Di pusat kebugaran, kamu menemukan banyak alat olahraga. Tapi, apakah kamu tahu nama setiap alat tersebut?

Kalau kamu belum tahu, kamu bisa simak pembahasannya dalam artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pentingnya Berolahraga

Kesehatan tubuh akan terjaga dengan berolahraga. Pasalnya, ada beberapa hormon yang aktif diproduksi ketika tubuh bergerak.

Pusat kebugaran atau gym merupakan tempat favorit masyarakat untuk menguji ketahanan jasmani karena memiliki fasilitas yang lengkap. Selain itu, member gym juga bisa bertemu orang-orang baru yang punya minat sama dalam olahraga.

Sebenarnya, olahraga ringan 30 menit setiap hari sudah cukup untuk memelihara sistem kekebalan tubuh. Tetapi, jika kamu ingin sungguh-sungguh dalam melakukannya, gym adalah prioritas utama.

Saat ini, fungsi gym bukan hanya sebagai tempat olahraga, tetapi menjadi bagian hidup masyarakat. Beda dengan dahulu yang hanya diisi laki-laki dewasa, kini gym memiliki pasar lebih luas, mulai dari remaja, wanita, serta orang tua.

Ini Nama Alat Olahraga yang Sering Kamu Temui di Gym! 01 - Finansialku

[Baca juga: Sehat Ga Harus Mahal! Inilah Olahraga Murah yang Bikin Badan Fresh!]

 

Nama Alat-Alat Olahraga di Gym

Kadang, member baru belum tahu nama alat olahraga di pusat kebugaran. Kebanyakan orang sungkan bertanya karena akan menimbulkan kesan norak.

Berikut ini jenis dan nama alat olahraga yang biasa ditemui di pusat kebugaran:

 

#1 Freewight

Alat-alat freeweight adalah alat olahraga berbentuk beban yang mudah dipindahkan. Dengan alat ini, kamu akan mendapat keuntungan, seperti:

  • Bisa digunakan untuk banyak variasi latihan.
  • Pembakaran kalori jauh lebih banyak.
  • Menambah kekuatan fisik.
  • Mudah dibawa dan disimpan.

 

Berikut beberapa alat fitness yang termasuk freeweight:

 

#1 Dumbbell

Dumbbell merupakan barbell pendek dan alat fitness yang sangat populer. Dumbbell memiliki variasi berat beragam yang bisa dipakai sesuai kemampuan.

Dengan ukuran serta penggunaan yang mudah, dumbbell adalah alat paling praktis saat ini. Kelebihan lainnya, kamu bisa mengombinasikan berbagai bentuk latihan menggunakan benda ini.

 

#2 Weight Plates

Alat ini adalah cakram datar yang terbuat dari logam. Alat ini dilapisi cat khusus agar tidak berkarat. Weight plates dapat dikombinasikan dengan barbell atau digunakan sebagai beban sendiri.

 

#3 Medicine Ball

Medicine ball berbentuk bola karet elastis yang memiliki diameter setara bahu orang dewasa. Alat ini dipakai untuk latihan ringan.

Medicine ball cocok digunakan untuk latihan pasca pemulihan atau rehabilitasi. Alat fitness ini juga ramah anak sehingga sering kali ditemui di sekolah-sekolah.

 

#4 Weighted Bar

Alat ini berbentuk sebatang besi dengan beban sebagai pemberat.

 

#5 Kettlebells

Kettlebells adalah bola besi dengan handle yang membuatnya mudah diangkat. Benda ini memiliki variasi berat dari 4 kg sampai 79 kg.

Kettlebells berguna untuk menambah koordinasi otot sehingga massanya meningkat. Alat ini juga praktis digunakan sebagai alat generik dalam olahraga atletik.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Praktis Investasi Reksa Dana Pertama

Ebook Reksa Dana Pertama Kamu

Download Ebook Sekarang

 

#6 Barbell

Barbel adalah dumbbell versi besar. karena lebih besar, besi penghubung juga lebih panjang, yakni 1,2 sampai 2,4 meter. Diameter besi tersebut juga bervariasi, mulai dari 25 mm hingga  51 mm.

Ini Nama Alat Olahraga yang Sering Kamu Temui di Gym! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tingkat Stres di Era Globalisasi Sangat Tinggi! Kenapa, ya?]

 

#2 Body Weight Training Station

Alat-alat yang tergolong dalam kategori ini menggunakan massa manusia sebagai beban, seperti chin up atau push up. Dengan begitu, bentuknya disesuaikan dengan postur manusia agar nyaman digunakan.

Berikut ini alat-alat fitness yang tergolong dalam body weight training station:

 

#1 Matras

Matras merupakan alat yang selalu dan wajib ada di gym. Alat ini difungsikan sebagai alas untuk menghindari benturan keras saat latihan.

 

#2 Dip Bar

Berbentuk dua buah batang paralel, alat ini berguna sebagai penopang tubuh saat melakukan dip.

 

#3 Pull up Bar

Jelas, alat ini berguna untuk melakukan pull lup.

 

#4 Hyper Extension Bench

Alat ini berbentuk bangku yang biasa dipakai untuk melatih gerakan back up. Benefitnya adalah mengencangkan otot punggung, paha, serta bokong.

 

#5 Sit up Bench

Alat ini digunakan untuk melakukan sit up. Fungsinya serupa dengan hyper extension bench.

 

#6 Fitness Bench

Fitness bench sebenarnya tidak berbeda dengan bangku. Hanya saja, alat ini biasa digunakan untuk kombinasi push up, dip, dan sebagainya.

 

#7 Swiss Ball

Alat ini membantu meningkatkan keseimbangan serta dapat digunakan untuk berbagai bentuk latihan.

 

#8 Push up Grip

Alat ini sangat membantu saat melakukan push up. Dengan alat ini, otot dada akan dilatih lebih intens daripada biasanya.

Ini Nama Alat Olahraga yang Sering Kamu Temui di Gym! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Asuransi Kesehatan Tambahan]

 

Yuk, Berolahraga!

Kamu sudah mengetahui nama-nama alat olahraga di tempat fitness. Sekarang, waktunya kamu bergerak agar memiliki fisik yang lebih sehat. Ingat, badan bagus itu bonus!

Berolahraga memang dapat menjaga kesehatanmu. Tapi,  asuransi kesehatan juga penting, lho. Jangan lupa untuk mendaftar asuransi kesehatan, ya. Ketahui tips dalam memilih asuransi yang tepat dalam video ini.

 

Itulah beberapa nama alat gym yang sering ditemui di tempat fitness. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan semangat kamu dalam berolahraga.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada Sobat Finansialku lainnya, ya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Jenis-Jenis Alat Gym yang Sebaiknya Anda Tahu. Sportsclubpm.com – https://bit.ly/3aIZYW8

 

Sumber Gambar:

  • Gym 1 – https://bit.ly/3btaqRR
  • Gym 2 – https://bit.ly/2JmDoXq
  • Gym 3 – https://bit.ly/2xodr7j