Mau tahu apa saja makanan yang harus kamu hindari saat sahur dan buka puasa? Ayo hindari makanan buka puasa dan makanan sahur berikut ini.

Hari raya umat Muslim ini merupakan salah satu hari besar paling dinanti di Indonesia, dan tentunya diawali dengan bulan puasa.

Sayangnya, ada beberapa makanan sahur dan buka puasa yang sebaiknya kamu hindari seperti tercantum di TTS berikut:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Banyak Penyakit yang Siap Menyerang di Bulan Puasa

Saat sedang berpuasa, pastinya banyak yang ngidam makanan ini itu pada saat sahur ataupun berbuka puasa, tapi sayangnya kamu harus menjaga kesehatan saat bulan puasa.

Artinya, ada beberapa makanan sahur dan buka puasa yang perlu kamu hindari demi kesehatan. Kesehatan apa yang dimaksud?

Sebagai contohnya adalah kesehatan mulut. Seperti telah dibahas pada artikel sebelumnya salah satu masalah pada saat bulan puasa adalah bau mulut. Belum baca artikelnya, yuk simak ulasannya segera:

Tokcer! Cara Menghilangkan Bau Mulut Dijamin Ampuh! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Tokcer! Cara Menghilangkan Bau Mulut Dijamin Ampuh!]

 

Bukan hanya bau mulut tidak sedap atau halitosis saja yang bisa terjadi dan membuat puasamu tidak nyaman, masih banyak penyakit lainnya yang bisa timbul akibat tidak menjaga makanan sahur dan buka puasa.

Adapun beberapa penyakit yang sering menjangkit saat sedang berpuasa melansir dari Halodoc.com adalah sebagai berikut:

  • Maag: Perubahan pola dan waktu makan secara drastis dan tiba-tiba memang bisa menyebabkan maag kambuh saat puasa, apalagi bagi kamu yang punya penyakit maag sebelumnya.
  • Diare: Selain akibat mengkonsumsi makanan yang kotor, terlalu sering mengkonsumsi makanan yang sangat pedas dan berlemak juga bisa menyebabkan diare. 
  • Hipoglikemia: terlalu banyak mengkonsumsi gula juga bisa menyebabkan kadar gula darah jadi menurun, sehingga timbul penyakit yang dinamakan hipoglikemia. 
  • Halitosis: Saat berpuasa, banyak orang yang tidak bisa terhindar dari bau mulut atau halitosis.
  • Tekanan Darah Rendah: Puasa juga bisa menyebabkan seseorang rentan mengalami tekanan darah rendah. Akibatnya tubuh jadi terasa lemas, lesu, tidak bertenaga, pusing, bahkan bisa pingsan.

Bagi umat Islam yang sedang melaksanakan Ibadah puasa di Bulan Ramadan ini tentunya berpuasa dengan tujuan yang baik, dan pastinya tidak ingin penyakit menghambat puasa kita bukan?

Oleh karena itu, Finansialku sudah merangkum 10 makanan sahur dan buka puasa yang harus kamu hindari berikut ini:

 

TTS: Makanan Sahur dan Makanan Buka Puasa yang Harus Kamu Hindari

Agar lebih seru, yuk belajar sambil bermain dengan mengisi Teka Teki Silang (TTS) dari Finansialku. Disini kamu harus menebak 10 makanan sahur dan buka puasa yang sebaiknya dihindari.

YUK ISI TTS

 

Nah, setelah mengisi TTS-nya, yuk membahas apa saja makanan yang sebaiknya kamu hindari saat sahur dan berbuka puasa:

 

#1 Makanan Instan

Makanan pertama yang mesti kamu hindari saat sahur dan buka puasa adalah makanan instan. Meski praktis dan tidak ribet, namun makanan instan dinilai kurang bergizi untuk sahur dan berbuka.

Benda Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri 03 Mie Instan - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Hal ini disebabkan kandungan makanan instan tidak banyak memiliki nutrisi, sehingga tidak dianjurkan buat dimakan saat sahur dan berbuka puasa.

Kalau kamu tetap mengkonsumsinya, besar kemungkinan energi kamu bakal tidak cukup untuk berpuasa seharian.

 

#2 Makanan Siap Saji

Selain makanan instan, makanan siap saji alias junk food juga sebaiknya tidak sering kamu konsumsi saat sedang berpuasa. Mengapa demikian?

Makanan siap saji dirancang agar mudah dimasak dan disajikan, sehingga besar kemungkinan makanan junk food itu mengandung minyak yang cukup tinggi, lemak tinggi, serta penyedap yang kurang baik buat tubuh.

Jadi junk food ini susah untuk dicerna oleh tubuh, sehingga bisa membuat tubuhmu bekerja ekstra keras untuk mengolahnya.

Jadi, meskipun rasanya luar biasa enak, hindari dahulu makanan siap saji selama sebulan ini ya!

 

#3 Makanan Tinggi Karbohidrat

Banyak yang mengira bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah yang tinggi bakal membuat tubuh kuat saat berpuasa. Padahal anggapan ini cuma mitos semata loh.

Makanan Terenak di Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara 04 Nasi Goreng - Finansialku

[Baca Juga: Polling: Di mana Tempat Buka Puasa yang Murah Meriah?]

 

Justru jika kamu banyak mengkonsumsi karbohidrat, berat badan kamulah yang akan bertambah.

Apabila kita mengonsumsi karbohidrat berlebihan, kadar insulin akan meningkat dan menyebabkan kegemukan. Selain itu, mengkonsumsi karbohidrat berlebihan bakalan memicu meningkatnya produksi asam lambung. 

Jadi, kamu harus makan karbohidrat secukupnya dibarengi dengan serat dan protein saat sahur maupun berbuka puasa.

 

#4 Minuman Bersoda

Tahukah kamu? Meminum air putih yang menyehatkan ternyata sanggup untuk meningkatkan produksi air liur di dalam mulut kita?

Lancarnya produksi air liur pun bisa membantu mulut agar tetap bersih sepanjang hari. Dengan demikian, jangan lupa minumlah air yang cukup saat berbuka dan sahur untuk meminimalisasi bau mulut saat berpuasa.

Hindarilah minum minuman bersoda atau berkarbonasi karena tingginya kandungan gula yang bisa menimbulkan obesitas, kembung, sampai jadi faktor pencetus gangguan pencernaan.

 

#5 Makanan Tinggi Gula

Hindarilah makanan dengan kandungan tinggi gula seperti contohnya permen, es krim, dan juga cokelat. Sebab makanan tersebut mengandung kalori yang tinggi tapi gizinya kecil.

Makanan seperti ini akan berkontribusi pada naiknya berat badan serta kalau dikonsumsi secara banyak setiap hari akan terjadi masalah kesehatan seperti obesitas atau diabetes.

Bukan cuma itu, makanan dan minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi bakalan meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah di jantung, lho.

Kalau kamu mau mengonsumsi makanan manis, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung manis alami seperti madu.

 

#6 Makanan Tinggi Garam

Makanan tinggi garam yang asin memang sangat menggoda sekali saat berpuasa. Tapi kamu perlu tahu mengkonsumsi makanan dengan kadar garam tidak seimbang, akan membuat kamu lebih cepat haus ketika puasa.

Karena Garam mempunyai sifat untuk mengunci lemak, hingga pada dalam darah akan ada peningkatan kadar kolesterol jahat. Ini juga bisa jadi pintu masuk untuk penyakit seperti jantung, pembuluh darah, dan dislipidemia.

 

#7 Minuman dan Makanan Berkafein

Makanan selanjutnya yang sebaiknya kamu hindari saat sahur dan berbuka puasa yakni makanan atau minuman dengan kandungan kafein.

Memulai Bisnis Kopi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jurus Hemat Memasak Menu Sahur dan Menu Buka Puasa]

 

Biasanya kafein terdapat di minuman seperti teh atau kopi. Bukan tanpa alasan kenapa makanan yang mengandung kafein gak bagus dikonsumsi saat sahur.

Hal ini karena kafein dapat mengakibatkan tubuh kita cepat kehilangan cairan dan dehidrasi. Sifat diuretik pada kafein inilah yang membuat cairan dalam tubuh kita keluar lebih cepat.

 

#8 Makanan yang Digoreng

Makanan seperti ini harus lebih kita hindari saat sedang berpuasa, kenapa? Dikarenakan makanan yang digoreng misalnya tahu goreng, pangsit, kari berminyak, tempe goreng dan sebagainya memiliki kandungan lemak tinggi.

Makanan semacam ini membutuhkan waktu lama untuk diolah oleh tubuh, sehingga besar kemungkinan lemaknya akan tersimpan pada tubuh kita untuk jaringan lemak tubuh.

Selain berbahaya untuk tubuh, cadangan lemak berlebih juga menimbulkan timbunan yang mengakibatkan tubuh kita gemuk.

 

#9 Makanan Berbau tak Sedap

Makanan berbau tak sedap seperti jengkol dan petai memang nikmat untuk dikonsumsi terutama saat sahur dan berbuka. Namun umumnya bau ini akan melekat pada mulut kamu, sehingga meninggalkan bau tak sedap di mulut.

Untuk mengatasi bau mulut berlebih, sebaiknya hindari dahulu makanan-makanan yang berbau tak sedap selama bulan puasa. kamu bisa mengkonsumsinya kembali nanti setelah Lebaran tiba.

 

#10 Makanan Pedas

Siapa sangka, makanan pedas nan nikmat ini bukan hanya berbahaya karena menimbulkan rasa haus yang berlebihan tapi juga berbahaya karena bisa membuat pencernaan kamu terganggu dan kamu lebih berisiko menderita diare.

Kalau sampai kena diare, penyerapan nutrisi yang masuk ke tubuh tidak akan maksimal. Hasilnya, tubuh akan kekurangan gizi selama puasa.

Jadi, disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang terlalu pedas saat sedang berpuasa.

 

Yuk Berpuasa dengan Sehat

Berpuasa memang menjadi kewajiban seorang umat Muslim di bulan yang suci ini. Dengan demikian, jangan biarkan penyakit menjadi salah satu penghambat kamu dalam menunaikan ibadah puasa ya.

Yuk mulai berpuasa dengan sehat dengan menghindari 10 makanan buka puasa dan sahur di atas. Dijamin puasamu akan lebih sehat dan lancar!

Oh iya, kamu juga perlu merencanakan keuangan kamu dengan tepat, kamu bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS agar keuanganmu tetap terkontrol dengan baik selama bulan puasa sampai lebaran nanti.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Apakah kamu memiliki pertanyaan tentang makanan sahur dan buka puasa yang harus kamu hindari lainnya? Tinggalkan komentar kamu di bawah.

Jika ada pertanyaan, silahkan ajukan pertanyaan kamu pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantumu, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ocha Lubis. 13 Mei 2019. Hindari 5 Makanan Ini saat Sahur, Dijamin Puasa Kamu Bakal Lancar. Idntimes.com – http://bit.ly/2QsGyM2
  • Admin. 13 Mei 2019. Hindari Makanan dan Minuman Ini Ketika Buka Puasa. Kompasiana.com – http://bit.ly/2Qp0iAk
  • Atalya Anggraini. 30 Mei 2017. 7 Makanan Saat Puasa Yang Harus Dihindari. Nibble.id – http://bit.ly/2woFsIi
  • Admin. 08 Mei 2018. Gangguan Kesehatan yang Sering Kambuh Saat Puasa. Halodoc.com – http://bit.ly/2X7ZmCV

 

Sumber Gambar:

  • Makanan Sahur dan Buka Puasa 1 – http://bit.ly/30P6Ddl