5 Tips Cara Pandai Berbelanja di Mall

Berbelanja di mall memang sangat menyenangkan, karena tempatnya yang bersih, produk disusun rapi, banyak pilihan produk dan sering terdapat progam diskon. Satu hal yang perlu diingat jangan sampai bersenang-senang di saat belanja dan bersakit-sakit saat melihat rekening. Berikut ini ada 5 tips berbelanja di Mall yang membuat kita bisa senang berbelanja, senang melihat rekening.

shopping-hd-widescreen-high-definition-6379561

 

Jangan lupa bawa daftar belanjaan saat berbelanja di mall

Sebelum berbelanja sebaiknya kita buat dulu barang-barang apa yang kita butuhkan (our needs). Daftar belanjaan bisa ditulis dalam kertas atau di handphone. Sekarang kan sudah ada notes dalam handphone. Walaupun ini tips lama tetapi sangat ampuh, setidaknya tujuan utama kita ke mall bisa terpenuhi, tidak ada hal-hal yang terlupakan.

 

Bawa uang kas atau kartu e-money diisi uang dalam jumlah pas

Cara paling ampuh adalah bawa uang secukupnya dalam bentuk kas, jika belanjaan Anda kurang lebih di bawah 1juta Rupiah. Jika lebih dari 1 juta Rupiah kita gunakan kartu e-money (contohnya: flazz card). Isi kartu kurang lebih sesuai dengan belanjaan kita dan ditambah 10-20% apabila ada barang-barang yang kita inginkan (our wants). Langkah ini memang agak ribet tetapi sangat ampuh untuk meghindarkan kita dari gesek-menggesek kartu kredit atau debit.besarnya-kerugian-jika-anda-para-karyawan-tidak-mulai-berinvestasi-2-finansialku

[Baca juga : 11 Tips Aman Belanja Online dengan Kartu Kredit yang Perlu Dipraktekkan]

 

Dahulu ada yang bilang, berbelanja dengan kartu kredit sangat enak, mengapa karena kartu kredit akan ada limitnya jadi kita tidak mungkin belanja melebihi limit. Pernyataan itu betul tetapi kurang bijak, mengapa? Biasanya bank memberikan limit kartu kredit sesuai dengan kemampuan pemilik kartu. Menurut Anda apakah bijak kita habiskan limit kartu kredit untuk berbelanja?

 

Baca dengan teliti sebelum membeli

Sebelum membeli barang ada baiknya baca dengan teliti spesifikasi dan harga. Biasanya hal ini yang agak menjengkelkan, karena ada beberapa tag harga yang dibuat cukup memusingkan, contohnya sosis. Pernakah Anda membeli  sosis di supermarket? Ada berapa banyak harga disana? Untuk merk sejenis bisa jadi ada harga untuk yang 250 gram ada juga yang 500 gram. Sebelum beli cermati dulu spesifikasi produk dan harganya.

 

Konsumen pandai tidak mudah terjebak promo

Pernakah Anda mengenali promo-promo yang dilakukan oleh mall atau toko-toko? Oke berikut ini Finansialku mencoba untuk mengumpulkan beberapa promo yang dilakukan oleh toko-toko.

 “Beli sekarang, harga diskon 30%”  tulisan ini bertujuan agar kita sebagai konsumen ditarik untuk membeli sekarang juga produk tersebut. Ini disebut juga strategi pemasaran Buy Now.

“Pembelian kedua diskon 50%” atau “mau beli pulsanya sekalian Pak?”  tulisan ini bertujuan agar kita sebagai konsumen tertarik untuk membeli barang selanjutnya atau kita sebagai konsumen diminta untuk membeli lebih banyak. Strategi ini sering disebut Buy More.

“Happy hour harga special paket xxx jam 13.00 – 15.00” atau “Setiap hari Selasa, beli 1 gratis 1”  tulisan ini bertujuan agar kita sebagai konsumen tertarik untuk membeli barang lebih banyak pada waktu-waktu atau kondisi tertentu. Pernakah Anda pergi ke tempat makan atau karoke pada jam-jam tertentu untuk mendapatkan harga spesial atau gratisan? Stragi ini memaksa kita sebagai konsumen untuk membeli lebih sering lagi. Strategi ini disebut dengan Buy Often.

Kelas Menengah Indonesia adalah Investor Keuangan Baru - Disposable Income Pengeluaran Buruk Berbelanja - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga :Ibu Rumah Tangga Bisa Belanja Hemat Pakai Kartu Kredit yang Tepat]

 

Nah setelah Anda tau beberapa strategi promo, berbijak-bijaklah kita pilih mana yang harus dibeli. Promo seperti itu bagus, apalagi barangnya sedang kita butuhkan.

 

Kenali harga dan Miliki Kartu Member

Ada baiknya beberapa barang bulanan yang kita butuhkan kita tahu harganya. Misal bagi yang punya bayi kenali harga susu, pampers. Mengapa? 1.apabila ada diskon bisa dimanfaatkan. 2. Untuk membuat anggaran bulanan. 3. Bisa digunakan untuk membandingkan tempat belanja. Jika ada waktu tidak ada salahnya kita berbelanja di tempat yang harganya paling bersahabat. Kartu member kadang-kadang berguna karena untuk produk-produk tertentu akan mendapat potongan harga.

 

Sekian tips berbelanja semoga bermanfaat. Saat berbelanja di mall jangan lupa bawa daftar belanjaan, bawa uang kas atau e-money card (jangan pake kartu kredit atau debit), baca teliti, jangan membabi buta promo dan terakhir adalah kenali harga serta miliki kartu member.   O ya juga jangan sampe kegilaan belanja ya atau shopaholic.

By | 2016-12-14T16:22:57+00:00 July 7th, 2013|Categories: Harga|0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment