Jalan-jalan di  Jakarta tidak lengkap rasanya jika kamu tidak mengunjungi tempat wisata kuliner dengan menu spesial bubur.

Pastinya, kamu akan ketagihan dengan rasa bubur khas yang merupakan perpaduan banyak budaya ini.

Penasaran di mana saja tempatnya? Cek dalam artikel Finansialku berikut yuk!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tempat Wisata Kuliner Jakarta yang Masakannya Unik

Salah satu makanan yang paling terkenal di Jakarta adalah bubur. Makanan yang terbuat dari beras ini memiliki tekstur yang lembut.

Beberapa diantaranya masih terasa rasa nasinya, namun beberapa yang lain memiliki tekstur yang benar-benar halus.

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Ingin Makan Bubur Khas Jakarta? Coba ke 7+ Tempat Berikut

Dalam penyajian salah satu makanan yang wajib untuk dicicipi saat wisata kuliner Jakarta ini, biasanya dilengkapi dengan suwiran daging ayam.

Terkadang, bubur ayam juga dilengkapi dengan kacang sangrai, irisan daun bawang, irisan cakue, bawang merah goreng dan kuah. Di Jakarta, terdapat tempat yang harus dicoba ketika kamu adalah seorang pecinta bubur.

 

#1 Bubur Kwang Tung

Bubur yang tersedia di tempat makan ini ada bubur ayam, hingga bubur ikan kerapu yang khas dari Hong Kong. Disajikan dalam semangkuk besar, kamu pasti akan merasa kekenyangan.

7+ Tempat Wisata Kuliner Jakarta Yang WAJIB Kamu Cicipi Buburnya 02

[Baca Juga: Makan Enak di Tanggal Tua Dengan Modal 15 Ribu Saja, Begini Caranya!]

 

Untuk ke tempat yang mendapatkan label halal ini, kamu bisa datang kapan saja. Ini karena tempat bubur yang berada di lokasi Jl. Pacenongan No. 671, Kebon Kelapa, Gambir ini buka 24 jam.

 

#2 Bubur Ayam Khas Mayong

Tempat jualan bubur ini berada di Jl. Boulevard Timur Raya atau di samping Bank BCA. Bubur yang dijual di pedagang kaki lima ini memiliki harga per porsi sekitar Rp12 ribu kamu bisa mencicipinya saat sarapan.

Bahkan di malam hari, hingga pukul 9, kamu masih bisa datang ke tempat ini.

 

#3 Bubur Ayam Tanjung H. Jewo

Tempat makan bubur ini berada di Jl. Taman Cut Mutiah No. 1, Menteng, Jakarta. Jika dilihat sekilas, tidak ada yang berbeda antara bubur ini dengan bubur yang lainnya.

Namun, suwiran ayam yang ada di bubur ayam ini cukup besar. Sehingga cukup memuaskan untuk dimakan seperti saat sarapan.

 

#4 Bubur Ayam Barito

Ada yang unik dari bubur ini. Ini karena bubur ayam Barito menggunakan cheese stick. Cheese stick ini menjadi pengganti kerupuk soto yang biasanya jadi pelengkap.

7+ Tempat Wisata Kuliner Jakarta Yang WAJIB Kamu Cicipi Buburnya 03

[Baca Juga: Cara Mudah: 20 Tips Hemat Pengeluaran saat Liburan Bersama Keluarga]

 

Rasanya tidak kalah dan tetap renyah bahkan setelah dicelupkan ke kuah. Untuk menikmati rasa unik dari bubur ini, kamu bisa ke Jl. Gandaria Tengah 3, RT. 03/RW. 04, Kramat Pela, Kebayoran Baru.

 

#5 Bubur Ayam Monas

Walau namanya Monas, namun bubur ini berada di Jl. Bintaro Utama 3A, Bintaro Sektor 3, Bintaro, Jakarta. Bubur ini memiliki tampilan yang melambung tinggi layaknya monas dan diberi bihun untuk pelengkapnya.

7+ Tempat Wisata Kuliner Jakarta Yang WAJIB Kamu Cicipi Buburnya 04

[Baca Juga: Hey, Mau Tahu Rahasia Cepat Kaya Raya Di Usia Muda?]

 

Seporsinya dihargai Rp15 ribu. Untuk mencicipi bubur ini kamu harus rela datang pagi-pagi karena tempat ini sudah banyak diserbu oleh pengunjungnya sejak pagi buta.

 

#6 Bubur Ayam Cikini HR Sulaiman

Bubur ayam ini berada di Jl. Cikini Raya, Cikini, Jakarta. Salah satu bubur legendaris ini menggunakan campuran jahe sehingga rasa dan aromanya agak sedikit pedas. Uniknya, kamu bisa memesan telur kampung mentah dan dipecahkan di atas  bubur yang masih panas.

 

#7 Bubur Ayam Abang

Berlokasi di seberang vihara Toa Se Bio, bubur ayam ini buka pukul 07.00-11.00 WIB. Satu porsinya dihargai Rp10 ribu. Kamu bisa juga menambahkan sate yang per tusuknya dihargai Rp2 ribu.

 

#8 Bubur Ayam Musi

Walaupun bubur ini dijual dengan menggunakan gerobak biasa. Namun, bubur yang sudah ada lebih dari 22 tahun ini tetap setia untuk kamu yang mencari sarapan pagi.

7+ Tempat Wisata Kuliner Jakarta Yang WAJIB Kamu Cicipi Buburnya 05

[Baca Juga: 10 Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia Ini Wajib Kamu Cicipi]

 

Berjualan di samping RM Sinar Minang Jaya, bubur ini sudah buka dari pukul 05.00 hingga 09.00 WIB. Per harinya, tempat ini bisa menjual hingga 15 liter bubur dan 1 porsinya hanya dijual dengan harga Rp11 ribu.

 

Ajak Orang Terdekat untuk Mencoba  Wisata Kuliner Jakarta

Jadi, mau ke tempat kuliner Jakarta mana untuk hari ini? Menikmati semangkuk bubur dengan harga yang terjangkau apalagi saat budget bulanan kian menipis. Akan lebih hemat lagi, jika kamu memilih yang berada di dekat lokasimu dan harganya murah.

 

Jadi, selain hemat untuk biaya buburnya, kamu juga hemat untuk biaya transportasinya. Selamat Sarapan! Bagikan artikel ini pada teman-temanmu ya! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Tempat Makan Bubur Terbaik Di Jakarta. Pergikuliner.com- https://bit.ly/31G1cOp

 

Sumber Gambar:

  • Bubur – https://bit.ly/2tHV8Ze
  • Bubur Kwang Tung – https://bit.ly/39pGvcu
  • Bubur Ayam Barito – https://bit.ly/3boKvM3
  • Bubur Ayam Monas – https://bit.ly/2ScVhNT
  • Bubur Ayam Musi – https://bit.ly/2ux7PGL