Buat yang takut dengan long flight, Finansialku akan memberikan Anda tips untuk menghadapinya, agar tetap nyaman dan menyenangkan.

Selamat membaca…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tips Jitu Menghadapi Long Flight

Penerbangan panjang mungkin dihindari atau dinantikan ketika liburan. Ada yang sengaja mencari penerbangan langsung dan memakan waktu lama sekaligus.

Long Flight 1

[Baca Juga: Apakah Perlu Membeli Asuransi Perjalanan Saat Liburan?]

 

Ada pula yang memilih untuk penerbangan singkat namun banyak transit. Memang long flight seringkali lebih cepat, namun tidak dapat dipungkiri bahwa long flight membuat suntuk, badan terasa pegal dan encok.

Agar tetap segar dan langsung siap menyambung perjalanan, di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat Anda coba.

 

#1 Jangan Sembarangan Makan dan Minum

Jika Anda merasa makanan pesawat sering terasa hambar, itu dikarenakan kadar garam yang sengaja dikurangkan agar penumpang tidak merasa haus.

Walaupun begitu, pasti masih banyak dari Anda yang sering mengalami kering tenggorokan ketika di dalam pesawat.

Hal ini dikarenakan udara kering dalam pesawat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencukupi kadar air di dalam tubuh selama Anda di dalam pesawat.

Long Flight 3

[Baca Juga: Liburan ke Bali? Ketahui Total Dana Perjalanan ke Bali Terbaru Ini!]

 

Tidak hanya membuat segar, air juga akan membantu kulit dan tubuh Anda untuk mendapatkan kelembapan.

Selain minuman, makanan yang Anda pilih juga harus diperhatikan. Jangan makan makanan yang mudah membuat Anda mual.

Selain itu, makanan berlemak dan karbohidrat tinggi mudah membuat perut Anda bergas. Ganti makanan Anda dengan makanan ringan agar perut Anda tidak kosong.

Camilan ringan seperti pisang, kacang, yogurt atau keju sangat membantu melepas lapar dan kebosanan selama perjalanan

 

#2 Hindari Jet Lag dengan Tidur

Salah satu yang menjadi ketakutan para long flight traveler adalah jet lag. Perbedaan waktu dari negara awal ke negara destinasi seringkali membuat tubuh lesu dan kekurangan tenaga.

Untuk menghindari jet lag, Anda harus menyesuaikan waktu tidur dengan jam malam negara destinasi.

Bangunlah sesuai dengan jam pagi di negara tujuan. Untuk melakukan ini, Anda dapat menyesuaikan jam penerbangan dengan waktu tidur Anda.

Ingat untuk menyesuaikan waktu pada jam tangan Anda seketika Anda masuk pesawat. Dengan itu, Anda akan terbiasa dan dapat langsung menyesuaikan diri setibanya Anda di negara tujuan.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#3 Buat Tidur Anda Senyaman Mungkin

Walaupun Anda sedang berada di pesawat, tidak ada salahnya untuk membuat tidur Anda se-nyaman mungkin.

Gunakan penutup mata atau masker mata agar menghindari cahaya lampu yang terlalu terang. Kemudian, Anda juga dapat menggunakan sumbat telinga untuk menghindari suara mesin pesawat yang terlalu kencang.

Usahakan untuk menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat ketika melakukan long flight. Anda pun dapat melepas sepatu dan menggantinya dengan sandal agar lebih nyaman.

Selama Anda tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain, Anda dapat melakukan hal yang dapat membuat Anda lebih nyaman.

 

#4 Lakukan Perawatan Kulit

Pernahkah Anda merasa wajah dan kulit Anda kering setelah Anda melakukan perjalanan panjang dengan pesawat? Hal ini dikarenakan udara kering dalam pesawat.

Untuk mencegahnya, Anda dapat menggunakan krim pelembap pada wajah dan tangan dan kaki. Bagi Anda para wanita, tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan wajah.

Long Flight 4

[Baca Juga: Menyambut New Normal, Harga Tiket Pesawat Naik]

 

Mulailah dengan eksfoliasi kulit mati, mencuci muka kemudian memberikan nutrisi melalui essence atau krim. Anda pun dapat menggunakan masker wajah untuk memberikan kelembapan ekstra.

Bagi Anda pria maupun wanita, sebelum turun dari pesawat, apalagi jika waktu adalah siang hari di negara tujuan, maka ingat untuk selalu mengoleskan tabir surya untuk mencegah kanker kulit dan keriput pada wajah.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#5 Jadilah Lebih Produktif

Maskapai penerbangan long flight biasanya akan menyediakan in-flight entertainment atau hiburan di dalam pesawat.

Anda dapat menonton film, bermain game, mendengarkan lagu dan sebagainya di dalam pesawat.

Selain in-flight entertainment, Anda juga dapat menggunakan waktu di dalam pesawat untuk bekerja, membaca buku atau majalah atau mempersiapkan kebutuhan Anda pada saat mendarat nanti.


 

#6 Persiapkan Segala Kebutuhan Jika Terbang Bersama Bayi

Jika Anda terbang bersama bayi, maka Anda harus mempersiapkan perjalanan Anda dengan matang.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan spesialis anak dan memastikan bahwa anak Anda aman untuk melakukan perjalanan.

Kedua, pilih jam penerbangan yang sesuai dengan jam tidur bayi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa anak Anda nyaman dan penumpang lain tidak terganggu.

Selanjutnya, Anda dapat tiba lebih awal untuk lebih dulu melakukan check in, kemudian Anda dapat mengurus bagasi dan me-request tempat duduk dengan ruang kaki yang lebih luas dan bassinet (tempat tidur bayi) untuk anak Anda.

Untuk memastikan bayi Anda nyaman, kenakan baju yang nyaman dan kenakan penutup telinga yang sesuai untuk meredam suara keras di dalam pesawat.

 

Sebelum Anda benar-benar berangkat. Setelah membaca artikel ini, tonton juga video berikut sebagai tips tambahan untuk Anda dari sahabat Anda Finansialku.

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda lebih mudah menghabiskan waktu dengan nyaman ketika melakukan perjalanan long flight.

Bagikan artikel ini untuk teman atau keluarga yang akan melakukan perjalanan. Tuliskan pertanyaan Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Sindhi Aderiani. 21 Oktober 2019. Raisa Bawa Anak ke LN, Ini Tips Naik Pesawat Jarak Jauh dengan Bayi. Cekaja.com – https://bit.ly/2ZQBGpc
  • Ajeng Quamila. 6 Maret 2020. 9 Tips Jitu Agar Tetap Segar Selama Penerbangan Panjang. Hellosehat.com – https://bit.ly/38ECx05

 

Sumber Gambar:

  • Long Flight 1 – https://bit.ly/2CLQ3Df
  • Long Flight 2 – https://bit.ly/392jopk
  • Long Flight 3 – https://bit.ly/2ZCDa7O
  • Long Flight 4 – https://bit.ly/2CDEnm9