Kuartal adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing bagi Sobat Finansialku yang sering menonton program berita di televisi. 

Istilah ini lazim pemakaiannya di bidang ekonomi dan bisnis. Yuk, cari tahu definisi dan perannya dalam artikel berikut ini!

 

Summary:

  • Sistem kuartal punya peranan penting dalam sebuah analisis bisnis.
  • Dalam satu tahun umumnya terdapat empat kuartal, namun beberapa perusahaan ada yang menerapkan durasi kuartalnya sendiri.

 

Mengenal Apa Itu Kuartal dalam Bisnis

Kuartal (quarter) adalah periode tiga bulan pada kalender keuangan perusahaan sebagai dasar untuk laporan keuangan berkala dan pembayaran dividen.

Hal ini merujuk pada kuartal tahun dan biasanya dilambangkan dengan Q. Sebagai contoh, Q1 untuk quarter 1, Q2 untuk quarter 2, dan Q3 untuk quarter 3.

Selain itu, penulisan kuartal juga sering dibarengi dengan tahun yang relevan. Seperti contoh, Q1 2023 atau Q123, yang menunjukkan kuartal 1 pada tahun 2023. 

 

Durasi Kuartal

Kuartal sendiri memiliki durasi dan standarisasinya tersendiri. Berikut ini kuartal kalender standar yang umum perusahaan gunakan: 

  • Januari, Februari, dan Maret (Q1)
  • April, Mei, dan Juni (Q2)
  • Juli, Agustus, dan September (Q3)
  • Oktober, November, dan Desember (Q4)

 

Berdasarkan kuartal kalender di atas, durasi setiap satu kuartal itu selama tiga bulan. Tiga bulan tersebut dihitung dari awal tahun.

Jadi, dalam dua belas bulan terdapat empat kuartal dalam setahunnya. Akan tetapi, ada beberapa perusahaan yang menerapkan durasi kuartalnya sendiri.

Sebagai contoh, terdapat perusahaan yang menutup kuartal keempatnya setelah waktu tersibuk dalam setahun sehingga tidak sesuai dengan kuartal kalender yang jatuh pada setiap Desember. 

[Baca Juga: Perencanaan Keuangan Bisnis yang Tepat dan Cara Membuatnya]

 

Hubungan Kuartal dengan Tahun Fiskal

Setiap perusahaan memiliki dua periode akuntansi, yaitu kuartal fiskal dan tahun fiskal. Pada umumnya, tahun fiskal sebuah perusahaan berawal dari 1 Januari hingga 31 Desember. 

Namun, ada juga beberapa perusahaan yang tidak terlalu mengikuti standar di atas. Jadi, suatu perusahaan bisa memulai tahun fiskalnya pada bulan Agustus hingga bulan Juli. 

Dengan adanya perbedaan tahun fiskal tadi, juga turut mempengaruhi kuartal fiskal perusahaan tersebut.

Jadi, quarter yang umumnya akan merujuk pada standar Q1 (yang dimulai pada bulan Januari, Februari, dan Maret) dan seterusnya tidak mutlak.

Perusahaan bisa saja mengawali quarter pertama dari bulan September, Oktober, dan November dan quarter 2 dan 3 turut menyesuaikan. 

 

Perbedaan Kuartal, Semester, dan Trimester

Selain quarter, dalam perhitungan periode seringkali muncul beberapa istilah lainnya, seperti semester dan trimester.

Lalu apa bedanya? Berikut ini uraian lengkapnya:

 

#1 Kuartal

Sistem yang membagi satu tahun dalam empat bagian. Contohnya pada kuartal (dalam istilah ekonomi-bisnis) yang membagi satu tahun dalam empat quarter

Contoh lainnya yaitu pembagian satu tahun berdasarkan musim di Amerika Serikat. Mereka membagi satu tahun berdasarkan empat musim yang ada, yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin, serta musim semi. 

 

#2 Semester

Semester merupakan sistem yang membagi satu periode menjadi dua bagian atau enam bulan per enam bulan.

Penggunaan sistem semester ini umum pada sistem pendidikan untuk membagi satu tahun dalam dua periode pembelajaran.

 

#3 Trimester

Trimester merujuk pada sistem periode yang membagi satu tahun, dalam hal ini tahun akademik, dalam tiga periode.

Biasanya pembagiannya didasarkan pada tiga musim, yaitu musim gugur, musim dingin, dan musim semi. Umumnya trimester ini sering ditetapkan dalam beberapa institusi pendidikan di Amerika Serikat. 

Hal yang paling dasar di antara ketiganya adalah soal pembagiannya saja, ada yang membagi satu tahun menjadi 3 periode, ada juga yang membaginya dalam 2 serta 4 periode.

Selain itu, ketiganya juga berbeda dalam penggunaanya. Kuartal banyak dipakai dalam berbagai aktivitas yang berhubungan dengan ekonomi dan bisnis.

Sementara untuk semester dan trimester biasanya dipakai dalam konteks pendidikan.

[Baca Juga: Inilah Tujuan Perencanaan Keuangan dan Alasan Perlu Membuatnya, Wajib Tahu!]

 

Peran Penting Kuartal dalam Analisis Bisnis

Kuartal menjadi rujukan dalam melakukan analisis suatu perusahaan atau bisnis

Sebagai contoh, suatu perusahaan atau investor, dan bahkan para analis dapat menggunakan laporan kuartal sebagai data mereka sebagai bahan perbandingan.

Mereka membandingkannya pada quarter di tahun yang sama ataupun dengan laporan quarter tahun sebelumnya.

Selain untuk melihat perbandingan, perusahaan juga menggunakan data tersebut untuk melakukan evaluasi terhadap tren yang sedang berlangsung. 

Perbandingan laporan per periode juga sangat penting bagi perusahaan untuk melihat profitabilitas.

Jadi perusahaan dapat meninjau apakah profit yang mereka peroleh meningkat atau justru menurun dalam periode satu tahun tersebut. 

Perbandingan data tersebut juga bisa menjadi rujukan bagi suatu perusahaan dalam membuat strategi kedepannya.

Misalnya, perusahaan X pada Q1 di tahun 2023, melihat adanya peningkatan penjualan produk mereka jika dibandingkan dengan laporan quarter pertama tahun sebelumnya. 

Melalui perbandingan data tersebut, suatu perusahaan akan memperkirakan akan terjadi peningkatan penjualan pada quarterquarter selanjutnya. Maka dari itu, perusahaan X tadi bisa menyusun strategi ke depannya. 

Jadi dapat Sobat Finansialku catat bahwa kuartal sendiri memiliki peranan penting dalam melakukan analisis bisnis, terutama untuk menyusun strategi bisnis ke depannya. 

 

Analisis Keuangan Lebih Mudah dengan Periode Akuntansi

Kuartal merupakan pembagian periode dalam setahun yang sangat penting bagi dunia bisnis. Sehingga suatu perusahaan atau bisnis bisa melihat perkembangan perusahaan mereka secara berkala.

Maka dari itu, perusahaan biasanya merujuk pengambilan keputusan mereka salah satunya dengan melihat laporan per quarter

Selain bisnis, Anda juga bisa lho menerapkan konsep ini dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, membagi satu tahun Anda menjadi empat quarter untuk melihat perkembangan keuangan, seperti pemasukan dan pengeluaran

Dengan begitu, Anda bisa lebih tahu kemana uang yang Anda keluarkan. Selain itu Anda juga bisa lebih bijak dalam mengatur pengeluaran.

Namun, jika Anda punya masalah terkait manajemen keuangan, yuk, lakukan sesi konsultasi bersama Perencana Keuangan Finansialku.

Buat janji dengan menghubungi Customer Advisory WhatsApp di nomor 0851 5866 2940. Konsultasi sekarang, yuk!

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Bagikan juga artikelnya agar informasi ini bisa membawa manfaat bagi orang lain. Terima kasih!

 

Editor: Omri Cristian

Sumber Referensi:

  • Admin. 26 April 2022. Arti Quarter (Q1, Q2, Q3, Q4) Pada Kalender. szetoaccurate.com – https://bit.ly/46eMNtD. 
  • Brianna Burrows. 15 Februari 2023. Apa Perbedaan Antara Kuar tal, Semester, Dan Trimester?. Studyusacom – https://bit.ly/3JvsIVU.