Kurban Idul Adha setiap tahun bukan lagi impian. Tapi, bagaimana cara agar kebutuhan finansial tetap terpenuhi meskipun kurban tiap tahun?

Kali ini Finansialku akan membahas tentang jurus ampuh agar Anda bisa kurban Idul Adha setiap tahun.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kapan Seseorang Bisa Berkurban?

Seseorang akan bisa melakukan ibadah kurban apabila sudah mulai memasuki waktu Idul Adha sesuai dengan ajaran agama Islam. Pada berbagai tempat di dunia seperti Jazirah Arab misalnya, perayaan Idul Adha malah lebih meriah daripada idul Fitri.

Ibadah ini dilakukan pada saat hari raya Idul Adha dimulai dari kegiatan sholat terlebih dahulu secara bersama-sama pada pagi harinya. Ibadah berupa penyembelihan hewan ini bagi Umat Muslim merupakan sunnah yang dianjurkan.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan pahala serta sebagai peringatan terhadap peristiwa pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Seseorang yang melakukan ibadah kurban ini juga akan mendapatkan kelebihan berupa kepekaan terhadap masyarakat menjadi meningkat. Tentu ini akan membuat masyarakat merasa diperhatikan oleh lingkungan sekitarnya.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Kemampuan Finansial dalam Berkurban

Hewan yang bisa digunakan untuk berkurban antara lain adalah kambing, sapi, domba dan juga unta.

Bagi orang yang ingin berkurban kambing, maka harus membelinya sendiri minimal satu ekor untuk ibadah kurban. Cara patungan juga bisa digunakan jika yang dipilih adalah kurban untuk hewan sapi.

Seseorang yang ingin melakukan ibadah kurban maka harus melihat kemampuan finansialnya terlebih dahulu.

Di Indonesia masyarakat pada umumnya membeli kambing ataupun sapi untuk disembelih.

Lakukan Jurus Ampuh Ini Agar Anda Bisa Kurban Idul Adha Setiap Tahun 02 - Finansialku

[Baca Juga: Dorong Pertumbuhan Bank Syariah dengan Menabung pada Bank Syariah]

 

Melihat harga kambing ataupun sapi terlebih dahulu sebelum berkurban merupakan hal yang harus dilakukan terlebih dahulu. Langkah berikutnya adalah melihat jumlah penghasilan yang dimiliki sehingga bisa diperkirakan apakah seseorang mampu atau tidak untuk berkurban.

Orang yang memiliki kemampuan secara finansial untuk melakukan ibadah kurban sangat dianjurkan untuk tidak meninggalkannya.

Ibadah ini juga bisa dilakukan dengan patungan sehingga tidak mengeluarkan uang dengan jumlah terlalu banyak.

 

Jurus Ampuh Agar Bisa Kurban Setiap Tahun

Berkurban merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan bagi setiap Umat Muslim yang mampu secara finansial.

Ada beberapa langkah yang bisa ditempuh agar bisa melakukan ibadah ini ada setiap tahunnya diantaranya adalah sebagai berikut.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#1 Membulatkan Tekad dan Niat

Segala sesuatu yang terpenting adalah niat serta kesungguhannya, ini juga berlaku untuk kegiatan ibadah kurban.

Keinginan yang kuat ini sangat diperlukan agar bisa lebih memprioritaskannya dibanding dengan pengeluaran lain.

Lakukan Jurus Ampuh Ini Agar Anda Bisa Kurban Idul Adha Setiap Tahun 03 Syariah - Finansialku

[Baca Juga: Nasabah Bisa Sisihkan Harta Lewat Zakat Saham, Program Anyar Henan Putihrai Sekuritas Gaet Baznas]

 

Seseorang yang sebenarnya mampu secara finansial untuk berkurban tetap saja tidak bisa melakukannya jika kurang bersungguh-sungguh. Diperlukan keseriusan sehingga uang yang dimiliki bisa dialokasikan sebagian untuk ibadah sunnah ini.

Jika Anda berpenghasilan yang tidak terlalu besar sebenarnya bisa melakukan ibadah ini setiap tahun.

Hal ini berlaku juga sebaliknya bahwa mereka yang kaya belum tentu bisa mengalokasikan sebagian uang guna keperluan ibadah kurban.

 

#2 Memperkirakan Kenaikan Harga Hewan Kurban

Harga-harga secara umum pada setiap tahunnya selalu naik sehingga disebut dengan inflasi. Di negara Indonesia pemerintah berusaha mengendalikannya sehingga kenaikannya tidak sampai 10% untuk setiap tahunnya.

Kenaikan harga ini juga berlaku untuk hewan-hewan yang akan digunakan untuk ibadah kurban. Hal ini harus disikapi dengan menyiapkan uang dengan jumlah yang tidak sama dalam setiap tahunnya.

Perkiraan Harga Hewan Kurban Idul Adha 2018 01 - Finansialku

[Baca Juga: Perkiraan Harga Hewan Kurban Idul Adha 2018]

 

Perkirakan kenaikan harganya setiap tahun sehingga bisa disiapkan uang untuk membeli hewan kurban.

Seseorang yang ingin berkurban tidak boleh hanya berdasarkan pada harga pada tahun sebelumnya atau bahkan jauh beberapa tahun yang lalu. Hal ini bisa menjadikan uangnya kurang karena setiap tahun pasti akan selalu mengalami kenaikan.

Bagi yang ingin berkurban maka bisa melebihkan sebagian uangnya daripada kurang. Hal ini dilakukan agar pada saat akan membeli lebih baik sisa sedikit daripada uangnya tidak cukup.

 

#3 Mengalokasikan Uang Secara Konsisten

Pada saat seseorang telah mengetahui berapa perkiraan uang yang dibutuhkan untuk seekor hewan kurban maka sebaiknya mulai menyiapkan uang.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menabung untuk setiap bulannya dengan teratur.

Jumlah uang yang dibutuhkan untuk kurban bisa dibagi menjadi 12 sesuai jumlah bulan dalam satu tahun. Hasil yang diperoleh dari pembagian tersebut maka harus diwujudkan dengan menabung dengan disiplin untuk setiap bulannya.

Untuk perhitungannya, Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam menghitung jumlah dana/uang yang harus dikumpulkan setiap bulannya untuk membeli hewan kurban.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Seseorang yang ingin berhasil pada saat menabung maka pada saat awal bulan dan memperoleh gaji maka langsung dialokasikan sebagian.

Simpan uang tersebut dengan baik dan anggap saja uang tersebut tidak ada sehingga keinginan untuk menghabiskannya untuk belanja akan hilang.

Tabungan yang dilakukan pada setiap bulannya ini tidak boleh dikurangi sedikitpun. Mengalokasikan uang bagi mereka yang berpenghasilan, bisa harian tidak harus setiap bulan.

Lakukan Jurus Ampuh Ini Agar Anda Bisa Kurban Idul Adha Setiap Tahun 04 - Finansialku

[Baca Juga: Menelusuri Lebih Jauh Tentang Pajak Hibah dan Cara Menghitung Pajak Hibah]

 

Lakukanlah mengalokasikan uang Anda tiap hari atau tiap bulan. Jangan langsung satu tahun. Cara seperti ini tentu akan membuat beban menabung terasa lebih ringan dari periode bulanan atau tahunan.

Jika Anda menabung dengan sistem harian, maka pencapaiannya akan terasa lebih mudah karena nominalnya kecil. Hal ini perlu Anda lakukan supaya jumlah dana pada saat akan berkurban bisa terpenuhi.

 

#4 Jika Ada Lahan, Beli Anakan Hewan dan Dibesarkan Sendiri

Cara lain yaitu dengan berinvestasi juga bisa dilakukan jika seseorang memiliki lahan sendiri. Tentu ini akan menjadikan biaya lebih murah dengan membeli hewan yang masih kecil atau anakan.

Bagi orang yang tinggal di daerah pedesaan dan memiliki lahan cukup untuk hewan ternak maka cara ini bisa dipilih.

Terutama jika yang dibeli adalah anakan sapi yang harga saat kecilnya jauh lebih murah.

 

Jangan Pernah Merasa Belum Mampu untuk Berkurban

Berkurban merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh agama Islam sehingga bisa diupayakan agar melakukannya sesering mungkin.

Bagi yang merasa belum mampu maka coba hitung terlebih dahulu untuk biaya kurban. Tabung per bulan dananya sehingga bisa tercukupkan sejumlah uang guna menjalankan ibadah yang satu ini.

 

Bagaimana Anda memaksimalkan tabungan untuk kurban tahun ini? Jangan lupa bagikan informasi penting di atas pada teman yang juga sangat ingin berkurban tahun ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ruisa Khoiriyah. 29 Agustus 2017. Gagal Qurban Tahun Ini? Jalankan Trik Ini agar Bisa Qurban Idul Adha Tiap Tahun. Halomoney.co.id – https://goo.gl/i11Yra

 

Sumber Gambar:

  • Kurban Idul Adha Tiap Tahun 1 – https://goo.gl/x2YJfi
  • Kurban Idul Adha Tiap Tahun 2 – https://goo.gl/sHJSHR
  • Kurban Idul Adha Tiap Tahun 3 – https://goo.gl/DM5TVY
  • Kurban Idul Adha Tiap Tahun 4 – https://goo.gl/ZwEfzZ
Summary
Lakukan Jurus Ampuh Ini Agar Anda Bisa Kurban Idul Adha Setiap Tahun
Article Name
Lakukan Jurus Ampuh Ini Agar Anda Bisa Kurban Idul Adha Setiap Tahun
Description
Kurban Idul Adha setiap tahun bukan lagi impian. Tapi, bagaimana cara agar kebutuhan finansial tetap terpenuhi meskipun kurban tiap tahun?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo