Apa saja cara yang dipakai untuk memulai bisnis oleh mahasiswa? Ada 7 cara mudah yang dipakai dalam memulai bisnis untuk mahasiswa. Sebelum memulai bisnis, kamu harus membaca dulu artikel ini ya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Ketika berbicara mengenai bisnis, seringkali kamu akan terpaku pada sejumlah pemikiran mengenai prosedur dan sistem yang sulit untuk dijalankan. Berbagai hal ini menjadi sebuah gambaran yang rumit, di mana kamu tidak pernah mengerti dengan baik bagaimana dan darimana kamu akan memulai sebuah bisnis yang kamu impikan. Padahal di dalam kenyataannya, bisnis tentu tidak akan selalu serumit itu.

Lupakan tentang semua pemikiran kamu yang rumit dan mulailah membuka mata untuk bisnis yang ingin kamu jalankan. Percayalah, bisnis adalah sesuatu yang harus dijalankan (dieksekusi) dan bukan sesuatu yang hanya direncanakan saja. Jika kamu tidak memulainya sekarang, lalu sampai kapan kamu akan menunda untuk melakukannya?

 

Awali dengan langkah yang tepat

Jika kamu berminat untuk segera terjun ke dunia bisnis, maka saat ini adalah waktu yang tepat. Tak peduli berapa usiamu sekarang, bahkan meski kamu masih duduk di bangku kuliah sekalipun, kamu bisa memulai bisnismu sejak saat ini. Ada banyak orang sukses yang memulai bisnis saat masih duduk di bangku kuliah, beberapa orang tersukses di dunia bahkan melakukan hal yang sama. Sebut saja beberapa nama besar seperti Mark Zuckerberg dan Bill Gates, yang telah memulai bisnis mereka sejak mereka masih aktif sebagai mahasiswa. Jadi, tidak ada alasan untuk kamu menunda dan selalu menunda.

Mahasiswa, Jangan Nekad Mau Mulai Bisnis dengan Kartu Kredit! - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Jangan Nekat Mau Mulai Bisnis dengan Kartu Kredit!]

 

Apapun bisnis yang akan kamu jalankan nanti, lakukan hal itu dengan langkah-langkah yang tepat. Hal ini akan membantu kamu untuk bisa lebih mudah dalam mengelola bisnis tersebut di masa yang akan datang. Simak beberapa cara yang dapat kamu lakukan berikut ini, untuk memulai bisnismu sejak di bangku kuliah:

 

#1 Tuangkan dalam proposal

Sejumlah rencana dan juga ide yang bisnis yang cemerlang mungkin telah kamu miliki sejak lama. Namun, bukan berarti semua itu adalah rencana yang tepat dan bisa mendatangkan keuntungan. Penting bagimu untuk membuat dan mengatur segala sesuatunya yang terkait dengan bisnis tersebut di dalam sebuah proposal bisnis.

Rencana bisnis yang matang, harus didukung oleh proposal yang juga masuk akal. Untuk itu, susunlah proposalmu dengan seefektif mungkin, di mana ide serta berbagai hal lainnya bisa berjalan dengan selaras. Proposal akan menjadi sebuah jalan terang bagi bisnismu, termasuk untuk membantumu mendapatkan dukungan yang kamu butuhkan dari berbagai pihak luar.

Mahasiswa, Jangan Alasan Umur. Lagi Yuk Kita Mulai Belajar Investasi Sekarang 1 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Jangan Alasan Umur. Lagi Yuk Kita Mulai Belajar Investasi Sekarang]

 

#2 Temukan seorang mentor

Untuk berbagai hal, seringkali kamu akan membutuhkan sebuah bimbingan, termasuk ketika akan memulai bisnismu untuk pertama kalinya. Tidak usah malu untuk selalu belajar, sebab hal ini akan membantu langkahmu menuju kesuksesan. Manfaatkan status dan keberadaanmu di kampus untuk mendapatkan bimbingan dari mentor terbaik, dimana keberadaannya dapat mendukung untuk menjalankan bisnismu dengan lebih terencana dan matang. Kampus adalah tempat para ahli dan profesor berkumpul. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menambah ilmu serta mendapatkan bimbingan yang paling tepat.

 

#3 Ikuti kelas bisnis (kursus)

Meski kamu berada di jurusan kuliah yang tidak berhubungan dengan ilmu bisnis, bukan berarti kamu tidak bisa mempelajari ilmu bisnis tersebut dengan sistem yang terpadu. Belajar tidak harus selalu otodidak, sebab kamu bisa mengikuti kelas bisnis yang akan menambah skill dan kemampuan kamu di bidang tersebut. Saat ini, ada banyak kelas bisnis yang ditawarkan dalam paket tertentu, dimana kamu bisa memilih sendiri bidang tertentu yang menarik minat kamu dan kamu anggap penting untuk perkembangan bisnismu di masa yang akan datang. Beberapa kelas yang paling banyak diminati dan bisa menjadi pertimbangan kamu antara lain: manajemen, akuntansi, studi pasar atau bahkan komunikasi bisnis.

apakah-mahasiswa-perlu-bimbingan-karier

[Baca Juga: Apakah Mahasiswa Perlu Bimbingan Karir ? Apa Alasannya?]

 

#4 Perhitungkan modal kamu sejak awal

Bisnis tentu akan selalu membutuhkan sejumlah modal awal untuk menjalankannya, dimana hal ini patut menjadi sebuah pertimbangan khusus bagi kamu. Lakukan perhitungan dan juga perbandingan yang tepat, seandainya kamu menggunakan sejumlah modal dari pihak luar dengan ketika kamu kelak akan memberi modal sendiri bisnismu. Dalam hal ini kamu akan membutuhkan perhitungan yang akurat, dimana kamu perlu menghitung potensi keuntungan dan juga tingkat risiko yang akan diberikan oleh kedua sumber modal tersebut. Beberapa kebijakan mungkin akan sangat dibutuhkan, agar modal yang kamu gunakan bisa berkembang dengan maksimal dan mendatangkan keuntungan.

 

#5 Magang dan terjun langsung ke dunia bisnis

Belajar yang paling tepat adalah ketika kamu secara langsung praktek dan berada di tengah-tengah lapangan kerja itu sendiri. Untuk mendapatkan itu, kamu bisa terjun langsung dan magang di sebuah perusahaan, di mana kamu bisa memiliki kesempatan yang luas untuk belajar dan mendapatkan ilmu yang berharga di sana. Bukan hanya mendapatkan ilmu, beberapa perusahaan bahkan akan membayarmu untuk melakukan hal itu.

tips-sukses-untuk-anak-mahasiswa-yang-menjadi-karyawan-magang-di-perusahaan-finansialku

[Baca Juga: Tips Sukses, Mahasiswa yang Menjadi Karyawan Magang di Perusahaan]

 

#6 Belajar memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran

Mengingat kamu adalah generasi sekarang yang aktif dan mengikuti perkembangan teknologi, maka kamu juga harus memiliki kemampuan untuk memanfaatkan hal tersebut di dalam bisnis kamu. Mulailah mempelajari bagaimana cara untuk memaksimalkan berbagai media sosial yang ada saat ini untuk memajukan bisnis yang akan kamu jalankan nanti.

 

#7 Belajar untuk tangguh dan mampu mengatasi kegagalan

Tak ada jalan mudah untuk mencapai kesuksesan, termasuk di dalam dunia bisnis sekalipun. Sadari hal ini sejak awal, agar kamu selalu berupaya sekeras mungkin untuk bisa yakin pada bisnis yang kamu jalankan. Mental yang baik sejak awal, akan membantu kamu untuk bertahan, belajar dan belajar terus dalam mengembangkan bisnis yang kamu jalankan. Gagal itu soal biasa, namun yang membedakan kegagalan seseorang dengan yang lainnya adalah ketika orang tersebut selalu bisa bangkit dan memperbaiki kegagalannya.

8-cara-menambah-uang-saku-mahasiswa-selain-minta-dari-orang-tua-1-finansialku

 [Baca Juga: 8 Cara Menambah Uang Saku Mahasiswa, Selain Minta Dari Orang Tua]

 

Memulai bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk kamu yang masih berstatus sebagai mahasiswa. Jangan khawatir, jika kamu memiliki keinginan yang besar untuk belajar bisnis sejak muda, maka keberhasilan bisnis tersebut juga akan lebih cepat terealisasikan. Mulai bisnis kamu sekarang, agar kesuksesanmu datang lebih awal.

 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang mau memulai bisnis. Jangan lupa untuk share informasi ini kepada teman-teman terdekatmu, agar mereka pun bisa bersama-sama memulai bisnis dan dapat mewujudkan cita-citanya. Jika kamu punya pertanyaan, kamu boleh bertanya kepada kami dengan meninggalkan pertanyaan pada kolom di bawah ini. Terima kasih.

 

Daftar Referensi:

  • Lisa Smith. 17 January 2017. How to Start a Business in College. com – https://goo.gl/DX16KD

 

Daftar Gambar:

  • Mahasiswa – https://goo.gl/117cH9

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang