Lagi merencanakan liburan ke Perth, Australia? Jangan langsung tersugesti mahal, Anda juga bisa liburan hemat ke Perth loh!

Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Perth, Australia: Liburan Santai Namun Menyenangkan

Anda berminat berlibur ke Perth, Australia? Yuk melihat sedikit informasi mengenai salah satu tujuan wisata yang merupakan ibu kota Australia Barat ini.

Saya sendiri pernah pergi kesana sekitar 3 tahun lalu. Kotanya sangat damai dengan penduduk yang sangat ramah, meski kepada turis. Selain itu, bisa dibilang kota ini sangat lengkap.

Anda bisa menikmati pemandangan gurun, pantai, maupun perkotaan disini.

Penasaran Rahasia Liburan ke Perth Australia Gini Cara Mewujudkannya! 02 Perth Australia - Finansialku

[Baca Juga: 4 Tipe Travelling: Liburan Sendiri, Beli Paket Wisata dan Lainnya, Kamu yang Mana?]

 

Selain itu, Perth merupakan bagian Australia yang cukup dekat dengan Indonesia. Dengan adanya penerbangan langsung, Jakarta-Perth dapat ditempuh hanya dalam waktu 4,5 jam.

Dengan demikian, tujuan wisata ini sesuai bagi Anda yang butuh liburan singkat karena cuti terbatas. Perbedaan waktu Perth dengan Jakarta pun hanya satu jam.

Salah satu tips agar Anda dapat menikmati liburan Anda dengan waktu dan biaya yang terbatas adalah dengan membuat itinerary yang matang. Dengan demikian, Anda dapat mengatur jadwal dengan anggaran yang sesuai dengan kantong Anda.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Jika bicara tentang Perth, banyak sekali lokasi yang menawarkan wisata menarik yang dapat Anda kunjungi. Nah, bagi Anda yang belum pernah ke Perth, yuk lihat apa saja tujuan wisata yang menarik disana berikut ini:

 

#1 Kings Park & Botanic Garden

Dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dari pusat kota, Anda dapat mengunjungi Kings Park and Botanic Garden di Perth. Luas 400 hektar menjadikan Kings Park and Botanic Garden sebagai salah satu taman kota terbesar di dunia.

Disini, Anda bisa menikmati indahnya pepohonan tinggi berjajar rapi dan pemandangan gedung-gedung perkotaan, serta Swan River yang berkilau.

Penasaran Rahasia Liburan ke Perth Australia Gini Cara Mewujudkannya! 03 Kings Park & Botanic Garden - Finansialku

Kings Park & Botanic Garden 

 

Dengan banyak tanaman hingga bunga-bunga liar yang tumbuh subur, sangat sejuk untuk bersantai disini.

Selain pemandangan yang menyejukkan mata, di taman ini juga bisa melihat galeri seni Aborigin hingga taman bermain anak. Kings Park and Botanic Garden bisa jadi tempat bersantai bersama keluarga di Perth.

 

#2 Swan River

Tidak jauh dari Kings Park & Botanic Garden, Anda bisa mengunjungi Swan River. Disini, Anda bisa berkeliling sungai dengan mengendarai segway.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati sunset sambil melintasi sungai dengan kayak.

Penasaran Rahasia Liburan ke Perth Australia Gini Cara Mewujudkannya! 04 Swan River - Finansialku

Swan River

 

Bahkan, masih di tengah kota, terdapat dermaga untuk Swan River Seaplane. Seaplane adalah pesawat yang dapat lepas landas dan mendarat di air. Anda bisa naik seaplane di dermaga Swan River yang tak jauh dari pusat kota Perth.

Dari sana, penumpang seaplane bisa diajak keliling melihat pelabuhan Fremantle hingga pemandangan menawan Pulau Rottnest yang dikelilingi gradasi laut biru.

 

#3 Fremantle

Kota pelabuhan di Perth, Australia ini memang sudah tidak asing lagi di kalangan para turis. Deretan kafe unik nan menarik, pasar tradisional yang menawan, dan museum-museum bersejarah merupakan highlight utama dari kota pelabuhan ini.

Hampir sebagian besar turis asal Indonesia sangat menyukai kota yang biasa disebut Freo ini, karena Anda bisa menghabiskan seharian menikmati indahnya pantai sambil minum secangkir kopi nikmat di café tepi pantai.

Penasaran Rahasia Liburan ke Perth Australia Gini Cara Mewujudkannya! 05 Fremantle - Finansialku

Fremantle

 

Jika Anda mampir kesini, jangan lupa juga untuk mencoba seafood segarnya di Kailis Fremantle, The Best Seafood and Fish Market in Town. Anda bisa mencoba udang dan kerang yang disajikan sangat segar dan menggugah selera.

Jika Anda suka dengan sejarah kota, maka Anda bisa berfoto-foto di sepanjang bangunan tua disini. Atau Anda juga bisa mengunjungi museum bersejarah yang akan membawa Anda kembali ke masa lalu.

 

#4 Rottnest Island

Mau lihat quokka? Quokka merupakan mamalia berkantung seperti kanguru dengan ukuran yang lebih kecil. Populasi terbesar quokka ternyata berada di Pulau Rottnest, Perth, Australia Barat.

Penasaran Rahasia Liburan ke Perth Australia Gini Cara Mewujudkannya! 06 Quokka Rottnest Island - Finansialku

Quokka – Rottnest Island

 

Di pulau yang cantik ini, sekitar 10.000 quokka hidup liar. Namun perlu diingat, dilarang menyentuh dan jangan memberikan mereka makan. Anda hanya diperbolehkan mengambil gambar quokka hingga swafoto bersamanya.

Pulau Rottnest dapat dicapai hanya dalam 25 menit dari Fremantle atau 90 menit dari Barrack Street, Perth.

 

#5 Elizabeth Quay

Berlokasi di area pusat bisnis Perth di Esplanade dan tidaklah jauh dari Trinity United Church, Anda akan dapat sampai di tempat ini dengan memanfaatkan Perth Underground yang bisa dijumpai ketika Anda ke Stasiun Esplanade.

Penasaran Rahasia Liburan ke Perth Australia Gini Cara Mewujudkannya! 07 Elizabeth Quay - Finansialku

Elizabeth Quay

 

Anda bisa menikmati wisata kuliner di kawasan ini dengan adanya berbagai masakan kontemporer kota, apalagi ketika Anda bertandang ke salah satu restoran alfresco.

Pastinya liburan semakin menarik dengan mengunjungi Elizabeth Quay yang terkenal ini.

 

#6 Perth Zoo

Satu lagi tempat wisata yang asyik dikunjungi oleh keluarga di Perth Australia, yaitu Kebun Binatang Perth atau Perth Zoo.

Kebun binatang ini menjadi nomor satu dalam hal penelitian serta konservasi demi mencegah supaya spesies-spesies langka dapat diselamatkan dan berkembang biak.

Penasaran Rahasia Liburan ke Perth Australia Gini Cara Mewujudkannya! 08 Perth Zoo - Finansialku

Perth Zoo

 

Dibandingkan kebun binatang lainnya, Anda akan menemukan lebih banyak spesies asli Australia di Perth Zoo. Gajah Asia, sun bears, orangutan Sumatra, penguin kecil, serta buaya.

Namun perlu diingat bahwa Perth Zoo buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai dengan 5 sore dan Anda perlu membayar tiket masuk.

Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk AU$21 atau sekitar Rp209 ribu, sementara anak-anak usia 4-15 tahun dikenakan AU$10,50 atau sekitar Rp105 ribu.

 

#7 St. Mary’s Cathedral

Katedral satu ini menjadi salah satu lokasi wisata di Perth yang berada di puncak sebuah bukit di Perth Timur.

Katedral ini pun dapat dijumpai ketika wisatawan berkunjung di Victoria Square. Katedral ini juga terkenal akan keindahannya sehingga kerap dijadikan lokasi foto bagi para turis dan calon pengantin.

Penasaran Rahasia Liburan ke Perth Australia Gini Cara Mewujudkannya! 09 St. Mary’s Cathedral - Finansialku

St. Mary’s Cathedral

 

Katedral St. Mary buka setiap hari 24 jam, namun untuk ibadahnya sendiri ada jadwal tersendiri yang dapat dilihat langsung di situs resminya. Tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk para pengunjung, tapi untuk parkir tarifnya adalah sekitar US$10 atau Rp131 ribu.

 

#8 The Bell Tower

Belum ke Perth namanya jika belum mendatangi Bell Tower yang menjadi ciri khas kota Perth.

Bangunannya dibuat begitu unik karena bentuknya sangat terinspirasi dari paruh angsa sehingga dapat membuat para wisatawan terkagum akan arsitekturnya.

Penasaran Rahasia Liburan ke Perth Australia Gini Cara Mewujudkannya! 10 The Bell Tower - Finansialku

The Bell Tower

 

Bell Tower sendiri merupakan sebuah menara yang dijadikan sebagai penanda waktu di kota Perth, dilengkapi dengan lonceng yang terdapat di puncak menaranya.

The Bell Tower buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga 3.45 sore hari. (jam  operasional bisa berubah sesuai musim).

Pengunjung dikenakan biaya masuk US$14 atau sekitar Rp183 ribu, sementara pengunjung anak-anak usia 5-14 tahun dikenakan US$9 atau sekitar Rp118 ribu.

 

#9 The Pinnacles

Di Australia Barat, tepatnya di dekat kota Cervantes, terdapat gurun yang terkenal dengan batuan-batuan karang yang berdiri di sepanjang hamparan gurun berpasir kuning.

Penasaran Rahasia Liburan ke Perth Australia Gini Cara Mewujudkannya! 11 The Pinnacles - Finansialku

The Pinnacles

 

The Pinnacles, berlokasi di Taman Nasional Nambung menyajikan pemandangan yang cantik sekaligus misterius karena keberadaan pilar-pilar karang yang unik.

Untuk mendapat pemandangan yang lebih cantik, Anda dapat mengunjungi The Pinnacles di musim semi atau kisaran bulan September-November sehingga selain melihat batuan-batuan cantik, bunga-bunga liar yang bermekaran akan menambah cantik pemandangan di gurun ini.

 

Biaya Liburan ke Perth, Australia

Berlibur ke Australia identik dengan harganya yang mahal, mulai dari biaya tiket dan akomodasi, serta biaya hidup disana yang tidak murah.

Lalu kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan untuk berlibur murah ke Perth, Australia? Berikut adalah estimasi biayanya:

Kebutuhan WisataEstimasi Harga
AUD (Australian Dollar)IDR (Rupiah)

Tiket pesawat

 

3.500.000

Visa (jika belum memiliki e-passport)

135

 

Hotel (include breakfast)

98/ hari

 

Transportasi dalam negeri (sewa mobil)

75/ hari

 

Konsumsi (per hari per orang)

50

 

Tiket masuk tempat wisata

±30

 

Belanja dan oleh-oleh

±100

 

Total (4 hari 3 malam):

±1.157

3.500.000

*Note: AU$1 = Rp10.600 (dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Harga yang digunakan diatas hanyalah estimasi untuk wisata 4 hari 3 malam ke Perth, Australia dengan ketentuan tiket pesawat Jakarta-Perth dalam kondisi promo dan penginapan serta makanan merupakan harga rata-rata dan tempat wisata yang dikunjungi adalah tempat wisata yang telah disebutkan dalam poin sebelumnya.

Harga tersebut berlaku untuk 1 orang dan belum termasuk dengan biaya passport, bagasi, dan pengeluaran pribadi.

 

Rahasia Liburan ke Perth

Nah, setelah tahu estimasi biayanya mari kami bagikan rahasia bisa liburan ke Perth. Untuk bisa pergi ke Perth tanpa berutang, kuncinya adalah dengan mempersiapkan dananya jauh-jauh hari.

Namun kabar baiknya kini sudah ada aplikasi Finansialku yang akan membantu Anda menghitung alokasi dananya.

Apakah Anda sudah mengunduh aplikasi Finansialku di smartphone Anda? Jika belum, Anda ketinggalan banyak benefit-nya lho. Mengapa demikian?

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Aplikasi Finansialku merupakan sebuah aplikasi yang akan membantu memberikan gambaran lengkap kondisi keuangan Anda.

Anda dapat mengelola keuangan dan merencanakan keuangan dengan cara yang mudah. Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda dalam beberapa hal berikut:

  • Membuat anggaran
  • Mencatat keuangan
  • Merencanakan keuangan
  • Memantau kinerja investasi
  • Mengecek kesehatan keuangan
  • Mencatat daftar aset
  • Mengikuti kursus online keuangan
  • Live chat dengan perencana keuangan, dan masih banyak lagi

 

Dengan berbagai fitur tersebut, Anda bisa mengelola keuangan dengan lebih praktis dan mudah. Tidak perlu lagi menghitung secara manual, disini Anda bisa memperoleh hasil perhitungan hanya dengan klik tombol saja.

Jadi tunggu apa lagi? Langsung download aplikasi Finansialku sekarang juga!

Takut mahal? Tenang, aplikasi Finansialku tersedia GRATIS bagi Anda.

Yuk download aplikasi Finansialku sekarang dari Google Play Store atau dengan klik tautan berikut ini:

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kini mari mencoba fitur “menghitung dana liburan” untuk persiapan berlibur ke Perth, Australia. Anda bisa mengikuti panduan berikut ini:

  1. Buka menu aplikasi Finansialku kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”.
  2. Klik tanda + pada kanan bawah kemudian pilih Dana Liburan.
  3. Dana perjalanan ke: tuliskan tempat tujuan wisata Anda
  4. Biaya Pengurusan Dokumen: passport, visa dan dokumen lainnya.
  5. Biaya Tur atau Paket Perjalanan: jika Anda pergi dengan menggunakan jasa biro wisata atau travel agent.
  6. Biaya Akomodasi atau Penginapan: biaya untuk menyewa hotel atau penginapan selama di selama di tempat tujuan liburan (jika ada).
  7. Biaya Transportasi: biaya untuk menyewa transportasi selama di selama di tempat tujuan liburan (jika ada).
  8. Anggaran Konsumsi: biaya untuk membeli makanan selama di tempat tujuan liburan (jika ada).
  9. Anggaran Oleh-Oleh: biaya untuk membeli oleh-oleh.
  10. Asuransi Perjalanan: biaya untuk membeli asuransi perjalanan.
  11. Anggaran Biaya Lain-Lain: biaya lain-lain untuk cadangan.
  12. Berapa lama lagi Anda akan pergi (dalam satuan tahun).
  13. Dana yang telah tersedia dalam satuan Rupiah
  14. Inflasi, kenaikan biaya perjalanan dalam satuan persen per tahun.
  15. Estimasi hasil investasi dalam satuan persen per tahun.

 

Penasaran Rahasia Liburan ke Perth Australia Gini Cara Mewujudkannya! 12 Perth Fremantle - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak? Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres]

 

Anda bisa menggunakan estimasi biaya tadi untuk menghitung kira-kira berapa dana liburan yang perlu disiapkan. Yuk segera rencanakan dana liburan Anda dengan Aplikasi Finansialku!

 

Rencanakan Liburan Anda dengan Aplikasi Finansialku

Rencanakan liburan ke Perth, Australia dengan matang agar Anda tidak bertambah stress nantinya dengan tumpukan hutang sisa liburan. Salah satu cara solutif untuk merencanakan dana liburan adalah dengan menggunakan aplikasi Finansialku seperti telah diungkapkan tadi.

Apakah Anda sudah mengunduh aplikasinya? Jika belum, daftar sekarang juga dan nikmati liburan Anda tanpa stress.

 

Apakah Anda mengetahui tempat wisata menarik Perth Australia lainnya?

Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Dian Maharani. 19 Februari 2018. 4 Hal tentang Wisata di Perth, Kota yang Dekat dengan Jakarta. Travel.kompas.com – https://goo.gl/fcMyyZ
  • Wienda Putri Novianty. “The Pinnacles, Padang Pasir di Perth yang Dipenuhi Ribuan Batu Karang”. Travel.kompas.com – https://goo.gl/ur3gSZ
  • Tesyas. Liburan ke Perth 5 Hari 4 Malam. Tesyasblog.com – https://goo.gl/QWJGDw

 

Sumber Gambar:

  • Dana Liburan – https://goo.gl/7JyD5B
  • Perth Australia – https://goo.gl/n8AGzv
  • Kings Park & Botanic Garden – https://goo.gl/sVkvCC
  • Swan River – https://goo.gl/rwB3H7
  • Fremantle – https://goo.gl/epSPWm
  • Quokka Rottnest Island – https://goo.gl/jjdWJS
  • Elizabeth Quay – https://goo.gl/hxoFXV
  • Perth Zoo – https://goo.gl/QEtBY2
  • Mary’s Cathedral – https://goo.gl/weC9MT
  • The Bell Tower – https://goo.gl/hcpHQt
  • The Pinnacles – https://goo.gl/KxBBxv
  • Perth Fremantle – https://goo.gl/ie2Uy6
Summary
Penasaran Rahasia Liburan ke Perth Australia? Gini Cara Mewujudkannya!
Article Name
Penasaran Rahasia Liburan ke Perth Australia? Gini Cara Mewujudkannya!
Description
Lagi merencanakan liburan ke Perth, Australia? Jangan langsung tersugesti mahal, Anda juga bisa liburan hemat ke Perth loh!
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo