Pernah dengar istilah Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan? Apa sih itu? Yuk kita simak di sini penjelasannya ya Sobat Finansialku.

Ayo baca sampai habis, agar tahu info terbaru seputar BPJS Ketenagakerjaan.

 

Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan, Apakah Itu?

Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan jadi program layanan baru dari BPJS untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanannya.

Sebagai upaya untuk mendukung gerakan dari pemerintah untuk memerangi pandemi.

BPJS Ketenagakerjaan mempermudah administrasi dan layanan dengan metode online untuk mengurangi kerumunan yang sangat mungkin terjadi akibat antrian.

 

Cara Memanfaatkan Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan menjadi pihak yang menyelenggarakan jaminan sosial bagi tenaga kerja.

Jaminan sosial tersebut meliputi jaminan hari tua (JHT), jaminan kematian (JKM), jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan pensiun (JP).

Dengan kondisi pandemi, BPJS Ketenagakerjaan memberlakukan banyak layanan secara online.

Mulai tanggal 23 Maret 2020 BPJS Ketenagakerjaan meluncurkan Lapak Asik, sebagai upaya untuk meningkatkan layanan namun tetap berpedoman pada protokol kesehatan yang berlaku.

Dengan info sebagai berikut:

 

Pengertian Lapak Asik

Anda pasti masih bertanya tanya apakah sebenarnya Lapak Asik itu?

Lapak Asik adalah terobosan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk melayani cek dan klaim secara online agar peserta BPJS Ketenagakerjaan tidak perlu datang ke kantor cabang yang berpotensi besar menimbulkan kerumunan.

Layanan Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan menerapkan sistem berbasis elektronik sebagai cara untuk melayani para peserta di tengah situasi pandemi.

Hanya perlu mengunggah berkas melalui website BPJS Ketenagakerjaan dan mengikuti sesi wawancara dengan petugas.

Dalam satu sesi wawancara, petugas bisa melayani 4 hingga 6 orang peserta BPJS Ketenagakerjaan sekaligus secara bersamaan.

Dengan hal ini akan sangat efisien dan menghemat waktu sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk menunggu karena antrean yang terlalu panjang. 

[Baca juga: Kenali Program BPJS Ketenagakerjaan dan Manfaatnya]

 

Fungsi Lapak Asik

Layanan Lapak Asik dari BPJS Ketenagakerjaan memiliki fungsi utama untuk melayani peserta yang akan mengajukan pencairan Jaminan Hari Tua atau JHT secara online.

Tentunya hal ini sangat berkaitan dengan situasi pandemi yang masih melanda di seluruh belahan dunia.

Sehingga BPJS Ketenagakerjaan merasa perlu untuk membuat sebuah program yang dapat melayani keperluan peserta dengan sebaik mungkin.

Walaupun dengan berbagai batasan protokol kesehatan.

Sobat Finanasialku selain BPJS sudah Anda memiliki asuransi lainnya?

Yuk dengarakan audiobook berikut ini.

banner -asuransi jiwa

 

Tentang Jaminan Hari Tua

Jaminan Hari Tua sendiri adalah program jangka panjang yang pemerintah berikan kepada peserta sebelum memasuki usia pensiun dan penyerahannya secara berkala.

Program JHT ini tertulis dalam undang-undang nomor 24 tahun 2011.

Program jaminan hari tua terselenggara secara nasional dengan dana yang bersumber dari tabungan wajib dan iuran asuransi sosial.

[Baca juga: Bedanya Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan]

 

Tabungan wajib dan asuransi sosial ini dikumpulkan setiap bulan selama periode peserta aktif menjadi tenaga kerja.

Penerimaan Jaminan Hari Tua dapat dialihkan kepada janda atau duda, anak ataupun ahli waris yang sah apabila sang peserta penerima Jaminan Hari Tua meninggal Dunia.

Lapak Asik 1

Lapak Asik 1. Sumber: Temp.co – https://bit.ly/3al0nzN

 

Cara Kerja

Kembali ke Lapak Asik, bagaimana sistem ini bekerja?

Peserta calon penerima JHT tidak perlu datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan untuk mencairkan dana yang menjadi hak mereka.

Sistem pelayanan Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan memungkinkan peserta penerima JHT untuk melakukan pencairan secara online dengan mengikuti ketentuan prosedurnya.

[Baca juga: Mengenal Keanggotaan Bukan Penerima Upah (BPU) BPJS]

 

Nantinya peserta harus melengkapi beberapa persyaratan dan dokumen untuk kemudian meng-upload-nya pada laman website BPJS Ketenagakerjaan sesuai ketentuan.

Setelah itu akan ada wawancara kepada calon penerima JHT yang dilakukan oleh petugas customer service BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah itu dana dapat cair sesuai prosedur yang akan petugas customer service arahkan.

 

Persyaratan

Fitur layanan Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan didedikasikan dan hanya disiapkan untuk pengajuan pencairan JHT.

Bagi peserta yang telah memasuki usia pensiun 56 tahun, mengundurkan diri ataupun mengalami pemutusan tenaga kerja sebagai imbas dari pandemi.

Peserta dapat mengajukan pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan dengan melengkapi dokumen dan mengikuti langkah-langkah sesuai ketentuan.

Baca juga artikel terkait berikut ini, Cara Cek Bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan.

 

Dokumen yang Dibutuhkan

Beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan sebagai syarat wajib untuk mengajukan pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan antara lain:

  • Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan,
  • E-KTP asli,
  • Buku tabungan yang masih aktif,
  • Krtu keluarga asli,
  • Foto diri terbaru 

Formulir pengajuan Jaminan Hari Tua yang dapat Anda unduh pada laman lapakasik.BPJSketenagakerjaan.go.id.

Dokumen terakhir yang harus Anda lengkapi adalah Surat keterangan sesuai dengan kondisi peserta saat ini.

Jika melakukan pengunduran diri atau mengalami pemutusan hubungan kerja maka menggunakan Surat Keterangan Berhenti Bekerja, Surat Pengalaman Kerja, Surat dan Surat Perijinan Kerja.

Apabila kamu sebagai peserta akan memasuki masa pensiun maka dokumen yang perlu kamu siapkan adalah surat Keterangan Pensiun dan yang terakhir adalah NPWP untuk saldo di atas Rp 50 juta.

[Baca juga: Cara Cek Bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan]

 

Panduan Lapak Asik

Cara menggunakan layanan Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan cara mengunjungi situs lapakasik.BPJSketenagakerjaan.go.id.

Setelah masuk pada laman, silahkan mengisi NIK, nama lengkap dan nomor peserta pada kolom yang tersedia dan verifikasi akan otomatis oleh sistem.

Setelah proses verifikasi selesai, peserta wajib untuk mengisi data sesuai instruksi pada laman dan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan yang telah disiapkan.

Peserta yang telah berhasil menyelesaikan proses pengisian data akan mendapatkan pemberitahuan mengenai jadwal dan kantor cabang.

Peserta akan dihubungi untuk melakukan video call pada waktu yang tertera di jadwal tadi, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen asli yang untuk di kroscek kembali oleh petugas.

Jika proses telah selesai maka dana Tunjangan Hari Tua akan dapat cair ke rekening yang telah peserta lampirkan.

[Baca juga: 5 Cara Mudah Mengecek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan]

 

Tertarik dengan Program Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan?

Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan memprioritaskan peserta yang akan melakukan pengajuan untuk mencairkan tunjangan hari tua.

Karena kondisi pandemi, maka proses ini dirancang agar dapat berjalan secara online untuk menghindari kerumunan dan risiko penularan virus.

Layanan Lapak Asik dapat Anda gunakan dengan membuka website lapakasik, yaitu BPJSketenagakerjaan.go.id. dan mengisi dokumen untuk sebagai persyaratan untuk mencairkan JHT.

Demikianlah penjelasan program layanan Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan yang telah kami jabarkan untuk Anda, semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk melakukan pencairan JHT dengan mudah.

 

Setelah membaca artikel di atas, tentunya semakin jelas bahwa program BPJS Ketenagakerjaan memang sangat bermanfaat. Jangan lupa share info penting tersebut kepada orang terdekat, terima kasih.

 

Editor: Rincani Sinaga

Sumber Referensi:

  • Admin. 3 September 2021. Cara Daftar Antrean Online BPJS Ketenagakerjaan untuk Cairkan JHT. Kompas.com – https://bit.ly/3FupoHc

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/3Dr06Ic