Ingin punya motor? Kamu bisa kredit motor di Pegadaian loh! kamu yang ingin punya motor tapi tak punya uang cash bisa simak info ini!

Motor menjadi salah satu kendaraan untuk orang yang mobilitasnya tinggi, apalagi tinggal di perkotaan yang sangat akrab dengan kemacetan. Yuk simak pembahasan berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menyikapi Fenomena Maraknya Kredit Motor

Hari gini siapa sih yang tidak punya motor? Bahkan sampai anak sekolah baru masuk SMA saja sudah punya sendiri.

Sejak maraknya produksi motor dari Jepang dan beberapa negara tetangga lainnya, akses seseorang untuk memiliki motor sangat dipermudah. Bayangin aja, punya uang Rp500.000 saja sudah bisa ambil motor.

Punya motor dan sistemnya kredit sama sekali tidak masalah jika kita memang membutuhkan motor tersebut untuk alat transportasi sehari-hari, dan untuk menghemat ongkos jika harus naik angkutan umum.

Tapi yang menjadi masalah adalah ketika seseorang kredit motor padahal dia tidak terlalu butuh, akhirnya tidak digunakan, apalagi sampai tidak ada uang untuk cicilan, ini yang jadi masalah.

Kredit Motor di Pegadaian, Apa Bisa Simak Persyaratan dan Perhitungannya! 02 Kredit Motor 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Kesalahan dalam Kredit Motor yang Biasanya Nasabah Lakukan]

 

Dalam perencana keuangan dijelaskan, tidak masalah untuk mencicil sesuatu barang (berutang) untuk hal yang berguna, atau sering dikenal dengan utang produktif, bukan utang konsumtif.

Selama motor itu bisa mendatangkan uang, misalnya digunakan transportasi ketika bekerja, disewakan, atau mungkin digunakan untuk menjadi ojek online itu tidak masalah.

Oh ya, saat ini sudah banyak juga lho, perusahaan perkreditan atau leasing yang siap membantu kamu mewujudkan impian untuk memiliki motor idaman.

Tak hanya itu, salah satu perusahaan BUMN Pegadaian juga saat ini turut andil menyediakan jasa perkreditan. 

Sekarang pegadaian bukan hanya menerima barang gadaian saja. Jauh dari itu sekarang pegadaian bisa memberikan kredit bagi siapa saja. Salah satunya adalah kredit motor itu sendiri.

Bagi kamu yang ingin kredit motor di Pegadaian sebaiknya kamu cari tau dulu bagaimana simulasi kredit motor di Pegadaian.

Silakan simak penjelasan simulasi kredit motor di Pegadaian berikut ini.

 

Kredit Motor di Pegadaian

Buat kamu yang ingin kredit motor di Pegadaian berikut adalah simulasi yang bisa kamu pelajari.

Jadi, di Pegadaian kamu wajib membayar DP 10% dari harga motor aslinya. Akan tetapi, jika kamu membayar uang muka kredit motor jauh lebih besar maka kredit angsuran bulananmu akan lebih ringan.

Contohnya adalah ketika kamu ingin kredit motor jenis A seharga Rp16.200.000 kamu harus membayar DP sebesar 10% dari harga asli yakni Rp1.620.000.

Selain itu kamu bisa memilih tenor ada yang 12, 18, 24, atau 36 kali angsuran per bulannya.

Jika kamu memilih tenor yang 12 bulan, biaya angsuran per bulannya Rp1.361.000, jika kamu memilih tenor yang 18 bulan, biaya angsuran per bulannya Rp956.000.

Jika kamu memilih tenor yang 24 bulan biaya angsuran per bulannya Rp754.000, sedangkan jika kamu memilih tenor yang 36 bulan maka biaya angsuran per bulannya adalah Rp551.000.

Kredit Motor di Pegadaian, Apa Bisa Simak Persyaratan dan Perhitungannya! 03 Kredit Motor 3 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Motor Baru Dengan Kredit? Baca Dulu Tips Kredit Motor Supaya Tidak Salah Ambil!]

 

Kamu bisa sesuaikan tenor sesuai dengan kemampuan keuangan kamu, jangan memaksakan untuk ambil tenor yang kecil tapi membuat keuangan kamu pas-pasan apalagi sampai kurang setiap bulannya.

Itulah salah satu simulasi kredit motor di Pegadaian yang bisa kamu jadikan gambaran.

Jika kamu ingin mengetahui simulasi dalam melakukan kredit motor yang lebih rinci lagi, kamu bisa langsung datang ke kantor Pegadaian terdekat.

 

Syarat kredit Motor Di Pegadaian

Untuk kredit motor di Pegadaian, kamu harus mempersiapkan beberapa persyaratan. Persyaratannya pun cukup mudah, diantaranya:

 

#1 Dokumen Pribadi

Untuk kamu yang ingin kredit motor di Pegadaian kamu cukup melengkapi dokumen pribadi berupa fotokopi KTP dan fotokopi kartu keluarga.

Hal ini sangat penting untuk mempermudah kamu dalam mengajukan kredit motor di Pegadaian.

Dokumen pribadi yang disyaratkan sangat mudah tidak seperti kamu meminjam di bank yang mesti melengkapi dokumen-dokumen pribadi yang lainnya.

 

#2 Fotokopi SK Atau Surat Rekomendasi Dari Atasan

Selanjutnya yang harus kamu persiapkan jika kamu seorang karyawan swasta, kamu wajib untuk melampirkan fotokopi SK atau surat rekomendasi dari atasan.

Hal ini sebagai bukti bahwa calon kredit memang benar-benar bekerja atau sebagai karyawan dari sebuah perusahaan atau sebuah instansi tertentu.

 

#3 Mengisi Formulir

Syarat yang terpenting lainnya adalah mengisi formulir pengajuan kredit motor amanah di Pegadaian. Hal ini merupakan persyaratan yang wajib untuk kamu lengkapi.

Tujuannya formulir ini adalah untuk bukti bahwa kamu terdaftar sebagai calon seorang kredit di Pegadaian selain itu untuk mempermudah pengajuan kredit motor yang akan kamu ajukan.

 

#4 Merupakan Pegawai Tetap

Syarat utama untuk kredit motor di Pegadaian adalah pegawai tetap baik itu pegawai tetap di instansi pemerintahan maupun swasta.

Yang sudah bekerja minimal selama 2 tahun. Persyaratan tersebut merupakan pertimbangan apakah calon kredit dapat membayar angsurannya atau tidak.

 

#5 Usia Minimal 21 Tahun

Dalam meminjamkan kredit khususnya kredit motor. Pegadaian membatasi calon kredit dengan batasan usia minimal 21 tahun. Hal ini merupakan usia yang cukup untuk seseorang mengajukan kredit di Pegadaian.

 

6 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Kredit Motor

Hampir lupa, ada beberapa hal yang harus kamu perhitungkan sebelum kamu memutuskan untuk kredit motor. Kamu bisa belajar dari beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang-orang saat kredit motor.

 

#1 Tidak Menghitung Keuangan Sendiri

Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit motor, penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan kamu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Secara umum, untuk bisa menghitung keuangan sendiri dibutuhkan tiga hal dasar, yaitu logika, seni, dan perencanaan keuangan. Membuat rencana keuangan memerlukan logika agar dapat direalisasikan.

Selain itu, seni juga diperlukan dalam membuat rencana keuangan, artinya sebuah rencana keuangan yang diterapkan oleh seseorang pasti akan berbeda dengan orang lainnya.

Terakhir, rencana keuangan juga harus didukung dengan pengetahuan serta pengalaman di bidang keuangan.

Sekarang Saatnya Untuk Evaluasi Rencana Keuangan 2018 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Ambil Kredit Motor untuk Ojek Online?]

 

Jika kamu merasa pengetahuan dan pengalaman yang kamu miliki di bidang keuangan biasa-biasa saja atau bahkan sangat kurang, kamu bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku.

Melalui fitur Dana Beli Barang yang ada pada Aplikasi Finansialku, mengajukan kredit motor akan terasa lebih mudah dipahami.

Pada fitur ini, kamu bisa menghitung besaran biaya yang harus disiapkan setiap bulan beserta perkiraan inflasinya. Kamu bisa dengan mudah download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Tidak Menyertakan Asuransi Kendaraan

Kesalahan lain yang umum terjadi saat seseorang melakukan pengajuan kredit adalah tidak menggunakan asuransi.

Banyak orang menganggap bahwa produk asuransi motor sebagai tambahan biaya yang tidak perlu dan hanya akan menambah pengeluaran saja, hal ini keliru.

Memang, saat kamu menambahkan produk asuransi menjadi bagian dari motor, kamu akan dikenai biaya cicilan yang lebih tinggi jika dibandingkan tidak menggunakannya.

Akan tetapi, dengan mengasuransikan motor yang kamu beli justru akan memberikan keuntungan untuk kamu.

Adanya produk asuransi pada motor yang kamu beli akan membuatnya menjadi lebih aman ketika kamu mengalami kejadian yang tidak diinginkan. Misalnya seperti kehilangan atau kecelakaan.

Dengan menambahkan produk asuransi motor, maka biaya yang harus kamu keluarkan ketika mengalami kecelakaan atau kehilangan bisa jadi lebih murah.

 

#3 Salah Memilih Leasing

Semakin tinggi minat masyarakat untuk membeli motor secara kredit membuat semakin banyak oknum yang tidak bertanggung jawab tergoda untuk memanfaatkannya.

Akhirnya, ada banyak sekali perusahaan leasing palsu dan abal-abal yang memang bertujuan untuk mencari keuntungan pribadi.

Untuk terhindar dari resiko penipuan perusahaan leasing palsu seperti ini, ada baiknya kamu mencari tahu dulu bagaimana kredibilitas dari perusahaan leasing akan kamu gunakan.

Pastikan bahwa perusahaan leasing tersebut telah terdaftar dalam Asosiasi Perusahaan Pembayaran Indonesia (APPI)

 

#4 Tidak Mencari Tahu Kapan BPKB Bisa Diambil

Biasanya Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor atau biasanya disingkat BPKB akan langsung diberikan setelah kamu menyelesaikan proses administrasi yang diperlukan.

Namun terkadang ada beberapa perusahaan leasing yang mempersulit pemberian BPKB meski motor telah lunas. Karena itu sebaiknya mencari informasi dengan jelas mengenai kapan kamu akan menerima BPKB tersebut.

 

#5 Memilih Jangka Waktu Kredit Yang Paling Panjang

Jangka waktu kredit yang panjang membuat biaya cicilan kredit terasa semakin ringan. Meskipun tidak terasa berat, mengambil kredit dalam jangka waktu paling panjang sebenarnya akan merugikan kamu.

Di sisi lain, ini juga berarti kamu membayar lebih mahal untuk memiliki sebuah motor.

Semakin rendah cicilan, maka semakin banyak utang kamu dan juga bunga pembayarannya. Karena itu, memilih kredit dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama akan lebih bijak bagi kesehatan keuangan.

Tapi kembali lagi, seperti yang saya jelaskan sebelumnya, kamu tetap harus menyesuaikan dengan kemampuan bayarmu setiap bulannya.

 

#6 Tidak Memperhatikan Tanggal Pembayaran

Hal lain yang tidak kalah penting dari membeli kredit motor adalah tanggal jatuh temponya. Setiap kali kamu mengajukan kredit, kamu akan ditanya kapan tanggal jatuh tempo yang kamu inginkan.

Melakukan pembayaran melewati batas tanggal pembayaran atau tanggal jatuh tempo pembayaran akan merugikan kamu karena akan ada biaya keterlambatan atau denda yang harus kamu bayarkan.

Biaya denda ini akan membuat utang kamu menjadi lebih besar. Karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui kapan tanggal jatuh tempo pembayaran.

Selain itu, cari tahu juga berapa besar biaya keterlambatan yang harus kamu bayarkan jika suatu waktu kamu mengalami telat bayar karena satu dan lain hal.

 

Teliti Menggali Informasi dan Cerdas dalam Melangkah

Tentunya kini kamu sudah mengetahui beberapa informasi terkait kredit motor di Pegadaian. Kamu juga sudah bisa belajar dan mengantisipasi beberapa hal dari kesalahan-kesalahan yang sudah dijelaskan di atas.

Pikirkan kembali dan diskusikan dengan keluarga agar tidak salah dalam melangkah, terutama sesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan kamu ya!

Kamu bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu atau temanmu yang akan melakukan kredit motor. Jika ada yang ingin ditanyakan, langsung saja tulis di kolom komentar ya!

 

Sumber referensi:

  • Admin. 4 Desember 2018. Simulasi Kredit Motor Di Pegadaian Beserta Syaratnya. Disitu.com – https://goo.gl/hoNxtK

 

Sumber Gambar:

  • Kredit Motor 1 – https://bit.ly/2P3FkpZ
  • Kredit Motor 2 – https://bit.ly/2IvtLqz
  • Kredit Motor 3 – https://bit.ly/2UKmmKf