Tahukah kamu kalau berpacaran ternyata memiliki manfaat dan tujuan yang baik bagi kesehatan dan mental seseorang? Kira-kira apa saja manfaat pacaran dan tujuan pacaran itu?

Yuk, simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Manfaat Berpacaran Bagi Kesehatan dan Mental

Bagi pria dan wanita yang saling menyukai, berpacaran tentu saja hal yang wajar terjadi.

Dan ternyata, pacaran juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan mental lho. seperti kelima poin berikut ini.

 

#1 Terpacu Untuk Memiliki Gaya Hidup yang Sehat

Manfaat pertama dari berpacaran ialah kamu menjadi lebih terpacu untuk memiliki gaya hidup yang sehat.

Mungkin kamu pernah mendengar seseorang mengingatkan kekasihnya untuk makan tepat waktu, tidak begadang atau untuk sering berolahraga, dan ini merupakan hal yang sangat baik.

Selain itu, meskipun tidak diingatkan oleh pasangannya, seseorang yang telah berpacaran akan lebih memperhatikan tubuhnya, seperti kebersihan dan juga kerapiannya.

Terlebih lagi jika pasangan tersebut memutuskan untuk sama-sama membangun gaya hidup yang sehat, seperti rutin berolahraga bersama. Wahh, pastinya kamu akan tambah semangat bukan?

5 Manfaat dan Tujuan Pacaran Untuk Kesehatan dan Mental 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Gaya Pacaran yang Wajib Kamu Lakukan Supaya Awet Langgeng]

 

#2 Menjadi Orang yang Lebih Baik

Dengan berpacaran, kamu bisa terdorong untuk menjadi orang yang lebih baik dari dirimu yang saat ini.

Pacar yang baik tentu akan mendukung kamu untuk menjadi orang yang baik, termasuk dalam hal karier, study, kepribadian ataupun untuk memiliki gaya hidup sehat seperti yang dibahas sebelumnya.

Misalnya, jika kamu adalah seorang yang emosional, kekasihmu bisa selalu mendukungmu untuk menjadi orang yang sabar.

Dan biasanya, dorongan dari seorang pacar memiliki pengaruh yang lebih besar dari pada dorongan dari pihak lain.

Selain itu, kamu juga akan bisa belajar banyak dari pacarmu, khususnya hal-hal yang tidak ada dalam dirimu tetapi ada pada diri pacarmu.

Sedangkan bagi kamu yang bersekolah atau berkuliah, pacar yang baik akan mendorong kamu untuk memiliki prestasi yang baik.

 

#3 Membantu Kamu dalam Proses Pendewasaan

Poin ke-3 ini berkaitan dengan kesehatan mental seseorang. Sebab tidak sedikit orang yang telah berusia dewasa namun pemikiran dan tingkah lakunya seperti anak kecil.

Nah, dengan berpacaran hal ini bisa dirubah. Mengapa bisa demikian?

Sebab dengan berpacaran, kamu akan merasa dituntut untuk menjadi orang yang baik dan dapat menyesuaikan diri dalam berbagai situasi, dan menyeimbangkan diri dengan pasanganmu.

5 Manfaat dan Tujuan Pacaran Untuk Kesehatan dan Mental 01 - Finansialku

[Baca Juga: Quiz: Seberapa Serius Hubunganmu Dengan Pacar]

 

Kamu juga akan belajar bagaimana bisa menjadi orang yang mau menghormati orang lain, bisa bekerjasama dengan banyak orang, dan memiliki komunikasi yang baik.

Selain itu, sifat egois dan mementingkan diri sendiri juga secara perlahan-lahan akan memudar sebab kamu memiliki seseorang yang harus kamu beri perhatian.

Tentu saja, perubahan ini tidak hanya terjadi saat berhadapan dengan pacarmu saja, tetapi juga diharapkan bisa menjadi kebiasaanmu.

 

#4 Menurunkan Stres dan Belajar Mengatasi Masalah dengan Baik

Seseorang yang sedang dihadapkan dengan banyak masalah memiliki potensi besar untuk mengalami stres, baik itu orang muda maupun orang dewasa.

Dan memiliki seorang rupanya mampu menurunkan rasa stres tersebut. Sebab kamu bisa mencurahkan isi hatimu atau hal-hal yang membebani pikiranmu kepadanya.

Selain itu, kalian bisa saling bertukar pikiran dan mencari solusi untuk setiap masalah yang kamu alami. Dengan begitu kamu akan belajar bagaimana mengatasi masalah dengan baik. Saran dari seorang kekasih yang baik akan membawa dampak yang positif dalam dirimu.

 

#5 Mengenal Diri Sendiri

Memang betul kalau pacaran merupakan masa pengenalan antara seorang dengan yang lain, namun rupanya selain kamu bisa mengenal dirinya seperti apa, kamu juga akan semakin mengenali dirimu sendiri dengan baik.

Contohnya, kamu bisa mengetahui apakah kamu termasuk orang yang sabar atau tidak, apa saja yang kamu sukai dan tidak kamu sukai, dan hal lainnya yang berkaitan dengan dirimu.

5 Manfaat dan Tujuan Pacaran Untuk Kesehatan dan Mental 03 - Finansialku

[Baca Juga: Hidup Bahagia? Kamu WAJIB Baca 7 Tips Keuangan Saat Pacaran]

 

Bagaimana Kamu Bisa Mendapat Manfaat Tersebut?

Kelima manfaat di atas akan bisa kamu rasakan, apabila kamu dan pasanganmu memiliki hubungan yang sehat.

Namun jika tidak, maka bukannya memperoleh manfaat dari berpacaran tetapi malah mendapat banyak masalah.

Untuk itu, bangunlah hubungan yang sehat dan berusahalah untuk terus menjadi orang yang baik bagi kekasihmu.

 

Nah, Sahabat Finansialku itulah beberapa manfaat dan tujuan pacaran yang baik untuk kesehatan dan mental. Selalu berpikir positif agar kamu dan pasanganmu bisa merasakannya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada pasangan-pasangan lain agar bisa merasakan manfaatnya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Andisa Shabrina. 29 September 2017. Kata Siapa Pacaran Cuma Buang-buang Waktu? Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan Anda. Hellosehat.com – https://bit.ly/2UJRXeQ
  • Admin. 7 Manfaat Pacaran untuk Kesehatan Fisik dan Mental. Doktersehat.com – https://bit.ly/31LGay1
  • Allert Benedicto Leuan Noya. 17 Juli 2018. Ini Dia Berbagai Manfaat Pacaran untuk Kesehatan. Alodokter.com – https://bit.ly/37fXuwl

 

Sumber Gambar:

  • Manfaat Pacaran 1 – http://bit.ly/325WZnB
  • Manfaat Pacaran 2 – https://bit.ly/2UJRXeQ
  • Manfaat Pacaran 3 – http://bit.ly/2vM55pn