Pernah memikirkan camilan pendamping kuliner khas Wonogiri? Siapa sangka, ternyata banyak yang recommended dan enak, lho!

Baca ulasan lebih lengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Hobi Makan? Jangan Lupa Kuliner Khas Wonogiri

Jangan mengaku pencinta kuliner kalau belum pernah mencoba kuliner khas Wonogiri! Kota kecil di ujung tenggara Jawa Tengah ini ternyata punya makanan yang siap menggoyang lidah.

Tak kalah dengan kota-kota lainnya di pulau Jawa, Wonogiri layaknya surga makanan. Buat para pencinta kuliner, rasanya sayang melewatkan makanan khas di kota kecil ini.

 

Camilan Murah Tapi Tak Murahan

Sebagian besar dari kita mungkin jarang mendengar kota Wonogiri. Apalagi para food enthusiast yang kerap berburu kuliner sampai ke belahan bumi berbeda.

Jika mau ditelisik lebih jauh, makanan di sini benar-benar mampu menggugah selera. Bahkan, harga yang ditawarkan pun benar-benar terjangkau.

Dengan rasa dan kualitas yang diberikan, rasanya patut masuk daftar kuliner buruan. Apa saja kira-kira menu wajib yang harus diburu saat berada di Wonogiri.

Makanan Terenak di Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara 02 Makanan Indonesia 2 - Finansialku

[Baca Juga: Paling Legendaris! 7 Kuliner Medan Rasa Gurih Ini Bikin Nagih]

 

#1 Wader Goreng

Kuliner khas Wonogiri ini bisa Anda temui dengan mudah di pusat oleh-oleh maupun pinggir jalan. Ikan wader goreng mempunyai tekstur renyah dan gurih yang sangat khas.

Kelebihan ini tentunya menjadikan orang-orang semakin bersemangat untuk menyantapnya bersamaan dengan nasi dan lain sebagainya.

5 Camilan Pelengkap Kuliner Khas Wonogiri dengan Citarasa Mantap! 01 - Finansialku

Kuliner Khas Wonogiri: Wader Goreng

 

Umumnya, camilan ini dijual 2 jenis, yakni dibalut tepung dan polos. Dua-duanya tetap nikmat dimakan langsung maupun dijadikan lauk saat menyantap nasi.

Kebanyakan wisatawan menjadikan camilan ini sebagai oleh-oleh saat berlibur. Dari segi tekstur, wader goreng tak jauh berbeda dengan ikan mujair ataupun ikan mas kecil.

 

#2 Nasi Tiwul

Masyarakat Jawa tentu familiar dengan nasi tiwul yang berbahan dasar singkong. Wonogiri sendiri dikenal sebagai penghasil singkong terbesar, sehingga sering disebut kota gaplek.

Untuk mengolah kuliner Ngadirojo Wonogiri ini, singkong mesti dikeringkan hingga menjadi gaplek. Setelah kering, gaplek akan ditumbuk sampai membentuk butiran-butiran kecil.

5 Camilan Pelengkap Kuliner Khas Wonogiri dengan Citarasa Mantap! 02 - Finansialku

Kuliner Khas Wonogiri: Nasi Tiwul

 

Jika sudah, butiran-butiran ini akan disiram menggunakan air hangat. Nasi tiwul bisa langsung dinikmati dengan lauk-pauk dan sayuran.

Di Wonogiri sendiri, ada 2 jenis nasi tiwul, yakni tiwul tawar dan manis. Untuk tiwul manis, masyarakat biasanya menyiram tiwul dengan juruh atau air gula dan parutan kelapa.

 

#3 Geti

Selain wader goreng, wisatawan bisa membawa pulang geti sebagai oleh-oleh. Camilan ini terbuat dari campuran jahe, wijen, dan gula jawa. Sensasi hangat dan manis akan langsung lumer di mulut.

5 Camilan Pelengkap Kuliner Khas Wonogiri dengan Citarasa Mantap! 03 - Finansialku

Kuliner Khas Wonogiri: Geti

 

Rasa hangat saat mengunyah geti pun memberi pengalaman berbeda. Masyarakat Wonogiri sering mengkonsumsi geti sebagai teman minum teh atau kopi.

Buat Anda yang tertarik mencoba geti, tak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, camilan ini sangat mudah dijumpai dan benar-benar murah.

 

 

#4 Lentho Goreng

Tak sulit menemukan lentho goreng di Wonogiri. Anda bisa menemukan kudapan ini hampir di pasar-pasar tradisional. Lentho diolah dari parutan singkong bersama kacang tolo rebus.

Campuran bahan tersebut dibentuk memanjang layaknya kroket. Kalau kroket punya tekstur yang empuk, lentho bisa dibilang sedikit berisi.

5 Camilan Pelengkap Kuliner Khas Wonogiri dengan Citarasa Mantap! 04 - Finansialku

Kuliner Khas Wonogiri: Lentho Goreng

 

Rasa lentho cenderung gurih dan pedas, sebab ada potongan cabai di dalamnya. Sama-sama memanfaatkan kacang layaknya kuliner khas Wonogiri, lentho justru nikmat disantap saat hangat.

 

#5 Kacang Mede

Meskipun kerap dilanda kekeringan, Wonogiri ternyata jadi lahan subur bagi kacang-kacangan. Salah satunya adalah kacang mede yang menjadi komoditas utama dari kota ini.

5 Camilan Pelengkap Kuliner Khas Wonogiri dengan Citarasa Mantap! 05 - Finansialku

Kuliner Khas Wonogiri: Kacang Mede

 

Kacang mede sendiri dikenal sebagai camilan enak nan menyehatkan. Secara medis, mede diklaim mampu mencegah kanker serta menjaga berat badan.

Hal ini tentunya menjadikan nilai lebih terhadap makanan ini. Rasanya yang enak dan manfaatnya yang besar bagi kesehatan tentu akan membuat orang tertarik untuk menjadikannya camilan pelengkap.

 

Ayo Beli Kuliner Khas Wonogiri yang Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

Itu tadi, 5 deretan camilan enak yang bisa Anda temukan di Wonogiri. Tak sulit menemukan kelima camilan tersebut, sebab dijual bebas di pinggir jalan maupun pasar.

Untuk mendapatkannya, Anda pun tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Selain bisa dinikmati sendiri, kuliner khas Wonogiri di atas cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Tapi, jangan sampai Anda menghabiskan uang Anda hanya untuk membeli oleh-oleh saja. Anda juga bisa menikmati liburan di Wonogiri, apalagi jika Anda belum pernah mengunjungi daerah tersebut.

5 Lokasi Wisata Halal di Dunia Buat Kamu yang Mau Liburan Halal - Finansialku

[Baca Juga: 7+ Tempat Wisata Kuliner Jakarta Yang WAJIB Kamu Cicipi Buburnya]

 

Yuk, segera kumpulkan dana liburan Anda ke Wonogiri. Anda bisa mulai mengatur perencanaan keuangannya dari sekarang. Jika Anda masih kesulitan, cobalah fitur Rencana Keuangan Dana Liburan di aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat membantu Anda mengetahui berapa dana yang harus Anda siapkan untuk perjalanan sesuai dengan keuangan Anda.

Begitu mudah dan praktis digunakan. Download sekarang dan dapatkan potongan Rp 50 ribu untuk upgrade aplikasi ke premium dengan kode CUAN50.

playstore icon
appstore icon

 

Tertarik untuk beli salah satunya saat jalan-jalan ke Wonogiri? Jangan lupa share artikel ini pada teman traveler Anda ya, terima kasih.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 10 Kuliner Khas Wonogiri, Apa Saja Ya? Kulinersoloraya.com – https://bit.ly/2ZCVLAE

 

Sumber Gambar:

  • Kuliner 1 – https://bit.ly/3fGAlbs
  • Kuliner 2 – https://bit.ly/2DJOZAm
  • Kuliner 3 – https://bit.ly/2ZzrX7M
  • Kuliner 4 – https://bit.ly/2CNPRU3
  • Kuliner 5 – https://bit.ly/2ZGUsRj