Apakah Anda sudah mempersiapkan hewan kurban? Sudahkah Anda tahu tips memilih hewan kurban?

Mari simak ulasan selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Hari Raya Idul Adha

Umat Islam memiliki dua perayaan besar yang selalu dinanti-nanti, yang pertama adalah Idul Fitri dan yang kedua adalah Idul Adha.

Kedua hari raya besar ini dinanti-nanti karena banyak sekali manfaat dan pahala yang diberikan pada kedua hari raya tersebut.

Hari raya Idul Adha dan Idul Fitri ini memiliki hal yang sama, pertama sama-sama terdapat solat sunah yang dilakukan hanya pada kedua hari raya tersebut. Kedua, diikuti oleh puasa sebelum hari raya tersebut datang.

Namun, pada hari raya Idul Adha ada yang sangat berbeda, yaitu pemotongan hewan ternak yang dibolehkan oleh Allah SWT untuk dikurbankan untuk memenuhi sebuah syariat dari Nabi Ibrahim AS.

Ternyata masih banyak juga yang masih belum mengetahui bagaimana memilih hewan kurban yang tepat dan juga bagaimana cara menabungnya.

Mari kita bahas satu-persatu bagaimana cara memilih hewan kurban yang tepat terlebih dahulu.

Tips Memilih Hewan Kurban 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Young Lex, Sang Rapper Muda Sukses. Inspiratif!]

 

Oh ya, sebelum kita membahas tips mengenai memilih hewan kurban yang tepat, apakah Anda sudah men-download Aplikasi Finansialku?

Kalau belum, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Dengan aplikasi Finansialku, Anda akan mendapatkan tips lainnya dalam mengelola keuangan dan apa saja yang lagi hangat diperbincangkan.

Tidak hanya itu saja, Anda juga akan dibantu dalam mengelola dan mengatur keuangan Anda.

Lebih asyik lagi, Anda juga bisa langsung curhat sama perencana keuangannya langsung lho secara gratis selama 30 hari buat pengguna baru.

Pssstt.. Katanya kalau sekali curhat sama perencana keuangan bisa kena charge lho.

Yuk jangan ragu lagi buat download aplikasi Finansialku di bawah ini ya. Buat yang sudah download, mari kita bahas mengenai tips pemilihan hewan kurban yang tepat.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Tips Memilih Hewan Kurban yang Tepat

Berkurban memang sudah menjadi kewajiban ketika Anda sudah mampu menunaikannya.

Jika Anda ingin berkurban, maka pilihlah hewan ternak yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Selain melihat dari kemampuan Anda, Anda juga sudah mulai mencari tahu kriteria hewan yang layak untuk menjadi tanda wujud cinta kasih Anda kepada Allah SWT.

Sebenarnya, hewan yang layak dikonsumsi dagingnya dapat dilihat dari sifat fisik hewan kurban itu sendiri.

Lakukan Jurus Ampuh Ini Agar Anda Bisa Kurban Idul Adha Setiap Tahun 04 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Tentunya, kita ingin maksimal dalam beribadah, apalagi saat beribadah kurban, Anda pasti akan memberikan hewan kurban yang terbaik yang akan menjadi amalan terbaik untuk Anda.

Bayangkan jika ibadah kurban ini menjadi ibadah kurban yang terakhir untuk Anda, tentu Anda telah memberikan amalan yang terbaik yang bisa Anda berikan.

Selain hewan ternak, sebenarnya apalagi sih kriteria pemilihan hewan yang tepat untuk kurban itu?

Yuk kita cek tipsnya berikut ini dalam memilih hewan kurban yang tepat dan juga yang terbaik untuk mencapai amalan yang terbaik.

 

#1 Hewan Ternak

Hewan yang sebaiknya dikurbankan adalah hewan kurban, sebagaimana yang dijelaskan pada Al-Qur’an pada Surat Al-Hajj ayat Ke-34,

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”

 

Dari ayat tersebut, sudah jelas bahwa umat Islam diperintahkan untuk mengkurbankan hewan ternak. Hewan ternak yang diperbolehkan adalah

  • Unta
  • Kambing
  • Domba
  • Sapi
  • Kerbau

 

Tentunya semua hewan ini sudah memenuhi ketentuan sebagai hewan ternak yang sehat dan layak untuk dikurbankan.

Maka, ciri pertama memilih hewan kurban yang tepat adalah harus hewan ternak.

 

#2 Umur Hewan Kurban

Salah satu cara untuk mengetahui hewan kurban yang sehat adalah pertama bisa dilihat dari umur hewan kurban tersebut.

Jangan lupa juga untuk setiap hewan kurban memiliki umur yang disyaratkan berbeda-beda.

Jika Anda ingin berkurban kambing atau domba, umur yang disyaratkan memenuhi kriteria kurban adalah yang berumur 1 tahun.

Kemudian, jika Anda ingin berkurban sapi atau kerbau, maka umur yang masuk kriteria kurban adalah 2 tahun.

Jika Anda ingin berkurban unta, maka umur yang masuk dalam kriteria kurban adalah 5 tahun.

Maka, ciri kedua memilih hewan kurban yang tepat adalah dengan melihat umur hewan ternak tersebut.

 

#3 Gigi Dari Hewan

Setelah Anda memilih jenis hewan ternak dan umur hewan ternak, hal ketiga yang harus Anda perhatikan adalah gigi dari hewan ternak tersebut.

Hewan kurban harus sudah mengalami pergantian gigi seri depan dan bawah.

Dikutip dari dompet dhuafa, Ajat Sudrajat sebagai Manager Kampung Ternak Nusantara (KTN) Dompet Dhuafa, mengatakan bahwa karakter gigi susu kecil dan runcing, sedangkan gigi tetap dari hasil pergantian adalah besar dan rata.

Maka, Anda sekarang sudah mengetahui untuk memilih hewan kurban yang tepat adalah harus hewan ternak, usia hewan ternak serta gigi dari hewan ternak harus sudah mengalami pergantian gigi.

Lakukan Jurus Ampuh Ini Agar Anda Bisa Kurban Idul Adha Setiap Tahun 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

#4 Tidak Kurus

Keempat, Anda juga harus memastikan bahwa hewan ternak yang anda kurbankan tidak kurus dan juga cacat, seperti pincang, buta, daun telinga tidak ada.

Karena kurban ini merupakan suatu ibadah, Anda juga pasti akan mencari hewan ternak yang terbaik sebagai amalan terbaik Anda. Maka dari itu, tentu Anda juga perlu meraih hasil yang terbaik juga.

Maka, sekarang Anda sudah memiliki 4 tips dalam memilih hewan kurban yang tepat, hewan kurban harus hewan ternak, umur yang cukup, gigi yang sudah berubah dan tidak kurus serta tidak cacat.

 

#5 Hewan yang Sehat

Hewan ternak yang akan dikurbankan haruslah hewan ternak yang sehat. Bagaimana caranya menemukan hewan ternak yang sehat meskipun kita bukan dokter hewan?

Anda bisa melihat dari tanda-tanda hewan ternak yang sehat tersebut, seperti hewan ternak tersebut jangan demam, tidak bernafsu makan, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare dan juga lemas.

Pastikan juga, hewan ternak yang Anda pilih adalah hewan ternak yang sehat cuping hidungnya basa tetapi bukan karena flu. Lihat juga bulunya yang harus bersih dan mengkilap.

Cek juga dari nafas dan juga detak jantungnya yang normal, serta nafsu makannya pun normal. Selain itu, lubang kumlah bersih dan berwarna merah mudah.

 

Hewan Terbaik, Tentunya Akan Menjadi Amalan yang Terbaik

Untuk menentukan hewan kurban yang tepat, maka Anda harus memilih hewan ternak, umur hewan ternak yang pas untuk kurban, gigi yang sudah berganti, tidak kurus dan cacat, serta haruslah sehat.

Dengan memilih hewan kurban yang tepat ini juga tentu akan membuat amalan Anda pun menjadi amalan yang terbaik. Tetapi, jangan lupa untuk hewan kurban ini ada biayanya.

Jangan lupa, lakukan perencanaan keuangan dengan menggunakan Aplikasi Finansialku ya!

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui tips memilih hewan kurban yang tepat dan juga yang terbaik.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahuinya. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 24 Juni 2018. Kumpulan Ayat dan Hadits Tentang Qurban Dalam Islam. Catatanmoeslimah.com – https://bit.ly/2YGxNBy
  • Erni. September 2015. 6 Tips Memilih Hewan Kurban. Dompetdhuafa.org https://bit.ly/2Lf9bNl
  • Hamdani. 16 Agustus 2018. Tips Memilih hewan Qurban yang Sehat. Kompasiana.com – https://bit.ly/2YIbxHs

 

Sumber Gambar:

  • Tips Memilih Hewan Kurban 1 – http://bit.ly/32gYGyh
  • Tips Memilih Hewan Kurban 2 – http://bit.ly/2XElZmH