Liburan sekolah 2020 ini tentu berbeda dengan momen liburan sebelumnya. Jadi, mau ke mana kali ini? Mengisi liburan dengan kegiatan apa?

Yuk ikuti artikel Finansialku ini untuk inspirasi seru!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Liburan Sekolah 2020: Apa yang Berbeda?

Memasuki waktu liburan sekolah 2020. Ada yang beda? Coba Anda sebutkan apa yang membedakan liburan kali ini dengan liburan sebelumnya?

Apakah Anda sependapat dengan kami, kalau liburan kali ini, liburnya sudah dari lama, karena pandemi. Libur rasa sekolah tapi sekolah rasa libur, setuju tidak dengan ini? Benar-benar beda kan?

Tapi walaupun demikian, sekarang memang jadwalnya untuk libur alias kegiatan sekolah yang online itu sudah selesai.

Nah ada baiknya Anda mengisi liburan anak dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Jika anak Anda ingin berlibur hanya dengan bermain, mengapa Anda tidak mengarahkan agar ada kegiatan bermanfaat yang dilakukan.

 

Isi Liburan Dengan Kegiatan Bermanfaat

Kali ini, Finansialku akan berikan Anda beberapa rekomendasi kegiatan untuk mengisi liburan yang bermanfaat. Bisa Anda lakukan dengan anak Anda tercinta. Kegiatan untuk mengisi liburan ada banyak macamnya.

Apa saja yang bisa dilakukan? Di antaranya adalah sebagai berikut.

 

#1 Donasi Mainan

Mendonasikan mainan yang sudah tidak dipakai merupakan salah satu kegiatan untuk mengisi liburan sekolah yang bermanfaat. Mainan yang sudah lama dan tidak disentuh lagi bisa diberikan kepada yang lebih

Liburan Sekolah 1

[Baca Juga: Cara Klaim Asuransi Perjalanan Sinarmas yang Bikin Liburan Nyaman]

 

Mainan tersebut bisa didonasikan ke panti asuhan atau kepada anak-anak sekitar yang memang membutuhkan mainan tersebut. Melalui kegiatan ini, rasa empati anak akan terbangun dan kepedulian terhadap sesama juga meningkat.

 

#2 Membantu Orangtua

Membantu orang tua adalah kewajiban anak. Anda bisa mulai mengajarkan hal ini pada anak saat liburan tiba. Anda dapat melibatkan anak pada pekerjaan rumah yang mudah dan tidak membahayakan.

Kegiatan ini dapat membantu anak mempelajari alat-alat rumah tangga dan mengetahui fungsinya dengan baik.

 

#3 Ikut Kelas yang Bermanfaat Sesuai Minat

Anda bisa mendaftarkan anak ke kelas singkat yang biasanya tetap dibuka saat liburan. Kelas ini biasanya menawarkan kegiatan sesuai dengan minat anak.

Anda bisa memasukkannya ke kelas melukis, kelas renang, kelas musik dan sebagainya. Selain dapat mengasah bakatnya, anak juga akan mendapatkan pengalaman baru di sini.

 

#4 Berkemah

Agar dapat mengenal alam dengan baik, Anda bisa mengisi liburan anak dengan mengajaknya berkemah.

Berkemah bersama keluarga pasti menjadi pengalaman baru bagi anak. Tak perlu pergi jauh, Anda bisa berkemah di taman sekitar kota atau bahkan berkemah di halaman belakang rumah saja.

 

#5 Berkunjung ke Museum

Museum menjadi tempat yang sangat baik untuk belajar. Berkunjung ke museum menjadi salah satu kegiatan mengisi liburan sekolah yang sangat bermanfaat.

Liburan Sekolah 3

[Baca Juga: Liburan di Solo? Cek List Hotel di Solo Dekat Situs Terkenal Ini!]

 

Anda bisa menambah pengetahuan anak jika mengajaknya mengunjungi museum yang ada di kota. Pilihlah museum dengan tema yang sesuai dengan perkembangan anak agar apa yang dipelajari lebih mudah diingat.

 

#6 Membuat Prakarya di Rumah

Daripada berdiam diri di rumah, Anda bisa mengajak si kecil untuk berkreasi membuat sesuatu. Jika karya sudah jadi, Anda bisa menggunakannya agar si kecil merasa senang.

Karya sederhana seperti origami, bunga kertas atau pot bunga bisa coba Anda buat. Anak akan lebih terasah kreativitasnya dengan kegiatan ini.

 

#7 Mencuci Peralatan Sekolah

Anda bisa mengajak anak mempersiapkan peralatan sekolahnya saat liburan. Barang-barang yang masih dipakai bisa dibersihkan dan dicuci terlebih dahulu. Dengan begini, anak akan mulai belajar untuk membersihkan barangnya sendiri dan merasa memiliki tanggung jawab.

Bahkan sepeda yang digunakan untuk pergi ke sekolah juga bisa dicuci bersama. Hal ini akan membuat anak terbiasa hidup bersih dan berhati-hati dalam mempersiapkan segala sesuatunya sehingga anak akan terhindar dari sikap ceroboh.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Cara Mengatur Keuangan yang Benar Untuk Ibu Rumah Tangga

Ebook Mommy and Money

Download E-book Sekarang

 

Kegiatan Liburan Sekolah Bermanfaat Menambah Wawasan

Banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan, akan berdampak pada perkembangan anak. Kegiatan yang dipilih akan memberikan pengaruh bagi anak.

Melalui kegiatan bermanfaat yang dilakukan, anak akan memiliki pengetahuan yang lebih luas. Selain itu, anak juga akan memiliki karakter yang mandiri, bertanggung jawab, percaya diri dan mampu berpikir dengan cepat.


Mungkin tahun ini sedikit terkendala untuk berlibur seperti sebelum-sebelumnya, liburan ke luar negeri. Tapi bukan masalah.

Artinya saat ini Anda dapat menabung dan merencanakan keuangan untuk berlibur ke luar negeri untuk tahun depan. Video ini akan membantu Anda dalam merencanakan dan liburan. Silakan di tonton.

 

Jadi, apakah kegiatan yang akan Anda lakukan? Yuk bagikan kegiatan Anda dengan dengan anak pada kolom komentar di bawah ya. Bagikan juga artikel di grup kelas anak Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Suci Loyalita. 19 Juni 2019. Yuk! Isi Liburan Sekolah dengan 7 Kegiatan Positif dan Bermanfaat. Review.bukalapak.com – https://bit.ly/2YBLZy6 

 

Sumber Gambar:

  • Liburan Sekolah 1 – https://bit.ly/2BgWUnZ
  • Liburan Sekolah 2 – https://bit.ly/2YDZnl8
  • Liburan Sekolah 3 – https://bit.ly/3eGsxpz