Berkembangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, membuat permintaan asuransi kesehatan tambahan meningkat.

Lalu, apa sajakah yang harus diperhatikan? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

4 Hal Penting dalam Membeli Asuransi Kesehatan Tambahan

Apa itu asuransi kesehatan tambahan? Untuk karyawan, asuransi kesehatan tambahan bisa membuat kita kehilangan fokus saat bekerja, karena dilanda kebingungan, “Apakah saya harus beli asuransi kesehatan tambahan di luar asuransi kantor?”

Finansialku punya jawabannya untuk Anda di audiobook Asuransi Kesehatan. Di sana, semuanya akan dibahas secara mendalam soal asuransi kesehatan.

Audiobook Asuransi Kesehatan - Finansialku

Klik Di Sini Untuk Mendengarkan

 

Selain itu, ada pula banyak faktor pendukung mengapa seseorang membutuhkan tambahan asuransi kesehatan. Seperti, ada beberapa manfaat yang tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan utama.

Atau, asuransi kesehatan tambahan memiliki keuntungan lebih yang tidak diberikan oleh asuransi kesehatan utama.

Di bawah ini adalah 4 hal penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli asuransi kesehatan tambahan.

 

#1 CoB (Coordination of Benefit)

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah apakah asuransi tersebut dapat digunakan untuk koordinasi manfaat (coordination of benefit) dan menjadi penjamin kedua.

Salah satu contoh koordinasi manfaat yang dimaksud adalah dari kelas kamar yang dapat diterima dengan 2 asuransi.

Misalnya asuransi utama yang Anda miliki hanya memberikan kamar kelas 3. Namun Anda menginginkan kamar kelas 1 dengan harga rata-rata Rp750 ribu per malam yang selisih harganya kurang lebih Rp400 ribu per malam dengan kamar kelas 3.

Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Asuransi Kesehatan Tambahan 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Keuntungan Asuransi Kesehatan Cashless yang Akan Kamu Dapatkan]

 

Jika asuransi kesehatan yang akan dipilih memberikan koordinasi manfaat, maka Anda hanya perlu membeli asuransi kesehatan tambahan dengan harga kelas kamar Rp400 ribu dan tidak perlu membeli asuransi kesehatan tambahan dengan kelas kamar Rp750 ribu per malam.

Hal ini harus ditanyakan dengan jelas pada agen asuransi Anda dan pastikan bahwa Anda telah mengerti seluruh ketentuan penggunaan dan syarat yang dibutuhkan agar kedua asuransi kesehatan dapat dipakai.

 

#2 Jenis Produk Asuransi Kesehatan

Secara garis besar, di Indonesia terdapat 2 jenis asuransi kesehatan.

Pertama adalah asuransi tradisional yang berarti perusahaan asuransi hanya menawarkan perlindungan atas risiko kesehatan saja. Kedua adalah asuransi kesehatan dengan rider asuransi jiwa atau asuransi kesehatan dengan unit link atau investasi.

Untuk memilih asuransi kesehatan kedua, Anda harus mengetahui jenis asuransi mana yang ingin dipilih. Dari segi premi, biasanya asuransi kesehatan unit link akan lebih tinggi dibandingkan asuransi kesehatan tradisional.

Selain itu, asuransi kesehatan dengan rider biasanya akan memberikan perlindungan lebih dibandingkan asuransi kesehatan tradisional. Oleh karena itu, untuk memilih dengan bijak, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Asuransi Kesehatan Tambahan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Jenis-jenis Asuransi Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu]

 

#3 Jenis Perlindungan Kesehatan Yang Diinginkan

Setiap produk asuransi kesehatan akan menawarkan beragam pilihan perlindungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  • Rawat inap atau rawat jalan: Ada sebagian asuransi kesehatan yang memberikan ketentuan perlindungan hanya untuk risiko kesehatan yang memerlukan rawat inap, tetapi ada pula yang memberikan perlindungan hanya untuk perawatan jalan.
  • Tipe kamar rawat: Jika asuransi kesehatan Anda memberikan perlindungan untuk fasilitas rawat inap, maka Anda harus memilih tipe kamar seperti apa yang Anda inginkan. Harga atau jenis kamar akan mempengaruhi harga premi yang wajib Anda bayar.
  • Jenis penyakit yang ditanggung: Asuransi kesehatan juga ada yang memberikan pengecualian untuk beberapa jenis penyakit. Hal ini dapat Anda ketahui melalui polis asuransi atau melalui informasi dari agen atau langsung dari perusahaan asuransi.

Coverage kesehatan seperti yang di atas, perlu Anda tentukan dari awal mengingat asuransi kesehatan biasanya memerlukan waktu tunggu.

Jika Anda mempertimbangkan menambah asuransi kesehatan, maka sebaiknya Anda memilih asuransi kesehatan yang tugasnya melengkapi asuransi utama Anda.

Sebagai contohnya, apabila asuransi kesehatan utama telah melindungi perawatan jalan maka Anda dapat mengambil asuransi kesehatan untuk melindungi risiko rawat inap.

 

#4 Cara Pengajuan Klaim

Proses reimbursement untuk asuransi kesehatan tambahan biasanya sedikit berbeda dengan pengajuan klaim untuk 1 asuransi saja. Biasanya jika ada biaya yang tidak ditanggung oleh asuransi utama, maka Anda dapat mengajukan klaim kepada asuransi kesehatan tambahan.

Apabila Anda menggunakan fasilitas koordinasi manfaat, maka biasanya selisih biaya yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi pertama akan ditagihkan ke Anda terlebih dahulu, lalu kemudian menggunakan sistem reimbursement ditagihkan ke asuransi kesehatan tambahan.

Bergantung pada masing-masing kebijakan perusahaan asuransi, penjamin kedua biasanya membutuhkan kuitansi legalisasi. Kuitansi legalisasi ini dikeluarkan oleh rumah sakit atau asuransi kesehatan penjamin pertama.

Penjamin kedua juga biasanya membutuhkan surat CoB dari asuransi kesehatan utama yang berisi keterangan biaya yang telah dicover oleh penjamin pertama untuk mencegah klaim ganda.

Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Asuransi Kesehatan Tambahan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Antara Asuransi Kesehatan Reimburse dan Asuransi Kesehatan Cashless]

 

Jadilah Pengguna Asuransi Kesehatan yang Bijak

Walaupun Anda hanya memiliki 1 asuransi kesehatan atau sedang mempertimbangkan asuransi kesehatan kedua, sebaiknya Anda mengetahui seluruh informasi terkait dengan jelas dan jangan lupa untuk selalu membaca isi polis dengan lengkap.

Jika Anda masih bingung mengenai asuransi kesehatan, Anda bisa konsultasi dengan ahli perencana keuangan Finansialku. Anda bisa mengunduh aplikasi Finansialku di Play Store atau App Store.

 

Demikian 4 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menambah asuransi kesehatan. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Bandoro Rangga. 17 April 2017. Apakah Karyawan Butuh Asuransi Kesehatan Tambahan? Catatankeluargamuda.com – https://bit.ly/2vW8wd4

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Kesehatan  1 – http://bit.ly/33d6Kkx
  • Asuransi Kesehatan  2 – http://bit.ly/2U2ASef
  • Asuransi Kesehatan  3 – http://bit.ly/2TNqPcB