Ingin punya pacar yang hebat mengatur keuangan? Seperti apa ciri-cirinya?

Dana pernikahan sering kali terkendala dengan rutinitas kencan atau karena pacar yang boros. Artinya, penting banget untuk mencari pacar yang hebat mengatur keuangan.

Yuk cari tahu ciri-ciri pacar yang hebat mengatur keuangan melalui artikel Finansialku berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pacaran Tidak Harus Mahal

Tahukah kamu, pacaran bisa menyebabkan kantong bolong jika tidak direncanakan dengan baik? Terlebih jika kamu beranggapan bahwa berkencan itu haruslah mewah dan penuh kejutan.

Padahal sebenarnya hal yang penting bukanlah mewahnya pacaran itu, namun kesannya. Dengan kesan yang baik, maka memori itu akan lebih bermakna.

Terlebih lagi, jika kamu sudah merencanakan pernikahan, sangatlah penting menabung banyak uang demi dana pernikahan.

Daripada uang dihambur-hamburkan saat kencan, lebih baik ditabung untuk masa depan yang lebih baik bukan?

Sayangnya, mendapatkan pacar yang bisa mengatur uang ternyata tidak mudah.

Saat kamu sedang berpacaran, biasanya sifat tersebut tidak akan terlihat. Umumnya pasangan akan sangat royal padamu untuk memberikan kesan yang baik.

Tetapi, jangan khawatir. Terkadang sifatnya yang pintar mengatur uang akan keluar dengan sendirinya saat dia sedang bersamamu lho.

Namun, tidak hanya si dia yang harus pintar mengatur uang, kamu pun harus ikut pintar karena nantinya akan menyangkut keuangan bersama.

Kamu bisa memulainya dengan melakukan perencanaan keuangan yang baik dan benar.

Miliki panduannya dengan men-download ebook dari Finansialku berikut ini:

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30-an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Lakukan sekarang juga dan rasakan manfaatnya!

Melalui artikel berikut ini, Finansialku akan menjabarkan beberapa ciri pacar yang hebat mengatur keuangan.

Yuk simak ulasannya:

 

#1 Bijak dalam Membeli Barang

Pernahkah kamu berbelanja bersama pacar? Misalnya membeli baju, atau bahkan pergi ke pasar bersama.

Nah, salah satu ciri seorang pacar yang hebat mengatur keuangan adalah dengan bijak membeli barang.

Pertama, dia tidak akan membeli barang yang tidak dibutuhkannya. Dia akan selalu mengecek kebutuhannya dan hanya membeli sesuai dengan list belanja.

Kedua, biasanya dirinya pun akan memilih barang yang memang bernilai ekonomis tinggi. Artinya dia akan mencari produk dengan harga terendah dengan kualitas yang tetap pantas.

Hal ini menunjukkan bahwa pacarmu memang tidak bersifat konsumtif, dirinya membeli atas dasar kebutuhan, bukan keinginan.

Pacar yang Hebat Mengatur Keuangan 02 Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Bijak Warren Buffett: Membeli Barang-barang Berkualitas]

 

#2 Pintar Menawar dan Membandingkan Harga

Bila pacarmu suka menawar saat berbelanja, jangan langsung ditertawakan atau dihina. Justru itu pertanda dia sangat berhati-hati dalam mengeluarkan uang.

Orang yang suka menawar bukan berarti dirinya tidak mampu, mereka hanya tidak rela mengeluarkan uang jauh lebih banyak dari nilai barangnya. Artinya mereka terbiasa mencari barang terbaik dengan harga terbaik.

Mereka juga teliti saat membeli sesuatu jadi tidak akan asal pilih barang mahal begitu aja.

Tetapi pastikan dia tidak terlalu ngotot saat menawar karena terkadang orang bukan pintar mengatur keuangan, tetapi pelit berlebihan.

Mereka juga biasanya suka membandingkan harga. Jangan salah, membandingkan harga dapat berpengaruh terhadap pengeluaranmu secara signifikan lho, walaupun hanya pada hal kecil sekalipun.

Sebagai contoh, bandingkanlah harga bahan makanan sehari-hari, seperti beras atau susu. Perbedaan kecil dapat berpengaruh karena mereka rutin membelinya.

Selain itu, lakukan juga perbandingan harga pada hal-hal besar, seperti contohnya jika kamu membeli motor, bandingkan harga dari beberapa dealer dan pertimbangkan juga alternatif pembayarannya.

 

#3 Sudah Berinvestasi atau Menabung

Tahukah kamu? Meskipun sering mentraktirmu atau membelikan hadiah, pacar yang hebat mengatur keuangan biasanya tetap punya investasi atau tabungan dan/atau deposito. Ini pertanda baik untukmu.

Artinya pacarmu berbeda karena bagi mayoritas anak muda, hidup hanyalah untuk hari ini. Bagaimana dengan besok? Gimana besok aja deh!

Nah, kalau yang satu ini pantas banget dicontoh. “Lalu, dari mana saya harus memulai dan jenis investasi apa yang cocok?”

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Jangan takut untuk memulai, karena kini sudah banyak tools yang dapat membantu kamu mengatur keuanganmu.

Salah satunya adalah aplikasi Finansialku yang bisa langsung di-download melalui Google Play Store atau registrasi terlebih dahulu melalui PC kamu.

Intinya, tidak berinvestasi apa pun adalah zonk. Masih muda saja tidak mau tahu apalagi setelah tua nanti?

Jadi jika pacarmu sudah berinvestasi atau menabung, tidak ada salahnya kamu mengikuti langkahnya dan mempersiapkan masa depan cerah bersama. Semangat!

 

#4 Bijak Dalam Bergaul

Salah satu hal penting lainnya yang bisa menunjukkan bagaimana hebatnya pacarmu dalam mengatur keuangan adalah dari gaya bergaulnya.

Bukan, di sini bukan membahas gayanya dalam bergaul. Tapi bagaimana cara dirinya bergaul secara finansial.

Beberapa orang berusaha mempertahankan status sosialmu dengan menyamakan diri dengan gaya hidup orang lain, atau sering dikenal dengan sebutan “Keeping up with the Joneses”.

Ini semakin menjadi tekanan pada masa serba modern ini, di mana media sosial membuat orang semakin tertekan. Tentu kamu ingin tampil sebaik, sesukses, dan sekaya orang lain di media sosialmu.

Tekanan ini menyebabkan kamu atau pacarmu mengeluarkan lebih banyak uang dari seharusnya, dan mengorbankan keamanan finansial hanya untuk tampak sempurna di mata orang lain.

Pacar yang Hebat Mengatur Keuangan 03 Finansialku

[Baca Juga: Ada Cara Sukses untuk Anda yang Seorang Penyendiri dan Kurang Gaul]

 

Tapi pacar yang hebat mengatur keuangan tahu pentingnya untuk mengetahui bahwa kebiasaan menyamakan diri dengan orang lain adalah kebiasaan buruk. Dirinya pun tahu apa nilai yang penting baginya dan bagaimana mencapai nilai tersebut.

Artinya, tidak akan berusaha memahami nilai orang lain, dan juga tidak mengeluarkan uang untuk memperoleh hal yang sama.

Kedua, pacar yang hebat mengatur keuangan juga akan menghindari pergaulan yang hanya menghabiskan uang tanpa menambah nilai.

Biasanya dia akan lebih sering nongkrong di rumah dan hanya sesekali bertemu dengan temannya dan makan di luar, bisa jadi dia cukup hati-hati menggunakan uangnya.

 

#5 Tidak Suka Membuang-buang atau Boros

Memiliki jasa internet di rumah memang bermanfaat, terutama jika kamu memperoleh promo saat pertama kali mendaftar.

Namun jika kamu sibuk bekerja di kantor setiap hari dan setelah pulang di malam hari kamu langsung memainkan handphone hingga tertidur, maka jasa internet tersebut menjadi sebuah pemborosan.

Kamu mungkin hanya menggunakannya di hari Minggu, sedangkan paket yang dibayarkan adalah untuk sebulan penuh.

Nah, pacar yang hebat mengatur keuangan tidak akan pernah melakukan hal semacam itu. Dirinya paling benci membuang-buang atau memboroskan sesuatu.

Contoh paling sederhananya adalah dia tidak akan membuang-buang makanan saat berkencan. Apabila tidak akan habis, dirinya akan mengajakmu berbagi porsi makanan atau membungkusnya dan membawanya pulang.

Dosa Dalam Keuangan 02 Finansialku

[Baca Juga: Perhatikan 9 Kebiasaan Boros yang Tidak Anda Sadari Ini! ]

 

#6 Mengajak Kencan Hemat

Terakhir, pacarmu pastinya tidak mau memboroskan banyak uang saat berkencan. Artinya, tidak melulu ke restoran mewah, belanja, atau nonton bioskop.

Bukan berarti tidak berkencan, namun bisa dilakukan dengan cara yang hemat, misalnya berupa makan di rumah, bermain monopoli dengan anggota keluarga, atau nongkrong di rumah teman.

Bila pacarmu mengajak kencan hemat, itu tandanya dia sudah memikirkan masa depan kalian berdua dan menolak uang terus-terusan.

Dirinya juga menunjukkan bahwa dia bisa hidup sederhana dan akan menemani kamu menempuh jalan menuju kesuksesan.

 

BONUS: IDE KENCAN HEMAT

Nah, seperti ciri terakhir tadi, pacar yang hebat mengatur keuangan akan mengajak kamu kencan hemat. Seperti apa sih ide kencan hemat itu? Simak pembahasannya berikut ini:

 

#1 Manfaatkan Happy Hour

Biasanya restoran atau café memberikan promo harga lebih murah pada saat happy hour. Potongan harganya cukup besar dengan tujuan meramaikan restoran meski bukan jam makan.

Kamu juga bisa memanfaatkan harga murah pada malam hari, misalnya saja toko roti yang biasanya akan memberikan potongan harga besar-besaran di malam hari untuk produk yang mudah kadaluarsa.

Makanan itu dijual murah bukan karena sudah kadaluarsa, namun masih aman jika segera dikonsumsi. Jadi, tidak ada salahnya dicoba kan?

 

#2 Rencanakan Piknik di Taman

Apakah kamu selalu makan di restoran atau café mewah saat kencan? Mengapa tidak mencoba hal baru, misalnya piknik di taman atau di pantai?

Kamu bisa mengajak pasangan membuat bekal sederhana bersama, misalnya saja sandwich dan french fries. Jangan lupa membawa taplak dan tikar.

Voila, kamu bisa berkencan hemat sambil menikmati makanan buatan sendiri di tengah pemandangan indah dan angin sepoi-sepoi.

Wisata di Lombok 04 Taman Narmada - Finansialku

[Baca Juga: Begini Caranya, Punya Taman di Rumah dan Tetap On Budget]

 

#3 Berjalan-jalan di Pantai

Bagi kamu yang tinggal di kota dengan pantai, mengajak pacar berjalan-jalan di pantai sambil menikmati sunset juga bisa jadi kencan yang romantis lho.

Dengan romantisme ini, dijamin pacar tidak lagi memperhitungkan soal mahal murahnya biaya kencan.

 

#4 Pergi Menonton Pada Hari Kerja

Umumnya bioskop memberikan banyak promo dan potongan harga pada hari tertentu. Misalnya saja pada hari Senin, di mana biasanya orang lain sibuk bekerja.

Kamu dan pasangan bisa memanfaatkan hal ini dan memilih untuk menonton pada hari kerja.

Tidak ada ruginya lho, film dan fasilitas yang diperoleh sama saja, namun kamu memperoleh untung dengan harga yang jauh lebih pas di kantong.

Menakjubkan bukan?

Cara Mudah Pesan Tiket Nonton Bioskop Lewat 7 Aplikasi Ini 02

[Baca Juga: (Nonton XXI) 6 Cara Hemat Nonton Film di Bioskop, Murah Meriah!]

 

#5 Game Night

Bosan pergi menonton atau makan di luar? Cobain deh kencan dengan mengadakan game night di rumah. Kamu bisa memainkan permainan papan atau video games bersama pasangan.

Untuk menambah keseruannya, ajak teman-temanmu dan buatlah taruhan lucu-lucuan. Misalnya, yang kalah main kartu akan dihukum makan keripik super pedas.

Seru bukan?

 

#6 Hiking Bersama

Selain berkencan dengan makan enak, kamu juga perlu mengingat kesehatan. Coba deh berkencan hemat dengan cara hiking bersama.

Kamu akan merasakan serunya berolah raga bersama dengan harga yang terjangkau. Terlebih kamu secara tidak langsung sudah diet untuk hari pernikahan.

Ide bagus ya!

Selain Dieng, Ada 5+ Wisata Wonosobo yang Wajib Dikunjungi Hikers 04 - Finansialku

Gunung Sumbing

[Baca Juga: Hobi Mendaki Gunung? Mahal Atau Murah Ya?]

 

#7 Berjalan-jalan dengan Binatang Peliharaan

Kencan tidak melulu harus dilakukan berdua saja lho! Kamu bisa saja berkencan sambil mengajak binatang peliharaan berjalan-jalan.

Sekali dayung dua pulau terlampaui alias kamu bisa berkencan sekaligus mengajak binatang peliharaan kamu bermain bersama.

Terlebih jika pasangan kamu menyukai binatang, pastinya kencan akan semakin menyenangkan.

 

#8 Berjalan-jalan di Tengah Kota

Kamu suka fotografi dan senang travelling? Ajak pasangan kamu berjalan-jalan di kota tetangga sambil menikmati pemandangan kota.

Kamu tidak perlu menginap agar tidak memakan banyak biaya, namun dijamin pengalaman ini akan sangat berkesan bagi kamu dan pasangan.

Ditambah, nikmati juga berbagai kuliner nikmat di tengah kota tersebut.

36 Fakta Unik dan Manfaat Travelling! Dijamin Anda Akan Langsung Merencanakan Liburan 02 Moscow Rusia - Finansialku

[Baca Juga: 5 Pilihan Kota Romantis yang Cocok Buat Honeymoon Bersama Pasangan]

 

#9 Manfaatkan Event Gratis

Biasanya banyak event atau festival gratis yang dilakukan pemerintah. Nah, cobain deh mengikuti berbagai event gratis ini dengan pasangan. Selain seru, semuanya GRATIS.

 

#10 Berjalan-jalan Ke Tempat Baru

Kencan dihabiskan dengan aktivitas yang gitu-gitu saja? Bosan dong!

Cobain deh ajak pasangan untuk melakukan hal baru, misalnya kamu bisa mengajaknya memancing atau berkuda di daerah atas kota, misalnya Lembang.

Selain aktivitas seru, banyak juga kuliner murah menarik yang bisa dicoba.

4 Tips Untuk Vegetarian Agar Bertahan Saat Travelling Jauh 06 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Tempat Wisata di Lembang yang Asyik untuk Kuliner dan Resort?]

 

#11 Mengajak Teman-teman Untuk Botram

Kencan tidak harus selalu dilakukan berdua saja, namun sesekali akan sangat menyenangkan untuk juga berkumpul bersama teman-teman.

Agar praktis, ajak teman-teman botram di rumah, di mana setiap orang membawa satu jenis makanan.

Ditambah kamu bisa bermain games bersama sambil mengenalkan pasangan kepada teman-teman mainmu. Dijamin seru deh!

 

#12 Berjalan-jalan di Mall

Sesekali, tidak ada salahnya kencan sambil window shopping di mall. Selain tidak membosankan, tentunya murah karena tidak mengeluarkan uang sepeser pun.

Tapi jangan sampai pasangan malah belanja banyak ya!

Wisata-di-Bali-19a-Lippo-Mall-Bali---Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Cara Pandai Berbelanja di Mall]

 

#13 Ngopi Murah di Kedai

Kencan juga bisa dilakukan di berbagai kedai kopi yang sedang tren belakangan ini.

Kamu dan pasangan bisa menikmati berbagai sajian kopi lokal dengan harga yang jauh lebih murah daripada café-café.

Terlebih biasanya suasana kedai kopi ini sangat kental akan kekeluargaan dan jika beruntung kamu bahkan bisa mencoba latte art atau teknik membuat kopi dari pemilik atau baristanya.

Menarik bukan?

 

Pacaran Tanpa Rasa Bersalah

Menikah bukanlah akhir, namun awal kehidupan berkeluarga bagi kamu dan pasangan. Oleh karena itu, penting untuk mencari pacar yang hebat mengatur keuangan agar masa depan kamu berdua pun lebih cerah.

Nah, mulailah persiapkan masa depan bersama dengan belajar mengatur keuangan bersama-sama. Jika perlu, kamu bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan.

Kamu bisa menggunakan jasa perencana keuangan seperti Finansialku.

Dengan perencana keuangan bersertifikat CFP, Finansialku akan memberikan solusi terbaik dalam merencanakan dan mengatur keuanganmu dan pasangan.

Kamu dan pasangan bisa menghubungi Finansialku sekarang juga!

Apabila ada ciri pacar yang hebat dalam mengatur keuangan lainnya yang kamu ketahui, bagikan cerita kamu di kolom komentar di bawah. Terima kasih!

 

Apakah kamu mengetahui ciri pacar yang hebat mengatur keuangan lainnya? Tinggalkan komentarmu di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaanmu pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 September 2015. 5 Tanda Pacar Jago Mengatur Keuangan. Beritasatu.com – https://goo.gl/rx3TZZ
  • Rachel. 19 Maret 2016. 20 Cheap Date Ideas. Thelattebudget.com – https://goo.gl/ZZNSY9

 

Sumber Gambar:

  • Pacar yang Hebat Mengatur Keuangan 1 – https://goo.gl/obseRX
  • Pacar yang Hebat Mengatur Keuangan 2 – https://goo.gl/NtQomz
  • Pacar yang Hebat Mengatur Keuangan 3 – https://goo.gl/QrWPUw