Seperti apakah transaksi saham dengan software online trading? Apa keunggulan aplikasi online trading saham? Apa saja fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi online trading saham? Yuk kita pahami dulu informasi dari artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Mengenal Fasilitas Online Trading Dalam Bertransaksi Saham di Bursa Efek Indonesia

Trading saham online adalah sebuah sistem (software atau aplikasi) yang memungkinkan investor saham untuk melaksanakan aktivitas perdagangan saham dengan menggunakan internet, seperti melakukan transaksi pembelian maupun penjualan saham di Bursa Efek Indonesia secara langsung.

Kegiatan ini bisa dilakukan melalui laptop, iPad, Smartphone, ataupun perangkat seluler lainnya. Sistem ini sama seperti halnya ketika melakukan transaksi internet banking.

Software online trading saham dari sekuritas-sekuritas yang ada pun, terhubung dengan sistem dari Bursa Efek Indonesia yang dinamakan JATS (Jakarta Automated Trading System). JATS sendiri merupakan sistem perdagangan Efek yang berlaku di Bursa untuk perdagangan yang dilakukan secara otomasi dengan menggunakan sarana komputer.

Langkah Awal Memahami Transaksi Saham Dengan Software Online Trading 1 - Finansialku

[Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Nabung Saham dan Apa Manfaatnya?]

 

Trading saham online ini secara umum ada 2 macam:

  1. Sistem yang dapat di-install terlebih dahulu di perangkat yang kita gunakan seperti pada PC, Laptop, Smartphone, atau
  2. Sistem yang dapat diakses dengan mengunjungi website

 

Apa Keunggulan Aplikasi Trading?

Transaksi saham menggunakan aplikasi online trading akan sangat mempermudah investor saham dalam melakukan transaksi, dan tidak bergantung pada broker. Selain itu dengan menggunakan online trading, biaya yang dikenakan oleh sekuritas juga tidak sebesar dibandingkan bertransaksi dengan jasa pialang.

Aplikasi Online Trading, selain memberikan fasilitas informasi harga, berisi juga informasi tentang riset saham harian, berita saham, data untuk melakukan analisis teknikal dan fundamental serta fasilitas untuk melihat portofolio saham.

Perbedaannya jelas dibandingkan dengan transaksi konvensional. Pada transaksi konvensional, investor memesan saham melalui telepon, Sedangkan investor yang bertransaksi menggunakan aplikasi online trading hanya perlu melakukan pesanan dengan menggunakan bantuan internet.

Langkah Awal Memahami Transaksi Saham Dengan Software Online Trading 2 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mengenali Transaksi Palsu dalam Dunia Investasi?]

 

Perbedaan antara Online Trading dengan menggunakan aplikasi dengan Transaksi saham secara konvensional

Online TradingTrading Konvensional
Dilakukan dengan menggunakan aplikasiDilakukan dengan cara menelepon broker
Transaksi dapat dilihat secara real timeTidak dapat melihat transaksi secara real time
Investor membeli sendiri tanpa perantara brokerInvestor membeli dengan perantara broker
Biaya broker relatif murahBiaya broker lebih mahal karena menggunakan jasa broker (pialang)
Wajib menggunakan internetWajib menggunakan telepon
Menyajikan data yang lengkap dalam satu platform aplikasiTidak ada data yang lengkap dalam satu aplikasi.

 

Tertarik untuk memulai investasi saham? Ketahui dulu cara daftar rekening sahamnya. Silahkan download Ebook panduan berinvestasi saham untuk pemula secara gratis. 

Free Download Ebook Panduan Berinvestasi Saham untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Sekuritas Penyedia Jasa Online Trading

Setiap sekuritas memiliki software-nya masing-masing. Dengan adanya layanan online trading, maka investor dapat melakukan transaksi saham di mana pun selama ada sinyal internet.

Berikut beberapa aplikasi trading dari sekuritas-sekuritas di Indonesia.

AplikasiSekuritas
D’ONEPT Danareksa Sekuritas Indonesia
eSmartPT BNI Securities
FASTPT First Asia Capital
HEROPT Kiwoom Securities
HOTSPT Mirae Asset Sekuritas
HPXPT Henan Putihrai Sekuritas
IPOTPT Indo Premier Securities
iTradePT CIMB Securities
iTrimegahPT Trimegah Securities
KE TradePT Maybank Kim Eng Securities
LOTSPT Lautandhana Securindo
MNC TradePT MNC Securities
M-OnePT Mega Capital Indonesia
MOSTPT Mandiri Sekuritas
OSK188PT RHB OSK Securities
OSO TraderPT OSO Securities
POEMSPT Phillip Securitites Indonesia
POSTPT Panin Sekuritas
SIMASNETPT Sinarmas Sekuritas
STARPT Samuel Sekuritas Indonesia
ULTRADEPT UOB Kay Hian Securities
VOLTPT Valbury Asia Securites
WINproPT NH Korindo Sekuritas

 

Dari semua aplikasi online trading yang disebutkan di atas, sebelum bisa benar-benar digunakan, maka investor diharuskan memiliki akun saham supaya mendapatkan ID Login. Setelah mengenali sekuritas yang menyediakan jasa online trading, mari kita bahas fiturnya.

Langkah Awal Memahami Transaksi Saham Dengan Software Online Trading 3 - Finansialku

[Baca Juga: Hidup Hanya dengan Hasil Trading Saham, Sebuah Angan-angan? Ataukah Sesuatu yang Realistis?]

 

Fitur-fitur Online Trading

Beberapa broker yang telah menyediakan jasa aplikasi online trading, ada yang memiliki fitur tertentu yang lebih istimewa dibanding dengan aplikasi online trading lainnya. Mari kita bahas fitur-fitur apa saja yang dapat menjadi keunggulan suatu aplikasi trading

 

#1 Fitur Auto Trading

Semua broker online trading di Indonesia pastinya memberikan fasilitas beli dan jual saham. Namun ada pula broker yang juga menyediakan fitur istimewa yang sangat membantu investor melakukan aksi jual beli saham, yaitu fitur Auto Trading.

Auto trading adalah sebuah fitur di mana sistem akan secara otomatis membeli atau menjual saham berdasarkan dengan perintah secara otomatis.

Dalam fitur auto trading ini, investor dapat memasang harga beli dan harga jual bila suatu saham sudah mencapai harga tertentu. Dengan adanya fitur ini, maka investor tidak perlu mengamati aplikasi tiap hari, maupun menelepon broker secara terus-menerus. Investor dapat memasang harga beli dan jual menyesuaikan dengan Trading Plan-nya masing-masing.

Langkah Awal Memahami Transaksi Saham Dengan Software Online Trading 4 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Forex Termasuk Salah Satu Bentuk Perjudian?]

 

#2 Fitur Grafik Harga Saham dan Berbagai Indikatornya

Grafik harga saham adalah fitur yang sangat penting digunakan oleh para investor dan trader dalam menganalisis saham. Grafik saham, adalah elemen penting untuk melakukan analisis teknikal, apalagi bila grafik saham tersebut dilengkapi dengan berbagai macam indikator yang dibutuhkan.

Kelengkapan indikator dalam aplikasi trading sangatlah membantu. Masing-masing investor memiliki karakter yang berbeda, yang pastinya masing-masing dari mereka juga memiliki metode yang paling sesuai dengan dirinya masing-masing.

Dengan sebuah aplikasi memiliki indikator yang lengkap sebagai alat analisis teknikalnya, maka aplikasi tersebut dapat mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan para trader yang sangat beragam dalam menentukan keputusannya terhadap suatu saham.

Indikator-indikator yang lengkap seperti Moving Average, MACD, Bollinger’s Band, Pivot Point, Fibonacci Retracement, Volume, RSI, OBV, Stochastic, dan lain-lainnya pastinya sangat dibutuhkan dalam melakukan analisis teknikal.

Langkah Awal Memahami Transaksi Saham Dengan Software Online Trading 5 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Dulu Moving Average Sebelum Memulai Trading Saham]

 

#3 Fitur Berita dan Laporan Keuangan Emiten, dan Rasio-rasionya

Selain investor memerlukan grafik harga saham untuk melakukan analisis teknikal, investor juga perlu fasilitas yang dapat memudahkannya melakukan analisis fundamental saham, untuk menentukan apakah suatu perusahaan masih sehat secara keuangan.

Dengan memfasilitasi investor dengan fitur berita dan laporan keuangan, maka investor pun dapat menilai manajemen perusahaan dan dapat membuat keputusan beli atau jual sahamnya.

Indikator-indikator fundamental yang lengkap seperti Earning Per Share (EPS), Price to Earning Ratio (PER), Book Value (BV), Price to Book Value (PBV), Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM), dan lain-lainnya.

Indikator ini biasanya harus dihitung manual dari laporan keuangan. Dengan adanya informasi ini secara otomatis, tentu akan sangat membantu dan menghemat waktu, dan dibutuhkan dalam melakukan analisis fundamental.

Langkah Awal Memahami Transaksi Saham Dengan Software Online Trading 6 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Mungkin Terjadi Bubble Ekonomi pada Bisnis Start Up di Indonesia?]

 

#4 Fitur Untuk Mendukung Analisis Lainnya

Banyak informasi penting yang bisa dilihat dalam aplikasi online trading. Ada banyak hal yang bermanfaat untuk dijadikan patokan analisis juga, seperti Stock Ranking, Broker Sum, Foreign Flow, dan Seasonality, serta informasi aksi korporasi.

Adanya informasi yang akurat mengenai aksi korporasi seperti Stock Split, Dividend, Right Issue pun akan berpengaruh pada kegesitan investor membuat keputusan. Data yang lengkap dan tampilan yang menarik juga dapat menjadi pertimbangan.

 

Apakah Anda pernah melakukan trading saham? Aplikasi trading apakah yang sedang Anda gunakan? Yuk berbagi pengalamanmu menggunakan aplikasi trading dengan menulis di kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Ellen May Institute. 21 Juli 2016. Pilih Online Trading Yang Cocok Buat Anda. https://goo.gl/AUXaRb

 

Sumber Gambar:

  • BEI JATS – https://goo.gl/sDZbPT
  • Broker Telepon – https://goo.gl/KVSGRv
  • Tampilan Aplikasi – https://goo.gl/ZxKJKh
  • Auto Trading – https://goo.gl/h3k3bm
  • Chart – https://goo.gl/7zJb7F
  • Report – https://goo.gl/Pt5JbW

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang