Libur Sekolah 2020 ini siapa yang mau dapat income tambahan? Plus bisa hemat selama liburan? Ada yang mau? Begini caranya.

Simak artikel Finansialku berikut ini sampai tuntas ya….  

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Liburan Sekolah 2020

Banyak yang bilang, saat liburan di rumah saja tentu pengeluaran yang tadinya akan habis untuk berlibur jadi tetap utuh. Hal itu mungkin saja benar, jika kita tidak menghabiskan banyak waktu untuk menonton video streaming, scrolling social media seharian, dan kegiatan sejenisnya.

Sebenarnya, berlibur di rumah selama masa “New Normal”, selain bisa berhemat, ternyata bisa memberikan manfaat yang lain. Bahkan, Anda juga bisa dapat income tambahan dari momen langka ini lho! Itu akan kita bahas di bagian bawah.

 

Lakukan Kegiatan Libur Sekolah Ini, Biar Hemat dan Hasilkan Income

Tentunya, setiap orang ingin menghemat biaya listrik, kuota dan camilan selama #dirumahsaja. Namun, bagaimana jika bingung harus melakukan apa?

Libur Hemat dan Income Tambahan 1

[Baca Juga: Isi Liburan Sekolah 2020 Dengan Kegiatan yang Menguntungkan]

 

Jika Anda merasa bingung, jangan khawatir. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan agar produktif dan hemat selama liburan 2020 yang spesial ini.

 

#1 Buat Kerajinan

Mencoba membuat kerajinan tangan adalah cara terbaik untuk mengisi liburan. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan kreativitas. Hal ini tentu akan membuat anak bisa memanfaatkan kreativitasnya di masa depan.

Siapa sangka, selain menghemat kuota dan listrik, kerajinan yang dibuat bisa menghasilkan uang lho! Jadi, ada income yang bertambah justru karena fase “New Normal” ini. Anak yang memiliki banyak waktu di rumah, bisa manfaatkannya untuk mengembangkan kreativitas.

 

#2 Lakukan Hobi

Hobi apapun yang Anda dan anak miliki dapat dilakukan selama musim liburan. Misalnya saja olahraga, melukis, menjahit dan sebagainya. Kegiatan itu dapat Anda lakukan untuk mengisi waktu libur di rumah.

Libur Hemat dan Income Tambahan 4

[Baca Juga: Panduan Cara Bayar UTBK-SBMPTN 2020 Secara Online]

 

Jangan lupa, update kegiatan tersebut di sosial media. Siapa tahu, akan ada orang yang mengapresiasi hobi tersebut atau menghargai karyanya. Bukan tidak mungkin, Anda akan mendapat penghasilan tambahan dari menggeluti hobi. Sangat menarik bukan?

 

#3 Memasak

Anak-anak sangat suka dengan hal baru termasuk memasak. Anda bisa menemaninya untuk mencoba membuat makanan favorit sendiri. Apalagi jika kegiatan ini dilakukan bersama teman-temannya pasti akan lebih menyenangkan.

Pastinya, karena masak sendiri Anda tak perlu beli makanan di luar rumah. Jadi, akan lebih hemat anggaran bukan? Anggaran yang sebelumnya digunakan untuk membeli makanan di luar sekarang bisa dialihkan untuk keperluan lainnya.

 

#4 Mendekorasi Kamar

Mendekorasi kamar menjadi lebih menarik adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar tidak bosan saat berada di kamar. Anda bisa mengajak anak menata ulang barang-barang yang ada hingga menghias kamar agar terlihat lebih menarik.

Libur Hemat dan Income Tambahan 3

[Baca Juga: Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon!]

 

Saat ini, sedang trending tutorial menghias dan membuat kerajinan DIY untuk interior ruangan. Jika Anda ingin berbagi tutorial, cobalah upload step by stepnya di Youtube, siapa tahu bisa jadi selebgram. Gimana tertarik mencoba?

 

#5 Libur Sekolah 2020 Lakukan Kegiatan Berkebun

Anda bisa mengisi halaman rumah dengan beberapa tanaman yang menarik. Anak-anak pasti suka bermain tanah sambil belajar mengenal macam-macam tanaman. Hal ini bisa memperindah halaman sekaligus mengajari anak tentang lingkungan.


Contoh tanaman yang banyak diminati saat ini adalah rempah-rempah. Ya, masa pandemi Covid-19 membuat banyak orang mencari rempah. Anda bisa menanamnya di rumah dalam pot, karena tanaman obat cenderung tidak membutuhkan lahan besar. 

 

Libur Sekolah 2020 Munculkan Kemampuan Berkreasi

Ternyata, tidak hanya bisa lebih hemat, di rumah saat liburan sekolah 2020 juga bisa membuat Anda serta anak-anak mendapat penghasilan baru.

Apalagi, kegiatan di atas tentunya menyenangkan dan bisa merelaksasi pikiran yang penat ketika terlalu banyak bekerja. Silakan di coba…

Tapi sebagai orangtua, tentu Anda ingin membuat suatu momen spesial bagi anak dengan melakukan kegiatan liburan ke luar kota atau ke luar negeri.

Mungkin tahun ini belum bisa, tapi Anda bisa merencanakan anggarannya untuk tahun depan bukan? Finansialku punya tipsnya supaya anggaran liburan impian Anda tercapai. Tipsnya ada pada video berikut ini.

 

 

Selamat mencoba beberapa referensi di atas. Karena sangat bermanfaat, ayo bagikan artikel ini pada orang-orang terdekat, terima kasih. 

 

Sumber Referensi:

  • Albertus Adit. 28 Desember 2019. Liburan Sekolah di Rumah? Tenang, Ini 10 Kegiatan Asyik Bisa Dilakukan. Edukasi.kompas.com – https://bit.ly/2ZkjX9p

 

Sumber Gambar:

  • Libur Hemat dan Income Tambahan 1 – https://bit.ly/3eKaQoW
  • Libur Hemat dan Income Tambahan 2 – https://bit.ly/3gkM7Iv
  • Libur Hemat dan Income Tambahan 3 – https://bit.ly/31r7cfZ 
  • Libur Hemat dan Income Tambahan 4 – https://bit.ly/3gkNF5h