Waspada terhadap kredit tanpa agunan berbunga tinggi yang jika tidak diperhitungkan dengan baik dapat membawa Anda ke lubang utang!

Siapa tidak tertarik dengan pinjaman uang tanpa jaminan? Tapi tahukah Anda bahwa pinjaman ini memiliki kekurangan yang dapat menjatuhkan ekonomi Anda jika tidak diperhitungkan dengan baik?

Simak pembahasan tentang Kredit Tanpa Agunan (KTA) berikut ini sebelum mengajukan pinjaman!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

                                                                                      

Pahami Prasyarat & Biaya Tagihan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Dengan proses yang cepat bahkan tak lebih dari 1×24 jam, apalagi tanpa jaminan atau agunan membuat banyak orang tergiur dengan kredit atau pinjaman tanpa agunan (KTA) ini.

Tak heran mereka yang sedang dalam kondisi yang terdesak dan membutuhkan dana segar dengan segera akan memilih metode pinjaman kredit tanpa agunan.

5 Jenis KTA - Kredit Tanpa Agunan, Salah Satunya KTA Tanpa Kartu Kredit 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Tetap Sukses Berbisnis? Jangan Miliki Pola Pikir Entrepreneur yang Salah!]

 

Namun, setelah tagihan mulai keluar, ternyata ada total biaya tagihan yang dirasa lebih besar dari perkiraan karena kurangnya pengetahuan dan perhitungan yang matang. 

Sebelum melakukan peminjaman uang tanpa agunan, sebaiknya pahami dulu beberapa hal berikut ini!

 

#1 Biasanya Suku Bunga Tanpa Agunan Lebih Tinggi

Setiap pinjaman tentu akan ada bunga yang menyertai saat pengembalian, demikian juga sistem pinjaman tanpa agunan, Suku bunga yang menyertai inilah yang biasanya cukup tinggi untuk pinjaman tanpa agunan.

Suku bunga tinggi ini dikarenakan sang peminjam tidak diberi kewajiban untuk memberikan jaminan atau agunan apapun seperti aset kepada pihak pemberi pinjaman (bank atau lembaga lainnya).

Ketika akan meminjam uang dengan sistem tanpa agunan, meski suku bunga yang diberikan tidak jauh berbeda dengan pinjaman jenis lainnya, Anda tetap perlu menghitung ketersediaan dana yang kelak harus dibayarkan, yakni uang pokok ditambah suku bunga yang menyertainya.

 

#2 Skor Kredit Harus Tinggi & Terpercaya

Sebelum permintaan pinjaman dikonfirmasi serta mendapat persetujuan, pihak peminjam perlu dinilai mengenai skor kredit dan kelayakannya untuk dapat menerima pinjaman sejumlah dana.

Nilai skor kredit ini berpengaruh pada jumlah pinjaman yang akan diberikan oleh pihak pemberi pinjaman.

Nilai skor memperlihatkan kondisi finansial sang peminjam dana dan kredibilitas akan kemampuannya dalam mengembalikan tagihan pinjaman tanpa agunan.

Jika skor kredit tidak memenuhi syarat alias tidak sesuai standar yang diberikan, tentu pinjaman tanpa agunan tidak lolos alias ditolak.

Prosedur Pembatalan Mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan), Jika Anda Berubah Pikiran 02 - Finansialku

[Baca Juga: Buktikan! 7 Tips Mengajukan KPR Supaya Pengajuan Anda Segera Diterima Bank]

 

Sebelum melakukan pinjaman tanpa agunan, sudahkah Anda berkonsultasi dengan mentor terpercaya atau konsultan keuangan pribadi?

Belum punya konsultan keuangan pribadi karena dirasa mahal? Dengan berlangganan Aplikasi Finansialku MODE PREMIUM (Rp350 ribu/tahun), Anda dapat menikmati konsultasi gratis tanpa batas dengan Konsultan Perencana Keuangan dari Finansialku.

Gunakan kode promo: POTONG50RIBU untuk harga berlangganan semakin ekonomis.

 

#3 Bandingkan Jasa Peminjaman Dana Tanpa Agunan Lainnya

Selain bank, ada banyak lembaga lainnya yang juga memberikan fasilitas berupa jasa pinjaman atau kredit tanpa agunan dengan persyaratan dan juga limit jumlah pinjaman tertentu.

Anda dapat membandingkan beberapa jasa di luar bank untuk mengetahui tingkat suku bunga dan juga persyaratan yang mungkin cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Salah satu lembaga pinjaman tanpa agunan adalah jasa keuangan online dengan penawaran suku bunga yang variatif.

Dari sekian banyak jasa kredit tanpa agunan yang ada, Anda dapat memilih jasa KTA yang terpercaya dengan perhitungan bunga yang sesuai dan tidak merugikan Anda serta menjamin keamanan Anda sebagai peminjam.

 

#4 Ketahui Biaya Tambahan

Karena risiko gagal bayar yang bisa saja terjadi, apalagi jenis pinjaman ini tanpa agunan, maka pihak pemberi pinjaman biasanya akan membebankan sejumlah biaya tambahan diluar suku bunga yang harus dibayar.

Cek terlebih dahulu setiap biaya tambahan yang dibebankan agar total pengembaliannya sesuai dengan kebutuhan pinjaman Anda.

 

#5 Pastikan Pilihan Kredit Tanpa Agunan Sesuai Kebutuhan

Mendapatkan dana segar dengan waktu yang cepat dan melalui proses yang tidak terlalu panjang tentu akan sangat menggiurkan, apalagi ketika dana tersebut sangatlah diperlukan untuk menghadapi masa-masa yang genting atau darurat.

Pastikan bahwa pinjaman tanpa agunan memang Anda pergunakan sesuai kebutuhan dana darurat yang Anda perlukan.

Bagaimana Cara Memilih Tenor KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang Terbaik 02 - Finansialku

[Baca Juga: 24% Penyebab Perceraian di Indonesia adalah Masalah Keuangan Keluarga, Bagaimana Solusinya?]

 

Saat keadaan genting yang membutuhkan dana besar, pinjaman tanpa agunan memang bisa menjadi salah satu opsi meski bunga yang dibebankan biasanya lebih besar dari biasanya.

Daripada kelimpungan saat keadaan genting terjadi dan dana darurat tidak tersedia, lebih baik siapkan dana darurat dari sekarang pada saat situasi masih kondusif.

Belum tahu besarnya dana darurat yang Anda butuhkan?

Segera unduh Aplikasi Finansialku dan ketahui besaran dana darurat yang harus Anda siapkan untuk menghadapi keadaan genting serta menjauhkan Anda dari lilitan utang kredit tanpa agunan dengan suku bunga yang bisa mencekik kantong Anda.

Gunakan juga fitur Financial Health Check-Up untuk mengetahui kesehatan finansial Anda dalam keadaan yang kondusif.

 

#6 Hindari Menggunakan Pinjaman Tanpa Agunan Untuk Bayar Utang

Pinjaman tanpa agunan memang tak jarang menjadi pilihan untuk melunasi tagihan-tagihan di waktu-waktu yang mendesak.

Tak jarang juga pinjaman tanpa agunan digunakan untuk melunasi utang yang telah menumpuk dan alhasil malah utang yang ditanggung semakin melilit dan membebani hidup.

Pinjaman tanpa agunan sebetulnya tidak dianjurkan untuk melunasi beban utang karena pada akhirnya, suku bunga yang tinggi tersebut tentu akan membuat utang Anda semakin lebih besar dan menumpuk.

 

#7 Ketahui Biaya Keterlambatan Membayar Melebihi Waktu Jatuh Tempo

Selain biaya tambahan, jika peminjam dana terlambat dalam melakukan pembayaran atau melebih waktu jatuh tempo, maka biaya keterlambatan akan dibebankan kepada pihak peminjam dana.

Tidak hanya biaya tambahan dan biaya keterlambatan, setidaknya ada 6 biaya KTA yang harus dibayarkan oleh peminjam.

Prosedur Pembatalan Mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan), Jika Anda Berubah Pikiran 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tak Ada Kesuksesan yang Instan dan Mudah, Yuk, Ketahui 5 Hal Untuk Meraih Kesuksesan!]

 

Perbanyak pengetahuan untuk menimbun keuntungan dari usaha investasi dengan membaca berbagai E-Book Gratis dari Perpustakaan Finansialku berikut ini:

Download E-Book Finansialku

 

Gunakan Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk keperluan Produktif

Penggunaan Kredit Tanpa Agunan memang dirasa sangat menguntungkan apabila digunakan untuk keperluan produktif, misalnya untuk membuka usaha.

Pinjaman tersebut tentu akan membangun usaha yang sedang dirintis dan meningkatkan keuntungan.

Dengan demikian, pembayaran biaya KTA dapat diangsur melalui keuntungan yang diperoleh dari usaha tersebut.

 

Setelah membaca informasi ini, Anda akan terhindar dari utang Kredit Tanpa Agunan. Anda memiliki pertanyaan lain? Silakan tinggalkan di komentar di bawah ini.

Anda juga bisa menjadi pahlawan bagi teman-teman Anda agar terhindar dari lilitan utang akibat KTA dengan membagikan artikel ini.

Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Fitriana Monica Sari. 18 Juni 2019. Mau Pinjam Tanpa Agunan? Sebaiknya Pahami ini Dulu. Liputan6.com – https://bit.ly/2YOIHcz
  • Duit Pintar. Dapatkan Kredit Tanpa Agunan dengan Bunga Terbaik 2019 Sekarang! Duitpintar.com – https://bit.ly/1QX73Ww
  • Duwitmu. 15 Mei 2019. 16 Bank Pinjaman Tanpa Agunan Terbaik 2019 (Bunga, Syarat dan Proses). Duwitmu.com – https://bit.ly/2OTOsRK
  • Noviyanto. Mengetahui Bahaya KTA Untuk Hidup Konsumtif. Koinworks.com – https://bit.ly/303YyQU
  • Noviyanto. Tentang Plus Minus Kredit Tanpa Agunan. Koinworks.com – https://bit.ly/31AWznE
  • Gobear. Bahaya KTA tanpa Kartu Kredit yang Harus Dipahami. Gobear.com – https://bit.ly/2H6UKHa
  • Duwitmu. 28 Juli 2018. 10 Resiko Pinjaman Online Wajib Dipahami Semua Peminjam. Duwitmu.com – https://bit.ly/2MkdV4r
  • Money Smart. 14 April 2015. Pengalaman Kredit Tanpa Agunan, dari Mengajukan Sampai Melunasinya. Moneysmart.id – https://bit.ly/2z0TuB7
  • Sri Wiyanti. 25 Mei 2012. Hati-hati tergiur kredit tanpa agunan. Merdeka.com – https://bit.ly/2H8GSfM
  • Simulasi Kredit. 6 Akibat Menunggak Pembayaran KTA. Simulasikredit.com – https://bit.ly/2H6V0WE

 

Sumber Gambar:

  • KTA – http://bit.ly/2ZqIHe5