Mau kredit motor murah dan tanpa DP? Ternyata bisa, lho! Tapi simak terlebih dulu pembahasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mau Kredit Motor tapi Terkendala DP? Cek Dulu 5+ Fakta Kredit Motor Murah Tanpa DP

Kendaraan merupakan sebuah kebutuhan, tetapi bukanlah kebutuhan primer. Oleh karena itu, banyak yang mengakali kebutuhannya dengan cara kredit.

Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) merupakan salah satu alternatif pembiayaan untuk memperoleh mobil atau motor dengan sistem mengangsur.

Namun sayangnya, dalam perjanjian KKB umumnya dikenal adanya beberapa komponen utama biaya, seperti uang muka (Down Payment/DP), bunga, dan lain-lain. Lantas bagaimana jika mau kredit motor tetapi terkendala DP?

Jangan khawatir, nyatanya ada kredit kendaraan (mobil/motor) tanpa uang muka atau DP, lho.

Pahami Dulu 5+ Fakta Kredit Motor Murah Tanpa DP, Jangan Salah! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Mana, Kredit Mobil di Bank atau Kredit Mobil di Leasing?]

 

Kebijakan kredit tanpa DP ini sudah menjadi perhatian pada beberapa tahun belakangan ini. Jadi, sistemnya adalah seluruh pembiayaan kendaraan akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak kreditur.

Apabila pada kredit umumnya kamu perlu menyisihkan 20% hingga 30% untuk uang muka, di sini kamu tidak perlu menyediakannya.

Namun, tentunya kebijakan ini tidak semenarik kedengarannya. Tetap ada beberapa aturan dan kebijakan yang akan mengikatmu sebagai debitur. Nah, inilah yang perlu kamu perhatikan.

Jangan sampai kamu mengambil kredit motor mudah bebas DP tanpa mengetahui fakta-fakta dan ketentuannya. Agar tidak keliru, yuk simak beberapa fakta kredit motor murah tanpa DP ini.

 

#1 Ada Peraturan dari OJK

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, dewasa ini memang banyak kredit kendaraan bermotor atau KKB yang bebas DP. Namun, tahukah kamu hal ini cukup menjadi perhatian terutama bagi pemerintah?

Bahkan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan mengeluarkan peraturan khusus mengenai ini pada tahun 2018 silam. Peraturan No. 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan ini membahas mengenai KKB tanpa DP pada bab IV pasal 20.

Adapun ringkasan dari isi peraturan OJK tersebut adalah sebagai berikut:

  1. OJK memang mengizinkan perusahaan pembiayaan untuk memberikan uang muka atau DP sekecil-kecilnya 0% dari harga kendaraan. Namun ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan tersebut sehingga bisa menentukan DP sebesar 0%. Persyaratan tersebut adalah:
    • Perusahaan keuangan tersebut wajib memiliki kondisi kesehatan keuangan yang minimum sehat dengan acuan rasio NPF Netto kurang dari atau sama dengan 1%.
    • Meski demikian, memang bagi kita awam yang memang ber”tugas” sebagai debitur, sulit mencari tahu apakah perusahaan A atau B memiliki kondisi keuangan yang dikategorikan sehat.

Pahami Dulu 5+ Fakta Kredit Motor Murah Tanpa DP, Jangan Salah! 02 - Finansialku

[Baca Juga: [Kalkulator] Simulasi Kredit Mobil Bekas dan Mobil Baru]

 

  1. Selain itu perusahaan pembiayaan berhak menjual beberapa jenis kendaraan kepada debitur yang ingin membeli secara kredit dengan DP 0%. Beberapa jenis kendaraan tersebut adalah:
    • Kendaraan apapun yang memiliki peruntukan angkutan manusia ataupun barang. Hal ini dapat dibuktikan dari izin yang diterbitkan oleh otoritas yang berwenang.
    • Debitur bisa merupakan perseorangan atau orang yang mewakili badan hukum dengan usaha tertentu. Sehingga pada kesimpulannya orang yang membeli motor kredit nol persen bisa jadi menggunakan motor tersebut sebagai motor pribadinya atau membeli atas nama perusahaan (untuk perusahaan).
  1. Pembiayaan ini mengandung risiko yang besar, sehingga hanya dapat diberikan kepada calon debitur alias calon peminjam dana yang memiliki rekam jejak dan profil risiko yang baik.

 

#2 Ada Peraturan Fidusia

Selain itu, ada peraturan fidusia yang menerangkan secara jelas bahwa dealer dilarang merampas alias mengambil kendaraan bermotor secara tiba-tiba dan arogan dengan debt collector walaupun debitur mengalami kredit macet.

Namun, kembali lagi pada lembaga keuangan atau perusahaan yang menerapkan kebijakannya masing-masing.

Intinya adalah kamu sebaiknya mengetahui dengan jelas seluruh ketentuan yang ada dalam kebijakannya sebelum mengambil kredit motor tanpa DP ini.

Pahami Dulu 5+ Fakta Kredit Motor Murah Tanpa DP, Jangan Salah! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Simulasi Kredit dan Mengenal 3 Jenis Bunga Kredit yang Perlu Anda Ketahui]

 

#3 Angsuran Akan Lebih Besar

Meskipun beban biaya di muka lebih ringan karena tidak ada uang muka yang harus dibayar, tentu sudah logikanya uang muka ini akan dibebankan ke angsuran per bulannya.

Alhasil, besarnya angsuran per bulan tentu akan lebih besar dibandingkan jika kamu membayar DP. Nah, jika kamu memilih untuk mengambil kredit motor tanpa DP, pertimbangkan juga kemampuanmu dalam melunasi angsurannya, ya!

 

#4 Tenor Belum Tentu Lebih Lama

Jika kamu beranggapan cicilan lebih tinggi sama dengan tenor lebih lama, maka kamu perlu membaca poin ini.

Salah satu kekurangan kredit motor tanpa DP adalah meski kamu harus membayar cicilan bulanan yang cenderung lebih besar tapi tenornya sama saja dengan jika bayar DP.

Memang biasanya kalau melihat kamu keberatan dengan cicilan bulanan yang besar, sang kreditur akan menawarkan tenor yang lebih lama yang artinya cicilan bulanan yang lebih kecil. Sepintas menarik, tapi apa betul menguntungkan?

Masalahnya dengan tenor lebih lama tersebut, jumlah yang kamu bayarkan pun akan bertambah. Jadi cobalah perhitungkan lagi baik-baik masa tenornya sebelum menentukan. Pastikan sesuai dengan kondisi keuanganmu.

 

 

#5 Rugi Apabila Dijual dalam Waktu Singkat

Coba kamu pikirkan, saat membeli sebuah kendaraan ada yang namanya depresiasi. Sesaat setelah kamu mengemudikannya, harga jual kendaraan tersebut akan jatuh minimal 20%.

Dengan kata lain, belum apa-apa kendaraan tersebut telah mengalami penurunan nilai sebanyak 20%. Apabila kamu ingin menjualnya kemudian, kemungkinan besar kendaraan tersebut akan dinilai sebesar 80% dari harga awalnya.

Pahami Dulu 5+ Fakta Kredit Motor Murah Tanpa DP, Jangan Salah! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Driver Ojek Online Mau Beli Motor Baru? Begini Cara Cepat Memilikinya]

 

Lalu, kemudian bayangkan apabila kamu membeli motor tanpa uang muka, maka menjual motor tersebut akan mengakibatkan 20% dari pinjamanmu tidak terbayar.

Mengapa demikian?

Karena harga jual motor hanya 80% dari harga aslinya, sedangkan pinjaman sama dengan 100% dari harga aslinya.

Oleh karena itu, membeli motor dengan DP terkadang lebih baik daripada membeli tanpa DP, untuk mengantisipasi depresiasi dari harga jual motor itu sendiri.

 

#6 Banyak yang Dirugikan

Jika kamu mantap mengambil kredit motor tanpa DP, satu hal yang tidak boleh kamu lupa adalah banyak yang dirugikan dengan sistem ini karena gagal memahami sistemnya.

Tidak sedikit yang terbuai dan akhirnya malah dirugikan, misalnya saja saat motor disita karena gagal bayar. Ada pula yang tertipu dealer abal-abal.

Jadi, penting untuk memahami sistemnya dengan jelas sebelum kamu mengambil keputusan ini. Selain itu, carilah dealer yang sudah memiliki nama besar dengan reputasi yang baik dan jelas.

Jangan lupa juga untuk memastikan tempatmu membeli motor nantinya memiliki layanan purnajual alias aftersale yang baik.

Pahami Dulu 5+ Fakta Kredit Motor Murah Tanpa DP, Jangan Salah! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja yang Harus Kamu Tahu Mengenai Kredit Mobil Bekas ?]

 

Yuk, Teliti Sebelum Memutuskan!

Dengan banyaknya produk pinjaman yang memfasilitasi para debitur, kini memiliki motor bukanlah impian lagi. Kamu juga bisa memilikinya meski tidak memiliki uang muka.

Namun, saat memutuskan beli motor dengan menggunakan kredit tanpa DP, pastikan kamu tahu 6 fakta di atas, ya. Teliti sebelum memutuskan sehingga kamu tidak dirugikan.

Jika kamu masih bingung, konsultasikanlah dengan ahli keuangan agar mendapat rekomendasi yang tepat sesuai dengan keuangan kamu.

Kamu bisa terhubung dengan perencana keuangan lewat fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku. Aplikasi ini sudah tercatat dan diawasi oleh OJK.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mencatat dan merencanakan keuangan kamu, lho.

Download aplikasinya dan manfaatkan promo potongan Rp 50 ribu untuk menjadi member premium dengan kode CUAN50 agar kamu bisa menggunakan semua fitur secara leluasa.

playstore icon
appstore icon

 

Apakah Anda juga ingin mengajukan kredit motor tanpa DP? Apa Anda memiliki pertanyaan mengenai kredit motor tanpa DP lainnya?

Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Fakhri Zahir. 29 Juni 2019. Mau Kredit Motor Tanpa DP? Baca Ini Dulu! Alterra.id – https://bit.ly/39RzOkO
  • Hernando Taniko. 4 Mei 2017. Dapatkan Mobil Bekas Anda dengan Down Payment Sebesar Rp 0. Aturduit.com – https://bit.ly/3a18G2L

 

Sumber Gambar:

  • Kredit 1 – https://bit.ly/31gbZiK
  • Kredit 2 – https://bit.ly/3grHw7N
  • Kredit 3 – https://bit.ly/3i7kDXG
  • Kredit 4 – https://bit.ly/3i3Yd9A
  • Kredit 5 – https://bit.ly/31vTY03