Apakah ASI eksklusif lebih murah daripada susu formula untuk bayi? Bagaimana jika sebaliknya?

Kali ini Finansialku akan membahas perbandingan antara ASI eksklusif atau susu formula untuk bayi dari segi keuangan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

ASI Eksklusif Atau Susu Formula Untuk Bayi

ASI atau air susu ibu adalah salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan bayi berusia baru lahir hingga balita usia 2 tahun.

Dari ilmu kesehatan, konsumsi ASI harus diberikan secara total selama 6 bulan pada fase kehidupan pertama bayi karena berkaitan dengan organ pencernaan yang belum sempurna.

Setelah 6 bulan, kadar ASI bisa mulai dikurangi hingga hilang sepenuhnya dan berubah menjadi makanan pada umumnya.

 

Kelebihan ASI untuk Bayi

Apa yang membuat ASI begitu banyak diperjuangkan oleh para ibu?

Pada hakikatnya, ASI memang memiliki kandungan gizi paling sesuai dengan bayi. Setiap ibu menghasilkan ASI dengan kualitas berbeda.

Selain kaya nutrisi, ASI juga sangat praktis karena akan selalu ada, tidak perlu membeli dan tidak perlu dibuat.

Terutama bagi para ibu rumah tangga, memilih ASI sebagai prioritas memang jauh lebih praktis.

 

Kelebihan Susu Formula untuk Bayi

Di samping ASI, ada juga susu formula yang dirancang khusus untuk bayi.

Susu ini memiliki kandungan gizi yang juga tinggi dan disesuaikan dengan kebutuhan para bayi. Jadi, jika seorang bayi meminum susu formula tidak akan menimbulkan reaksi penolakan kecuali ada alergi tertentu.

Melalui penelitian yang komprehensif, susu formula diramu supaya organ pencernaan bayi tidak mengalami masalah ketika mengolahnya menjadi bagian pertumbuhan.

 

Alat-Alat untuk Memberikan ASI Eksklusif

Meskipun memiliki berbagai keunggulan, ASI tidak bisa begitu saja diberikan tanpa ada persiapan dan pertimbangan matang.

Ada beberapa jenis alat dan bahan yang diperlukan supaya kualitas ASI bisa maksimal.

Karena saat ini, tidak semua ibu selalu berada di rumah, maka harus ada juga treatment khusus yang membuat sistem pemberian ASI tetap bisa dilakukan dengan lancar tanpa hambatan.

Tentunya, dalam membeli alat dan bahan tersebut juga dibutuhkan biaya.

 

#1 Pompa ASI

Pompa ASI tidak hanya dibutuhkan untuk para working mom.

Ibu rumah tangga juga membutuhkannya supaya jumlah ASI bisa stabil dan payudara menjadi lebih sehat karena terhindar dari keadaan menegang. 

Ada 2 jenis pompa ASI, yaitu yang manual dan elektrik. Untuk pompa manual harganya kurang lebih Rp50.000 sampai Rp500.000.

Lebih Murah Mana ASI Eksklusif Atau Susu Formula Untuk Bayi 02 Pompa ASI - Finansialku

[Baca Juga: DIY: 10+ Resep Bekal Sekolah Anak Dengan Budget Terbatas]

 

Jenis pompa elektrik dibanderol dengan harga lebih mahal yaitu Rp200.000 sampai Rp1.000.000. Bahkan ada yang lebih mahal dari itu untuk beberapa fungsi dan fitur tambahan.

Kelebihan dari pompa ASI manual adalah tidak menimbulkan suara, tetapi bisa melelahkan tangan karena menggunakan tenaga manusia. Sedangkan pompa ASI elektrik lebih ringan tetapi ada suara mesin saat proses pemompaan.

 

#2 Botol ASI

Alat yang kedua dibutuhkan oleh ibu menyusui adalah botol ASI. Botol ini terbuat dari kaca dan pada umumnya memiliki ukuran 100 ml – 150 ml.

Harga setiap pack berisi 10 botol antara Rp50.000 sampai Rp70.000. Keunggulan dari botol ASI adalah bisa disimpan di kulkas biasa, cooler bag, maupun freezer.

Karena terbuat dari kaca, maka proses pembersihannya pun bisa dilakukan dengan sikat tanpa ada risiko tergores atau bocor yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan bakteri.

Lebih Murah Mana ASI Eksklusif Atau Susu Formula Untuk Bayi 03 Botol ASI - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ketahui Cara Mendidik Anak Tentang Uang dari Usia 2-16 Tahun]

 

Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah saat mencuci botol ASI, botol pompa dan semua hal yang berkaitan dengan proses pumping harus dilakukan sterilisasi.

Jika tidak memiliki sterilizer, maka sebaiknya alat-alat tersebut direndam dalam air panas mendidih setelah dicuci dengan menggunakan sabun cuci piring khusus bayi.

Dengan demikian, seluruh bakteri akan bisa hilang dan tidak sampai mengancam kesehatan bayi.

 

#3 Bra Menyusui

Harga bra menyusui berbeda-beda mulai Rp20.000 sampai Rp100.000.

Karena beberapa ibu juga sudah beraktivitas di luar ketika masa menyusui, maka pilihlah bra yang nyaman dan bisa mendukung mobilitas.

Selain itu, bra menyusui biasanya tidak dilengkapi dengan cup busa sehingga tidak nyaman bagi ibu yang biasa menggunakan bra ber-cup busa.

Sebagai salah satu alternatif cara, belilah cup bra di toko dan jahitkan pada bagian bukaan bra supaya lebih nyaman ketika digunakan.

Bra menyusui yang dimiliki ibu hamil harus cukup banyak stoknya. Karena pada beberapa kesempatan ASI bisa merembes ketika bekerja atau beraktivitas dan kondisi payudara sedang perlu mengeluarkan ASI.

Jadi, supaya tidak menyebabkan jamur maka jika bra sampai basah sebaiknya segera diganti. Setiap orang bisa mengganti bra menyusui dalam rentang yang tidak sama karena volume ASI nya pun berbeda-beda.

Oleh karena itu, sebaiknya sesuaikan pembelian bra menyusui dengan kemungkinan menggantinya berapa kali sehari.

 

#4 Suplemen Ibu Menyusui

Supaya ASI bisa semakin bernutrisi, maka minumlah suplemen ibu menyusui yang biasanya dibanderol dengan harga cukup terjangkau.

Misalnya saja suplemen vitamin D yang dibanderol dengan harga Rp20.000 per strip atau suplemen penambah zat besi yang dibanderol dengan harga Rp70.000 per botol dengan isi 10 tablet.

Jika ingin berhemat, memakan sayur daun katuk dan aneka jus buah secara rutin. Hal ini akan lebih memaksimalkan kapasitas dan nutrisi yang terkandung dalam ASI.

Lebih Murah Mana ASI Eksklusif Atau Susu Formula Untuk Bayi 04 Ibu Menyusui - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Punya Anak Balita? Perlu Beli Asuransi Kesehatan Ga Ya?]

 

Hati-hati dalam memilih suplemen ASI.

Sebaiknya gunakan bahan-bahan herbal atau alami seperti minyak ikan, madu, jinten hitam, dan sebagainya. Obat-obatan kimia tidak selalu bisa diterima oleh tubuh bayi.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih jenis suplemen yang terpercaya tanpa efek samping bagi ibu dan bayi.

 

Susu Formula untuk Bayi

Berbeda dengan ASI yang tinggal diberikan jika ibu di rumah. Susu formula harus disimpan di freezer ketika ibu bekerja, susu formula juga harus dibuat dengan air yang panasnya pas untuk selanjutnya diberikan pada bayi.

Harga susu formula dengan ukuran 1.000 gram adalah Rp75.000,00.

Untuk konsumsinya, tidak semua bayi akan cocok dengan mengkonsumsi minuman tersebut.

Jika ternyata bayi mengalami alergi susu sapi, maka konsumsi susu kedelai dapat dijadikan penggantinya.

 

Apakah Anda akan memilih ASI atau susu formula untuk diberikan pada buah hati? Mengapa demikian?

Jelaskan pertimbangan tersebut dan bagikan informasi penting ini pada teman atau keluarga yang hendak memilih antara ASI eksklusif atau susu formula, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hardian. 15 November 2017. Moms, ASI Eksklusif vs Susu Formula Lebih Murah Mana Ya? Duitpintar.com – https://goo.gl/zGanMh

 

Sumber Gambar:

  • ASI Eksklusif Atau Susu Formula Untuk Bayi – https://goo.gl/Dmiy5d
  • Pompa ASI – https://goo.gl/H5c8oR
  • Botol ASI – https://goo.gl/phromR
  • Suplemen Ibu Menyusui – https://goo.gl/r8za5a

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang