Pengen diet yang tepat, tapi bingung harus diet yang seperti apa? Apa saja makanan diet rendah kalori namun tetap bergizi baik?

Kali ini Finansialku akan membahas tentang 20 makanan diet rendah kalori yang dapat membantu kamu untuk mencapai tujuan dietmu.

 

Diet dengan Makanan Rendah Kalori

Banyak orang yang masih belum paham bagaimana cara diet yang baik. Merasa olahraga sudah maksimal, namun berat badan tidak berkurang banyak.

Sudahkah Sobat Finansialku makan dengan makanan yang tepat pada saat diet?

Sebenarnya prinsip utama dari diet yang baik adalah membatasi kalori yang masuk.

Rata-rata orang dewasa membutuhkan kalori sebanyak 1.900 hingga 2.300 setiap harinya.

Setiap jenis makanan memiliki nilai kalori yang berbeda, sehingga kamu perlu menghitung kalori sebelum mengkonsumsinya saat diet.

Jangan sampai niatnya diet, eh malah berat badan meningkat.  Untuk itu kamu perlu makan-makanan yang rendah kalori untuk memaksimalkan proses diet.

Berikut adalah beberapa makanan diet rendah kalori yang bisa jadi alternatif makanan pada saat diet.

[Baca Juga: Mau Sehat? Ada 10 Makanan Diet Murah Meriah]

 

Sayuran

Bicara diet, sayur menjadi salah satu makanan yang bisa dijadikan andalan.

Terdapat beberapa sayuran yang memiliki kalori mendekati nol namun sangat bergizi, sehingga sangat baik untuk Sobat Finansialku yang ingin menjalani program diet.

 

Bayam

Bayam mengandung vitamin dan mineral dengan sangat sedikit kalori. Satu cangkir atau sekitar 30 gram bayam hanya memiliki 7 kalori.

Selain kalorinya yang sangat rendah, bayam juga tinggi akan vitamin K, vitamin A, folat dan memiliki lebih banyak protein daripada beberapa sayuran berdaun lainnya.

 

Kubis

Satu cangkir kubis terkandung sekitar 22 kalori. Dalam kubis terkandung glucosinolate, yaitu pendetoksifikasi metabolic dan sulphoraphane, suatu anti-karsinogenik yang kuat.

Kubis ungu juga mengandung antosianin dan bahan kimia alami lainnya yang meningkatkan perbaikan sel dan menghambat pertumbuhan kanker.

 

Brokoli

Kandungan kalori yang terdapat di dalam brokoli adalah 31 kalori untuk setiap cangkir brokoli.

Selain rendah kalori, brokoli juga mengandung antioksidan yang kuat yang dapat meningkatkan peluang bagi individu untuk bertahan hidup dari kanker payudara dan mengurangi risiko kanker usus besar.

 

Asparagus

Sayuran bertekstur renyah ini juga memiliki kalori yang sangat rendah, yaitu 27 kalori untuk setiap cangkir asparagus.

Selain memiliki kalori rendah, asparagus juga membantu mempercepat metabolisme alkohol dan racun lainnya.  

 

Arugula

Sayur arugula mengandung 4 kalori untuk setiap cangkir. Sayuran bertekstur renyah ini juga banyak kandungan serat, vitamin A, C, K, kalium, dan nutrisi lainnya.

20+ Makanan Diet Rendah Kalori Untuk Dukung Olahraga Kamu - 02 - Finansialku

Sumber: beritabersatu.com – https://bit.ly/3n1UZJd

 

Telur

Kandungan protein dalam telur dapat dijadikan salah satu alternatif untuk diet, karena protein berfungsi untuk mencegah rasa lapar dalam waktu yang lama.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa orang yang sedang menjalani proses diet dengan mengkonsumsi telur dapat menurunkan indeks masa tubuh dan berat badan.

 

Daging Ayam Tanpa Lemak

Daging ayam adalah salah satu pilihan sumber protein paling populer yang dapat mendukung proses diet.

Namun kamu perlu memilih daging ayam tanpa lemak yaitu bagian dada ayam.

Dalam 85 gram dada ayam mentah, hanya mengandung sekitar 100 kalori. Agar kalorinya tetap rendah, jangan mengolah dada ayam dengan cara digoreng, buatlah sup ayam dengan tambahan tomat, wortel dan brokoli.

[Baca Juga: 5 Resep Dada Ayam yang Mudah Untuk Diet Kamu]

 

Daging Sapi Rendah Lemak

Banyak orang gak nyangka kalau lagi diet boleh banget makan daging sapi. Namun, perlu diingat bahwa pilihlah daging sapi segar yang tidak diproses, seperti sosis dan cari bagian sapi yang rendah lemak.

Jangan sampai makan jeroan dan bagian yang berlemak lainnya yang malah bikin berat badan kamu bertambah ya!

 

Tuna

Ikan dapat dijadikan solusi tepat untuk diet, salah satunya adalah ikan tuna.

Dalam ikan tuna terkandung protein yang tinggi disertai dengan kalori yang rendah. Ikan tuna juga merupakan salah satu daging ikan yang rendah lemak, sehingga aman jika dikonsumsi dalam jumlah besar namun tetap tidak berlebihan.

 

Salmon

Nah selain ikan tuna, ikan salmon pun terkenal menjadi andalan untuk program diet kamu.

Salmon kaya akan lemak sehat dan asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh dan pastinya bisa bikin badan kamu ideal kembali.

[Baca Juga: Menu Makanan untuk Diet Sehat! Ingat, Kesehatan Adalah Investasi!]

 

Kacang Kedelai

Apakah kamu seorang yang menerapkan diet vegan? Nah jika ya, kacang kedelai dapat dijadikan solusi untuk diet.

Dengan kandungan protein, kacang kedelai dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan protein dan pastinya kalsium untuk kesehatan tulang kamu.

 

Kentang Rebus

Kentang rebus merupakan solusi pengganti karbohidrat untuk Sobat Finansialku yang sedang menjalani diet.

Kentang rebus lebih berserat dibandingkan dengan kentang goreng dan jenis olahan kentang lainnya, sehingga selain mengenyangkan, kentang rebus ini juga bikin diet senang loh!

[Baca Juga: Masak Direbus atau Dikukus, Mana yang Paling Sehat?]

 

Biji-bijian

Yang namanya diet pasti harus mengurangi kalori, maka dari itu untuk mengurangi kalori dari nasi putih yang dikonsumsi, kamu dapat mengkonsumsi biji-bijian.

Misalnya oats, quinoa, chia seeds dan jenis biji-biji lainnya.

 

Kacang-kacangan

Anda mungkin tidak pernah memasukkan kacang-kacangan dalam daftar makanan yang bikin kurus. Padahal kacang-kacangan tidak hanya bisa menjadi camilan, tetapi bisa dijadikan lauk sehat yang tinggi protein dan serat.

Beberapa jenis kacang yang bisa dicoba adalah kacang merah, kacang hijau, dan jenis kacang lainnya.

 

Buah-Buahan

Biasanya yang menjadi makanan andalan pada saat diet adalah buah-buahan.

Carilah buah yang bisa membuat kamu langsing, misalnya buah apel, alpukat, jeruk bali dan buah lainnya.

Apel adalah salah satu buah yang dapat menjadi makanan yang bikin kurus, tetapi konsumsilah apel segar dibanding dalam bentuk jus.

Apel segar mengandung lebih banyak serat yang dapat membuat kamu tetap kenyang.

Buah apel memiliki kandungan 85% air, sehingga volume dan satiety index bisa terpenuhi tanpa perlu menambah asupan kalori. Itulah mengapa apel juga menempati skor tinggi dalam daftar satiety index.

Jika dikonsumsi secara berkala, dapat membantu menurunkan berat badan.

Sedangkan untuk buah alpukat, terkandung lebih banyak lemak sehat daripada karbohidrat. Alpukat bisa menjadi pilihan sumber lemak sehat yang tinggi serat dan air.

Sedangkan buah jeruk bali tidak hanya membantu membuat kamu lebih kenyang, tetapi juga bisa mengurangi resistensi insulin yang memicu diabetes.

[Baca Juga: Tak Hanya Lezat, Ini Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan]

 

Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik yang mampu melancarkan pencernaan.

Ambilah yoghurt yang tidak rendah lemak, karena yoghurt rendah lemak umumnya memiliki tambahan gula yang lebih banyak.

 

Minyak Kelapa

Mungkin tanpa kamu sadari, minyak kelapa ternyata dapat membantu proses diet kamu loh!

Dengan mengkonsumsi minyak kelapa, kamu akan merasa lebih kenyang dan dapat sedikit meningkatkan proses pembakaran kalori dalam tubuh.

 

Cabe

Di dalam cabe terdapat capsaicin yang berfungsi untuk meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Namun, jangan mengonsumsi cabe terlalu banyak ya, ingin nya diet, eh malah jadi sakit.

 

Cokelat Hitam

Dengan mengkonsumsi satu atau dua kotak kecil cokelat hitam sebagai cemilan dapat membuat kamu kenyang lebih lama sembari menunggu waktu makan tiba.

Nah, jadi cokelat hitam ini bisa dijadikan cemilan sambil menunggu waktunya makan berat ya Sobat Finansialku.

20+ Makanan Diet Rendah Kalori Untuk Dukung Olahraga Kamu - 03 - Finansialku

Sumber: detik.net.id – https://bit.ly/3qqi7TM

 

Cottage cheese

Wah, buat penggemar keju pasti seneng banget nih tau kalau keju dapat dijadikan salah satu alternatif makanan untuk diet.

Eit, jangan senang dulu ya Sobat Finansialku. Karena hanya jenis cottage cheese yang tinggi protein serta rendah lemak dan karbohidrat yang bisa kamu konsumsi.

 

Putih Telur

Jika kuning telur memiliki lemak tinggi, putih telur kaya akan protein namun rendah lemak.

Bahkan, kandungan protein dalam putih telur lebih banyak daripada kuningnya.

Satu porsi putih telur besar mengandung 3,6 gram protein, sementara kuning telur hanya mengandung 2,7 gram.

Protein yang ditemukan dalam putih telur adalah jenis protein kompleks karena mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Ditambah lagi, putih telur tidak punya nilai indeks glikemik. Tak memiliki kandungan karbohidrat, penderita diabetes bisa dengan aman mengonsumsi putih telur.

Tapi kamu harus ingat untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan jangan lupa untuk makan juga sumber protein sehat lainnya. Jangan mentang-mentang putih telur rendah kalori, Kamu jadi memakannya melebihi kebutuhan.

 

Diet Rendah Kalori, Gak Bikin Nyiksa Kok!

Diet boleh, asal caranya benar dan pastinya tidak menyiksa tubuh.

Pastikan gizi yang dikonsumsi tetap seimbang dengan kebutuhan badan kamu ya!

Bagi Sobat Finansialku yang berencana atau sudah menjalani diet semangat ya! Kamu pasti bisa kok diet, asal konsisten. Dan pastinya kamu harus menjalani program diet yang membuat tubuh kamu juga sehat.

Sebab, memiliki tubuh yang sehat sangat penting, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Menjalani hidup dengan keuangan yang sehat juga tak kalah pentingnya, Sobat Finansialku. Kamu bisa memulainya dengan membiasakan diri membentuk money habit yang sehat.

Lantas bagaimana caranya? Kamu bisa mempelajarinya melalui audiobook Finansialku di bawah ini.banner -Bagaimana Membantuk Money Habit yang Sehat (1)

 

Mungkin banyak temanmu yang masih belum tau apa aja sih makanan diet rendah kalori.

Untuk itu bagikan artikel ini agar dapat bermanfaat bagi banyak orang dan berikan komentar kamu di kolom bawah ini.

 

Editor: Maria Christianti

Sumber Referensi:

  • Anita Djie. 17 Januari 2020. Daftar Makanan untuk Diet yang sehat Tanpa Rasa Lapar. Sehatq.com – https://bit.ly/3G6Kzzk
  • Alifia Daariy. 21 September 2020. Sederet Makanan Kaya Nutrisi untuk Diet Sehat. Jovee.id – https://bit.ly/3b1ipaA
  • Eka Amira. 10 Agustus 2021. 5 Sayuran Ini Kalorinya Hampir Nol, Ampuh Turunkan Berat Badan. Guesehat.com – https://bit.ly/3C0OP0O

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/308wyAP