Ikuti tips olahraga aman saat kondisi new normal berikut ini agar kondisi badan tetap bugar walaupun masih masa pandemi.

Mulai bulan Juni kemarin, pemerintah memberlakukan new normal. Lantas, apa yang harus dipersiapkan jika ingin olahraga di gym saat new normal? Temukan jawabannya dalam artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

New Normal, New Statement

Setelah 3 bulan bertahan di rumah masing-masing, akhirnya pemerintah membolehkan masyarakat untuk kembali beraktivitas melalui kampanye new normal.

Sejalan dengan program yang digaungkan Presiden Jokowi, Kementerian Pemuda dan Olahraga menerbitkan paduan protokol kesehatan 6.11.1/Menpora/VI/2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Kegiatan Kepemudaan dan Keolahragaan dalam Mendukung Keberlangsungan Pemulihan Kegiatan Melalui Adaptasi Perubahan Pola Hidup dalam Tatanan Normal Baru.

Jangan Kelewat! Ini Tips Olahraga Aman di Gym saat New Normal! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Melatih Otot Dada di Rumah Tanpa Harus Pergi Ke Gym!]

 

Lebih lanjut, Menteri Zainudin Amali dkk membagi pelaksanaan olahraga menjadi tiga tahap.

Tahap pertama mengatur kegiatan yang dilakukan tiap cabang olahraga dengan protokol kesehatan tersuai, tahap kedua mengatur pertandingan olahraga dalam negeri, sementara tahap terakhir mengatur kompetisi luar negeri.

 

Tetap Aman Berolahraga di Gym

Gym adalah fasilitas umum yang tentunya dikunjungi banyak orang secara bergantian. Agar tetap sehat, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut agar terhindar dari virus COVID-19.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

#1 Tetap Bersih

Selama di pusat kebugaran hindari untuk memegang benda yang tidak perlu. Karena tujuanmu adalah berolahraga, maka fokus saja dengan alat olahraga yang kamu gunakan.

Sebelum dan sesudah berolahraga, kamu bisa mengaplikasikan hand sanitizer. Selain itu, siapkan pula disinfektan untuk disemprot ke pakaian yang telah dipakai.

Hindari bergantian fasilitas pribadi dengan orang lain, setidaknya untuk saat ini. Kamu tidak tahu apa saja yang menempel di tubuh orang tersebut.

 

#2 Perkuat Pertahanan dengan Masker

Seperti yang kita tahu virus SARS-CoV-2 menular melalui droplet. Dengan begitu, peran lapisan pelindung seperti masker akan sangat membantu.

Masker terbukti mampu mengurangi paparan virus. Pilihlah masker kain dengan filter yang baik atau yang memiliki fitur untuk menambahkan tisu.

Lapisan tisu berfungsi sebagai penghalang tambahan agar droplet tidak lolos dan masuk ke saluran pernapasan.

 

#3 Pemanasan dan Pendinginan dengan Serius

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan ketika berolahraga. Dengan begitu, otot-otot di tubuhmu akan terbiasa dengan gerakan yang akan kamu latih.

Paling tidak, jika kamu berolahraga, pemanasan dan pendinginan akan memperkecil risiko cedera sehingga terhindar dari kontak fisik dengan orang lain.

 

#4 Kunjungi Pusat Kebugaran di Luar Jam Mainstream

Jika kamu member lama di suatu pusat kebugaran, pasti kamu tahu kapan orang lain berbondong-bondong datang ke sana, bukan?

Agar tidak terlalu banyak orang di satu ruangan yang sama, pergilah ke pusat kebugaran di jam-jam sepi. Seperti siang hari atau menjelang sore.

 

#5 Jangan Lupa Jaga Jarak

Kehidupan normal baru mengharuskan setiap orang menjaga jarak minimal 1,5 meter. Hal itu dimaksudkan untuk meminimalisasi kemungkinan percikan droplet.

Jika tidak memungkinkan, maka kamu harus menyesuaikan waktu olahraga.

 

#6 Jangan Memaksakan Diri

Jangan karena kangen dengan pusat kebugaran lantas membuatmu berlama-lama berolahraga. Tubuhmu butuh istirahat, meski kamu yakin bahwa energimu sekuat itu.

Penting untuk menjaga intensitas olahraga fisik hanya 3 sampai 5 kali seminggu untuk memberi kesempatan otot beristirahat. Selama berolahraga, durasi yang dapat kamu terapkan adalah 30 sampai 35 menit.

 

#7 Membawa Air Minum dan Makanan Sehat Sendiri

Sebelum keadaan benar-benar normal seperti sebelumnya, ada baiknya kamu membawa sendiri makanan atau minuman yang dibutuhkan. Rasanya, hal itu lebih aman dibanding membeli atau meminta dari orang lain.

Membawa bekal dan air putih akan memperkecil risiko bertemu banyak orang di toko sewaktu membeli minum.

Jangan Kelewat! Ini Tips Olahraga Aman di Gym saat New Normal! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Kekar? Ikuti Panduan dan Urutan Melatih Otot yang Benar!]

 

#8 Selalu Ingat Bahwa Kita Masih Berada di Tengah Pandemi

Pemahaman ini harus kita tanamkan, bahwa Indonesia belum benar-benar bebas dari wabah COVID-19. Justru, beberapa hari belakangan terjadi penambahan kasus yang mencengangkan.

Pada awal Juli saja, penambahan kasus mencapai 1.385 orang. Belum lagi, sehari setelahnya, penambahan pasien positif kembali melonjak di angka 1.624.

 

Jaga Kesehatan dan Terapkan Protokol Kesehatan

Jangan karena merasa sehat dan punya imun kuat, lantas membuat kita pongah dengan keadaan.

Agar sebaran tak terlalu masif, ada baiknya kita menjaga segala hal dari diri sendiri, seperti memakai masker ketika keluar rumah, berolahraga dengan rutin, serta menjaga jarak fisik.

Kalau kamu belum menjadi member, cobalah untuk mendaftar member di gym langganan kamu agar mendapat fitur khusus dan pastinya lebih hemat pengeluarannya.

Selain badan yang harus sehat, keuanganmu pun harus sehat. Untuk mengetahui kondisi kesehatan finansialmu, kamu bisa menggunakan fitur Finansial Check Up di aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yaitu Finansialku.

Fitur Financial Health Check Up(1)

Fitur Financial Health Check Up Aplikasi Finansialku

 

Selain finansial check up, kamu juga bisa berkonsultasi dengan ahli keuangan terpercaya. Yuk, download aplikasinya dan dapatkan potongan Rp 50 ribu dengan kode CUAN50 untuk upgrade ke premium.

playstore icon
appstore icon

 

Itulah tips olahraga yang aman untuk kamu yang ingin berolahraga di masa new normal ini. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi kamu dan sobat Finansialku lainnya. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini juga, ya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Farahdilla Puspa. 12 Juni 2020. Kemenpora Resmi Terbitkan Protokol Kesehatan Olahraga Nasional pada Era New Normal. Kompas.com – https://bit.ly/38wPtVU
  • M Rosseno Aji. 1 Juli 2020. Penambahan Kasus Covid-19 Kembali Sentuh Angka Tertinggi. Nasional.tempo.com – https://bit.ly/3e3mYAs
  • Puput Saputro. 09 Juni 2020. Tips Olahraga di Luar Ruangan Selama New Normal, Agar Tetap Sehat dari Virus Corona Covid-19. Plus.kapanlagi.com – https://bit.ly/2O3uQXS
  • Rakha Fahreza Widyananda. 10 Juni 2020. 6 Tips Aman Olahraga Saat Memasuki Masa New Normal, Jaga Tubuh Tetap Prima. Merdeka.com – https://bit.ly/3gvdjEg

 

Sumber Gambar:

  • Olahraga 1 – https://bit.ly/3h6Gi1G
  • Olahraga 2 – https://bit.ly/3fA4byb
  • Olahraga 3 – https://bit.ly/32l2HEd