Latihan kardio bukan berarti tidak bisa dilakukan oleh para pria lho! Latihan ini sangat baik untuk melatih kerja jantung dan paru-paru.

Simak info selengkapnya hanya di artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Latihan Kardio

Olahraga kardio penting untuk keberhasilan fitness Anda, terutama jika Anda menargetkan untuk menurunkan berat badan.

Namun perlu diingat jika terlalu sering melakukan kardio bisa merugikan bagi kesehatan tubuh. Mengapa? Berikut alasannya.

 

#1 Lemak tidak kunjung berkurang

Olahraga kardio merupakan salah kegiatan yang memiliki manfaat salah satunya untuk membakar lemak berlebih.

Banyak orang mengistimewakan olahraga ini dengan berpikir semakin banyak olahraga kardio artinya semakin banyak lemak berkurang.

Padahal, ketika tubuh terlalu sering melakukan kardio, ini sebenarnya mengirimkan sinyal ke tubuh untuk mulai menyimpan lemak, bukannya membakarnya. Mengapa begitu?

5+ Jenis Olahraga Malam yang BOLEH Kamu Lakukan! 07 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan 8 Gerakan Olahraga Ringan di Pagi Hari Agar Badan Bugar!]

 

Melansir fitnessfirst.ci.id, ini terjadi karena ketika berolahraga kardio, tubuh bereaksi terhadap tekanan dari olahraga yang menahan hormon penting yang dihasilkan tiroid tubuh yang bertugas membakar lemak, yang disebut hormon T3.

Hormon ini ditekan sedemikian rupa sehingga tubuh mulai menambah dan menyimpan lemak tubuh.

Inilah mengapa olahraga kardio berlebihan dapat menyebabkan pengurangan massa otot karena metabolisme tubuh yang bertambah lambat.

 

#2 Otot tubuh tidak terbentuk

Bagi Anda pegiat olahraga fitness, tentu sudah menjadi dambaan memiliki lekuk-lekuk otot yang menawan. 

Rasio lemak tubuh dan massa otot adalah dua komponen yang membentuk tubuh.

Tanpa otot yang terbentuk, seseorang akan cenderung terlihat kurus tapi tidak terisi dengan massa otot yang baik.

Jadi, memiliki takaran porsi olahraga kardio sangat penting jika Anda ingin terlihat tidak hanya kurus, tapi juga berisi dengan otot yang terbentuk.

 

#3 Otot selalu terasa nyeri

Anda perlu lebih peka membedakan antara nyeri otot akibat Anda berlatih, atau nyeri otot karena cidera.

Jika otot Anda selalu terasa tertarik dan kaku, rasa sakit merupakan cara tubuh memberi tahu Anda bahwa Anda telah melewati kemampuan tubuh menahan sakit dan Anda perlu segera berhenti.

Mengabaikan rasa sakit untuk memenuhi target olahraga Anda, dapat membahayakan tubuh.

Jika Anda merasakan sakit sendi dan otot yang tidak tertahankan, ini adalah cara tubuh memberi sinyal pada Anda untuk berhenti sejenak dari olahraga yang terlalu keras.

 

Agar Lemak Terbakar namun Otot Tetap Terbentuk

Saat Anda berusaha untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak berlebih, wajar akan ada sedikit massa otot yang ikut menghilang. Namun, kehilangan sejumlah besar massa otot itu sangat disayangkan bukan?

Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa program diet, menu, atau tipe olahraga yang bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan, membakar lemak, dan menjaga massa otot.

Selain pola latihan yang sesuai, perlu diperhatikan pula untuk memberi asupan yang tepat, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

 

#1 Kalori

Lazimnya kita dianjurkan mengonsumsi minimal 1.200 kalori per hari.

Konsumsi kalori yang terlalu rendah bagi usia, gender, atau tingkat kegiatan Anda bisa membuat Anda berisiko kehilangan massa otot karena tidak mengonsumsi nutrisi yang cukup guna menjalankan fungsi tubuh Anda dengan normal.

Untuk menurunkan 0,5 atau 1 kg per pekan bisa didapat dari pengurangan konsumsi 500 kalori per hari. Jangan mengurangi konsumsi kalori melebihi itu.

 

#2 Protein

Seorang pria membutuhkan 56 gram protein per hari. Itu mudah dicukupi dengan mengonsumsi sumber protein setiap kali makan.

Sebaiknya jangan mengonsumsi kurang dari jumlah tersebut.  

Konsumsilah protein dari sumber yang berkualitas tinggi seperti daging merah tanpa lemak, unggas, ikan laut, kacang-kacangan, tahu, telur, atau produk turunan susu rendah lemak.

 

#3 Karbohidrat

Menjalani diet rendah karbohidrat bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan lebih cepat dan membakar lemak lebih banyak dibandingkan menjalani diet rendah lemak atau sekadar rendah kalori.

 

#4 Sayur dan Buah

Saat mengatur dan memilih makanan-makanan penurun berat badan, sayuran dan buah-buahan merupakan menu wajib yang tidak boleh dilewatkan.

Kedua kelompok makanan ini rendah kalori, tetapi kaya nutrisi dan bisa lebih mengenyangkan Anda. Agar maksimal, Anda harus mengonsumsi buah atau sayur setiap kali waktu makan.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Pola Latihan

Supaya bisa menghilangkan lemak dan membentuk otot sekaligus, Anda perlu:

 

#1 Fokus Latihan Kekuatan

Angkat beban adalah jenis olahraga yang ideal untuk membentuk dan membesarkan massa otot.

Selain angkat beban, latihan kekuatan seperti push uppull up, sit up, dan squat juga bisa menjadi cara terbaik untuk membentuk otot.

Usahakan untuk menggerakkan semua kelompok otot utama saat latihan dengan melakukan 3 hingga 5 kali perulangan dalam setiap latihan.

 

#2 Kewajiban Latihan Kardio

Melatih kardio tiga sampai lima kali per pekan adalah salah satu kunci membakar lemak.

Latihan kardiovaskular (kardio) atau aerobik membantu tubuh Anda untuk membakar kalori dan bisa mendukung penurunan berat badan.

Tidak melulu Anda harus pergi ke pusat kebugaran untuk melakukan latihan kardio. Pasalnya banyak ragam kegiatan yang bisa Anda lakukan di lingkungan tempat Anda tinggal atau bahkan didalam rumah.

Pilihlah satu atau dua diantara kegiatan kardio ini yang sesuai dengan minat Anda, seperti berjalan cepat, berlari, bersepeda, berenang, menari, martial art dan beladiri.

 

#3 Cukup Istirahat

Memiliki traget memang diperlukan, bahkan sebaiknya Anda memilikinya. Tetapi, jangan terlalu memforsir diri dengan berolahraga selama tujuh hari seminggu.

Proses pemulihan sama pentingnya dengan pelatihan. Tidur yang cukup adalah salah satu proses pemulihan yang penting.

Olahraga Mengecilkan Perut 05 Bicycle Crunch - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Kelewat! Ini Tips Olahraga Aman di Gym saat New Normal!]

 

Tidur berguna untuk mengistirahatkan dan memperbaiki jaringan otot yang lelah dan rusak selama berolahraga.

Tidur juga membantu tubuh mengembalikan kembali kekuatan Anda secara penuh dan menghilangkan nyeri otot selama berolahraga.

Selain badan yang harus sehat, keuanganmu pun harus sehat. Untuk mengetahui kondisi kesehatan finansialmu, kamu bisa menggunakan fitur Finansial Check Up di aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yaitu aplikasi Finansialku.

Gunakan aplikasinya sekarang yuk!

playstore icon
appstore icon

 

Selain olah raga, simak cara untuk meningkatkan imunitas pada pembahasan berikut.

 

Sekarang Anda tidak perlu kuatir lagi kehilangan massa otot Anda setelah mengetahui pola latihan dan asupan yang diperlukan dalam menjalani proses pembakaran lemak ditubuh Anda.

Bagikan informasi ini kepada rekan Anda yang membutuhkan.

Selamat Mencoba!

 

Sumber Referensi:

  • Chris Matsko. Membakar Lemak Tanpa Kehilangan Massa Otot. Id.wikihow.com – https://bit.ly/3hJ6uzZ
  • Tania Savitri. 30 Juli 2018. Tips Membakar Lemak Sambil Sekaligus Membentuk Otot dalam Satu Waktu. Hellosehat.com – https://bit.ly/32zgHZq
  • Krisna Dwiputra. 30 Maret 2019. Kiat Mudah Bakar Lemak Sekaligus Bangun Otot. Klikdokter.com – https://bit.ly/31EPlSD
  • Admin. 13 Juni 2019. How Much Cardio Is Too Much? Fitnessfirst.co.id – https://bit.ly/2YMyFXu