Mahasiswa? Apakah kamu mau memiliki masa depan yang gemilang?

Yuk mulai berinvestasi dari sekarang.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Masa Depan Gemilang Mahasiswa

Sekarang ini banyak anak muda yang berorientasi pada masa kini dan kurang memikirkan masa depan. Dalam kata lain mereka hidup dengan motto YOLO (You Only Live Once) atau hidup hanya satu kali.

Dengan begitu, maka mereka cenderung untuk bersenang-senang, hura-hura, serta menghambur-hamburkan uang.

Akhirnya, sebagian besar dari mereka mengalami kesusahan di masa depan karena tidak pernah mempersiapkannya. Oleh karena itu, mempersiapkan masa depan itu penting dan perlu dimulai sedini mungkin.

Mahasiswa Wajib Investasi Demi Masa Depan Gemilang 02 Mahasiswa Investasi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk! Kenalan dengan Investasi]

 

Di zaman yang sudah semakin modern ini, maka banyak hal yang dapat dilakukan dengan mudah. Salah satunya adalah berinvestasi.

Sekarang mendaftar investasi bahkan bisa dilakukan secara online. Apalagi modal yang diperlukan untuk berinvestasi sangat terjangkau yaitu hanya dengan Rp100 ribu saja.

Ada berbagai jenis instrumen investasi yang dapat dipilih. Ada investasi saham, reksa dana, emas, deposito, P2P (Peer to Peer) Lending, dan sebagainya.

Kamu bisa memilih jenis investasi yang cocok untuk kamu. Oh ya, jangan lupa untuk pelajari terlebih dahulu investasinya sebelum kamu memulai ya.

 

Alasan Mahasiswa Wajib Investasi

Untuk lebih detail nya, rubrik Finansialku akan menyampaikan alasan-alasan yang membuat mahasiswa wajib berinvestasi. Berikut alasan mahasiswa wajib investasi:

 

#1 Mengatasi Inflasi

Secara sederhana inflasi adalah kenaikan harga. Tidak dapat dipungkiri bahwa inflasi akan terjadi di negara kita, Indonesia.

Jika kita tidak berinvestasi, maka sebenarnya uang kita bukannya meningkat jumlahnya tapi malah menurun. Oleh karena itu, kamu harus berinvestasi agar uang kamu tidak tergerus oleh inflasi.

 

#2 Menciptakan Sumber Keuangan Baru

Alasan kedua mengapa kamu wajib berinvestasi adalah untuk menciptakan sumber keuangan baru. Hal ini dikarenakan dengan berinvestasi maka ada peluang untuk menambah nilai uang kamu.

Berinvestasi tentu saja berbeda dengan menabung. Jika menabung maka uang kamu tidak menambah nilai apalagi jika terjadi inflasi, sedangkan dengan berinvestasi maka nilai uang kamu akan bertambah.

Kesehatan Keuangan Mahasiswa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mudah Investasi Untuk Mahasiswa: Belajar Berinvestasi Dari Sekarang!]

 

Ketika dana investasi kamu menghasilkan bunga yang merupakan keuntungan kamu, maka kamu bisa mendapatkan sumber keuangan baru sebagai sumber pendapatanmu.

 

#3 Mewujudkan Tujuan Keuangan

Apakah kamu sudah memiliki tujuan keuangan? kalau belum, kamu perlu membuat tujuan keuangan ya guys.

Oh ya, perlu diingat bahwa tujuan keuangan yang kamu buat harus SMART ya (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Timely). Dengan begitu, maka kamu bisa lebih mudah untuk mencapainya.

Untuk mempermudah kamu membuat tujuan keuangan, kamu bisa membuatnya melalui Aplikasi Finansialku. Kamu bisa download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store secara gratis lho.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Nah, jika sekarang kamu sudah memiliki perencanaan keuangan. Kamu bisa memilih investasi untuk dijadikan kendaraan kamu mencapai tujuan keuangan kamu.

Kamu dapat menyesuaikan investasi yang akan kamu pilih berdasarkan jangka waktu dari tujuan keuangan kamu. Dengan begitu, maka investasi dapat membantu kamu mewujudkan tujuan keuangan kamu deh.

 

#4 Membiarkan Uang Bekerja untuk Kamu

Sebagai mahasiswa yang masih tergolong muda, mungkin kamu lebih terfokus pada mengerjakan banyak hal serta memiliki kegiatan di berbagai bidang.

Nah, salah satu keuntungan dari investasi kamu bisa melakukan kegiatan kamu sambil mulai berinvestasi.

Kamu perlu berinvestasi agar uang bekerja untuk kamu. Kalau kamu hanya menabung, maka sebenarnya kamu hanya menahan uang kamu dan uang tersebut tidak bekerja untuk kamu.

Sedangkan investasi, dana yang kamu investasikan akan menghasilkan uang tambahan dari bunga yang dihasilkan. Sangat menguntungkan kan?

 

#5 Memperkecil Risiko Terjerat Utang

Alasan lainnya mengapa kamu perlu berinvestasi adalah untuk menghindari risiko terjerat utang. Kamu bisa mulai dari menyisihkan uang bulanan kamu untuk di investasikan.

Dengan begitu, kamu juga bisa lebih terdorong untuk hidup lebih hemat karena harus memisahkan pendapatan setiap bulannya.

 

#6 Mempersiapkan Dana Pensiun

Di kalangan anak muda seperti mahasiswa mungkin hampir semua belum memikirkan tentang dana pensiun. Mereka berpikir bahwa pensiun masih sangat lama.

Namun, dana pensiun pun harus dipersiapkan sedini mungkin juga lho. Tentunya kalian tidak mau bekerja seumur hidup kalian, kan?

Tak Perlu Takut Hadapi Masa Tua, Ini Produk Dana Pensiun yang Bisa Dipertimbangkan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Reksa Dana Merupakan Investasi Menguntungkan Bagi Mahasiswa?]

 

Jika kamu tidak mulai berinvestasi untuk dana pensiun dari sekarang, maka ketika tiba saatnya untuk pensiun kamu akan kelabakan karena belum punya uang yang cukup untuk pensiun.

Oleh karena itu, kamu harus mulai berinvestasi dari sekarang. Nantinya, dana investasi dan keuntungannya dapat kamu nikmati ketika kamu pensiun karena nilai uang kamu akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

 

#7 Sifatnya untuk Jangka Panjang

Kebanyakan orang-orang berpikir kalau berinvestasi itu untuk dinikmati saat ini, apakah kamu begitu guys? Semoga tidak ya. Karena pada dasarnya investasi untuk jangka panjang.

Investasi bukan sumber pendapatan yang bisa kamu andalkan dalam waktu singkat. Kamu harus membiarkan nilai uang investasi kamu bertambah seiring berjalannya waktu dan nantinya bisa kamu manfaatkan.

Sebagai mahasiswa yang memiliki banyak kegiatan yang membuat mereka menjadi sibuk, kamu bisa memanfaatkan waktu-waktu tersebut untuk menikmati proses bertambahnya nilai uang yang kamu investasikan.

 

#8 Membangun Kebahagiaan Hidup Keluarga

Walaupun kamu sekarang masih muda masih menjadi mahasiswa, tapi nantinya kamu mau hidup berkeluarga kan? Dengan berinvestasi, kamu telah melakukan suatu tindakan yang dapat membangun kehidupan keluarga kamu.

Dimana kebutuhan hidup keluarga kamu yang harus dipenuhi di masa depan sudah kamu persiapkan.

Dengan begitu, kamu dan keluarga bisa hidup dengan tenang dan tidak khawatir untuk memikirkan biaya hidup, biaya pendidikan, dan biaya-biaya lainnya.

 

Mahasiswa Memiliki Masa Depan yang Gemilang

Setelah mengetahui berbagai alasan untuk berinvestasi untuk mahasiswa, maka sekarang kamu seharusnya sudah makin sadar akan pentingnya berinvestasi untuk memiliki masa depan yang gemilang.

Investasi harus dimulai sedini mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk mempelajari investasi nya juga sebelum kamu mulai ya. Selamat berinvestasi!

Oh iya, Jika kamu ingin mulai berinvestasi dengan modal kecil kamu bisa mencoba berinvestasi Reksadana. Kamu bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS untuk mempelajarinya.

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Jadi, apakah kalian mau memiliki masa depan yang gemilang? Yuk, berikan komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah tersedia.

Semoga artikel ini bermanfaat. Kamu juga bisa membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu agar semakin banyak mahasiswa yang sadar akan pentingnya investasi dari sekarang. Thank you guys!

 

Sumber Referensi:

  • Walter P. 5 Alasan Kenapa Anak Muda Harus Mulai Berinvestasi Sekarang. Koinworks.com – https://bit.ly/2UVHRny
  • Arief Budiman. 19 Maret 2019. Apa Pentingnya Berinvestasi? Simak Empat Alasan Berikut Ini. Bareksa.com – https://bit.ly/2IZarmj
  • KKNP Universitas Brawijaya. 4 Agustus 2016. Pentingnya Berinvestasi Untuk Masa Depan. Zahiraaccounting.com – https://bit.ly/2PIr0Uj

 

Sumber Gambar:

  • Mahasiswa Investasi 1 – http://bit.ly/2PSsawi
  • Mahasiswa Investasi 2 – http://bit.ly/2YdhJq2