Apakah Anda ingin mengikuti ibadah kurban pada hari Raya Idul Adha 2019 ini? Jika iya, maka Anda HARUS melakukan beberapa hal berikut ini!

Artikel ini merupakan rahasia, solusi dan jalan keluar agar Anda bisa ibadah kurban tahun ini, bagi Anda yang belum mengikut ibadah kurban tahun sebelumnya.

Oleh sebab itu, simak penjelasan selengkapnya hingga selesai ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Ketika menyambut hari Raya Idul Adha tentu tidak lepas dari yang namanya berkurban. Esensi dari berkurban ini juga bukan hanya sekedar berkurban atau menyembelih hewan kurban atau hewan ternak.

Esensi dari berkurban ini adalah untuk mengajarkan kepada kita bahwa kita harus mengorbankan harta kita dalam bentuk hewan ternak yang nantinya akan dibagi-bagi, tidak hanya untuk kita tetapi untuk orang yang tidak mampu menikmati daging hewan ternak setiap hari.

Jadi, tentu saja, jika kita mengikuti ibadah kurban ini, kita juga akan mendapatkan amalan yang tentunya akan menjadi tabungan kita nantinya.

Bagi Anda umat Islam, tentu Anda sangat ingin berpartisipasi dalam ibadah ini bukan? Ya, ibadah ini hanya dilakukan setahun sekali tetapi amalannya pun sangat besar.

Masalahnya adalah dengan semakin besarnya pendapatan, ternyata sering juga diikuti oleh pengeluaran atau gaya hidup yang besar juga, padahal kita ingin sekali bisa ikut berkurban tahun ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, untuk mengikuti ibadah ini kita harus membeli hewan ternak. Hewan ternak yang sering kita jumpai ketika hari Raya Idul Adha ini datang adalah kambing dan sapi.

Lakukan Jurus Ampuh Ini Agar Anda Bisa Kurban Idul Adha Setiap Tahun 04 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan Jurus Ampuh Ini Agar Anda Bisa Kurban Idul Adha Setiap Tahun]

 

Untuk kambing sendiri, pada tahun 2019, harganya bisa mencapai Rp2 juta hingga Rp3 juta.

Sedangkan untuk sapi ini, pada tahun 2019, per ekornya bisa mencapai Rp20 jutaan. Tetapi, sapi ini bisa kita bagi untuk 7 kepala keluarga.

Jadi, Anda bisa mengajak saudara atau teman Anda untuk berkurban bersama dengan membeli satu ekor sapi.

Ternyata, untuk kurban ini harganya tidak main-main, tetapi saya yakin, ketika Anda sudah memiliki komitmen dari awal, Anda pasti bisa menunaikan ibadah kurban tahun 2019 ini.

Lalu, bagaimana caranya kita bisa mengikuti ibadah ini? Apakah bisa dibantu dengan perencana keuangan?

Tentu saja, Anda bisa dibantu dengan perencanaan keuangan yang tepat.

Selain itu, jika ada niat yang kuat pasti selalu ada jalannya, tetapi jangan lupa juga kita tetap harus berusaha. Kita hanya bisa merencanakan saja, yang akan menentukan apakah rencana kita berhasil hanyalah sang Pencipta.

Salah satu usaha yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan melakukan perencanaan keuangan. Finansialku.com, tentu dapat membantu Anda untuk bisa menunaikan ibadah kurban tahun ini, cara termudahnya adalah dengan memakai Aplikasi Finansialku.

Sekali lagi saya Tanya, apakah Anda benar-benar ingin menjalankan ibadah kurban tahun ini bukan?

Lakukan Jurus Ampuh Ini Agar Anda Bisa Kurban Idul Adha Setiap Tahun 03 Syariah - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Membeli Hewan Kurban, Yuk Ketahui Tips Memilih Hewan Kurban dengan Tepat]

 

Anda HARUS lakukan beberapa hal berikut ini ya.

Pada zaman sekarang ini, Anda sudah saatnya men-download Aplikasi Finansialku. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam mengatur keuangan Anda sendiri ke arah yang lebih baik. Itulah yang diinginkan oleh semua orang, bukan?

Pada aplikasi ini, Anda akan dibimbing caranya mengatur keuangan Anda sehari-hari. Yang hebatnya, Anda juga bisa langsung bertanya ke perencana keuangan profesional Finansialku.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk download sekarang!

 

Tips Mempersiapkan Ibadah Kurban Anda

Bagi Anda yang sudah mempersiapkan ibadah kurban dari jauh-jauh hari atau memang sudah memiliki arus kas yang besar, mungkin Anda tidak perlu khawatir lagi.

Tetapi, bagi Anda yang masih harus menabung dan mempersiapkannya dari jauh-jauh hari, tentu untuk menunaikan ibadah kurban ini memerlukan tips atau cara yang tepat untuk mengumpulkan uang membeli hewan ternak.

Berikut ini adalah tips atau cara mempersiapkan ibadah kurban. Anda tidak perlu berkecil hati jika tidak keburu mengikuti ibadah kurban tahun ini, Anda bisa memulai untuk mempersiapkannya dari sekarang.

Ingat, dari sekarang yah!

 

#1 Tentukan Hewan Ternak yang Akan Anda Kurbankan

Dalam perencanaan keuangan, ketika Anda ingin membeli atau merencanakan sesuatu, hal pertama yang harus Anda ketahui adalah berapa uang yang Anda perlukan.

Maka dari itu, hal pertama yang perlu Anda putuskan adalah hewan ternak apa yang ingin Anda kurbankan? Apakah kambing, domba atau sapi? Pilihan ada di tangan Anda.

Karena sudah pasti, setiap hewan ternak memiliki harga yang berbeda-beda. Jadi, langkah awal ini bisa pastikan dulu, Anda ingin berkurban hewan apa.

Perkiraan Harga Hewan Kurban Idul Adha 2018 01 - Finansialku

[Baca Juga: Perkiraan Harga Hewan Kurban Idul Adha 2018]

 

Oh iya, Anda juga sebaiknya menentukan dimana Anda akan berkurban karena pasti setiap daerah memiliki harga hewan kurban yang berbeda-beda. Dengan zaman yang semakin canggih juga, Anda bisa memilih berkurban online.

Ya, Anda bisa berkurban di daerah-daerah yang mungkin menurut Anda, di daerah tersebut sangat terpelosok dan belum sejahtera, Anda pun ingin agar hewan ternak yang Anda kurbankan dapat memberikan manfaat atau amalan yang maksimal.

Jadi, Anda sudah tahu kan apa yang seharusnya Anda persiapkan? Anda HARUS tahu hewan apa yang ingin Anda kurbankan dan dimana.

 

#2 Siapkan Dari Setahun Sebelumnya

Jika Anda yang masih kesulitan untuk memiliki dana likuid ketika Idul Adha datang untuk berkurban, selanjutnya maka Anda HARUS mulai menyiapkan dari setahun sebelumnya.

Mengapa harus dari setahun sebelumnya? Supaya Anda juga tidak merasa berat untuk menabungnya. Bisa Anda bayangkan, kalau Anda mempersiapkan dalam 3 bulan, tentu Anda akan merasa keberatan.

Yuk Ketahui Sejarah Investasi Syariah di Indonesia! - Finansialku

[Baca Juga: Nostalgia, 5+ Cara Menabung Ala 90 yang Umum Dilakukan. Yang Senyum Pasti Mengalami]

 

Misalkan, Anda ingin berkurban kambing dengan harga Rp2.500.000, lalu Anda menyiapkannya dalam waktu 3 bulan saja. Berarti, Anda harus mulai mengalokasikan dana sebesar Rp840.000 per bulan.

Coba, ketika Anda mulai mempersiapkannya sejak setahun sebelumnya, Anda hanya perlu memisahkan dana Rp210.000, cukup ringan bukan?

Ternyata kalau memang niat dan komitmen kita sudah diteguhkan, tidak ada hal yang tidak mungkin.

Maka, tidak ada salahnya bukan untuk mempersiapkan membeli hewan ternak untuk berkurban dari setahun sebelumnya. Anda juga pasti ingin memberikan yang terbaik untuk beribadah untuk mendapatkan amalan yang terbaik juga.

 

#3 Sebaiknya Simpan Dimana?

Sebaiknya ditabung dimana? Uang tabungan saya selalu terpakai. Pasti banyak sekali yang bertanya, sebaiknya disimpan dimana untuk hewan ternak ini.

Dalam jangka waktu 1 tahun, Anda bisa memilih instrumen investasi yang bisa mengamankan uang Anda dari inflasi dan juga aman dari risiko pasar. Anda bisa memilih untuk disimpan di deposito, reksa dana pasar uang atau logam mulia.

Anda tidak perlu khawatir, sekarang sudah banyak produk investasi syariah yang tersedia di Indonesia.

Investasi syariah ini sudah diawasi oleh Dewan Syariah Nasional MUI dan juga sudah ada fatwa mengenai investasi Syariah.

 

Teguhkan Niat Anda, Amalan Terbaik pun Menanti Anda

Ketika Anda sudah meneguhkan niat Anda, niscaya amalan terbaik sudah menunggu Anda. Dengan mempersiapkan dari jauh-jauh hari, mempermudah dan meringankan beban Anda.

Jika Anda ingin belajar lebih banyak mengenai reksa dana pasar uang, Anda bisa men-download ebook mengenai investasi reksa dana untuk pemula.

Anda tinggal link di bawah ini, sebelum waktu bergulir lagi.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui tips mempersiapkan ibadah kurban Anda.

Yuk, bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui tips ini supaya mereka juga bisa melakukan hal yang sama dengan Anda.

 

Sumber Gambar:

  • Berkurban di Hari Raya Idul Adha 2019 – https://bit.ly/2XGoX5h