Seperti apa gaya pacaran kamu? Ternyata, gaya pacaran bisa menentukan apakah hubunganmu bakalan awet langgeng atau tidak, lho.

Daripada deg-degan, lebih baik cari tahu yuk 10 gaya pacaran yang wajib kamu lakukan supaya langgeng lewat artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

10 Gaya Pacaran Supaya Awet Langgeng

Kamu pasti ingin pacar kamu yang sekarang adalah jodohmu, kan? Jangan terlalu berharap dulu. Coba perhatikan gaya pacaran kamu dan si doi selama ini. Supaya hubungan kalian awet langgeng, yuk intip beberapa gaya pacaran yang bisa membuat hubungan kalian long lasting.

 

#1 Saling Mengenal Satu Sama Lain Lebih Dekat

Ketika kamu dan pasangan sedang bersama, coba untuk menyimpan ponsel dulu. Kebanyakan orang masa kini memang tak lepas dari ponsel. Bahkan sedang berhadapan dengan orang lain pun rasanya jari ini gatal untuk mengecek ponsel.

Fenemona tersebut disebut phubbing. Istilah ini merupakan kependekan dari kependekan dari Phone Snubbing. Jika kamu melakukannya sekali dua kali saja mungkin masih bisa ditoleransi untuk pasanganmu.

Namun, jika selalu dilakukan setiap kali bersama justru berisiko merusak kualitas hubungan.

10 Gaya Pacaran yang Wajib Kamu Lakukan Supaya Awet Langgeng 02

[Baca Juga: Hidup Bahagia? Kamu WAJIB Baca 7 Tips Keuangan Saat Pacaran]

 

Cobalah untuk saling bertatapan muka. Kamu bisa membicarakan berbagai hal untuk mengenal pasanganmu lebih jauh. Jangan lupa pandanglah mata si dia karena eyes are the window to the soul.

 

#2 Hindari Memaksakan Sesuatu pada Pasangan

Cinta seharusnya membebaskan. Jika terlalu memaksakan kehendak, bisa-bisa si dia merasa terkekang dan akhirnya jengah dengan kelakuanmu.

Itu menandakan bahwa kamu egois, lho. Maka, hindari memaksakan sesuatu pada pasangan. Cobalah untuk mendengarkan keinginan pasanganmu.

 

#3 Memiliki Komitmen

Hubunganmu tak akan langgeng jika tak ada komitmen. Maka, kamu harus mempersiapkan diri untuk berkomitmen dengan pasanganmu. Dengan adanya komitmen, arah kamu dan si dia dalam menjalin hubungan menjadi jelas.

 

#4 Menjaga Komunikasi

Berusahalah untuk selalu menjaga komunikasi dengan pasanganmu. Contoh sederhananya, sesibuk apapun kamu, sempatkanlah untuk menghubunginya.

Jika minim komunikasi, kesalahpahaman seringkali terjadi. Hal ini merupakan salah satu bibit pertengkaran. Dari pertengkaran itu, bisa berujung pada perpisahan. Hubungan yang awet dan langgeng pun bisa berakhir.

 

#5 Miliki Waktu Bersama

Milikilah waktu bersama dengan pasangan. Walaupun sama-sama sibuk, sempatkanlah bertemu. Hal ini akan membangun kedekatan dan keintiman yang dapat membuat hubungan bertahan lama.

10 Gaya Pacaran yang Wajib Kamu Lakukan Supaya Awet Langgeng 03

[Baca Juga: Pilih Pacar yang Hebat Mengatur Keuangan Dong! Ini Ciri-cirinya!]

 

Jika kamu dan pasangan jarang bertemu dan jarang memiliki waktu bersama, kalian akan kehilangan kedekatan. Pasalnya, kamu tidak bertemu dan bersentuhan secara langsung.

 

#6 Stop Mengumbar Hubungan di Media Sosial

Berhentilah untuk selalu mengumbar kemesraan atau konflik di media sosial. Mengumbar kemesraan di media sosial bisa menjadi tanda bahwa kamu insecure.

Jujur deh, kamu ingin teman-temanmu tahu bahwa kamu bukan lagi tuna asmara. Atau, kamu ingin membalas dendam pada mantan pacarmu.

Hal tersebut justru akan membuatmu tidak tenang menjalani hubungan yang sekarang lho.

Mengumbar konflik di media sosial juga bisa menjadi racun buat kamu. Ada masalah, ya bicarakan dengan yang bersangkutan alias pacar kamu. Bukan malah curhat di medsos. Tidak malu?

 

#7 Menyelesaikan Masalah Bersama-sama

Konflik dan masalah menjadi hal yang tak terhindarkan dalam hubungan asmara. Diskusikan dengan pasangan jika sedang ada masalah. Jangan saling menyalahkan.

Bagaimanapun juga, kamu dan pasangan adalah satu tim. Lawanlah masalah itu bersama-sama. Ini justru akan memperkuat hubungan kalian.

 

#8 Selalu Jujur

Jujurlah pada pasangan. Sekali berbohong, kamu akan menambah kebohongan-kebohongan lain untuk menutupinya. Hal ini berlaku untuk segala hal. Contohnya, masalah finansial.

10 Gaya Pacaran yang Wajib Kamu Lakukan Supaya Awet Langgeng 04

[Baca Juga: Pahami 7 Prinsip Inti dalam Pernikahan agar Pasangan Sejahtera]

 

Kamu dan pasangan perlu terbuka dan jujur soal masalah finansial. Hal ini supaya menghindari kesalahpahaman. Kalian pun akan sama-sama mengerti keadaan masing-masing.

Jika kamu berbohong, pasangan akan merasa curiga. Parahnya, ia akan merasa dikhianati jika tahu kamu berbohong. Pertengkaran pun akan muncul. Bisa jadi, hubungan akan berakhir.

 

#9 Saling Percaya

Selalu percaya bahwa pasangan akan selalu setia. Percaya bahwa ia tak akan melakukan hal-hal yang menyakiti hatimu. Jika tak ada kepercayaan, prasangka seringkali timbul. Hasilnya, pertengkaran pasti terjadi.

Jika kamu dan pasangan saling percaya, hubungan kalian akan berjalan dengan sehat dan awet.

 

#10 Saling Mendukung Mimpi Masing-masing

Kamu dan pasangan merupakan dua individu yang berbeda. Itu artinya, berbeda pula mimpi dan keinginan masing-masing.

10 Gaya Pacaran yang Wajib Kamu Lakukan Supaya Awet Langgeng 05

[Baca Juga: 7 Cara Menghemat Uang Saat Pacaran Bagi Pasangan Muda]

 

Mendukung mimpi pasangan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kadang, ada konflik yang menyertainya. Namun, tetap hormati impiannya, dan berikan dukungan saat ia sedang berjuang.

 

Jangan Paksakan Diri dalam Pacaran

Kamu tentunya ingin berjodoh dengan pasanganmu yang sekarang. Namun, jika hubunganmu ternyata jauh dari sehat, segeralah akhiri. Jangan memaksakan diri. Kamu berhak untuk bahagia dalam hubungan yang sehat dengan orang yang tepat.

 

Itu dia gaya pacaran yang wajib kamu lakukan supaya langgeng. Apa gaya pacaranmu? Yuk, share di kolom komentar.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Tanda-Tanda Hubungan Asmara Sehat dan Langgeng. Kelascinta.com – https://bit.ly/2OtIxjB
  • Admin. 7 Tips Dapatkan Hubungan Asmara yang Langgeng. Kelascinta.com – https://bit.ly/2GRtxYH
  • Riza Dian Kurnia. 27 Desember 2019. 10 Gaya Pacaran Sehat Biar Hubungan Kalian Bisa Sampai Pernikahan. Idntimes.com – https://bit.ly/2SkiSuI

 

Sumber Gambar:

  • Pacaran 01 – https://bit.ly/31oxo8V
  • Pacaran 02 – https://bit.ly/2GPuzUY
  • Pacaran 03 – https://bit.ly/2GT83dO
  • Pacaran 04 – https://bit.ly/2SAx0QH
  • Pacaran 05 – https://bit.ly/3bvouuO