Bagaimana cara mendapatkan Macbook Pro untuk seorang mahasiswa? Macbook Pro merupakan salah satu dambaan mahasiswa masa kini. Mari kita bahas kiat-kiat yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan Macbook Pro.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Macbook Pro VS Keuangan Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa tugas utamamu adalah belajar. Karena itu wajar jika kamu tidak memiliki penghasilan. Uang yang didapatkan setiap bulan hanya berasal dari orangtua. Biasanya uang yang diberikan orangtua diharapkan cukup untuk menutupi seluruh kebutuhan bulananmu. Bagi kamu yang tinggal jauh dari orangtua, tentunya uang bulanan itu harus cukup untuk membayar seluruh biaya hidup seperti kost, makanan dan transportasi.

Walaupun hanya memiliki uang pas-pasan, ada kalanya seorang mahasiswa menginginkan barang ‘mewah’. Misalnya saja Macbook Pro. Spesifikasinya sangat menarik dan modelnya pun terlihat elegan. Sayangnya harganya setinggi langit. Jadi, bagaimana bisa seorang mahasiswa membeli Macbook Pro?

mahasiswa-ketahui-6-cara-mendapatkan-pekerjaan-sebelum-lulus-kuliah-1-finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Ketahui 6 Cara Mendapatkan Pekerjaan Sebelum Lulus Kuliah]

 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mendapatkan Macbook Pro yang diidam-idamkan:

 

#1 Minta Kepada Orangtua Secara Cash

Cara pertama adalah cara pertama yang pasti terlintas di pikiran setiap mahasiswa. Jalan termudah untuk mendapatkan Macbook Pro ketika belum memiliki penghasilan adalah dengan meminta kepada orangtua. Jika orangtua masih sanggup memberikannya, untuk apa bersusah payah bukan? Hanya saja cara ini dapat membebani orangtua. Jika cara ini tidak berhasil, kamu bisa mencoba beberapa cara lainnya.

 

#2 Meminjam Uang Kepada Orangtua

Cara kedua adalah meminjam uang kepada orangtua. Ketika kamu lulus kuliah nanti kamu mungkin akan bekerja atau berbisnis. Kamu bisa menjanjikan pembayaran utang tersebut nanti setelah lulus kuliah. Walaupun akan tetap membebani orangtua, tetapi cara ini sedikit lebih ‘halus’ daripada langsung meminta kepada orangtua.

8-cara-menambah-uang-saku-mahasiswa-selain-minta-dari-orang-tua-1-finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Menambah Uang Saku Mahasiswa, Selain Minta Dari Orang Tua]

 

#3 Jual Barang-Barang yang Sudah Tidak Terpakai

Cara ketiga, jual barang-barangmu yang sudah tidak terpakai lagi. Cobalah membuka lemari-lemari di kamarmu. Mulai pilah barang-barang yang sudah tidak terpakai. Saat ini sudah banyak website serta akun-akun di media sosial yang dapat membantu menjual barang bekas. Coba kumpulkan barang-barang tertentu yang sudah tidak terpakai dan jual melalui media-media tersebut. Siapa tahu hasil penjualannya cukup untuk membeli Macbook Pro.

 

#4 Cari Penghasilan

Cara selanjutnya untuk mendapatkan Macbook Pro adalah dengan mencari penghasilan. Walaupun sibuk dengan kuliah, tetapi kamu pasti memiliki waktu luang yang dapat dimanfaatkan. Memang kamu harus mengorbankan waktu untuk bersenang-senang, tetapi nantinya kamu bisa mendapatkan Macbook Pro dambaanmu.

7 Cara Mudah Memulai Bisnis Untuk Mahasiswa - Finansialku

[Baca Juga: 7 Cara Mudah Memulai Bisnis Untuk Mahasiswa]

 

Beberapa cara yang bisa kamu coba adalah mencari pekerjaan paruh waktu (part time job) seperti menjadi asisten dosen atau bekerja di restoran. Selain itu kamu juga dapat bekerja freelance seperti menjadi desainer, fotografer dan pekerjaan lainnya. Peluang lain yang dapat kamu manfaatkan adalah mencoba bisnis online. Manfaatkan gadget yang kamu miliki untuk berjualan online dimanapun dan kapanpun. Selain itu kamu juga bisa mengikuti berbagai lomba yang sesuai dengan bidangmu. Carilah lomba yang memberikan hadiah yang besar. Jika mendapatkan uang tunai, kamu dapat menggunakannya untuk membeli Macbook Pro. Tidak jarang juga ada lomba yang memberikan hadiah seperti Macbook Pro. Selain untuk mendapatkan hadiah, mengikuti lomba juga bisa bermanfaat untuk curriculum vitaemu.

 

#5 Investasi

Cara terakhir ini adalah cara yang pasti bisa kamu lakukan. Mulailah berinvestasi dengan menggunakan sebagian dari uang bulananmu. Jangan sisihkan uang bulananmu untuk berinvestasi. Jika kamu memang sangat menginginkan atau membutuhkan Macbook Pro, kamu harus menjadikannya prioritas. Tentukan sejumlah target yang dapat kamu investasikan setiap bulannya. Mulailah membeli produk-produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan pilihanmu. Jika hanya memiliki modal sedikit, tidak perlu takut untuk berinvestasi. Saat ini sudah banyak investasi yang dapat dimulai dengan modal kecil.

Mahasiswa, Jangan Alasan Umur. Lagi Yuk Kita Mulai Belajar Investasi Sekarang 1 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Jangan Alasan Umur. Lagi Yuk Kita Mulai Belajar Investasi Sekarang]

 

Salah satu instrumen investasi yang dapat kamu gunakan adalah reksa dana. Saat ini sudah banyak Manajer Investasi yang menawarkan produk reksa dana dengan modal minimal Rp100.000. Bahkan sudah ada terobosan baru yang memungkinkan kamu membeli reksa dana hanya dengan modal Rp10.000.

Sebelum mulai berinvestasi kamu harus memperhitungkan berapa jumlah uang yang harus diinvestasikan dalam jangka waktu tertentu. Kamu dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk memperhitungkan dana yang harus diinvestasikan.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Asumsi:

  • Harga Macbook Pro = Rp29.000.000
  • Return investasi = 12%
  • Jangka Waktu Membeli = 2 tahun lagi

 

Masih Kuliah, Belum Punya Gaji Ingin Beli Macbook Pro 1 - Finansialku

 

Berdasarkan perhitungan dari aplikasi Finansialku, kamu perlu berinvestasi sebesar Rp1.163.000 setiap bulannya sampai dengan 24 bulan (2 tahun). Rencakanan investasimu dari sekarang.

 

Banyak Cara yang Dapat Dicoba

Mendapatkan Macbook Pro bukanlah hal yang mustahil bagi seorang mahasiswa. Ada beberapa cara yang dapat kamu coba. Jika memungkinkan kamu bahkan bisa mencoba menggunakan beberapa cara tersebut secara sekaligus. Tetapi jangan lupa bahwa tugas utamamu sebagai mahasiswa adalah belajar. Jika memang menginginkan Macbook Pro, kamu harus berusaha tanpa melupakan tanggung jawabmu sebagai seorang mahasiswa. Bahkan mungkin masih ada cara lain yang dapat kamu coba untuk mendapatkan Macbook Pro semasa kuliah. Jika kamu memiliki ide lain untuk mendapatkannya, tinggalkan komentar di bawah ini.

 

Bagaimana dengan pengalaman kamu? Apa yang akan kamu lakukan ketika ingin membeli barang yang kamu dambakan, tetapi adanya kendala keuangan? Silakan share pengalaman Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Mahasiswa – https://goo.gl/hQqe8l

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang