dan yg 1 lg lumayan. Kenpa 1 bulan cairnya ya ,?

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 11:36 - Reply

      Hi Pak Radyan, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Bapak:
      Mengenai sistemp pembayaran, kami tidak tergabung dalam sistem BPJS Ketenagakerjaan.
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  21. Hanina 17 September 2017 at 14:23 - Reply

    Assalamu’alaikum.
    Saya mau tanya. Saya ingin mencairkan BPJSTK yg saya peroleh dr perusahaan lama saya. Saya sudah berhenti bkerja selama kurang lebih 1bln, akan tetapi sekarang saya sudah bekerja lagi, apakah bisa dicairkan?

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 11:35 - Reply

      Hi Ibu Hanina, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Ibu:
      Menurut informasi yang kami dapat JHT Hanya bisa dicairkan jika sudah tidak aktif.
      Jika ibu sudah bekerja 10 tahun baru bisa cairkan 30.
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  22. Ibnu munandar 17 September 2017 at 16:07 - Reply

    Mau tanya ini min, apa bisa klau salah satu dokumen tidak ada , karna saya mau nge claim jht tapi tidak ada surat pemutusan hubungan kerja dari perusahaan ke disnaker, klau yg lainnya sudah lengkap, mohon informasi nya

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 11:34 - Reply

      Hi Pak Ibnu, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Bapak:
      Seluruh persyaratan harus dilengkapi Pak.
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  23. Hafdah 17 September 2017 at 18:12 - Reply

    Assalamualaikum wr wb, Mlm pa’ saya mau tanya, klw mau mengambil bpjs Tk, tpi masih ktp yg biasa, bukan ktp yang elektik gmn pa’ bisa apa g, terima kasih sebelum nya.

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 11:12 - Reply

      Wassalamu’alaikum
      Hi Pak Hafdah, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Bapak:
      Seharusnya bisa Pak.
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  24. Irpan Abdul Aziz 17 September 2017 at 19:33 - Reply

    Terlalu ribet pdhl uang sndiri mau ngmbil di kala butuh aj susah banget,aneh di kmnain tu uang nya, mending nabung sndiri klo kyk gitu mana tiap-tiap bln di ptong 105913…..di kali 5thun sedng pas mau ngmbil ad kebutuhan mendadak di persulit kyk orng ngemis”pdhl uang sndiri heran aj…..

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 10:34 - Reply

      Hi Pak Irpan, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Kami memahami kondisi Bapak, namun peraturan itu sudah dibuat oleh BPJS Ketenagakerjaan.
      Lengkapi saja syarat dan ketentuannya.
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  25. Vivi mayasari 17 September 2017 at 19:57 - Reply

    Pak saya mau mencairkan jht..dengan menggunakan rekening suami saya..apakah bisa..trims

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 10:33 - Reply

      Hi Bu Vivi, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Ibu:
      Seharusnya tidak bisa Bu.
      Saran kami, buka saja rekening bank.
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  26. Tuty alawiyah 17 September 2017 at 20:51 - Reply

    Assalam’mualaikum, maaf sya mau menanyakn yg lebih jls,, jika sya mau ingin mengurus pencairan jht jika paklaring tdk ada krna perusahaan tmpat sya bekerja telah tutup,, apa saja persyaratan yang harus saya bawa?

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 10:32 - Reply

      Wassalamu’alaikum
      Hi Bu Tuty, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Ibu:
      Tetap harusnya memiliki surat paklaring Bu. Coba Ibu tanyakan kepada pemilik perusahaan.
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  27. Endang S 17 September 2017 at 21:59 - Reply

    saya mau tanya pak kenapa gagal terus ngirim eklaim bpjs,setelahsemua data di isi balesan dr bpjs tu SERVER UNAVAILABLE TEMPORARILY

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 10:31 - Reply

      Hi Ibu Endang, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Ibu:
      Tampaknya ada kesalahan teknis dari website / sistem.
      Ibu dapat coba kembali.
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  28. ade setiawan 17 September 2017 at 23:32 - Reply

    Saya mau bertanya ,, saya berhenti bekerja tahun 2015 dan saya sudah bekerja lagi di perusahan yang berbeda dan no kpj nya pun berbeda ,, apakah bpjs yang lama bisa di claim ??

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 10:29 - Reply

      Hi Pak Ade, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Bapak:
      Seharusnya kalau masih bekerja tidak bisa Pak.
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  29. eko setiawan 18 September 2017 at 00:55 - Reply

    Kalo sudah berhenti bekerja lalu sudah 2tahun tdk diterus kan apa masih bisa dicairkan dana nya. Dan setelah saya cek diaplikasi saldo saya dibawah 1jt, itu juga apakah bisa dicairkan. Terimakasih.

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 10:29 - Reply

      Hi Pak Eko, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Bapak:
      Seharusnya bisa Pak
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  30. dadang haris 18 September 2017 at 01:52 - Reply

    Pak kalau. KTP nya belom elektrik bisa gak pak ?

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 10:28 - Reply

      Hi Pak Dadang, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Bapak:
      Seharusnya bisa Pak
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  31. Rachma 18 September 2017 at 02:20 - Reply

    Jd pencairannya tunggu sebulan setelah off dr pekerjaan ya?

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 10:28 - Reply

      Hi Bu Rachma, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Bapak/Ibu:
      Ya betul bu, harus tunggu 1 bulan.
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  32. ulivera 18 September 2017 at 10:09 - Reply

    Saya mau tanya, pada pencairan 30% dokumen perumahan harus dilampirkan. Saya mau beli rumah tapi tidak ada sertifikat hanya akta jual beli rumah. Apakah berlaku dan tetap bisa dicairkan? Terima kasih

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 10:26 - Reply

      Hi Pak/Bu Ulivera, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Bapak/Ibu:
      Dokumen perumahan tempat ibu tinggal sekarang saja.
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  33. arie rahmat 18 September 2017 at 10:48 - Reply

    Kalau kurang dari sebulan cuman kurang 2 hari bisa di cairkan ga. Setelah pengunduran dirinya kurang 2 hari

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 10:24 - Reply

      Hi Pak Arie, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Bapak:
      Ikuti syarat dan ketentuan yang berlaku di BPJS Ketenagakerjaan, agar lebih mudah pencairannya.
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  34. ayu 18 September 2017 at 13:21 - Reply

    sya pengen mencairkan bpjs jht , tetapi karena ada perubahan alamat di KTP ,, sehingga e-ktp sya blm jdi hingga saat ini , tapi dari pihak kecematan dikasih surat Perekaman Kependudukan /KTP SEMenatra,,
    itu bisa dicairkan gak ??

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 10:23 - Reply

      Hi Ibu Ayu, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Ibu:
      Ibu coba majukan ke BPJS Ketenagakerjaan.
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  35. Muhamad rohaemin 18 September 2017 at 13:52 - Reply

    Salam hormat,.
    Saya mau tanya klo misalkan pakelaring asli nya ada cacatnya itu masih bisa di proses gk yh…terimakasih

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 10:22 - Reply

      Hi Pak M. Rohaemin, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Bapak:
      Bapak coba masukkan ke BPJS Ketenagakerjaan.
      Jika sampai ada permasalahan, coba Bapak minta surat paklaring ke perusahaan.
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  36. Ade cahya lesmana 18 September 2017 at 20:17 - Reply

    Saya mau tanya kalau tentang pencairan bpjstk
    Saya dari perusahaan 1 dan 2 itu di gabung gak buat claim bpjstk atau di pisah
    Trims..

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 10:18 - Reply

      Hi Pak Ade, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Bapak:
      Bapak dapat melampirkan surat paklaring perusahaan 1 dan 2.
      Untuk informasi lebih lengkap silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500-910
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  37. khoirul 19 September 2017 at 08:34 - Reply

    assalamualaikum pak, mohon maaf saya mau tanya, saya kan udah keluar dari kerjaan sekitar 2 bulanan, tapi kenapa ya bpjs saya masih aktif,, trs kira” off nya kapan ya pak, saya tanyakan keperusahaan saya katanya suruh nunggu nanti akan off sendiri,??

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 10:17 - Reply

      Hi Pak Khoirul, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Bapak:
      Bapak coba hubungi pihak HRD perusahaan Bapak, untuk me-nonaktifkan BPJS TK untuk nama Bapak.
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  38. Lukman 19 September 2017 at 09:00 - Reply

    Selamat pagi..apakah bisa hanya menggunakan foto copy buku tabungan..karena bukunya hilang

    • Finansialku
      Finansialku 19 September 2017 at 10:13 - Reply

      Hi Pak Lukman, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Bapak:
      Bapak coba ke bank untuk minta buku tabungannya.
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download