Bagaimana sih cara mengklaim asuransi perjalanan Sinarmas?

Asuransi perjalanan sangatlah dibutuhkan jika Anda menginginkan perjalanan yang nyaman dan aman.

Mari kita simak bagaimana cara klaim asuransi perjalanan, terutama asuransi perjalanan Sinarmas.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Perjalanan Sinarmas

Para pembaca, pada kesempatan kali ini Finansialku akan mengajak Anda mengenal asuransi perjalanan lebih dalam.

Asuransi perjalanan sendiri adalah asuransi jangka pendek yang hanya berlaku selama masa perjalanan atau biasanya melindungi risiko perjalanan dengan jangka waktu beberapa hari atau sampai dengan enam bulan.

Banyak perusahaan penyedia asuransi yang menawarkan produk asuransi perjalanan. Mengingat dalam perjalanan, kapanpun dan dimanapun di seluruh dunia, pasti ada kemungkinan hal tidak terduga dapat terjadi.

Hal semacam keterlambatan atau pembatalan penerbangan, sakit saat perjalanan, kehilangan atau kerusakan bagasi mungkin saja terjadi.

Apakah Perlu Membeli Asuransi Perjalanan Saat Liburan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Keliling Eropa? Ketahui Dahulu Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen]

 

Perusahaan penyedia asuransi perjalanan yang akan kita bahas kali ini yaitu asuransi Sinarmas. Sinarmas sendiri sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia asuransi, tidak terkecuali asuransi perjalanan.

Simas Insurtech atau PT Asuransi Simas Insurtech sendiri tentu dapat dipercaya. Simas Insurtech diketahui telah mendapatkan izin untuk beroperasi di Indonesia dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 21 Oktober 2014.

Saat ini Sinarmas menawarkan 2 produk asuransi perjalanan yaitu sebagai berikut:

  • Simas Insurtech Travel Overseas (asuransi perjalanan ke luar negeri)

Dengan 5 pilihan plan dengan limit pertanggungan mulai dari USD 20.000 sampai dengan maksimum USD 100.000.

  • Simas Insurtech Travel Domestic (asuransi perjalanan di dalam negeri) 

Dengan 4 pilihan plan dengan limit pertanggungan mulai dari Rp 50.000.000 sampai dengan maksimum Rp 400.000.000.

Apa Gunanya Asuransi Kecelakaan Pesawat Perlu Gak Sih 03 - Finansialku

[Baca Juga: Beli Asuransi Perjalanan untuk Jaga-Jaga Jika Sakit Saat Liburan ke Luar Negeri]

 

Asuransi Perjalanan Sinarmas yang disebut Travi Insurtech ini dapat diajukan oleh siapa saja dengan batasan usia dan syarat sebagai berikut:

  • Untuk Travi Insurtech Overseas, usia peserta adalah 17 sampai 80 tahun, sementara untuk Insurtech Travi Domestic adalah 17 sampai 70 tahun
  • Peserta adalah WNI atau WNA yang memiliki KIMS/KITAS

 

Sinarmas menjelaskan bahwa asuransi Travi Insurtech menawarkan berbagai benefit bagi penggunanya, antara lain sebagai berikut:

  • Produk asuransi yang beragam dengan premi yang terjangkau untuk semua kalangan.
  • Layanan perlindungan asuransi domestik dan internasional.
  • Layanan bantuan nasabah dan klaim 24 jam.
  • Proses pengajuan dan klaim asuransi yang cepat.
  • Jaringan pelayanan rumah sakit ternama di seluruh dunia.

 

Cara Klaim Asuransi Perjalanan Sinarmas

Jika Anda tertarik mengajukan asuransi perjalanan Sinarmas atau bahkan sudah memilikinya, Finansialku menyarankan Anda mengenal cara klaim asuransi tersebut.

Seperti Anda ketahui, komplain asuransi umum terjadi akibat proses yang lama. Namun selain penanganan yang kurang cepat dari perusahaan asuransi, proses lama juga bisa terjadi karena kesalahan proses klaimnya.

Apa Gunanya Asuransi Kecelakaan Pesawat Perlu Gak Sih 04 - Finansialku

[Baca Juga: Beli Asuransi Perjalanan untuk Jaga-Jaga Jika Sakit Saat Liburan ke Luar Negeri]

 

Agar proses klaim lancar dan memudahkan kedua belah pihak yuk simak cara klaim asuransi perjalanan Sinarmas melansir dari https://simasinsurtech.com/ berikut ini:

  1. Tertanggung mengisi form klaim Asuransi Travi Simas Insurtech serta melampirkan surat keterangan/ dokumen-dokumen penunjang lain yang diperlukan.*Untuk kehilangan bagasi dan harta benda pribadi, tertanggung harus melampirkan keterangan kehilangan dari Penerbangan/ Kepolisian setempat.
  2. Form Klaim yang telah diisi lengkap dan ditandatangani Tertanggung disertai dokumen penunjang dikirimkan ke Asuransi Simas Insurtech – Simas Insurtech Building di Jalan Fachrudin No. 18, Tanah Abang – Jakarta Pusat.
  3. Validasi Dokumen klaim maksimum adalah 90 (sembilan puluh) hari sejak tanggal kejadian atau sejak Tertanggung kembali ke Indonesia.
  4. Pembayaran klaim dilakukan paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sejak dokumen lengkap diterima Asuransi Simas Insurtech.

Apa Gunanya Asuransi Kecelakaan Pesawat Perlu Gak Sih 01 - Finansialku

[Baca Juga: Keuntungan 5 Kartu Kredit untuk Menikmati Fasilitas Airport Lounge]

 

Adapun dokumen lengkap yang perlu Anda persiapkan saat ingin mengajukan klaim asuransi perjalanan Sinarmas adalah sebagai berikut:

  1. Form Klaim Asli
  2. Polis Asli
  3. Copy KTP/KIMS/KITAS Tertanggung dan Ahli Waris
  4. Copy Tiket Perjalanan
  5. Surat Keterangan dari dokter/rumah sakit yang berisi keterangan-keterangan tentang cidera fisik akibat kecelakaan (untuk klaim biaya perawatan medis akibat kecelakaan)
  6. Akte Kematian/Surat Keterangan Kematian (untuk klaim meninggal dunia akibat kecelakaan)
  7. Kwitansi asli atas biaya-biaya perawatan atau pengobatan yang diresepkan oleh dokter yang merawat dan Copy resep obat-obatan (untuk klaim biaya perawatan medis akibat kecelakaan).
  8. Surat Kuasa dari yang ditunjuk (bila diwakili)
  9. Surat keterangan dari penerbangan atau angkutan lain mengenai keterlambatan penerbangan, keterlambatan bagasi, kehilangan atau kerusakan barang pada saat pemeriksaan barang
  10. Surat keterangan lain yang diperlukan menurut pertimbangan PT Asuransi Simas Insurtech.

Insurance Benefits Protection Risk Security Service Concept

[Baca Juga: Jangan Anggap Remeh 6 Kesalahan saat Memilih Asuransi Perjalanan]

 

Perlu diketahui bahwa asuransi perjalanan selayaknya asuransi lainnya memiliki risiko batal atau dibatalkan jika tidak memenuhi syarat keabsahan perjanjian yang mengacu pada Pasal 1320 KUH Perdata.

Di luar KUHD tersebut, perjanjian asuransi juga dapat dibatalkan bila terjadi beberapa hal sebagai berikut:

  • Memuat keterangan yang keliru atau tidak benar atau bila tertanggung tidak memberitahukan hal-hal yang diketahuinya, di mana apabila hal tersebut disampaikan kepada penanggung akan berakibat tidak ditutupnya perjanjian asuransi tersebut (Pasal 251 KUHD).
  • Memuat suatu kerugian yang sudah ada sebelum perjanjian asuransi ditandatangani (Pasal 269 KUHD).
  • Memuat ketentuan bahwa tertanggung dengan pemberitahuan melalui pengadilan membebaskan si penanggung dari segala kewajiban yang akan datang (Pasal 272 KUHD).
  • Terdapat suatu akalan cerdik, penipuan, atau kecurangan si tertanggung (Pasal 282 KUHD).
  • Apabila objek pertanggungan menurut peraturan perundang-undangan tidak boleh diperdagangkan dan atas sebuah kapal baik kapal Indonesia atau kapal asing yang digunakan untuk mengangkut objek pertanggungan menurut peraturan perundang-undangan tidak boleh diperdagangkan (Pasal 599 KUHD).

 

Kesimpulan

Asuransi perjalanan akan berguna dalam perjalanan sehingga Anda bisa menikmati perjalanan dengan tenang dan nyaman. Dengan mengetahui cara klaim serta berbagai pengecualiannya, kini Anda bisa menikmati benefit asuransi perjalanan secara maksimal.

Sebagai pengingat, jangan lupa untuk tetap menghitung pengeluaran Anda selama bepergian. Aplikasi Finansialku bisa membantu Anda mengatur budget dengan lebih efisien. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store sekarang juga.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda yang juga membutuhkan informasi serupa. Terima kasih!

 

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara klaim asuransi perjalanan? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Liburan Aman dengan Asuransi Perjalanan ke Luar Negeri. Pikniek.com – https://bit.ly/2V6BGQp
  • Admin. 13 Dec 2016. Syarat Mengajukan Asuransi Perjalanan Luar Negeri. Travellin.co.id – https://bit.ly/2YTJF4t
  • Sri Anindiati NursastiI. 25 Juli 2016. 6 Hal yang Wajib Anda Tahu soal Asuransi Perjalanan. Travel.kompas.com – https://bit.ly/312pl3v