Pusing mencari cara lepas dari utang? Ikuti petunjuk praktis di bawah ini agar utang tak lagi melilit Anda. Selamat membaca!

 

Cara Tokcer Lepas dari Utang

 

Fasilitas pinjaman online sudah menjamur di mana-mana. Masyarakat Indonesia sudah tak asing dengan meminjam dana secara online, apalagi jika penawaran bunga pengembalian yang relatif kecil bahkan tanpa agunan atau jaminan apapun.

Tapi, pinjaman online ini sama saja dengan berutang. Sedikit-sedikit, lama kelamaan akan menjadi bukit. 

banner -yuk bebaskan diri dari jeratan utang pinjaman online (1)

 

Kalau utangnya sudah menumpuk, tentu debt-collector akan mendatangi Anda. Waktu tidak bisa dikembalikan, dan nasi sudah menjadi bubur. Tapi, utang tetap harus dibayar.

Lantas, gimana caranya melunasi utang yang sudah menumpuk?

 

Mari kita bahas beberapa langkah tokcer melalui pembahasan di bawah ini untuk lepas dari utang.

 

#1 Identifikasi & Lacak Utang

Sangat mudah untuk berutang dan meminjam uang, namun seringkali karena asyiknya, banyak orang tidak dapat melacak total utang mereka secara keseluruhan.

Jika kita tidak tahu jumlah utang yang harus dibayarkan, bagaimana kita bisa melunasi dan keluar dari jerat utang tersebut.

Oleh sebab itu, melacak jumlah total utang adalah langkah awal yang harus dilakukan untuk melunasi semua utang Anda.

Anda bisa gunakan tabel pada Excel atau Ms. Word secara sederhana.

Anda dapat menuliskan nama kreditur, suku bunga, total saldo dan jangka waktu pinjaman serta jumlah minimum pembayaran utang.

Daftarkan semua hutang-hutang Anda, termasuk di dalamnya utang kartu kredit jika ada.

Setelah mengetahui total utang yang harus Anda bayarkan, Anda dapat melakukan langkah selanjutnya dan tahu secara pasti tujuan Anda, sebesar apa total yang harus Anda lunasi.

 

#2 Gunakan Pengingat Untuk Membayar Cicilan Utang

Anda tentu berharap agar utang tersebut bisa segera dilunasi, kan? Oleh sebab itu, Anda perlu memprioritaskan pembayaran utang agar cepat beres.

Buatlah daftar pengingat yang berisi tentang kapan Anda harus melakukan pembayaran secara berkala.

Jam Berapa Sekarang Yuk Cari Tahu Melalui Jam Online 01 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO: Punya Banyak Cicilan Bisa Beli Rumah 5 Tahun Lagi]

 

Setiap kali melakukan pembayaran cicilan, selalu rekap ulang saldo utang Anda agar Anda semakin termotivasi untuk melunasinya

Anda dapat membuat goal cicilan mingguan atau bulanan mengenai besaran yang akan Anda lunasi.

 

#3 Ketahui Kelemahan Anda Dalam Berutang

Apakah utang terbesar Anda karena penggunaan kartu kredit? Jika iya, Anda perlu mengoreksi diri dan mulai belajar untuk menggunakannya secara bijak.

Anda juga bisa menghentikan penggunaan kartu kredit jika Anda merasa bahwa godaan terbesar Anda dalam penggunaan kartu kredit secara berlebihan.

Banyak orang yang belum bisa menggunakan kartu kredit untuk membelanjakan barang-barang sesuai kebutuhan. Jika Anda salah satunya, Anda perlu menyadari sesegera mungkin dan menghentikannya.

 

#4 Gunakan Fasilitas Pembayaran Otomatis

Agar pembayaran cicilan tidak terlewat, Anda dapat menggunakan fasilitas pembayaran otomatis.

Jika Anda termasuk orang yang pelupa, fasilitas pembayaran otomatis ini akan sangat menolong Anda.

 

#5 Miliki Perencanaan Masa Depan & Mulai Berinvestasi

Seiring dengan berkurangnya jumlah utang bukan berarti Anda harus bernapas lega. Anda bisa saja tergelincir lagi di lubang yang sama dengan meminjam dana atau menggunakan fasilitas pinjaman lainnya.

Apakah Anda ingin memiliki masa depan keuangan yang lebih baik? Setelah utang dilunasi,  Anda perlu memiliki perencanaan keuangan masa depan yang teratur.

Mulailah memiliki perencanaan keuangan sesuai usia dengan panduan E-Book dari Finansialku di bawah ini yang dapat Anda unduh secara gratis:

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Ebook Sekarang

 

Meminjam dana apalagi untuk membiayai kebutuhan konsumtif akan sangat menghancurkan Anda.

Jika Anda mengerti akan hal ini dan sudah berpengalaman, Anda tentu tidak ingin kembali ke jurang yang sama.

Daripada meminjam dana untuk kebutuhan konsumtif apalagi memuaskan keinginan saja, akan lebih baik untuk mewujudkan rencana keuangan masa depan melalui investasi.

Dengan berinvestasi, uang Anda akan berkembang di atas nilai inflasi. Perlu Anda ketahui bahwa menabung di bank saja tidaklah cukup.

Investasi sangatlah disarankan untuk membuat nilai uang Anda berkembang dan membangun keuangan yang lebih baik di masa depan.

 

#6 Mulai Hidup Sederhana

Langkah selanjutnya, Anda bisa memulai cara hidup yang lebih sederhana. Kurangi biaya lifestyle Anda, seperti mengurangi jatah ngopi harian di café atau memasak di rumah untuk menghemat pengeluaran bulanan.

Quiz Para Entrepreneur, Apakah Anda Seorang Bos atau Seorang Pemimpin 03 Pemimpin 3 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Kamu Pikir Hidup Sederhana Berarti Miskin? Yakin?]

 

Pengurangan biaya belanja, apalagi keinginan konsumtif bisa Anda alokasikan pada pelunasan utang terlebih dahulu.

Jika sudah lunas, Anda bisa gunakan alokasi dana dari penghematan biaya belanja bulanan ini untuk diinvestasikan dan mengembangkan tabungan masa depan Anda.

 

#7 Konsultasi Dengan Perencana Keuangan

Jika usaha Anda dalam melunasi hutang begitu pelik dan membuat frustrasi, Anda tentu perlu bantuan orang yang ahli.

Serahkan pada ahlinya dengan berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku tersertifikasi yang dapat membantu Anda mengatur keuangan untuk melunasi jumlah utang Anda.

Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk membantu anda dalam mengurusi masalah keuangan.

Anda dapat mengunduh aplikasi Finansialku di Google Play Store atau di Apple App Store atau dengan klik ikon di bawah.

playstore icon
appstore icon

 

Apakah Anda punya cara sendiri untuk dapat lepas dari jeratan hutang?

Berikan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini! Anda dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan!

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Devayanti Pardi. 5 Tips Terbebas Dari Hutang dan Mendapatkan Kebebasan Finansial. Koinworks.com – https://bit.ly/31rhbQf
  • Finley Susanto. 3 Tanda Hutang Sudah Berlebihan dan Cara Mengatasi Hutang yang Banyak. Amalan.com – https://bit.ly/36XQHag
  • Admin. 12 Agustus 2019. 10 Tips Cara Bebas dari Hutang Cepat dan Merdeka Finansial. Duwitmu.com – https://bit.ly/2SlU7hF
  • Muhammad Abduh Tuasikal, 27 November 2014. MSc. Terbelit Hutang Riba Ratusan Juta, Bagaimana Cara Melunasinya? Rumaysho.com – https://bit.ly/396Jxlr
  • Admin. 27 Maret 2018. 6 Cara Lepas dari Hutang yang Kayaknya Mustahil Dilunasin. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3965HEz
  • Admin. 19 November 2019. Cara Melunasi Hutang dan Bisa Hidup Bebas Hutang Selamanya. Ajaib.co.id – https://bit.ly/3bhozCD