Tidak setiap orang memiliki kesempatan untuk mudik dan menghabiskan waktu libur Idul Adha bersama keluarga. Tapi, kegiatan seru apa saja yang bisa dilakukan saat libur Idul Adha?

Artikel ini akan memberikan 5 ide seru yang dapat dilakukan pada saat libur Idul Adha. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Idul Adha

Idul Adha juga sering disebut dengan nama Idul Qurban atau Idul Kabir. Hari tersebut merupakan perayaan untuk memperingati peristiwa sejarah bagi umat Islam.

Dahulu, Nabi Ibrahim mendapat perintah dari Allah SWT untuk menyembelih Nabi Ismail, yaitu anaknya sendiri. Pada hari itu, Nabi Ibrahim sedang diuji keikhlasannya dalam menaati perintah Tuhan.

Tetapi karena Nabi Ibrahim merupakan umat yang sangat beriman dan patuh pada perintah penciptanya, ia melaksanakan pengorbanan tersebut dengan tulus ikhlas.

Yuk Ketahui Jadwal dan Keutamaan Puasa Jelang Idul Adha 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Agar Anda Bisa Ikut Berkurban di Idul Adha 2019]

 

Saat penyembelihan itulah, Allah mengganti tubuh Nabi Ismail dengan seekor domba. Dari situlah Hari Raya Idul Adha disebut juga dengan Hari Raya Kurban. Menariknya, di setiap negara, hewan yang dikurbankan berbeda.

Misalnya di daerah Timur Tengah, hewan yang dikurbankan biasanya adalah unta atau domba. Di Indonesia biasanya, sapi atau kambing. Nah, hari perayaan ini dijadikan kesempatan bagi para penjual hewan kurban.

Ada yang menaikkan harganya dan memamerkan hewan kurban di tempat yang sering dilewati orang banyak. Tidak heran, menjelang Idul Adha, Anda akan melihat kambing atau sapi yang diikat di pinggir jalan raya.

Harga seekor hewan kurban pun sangat beragam. Ada yang dimulai dari harga Rp2,3 juta dan ada yang dihargai hingga Rp40 juta. Ragam harga ini berbeda tergantung dari berat dan besar hewan kurban tersebut.

Biasanya daging hewan kurban akan dibagi menjadi 3 bagian, dengan proporsi, satu porsi untuk keluarga inti orang yang berkurban, satu porsi untuk kerabat, tetangga dan sahabat dekat.

Porsi terakhir adalah porsi terbanyak yang biasanya disediakan untuk fakir miskin atau orang yang membutuhkan.

 

5 Kegiatan Seru Saat Libur Idul Adha

Hari Raya Idul Adha, tahun ini jatuh pada tanggal 11 Agustus dan bertepatan dengan hari Minggu. Tentu Anda harus merencanakan hari libur ini jauh-jauh hari untuk menghindari keramaian.

Berikut adalah beberapa ide kegiatan seru yang dapat Anda lakukan selama libur Idul Adha:

 

#1 Sholat Idul Adha Bersama

Sebelum melaksanakan proses pemotongan hewan kurban, biasanya seluruh umat Muslim akan melaksanakan ibadah Shalat Ied dua rakaat dahulu di pagi hari.

Shalat ini biasanya dilakukan di masjid terdekat atau biasanya, akan diadakan shalat bersama di sebuah lapangan luas dengan seorang imam yang memimpin jalannya shalat.

Jangan Sampai Salah! Inilah Panduan dan Niat Solat Idul Adha 03 - Finansialku

[Baca Juga: Perkiraan Harga Hewan Kurban Idul Adha 2019]

 

Kesempatan hari libur ini dapat Anda gunakan untuk mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa. Anda dapat mengunjungi masjid terdekat atau shalat bersama dengan teman atau keluarga.

Shalat biasanya diadakan pada waktu yang berbeda, ada yang jam setengah 7 pagi ada pula yang jam setengah 8 pagi.

 

#2 Membantu Panitia Kurban di Masjid

Pada saat Idul Adha, berdiri menyaksikan prosesi kurban pasti adalah hiburan tersendiri. Selain tidak dapat dirasakan di hari besar lainnya, prosesi ini dapat mengajarkan banyak hal.

Mulai dari penyembelihan hewan kurban yang mungkin menyeramkan bagi beberapa orang, hingga melihat para warga sekitar yang mengantre untuk mendapatkan hewan kurban.

Sudah Tahu Harga Hewan Kurban 2019 Cek Disini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Membeli Hewan Kurban, Yuk Ketahui Tips Memilih Hewan Kurban dengan Tepat]

 

Daripada Anda hanya berdiri dan melamun, lebih baik Anda menjadi salah satu panitia kurban di masjid. Pastinya pada saat Idul Adha, banyak sekali hewan yang dikurbankan dan mungkin saja petugas kurban akan kewalahan.

Selain membantu, kegiatan ini dapat dijadikan amal ibadah untuk diri Anda. Anda tidak perlu ikut menyembelih hewan.

Anda dapat menjadi petugas yang bertanggung jawab mengemas daging atau membantu mengatur para orang yang berdatangan.

 

#3 Mengolah Daging Kurban

Memang hal ini dapat Anda lakukan kapan saja, tetapi, jika tidak mendapat daging kurban, mungkin Anda akan berpikir dua kali untuk masak bersama.

Mengolah daging kurban adalah hal yang sangat menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama.

Biasanya daging kurban akan disate rame-rame, dijadikan gulai atau makanan khas Indonesia lainnya. Biasanya makanan yang dipilih adalah makanan yang dapat disantap beramai-ramai.

Waktu bersama ini juga dapat digunakan sebagai ajang untuk mencari kabar, kembali menjalin tali silaturahmi. Anda juga dapat bereksperimen untuk mengolah daging agar dapat dinikmati bersama.

Kegiatan ini juga dapat dilakukan bersama para teman Anda yang non-Muslim. Selain meningkatkan toleransi antar umat beragama, Anda sebagai kaum Muslim dapat memperkenalkan adat dan budaya baru.

 

#4 Menjalin Silaturahmi dengan Teman dan Keluarga

Libur Idul Adha, tetapi tidak punya tujuan? Kenapa Anda tidak mengunjungi rumah teman atau rumah keluarga saja? Tentu penting menjalin tali silaturahmi serta menanyakan keadaan mereka.

Manfaatkan liburan tersebut untuk berkumpul bersama orang-orang terdekat Anda. Bonusnya, Anda dapat menyantap makanan hidangan daging kurban yang lezat, tentu sangat menyenangkan bukan?

Jika Anda tidak dapat bepergian, maka Anda dapat memanfaatkan teknologi yang sudah ada. Anda dapat melakukan video call dengan keluarga, atau sekedar menelepon bermaaf-maafan dan menanyakan keadaan mereka.

 

#5 Mengunjungi Tempat Wisata

Jika Anda tidak merayakan Idul Adha, maka Anda dapat memanfaatkan liburan Idul Adha dengan mengunjungi tempat wisata. Pilihan tempat wisata sangatlah beragam.

Ada yang gratis seperti museum dan taman kota, ada pula yang berbayar seperti tempat bermain. Carilah promosi tempat hiburan melalui agen pariwisata online. Dengan cara ini, Anda dapat menikmati liburan tanpa harus berat di kantong.

 

Toleransi antar Umat Beragama

Perayaan Idul Adha di Indonesia merupakan salah satu bentuk dan ajang bagi para masyarakat untuk menunjukkan toleransi antar umat beragama. 

Oleh karena itu, mari kita hormati adat umat beragama lainnya dan hidup bersama dengan rukun.

Sudahkan Anda merencanakan keuangan Anda dengan matang? Ayo baca ebook dari Finansialku di bawah ini sekarang juga! Rencanakan keuangan Anda dan wujudkan tujuan keuangan Anda sesuai rencana.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda mendapat ide liburan seru yang dapat dihabiskan dengan keluarga dan teman terdekat.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Fathia Octavia. 8 September 2016. 7 Fakta Perayaan Idul Adha yang Perlu Kamu Tahu. Pegipegi.com – https://bit.ly/2GAvWay
  • Nadia Fernanda. 1 September 2017. Nggak Mudik Pas Idul Adha? Coba Lakukan Kegiatan-Kegiatan Seru Ini, Deh! Youthmanual.com – https://bit.ly/2SU6JN1

 

Sumber Gambar:

  • Libur Idul Adha – http://bit.ly/339ezHt