Bagaimana mekanisme menghadapi persiapan sekolah di new normal? Pastinya, prosedur tersebut wajib dipahami semua pihak bukan?

Yuk ikuti kupas tuntas informasi lengkapnya di artikel Finansialku kali ini.

 

New Normal, Kondisi Pasca Pandemi yang Harus Dipahami Mekanismenya

Saat ini, persiapan sekolah di new normal sudah mulai diwacanakan. Kegiatan belajar mengajar akan kembali berlangsung seperti semula. Tetapi, harus memenuhi persyaratan dan protokol di sekolah yang telah ditetapkan.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan untuk menghadapi new normal? Simak penjelasan berikut ini.

Definisi dari new normal yaitu skenario yang dibuat untuk mempercepat penanganan Covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosial ekonomi.

Masyarakat harus menjaga aktivitasnya untuk tetap berjalan di tengah pandemi virus Covid-19, dengan tatanan yang baru.

Untuk merealisasikan skenario new normal ini, dibutuhkannya kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan di Indonesia.

Meski sekolah tatap muka saat ini kembali dipertimbangkan, namun ada baiknya jika kita tahu apa yang harus diperhatikan saat sekolah di era new normal dilakukan.

 

Aturan Sekolah Selama Masa New Normal

Adanya kebijakan new normal ini akan  diberlakukan di berbagai sektor, terutama di dalam sektor pendidikan.

Dalam sektor pendidikan, penyelenggaraan pembelajaran ajaran baru pada masa pandemi dimuat dengan bermacam panduan new normal kemendikbud.

Syarat dan aturan protokol kesehatan yang berlaku. di antara lain sebagai berikut.

 

#1 Wajib Menggunakan Masker

Dalam persiapan sekolah di new normal, tentunya masker menjadi protokol utama yang harus digunakan ketika berada di luar rumah, begitu juga pada saat memasuki sekolah kembali.

Semua pegawai sekolah wajib untuk selalu menggunakan masker selama berada di luar rumah.

Dengan pemilihan masker yang memenuhi standar pencegahan penyebaran virus yang telah ditetapkan pemerintah. Bahkan, penggunaan face shield juga bisa diterapkan untuk mempersiapkan sekolah tatap muka.

[Baca Juga: Tahun Ajaran Baru, Ini Cara Siasati Biaya Pendidikan Anak Yang Makin Mahal]

 

#2 Pengecekan Suhu Tubuh Bagian dari Persiapan Sekolah di New Normal

Suhu tubuh merupakan salah satu pemeriksaan fungsi vital, selain dari tekanan darah dan denyut nadi.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekkan suhu tubuh menggunakan termometer tembak sebagai langkah awal untuk menilai kondisi tubuh peserta didik.

Suhu tubuh normal berkisar 36-37 derajat Celcius. Maka, sesuai dengan protokol kesehatan new normal di sekolah, bahwa peserta didik dan tenaga pengajar wajib berada dalam kondisi yang sehat dengan suhu tubuh yang normal.

Apabila suhu tubuh terdeteksi tidak normal, baik terlalu rendah atau tinggi, dan mengalami gejala tertentu. Sebaiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk menentukan penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

[Baca Juga: Bingung Menyiapkan Dana Pendidikan untuk Anak Anda? Simak Cara Rahasia Berikut Ini!]

 

#3 Sering Melakukan Cuci Tangan

Sebelum peserta didik memasuki lingkungan sekolah, mereka harus mengikuti tata cara masuk sekolah new normal. Seperti mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun yang sudah disediakan pihak sekolah.

Hal ini termasuk salah satu persiapan sekolah di new normal. Dengan melakukan cuci tangan secara enam langkah, dilakukan untuk menjamin semua bagian tangan terhindar dari bakteri maupun kuman yang mengendap di dalamnya.

Mekanisme Dalam Menghadapi Persiapan Sekolah Di New Normal - 02 - Finansialku

Sumber: mediaindonesia.com – https://bit.ly/3xTYfsF

 

#4 Membawa Hand Sanitizer

Hand sanitizer merupakan cairan pembersih tangan. Sanitizer mempunyai manfaat untuk membunuh kuman secara cepat dan efektif tanpa perlu dibilas. Sanitizer mempunyai dua varian, yaitu sanitizer instant gel dan sanitizer instan spray.

Kedua produk pembersih tangan ini sama-sama mengandung anti bacterial yang aman, dan tidak lengket di kulit serta memiliki ukuran yang kecil sehingga sangat praktis untuk dibawa ketika sedang melakukan aktivitas di luar rumah.

Salah satu persiapan sekolah di new normal, yaitu dengan menyediakan hand sanitizer di beberapa spot lingkungan sekolah. Hal ini dilakukan, agar peserta didik selalu ingat untuk menggunakan hand sanitizer ataupun mencuci tangan.

[Baca Juga: Daripada Asuransi Pendidikan Unitlink, Saya Lebih Sarankan Investasi untuk Biaya Anak Sekolah]

 

#5 Tidak Berjabat Tangan

Kalau dulu, sebelum pandemi ini selalu berjabat tangan dengan sesama dan mencium tangan guru. Kini di era new normal kebiasaan tersebut perlu dihindari bahkan ditiadakan.

Sebagai gantinya, peserta didik cukup dengan mengucap salam dan mengatupkan kedua tangan di depan dada sebagai hormat kepada guru.

 

#6 Saling Menjaga Jarak

Persiapan masuk sekolah new normal, setiap orang diharuskan untuk saling menjaga jarak. Hal ini dilakukan, untuk menghindari terjadinya penularan melalui air liur dari satu orang ke orang lain.

Meskipun sudah menggunakan masker, namun hal tersebut tidak menjamin bahwa kita tidak tertular. Saat berada di dalam kelas pun meja setiap anak juga harus diatur untuk tidak berdekatan.

Persiapan masuk sekolah di new normal yang lain yaitu dengan pembatasan jumlah peserta didik.

Protokol yang berada di dalam kelas pun juga perlu diterapkan di sekolah, dengan melakukan pembelajaran di dalam kelas secara bergilir.

Selain menjaga jarak, sekolah juga harus menetapkan jam belajar yang dikurangi. Karena dibutuhkannya pembagian waktu  peserta didik bergantian menggunakan kelas.

[Baca Juga: Moms, Punya Anak Usia 10 Tahun? Berikut 12 Cara Mendidik Anak tentang Uang yang Dapat Anda Praktikkan]

 

#7 Menghindari Menyentuh Anggota Tubuh

Mencuci tangan menggunakan sabun menjadi salah satu cara tindakan pencegahan yang dirasa efektif.

Namun, tidak peduli seberapa sering mencuci tangan tidak menjamin untuk mencegah infeksi menular ke tubuh. Tindakan pencegahan yang baik dengan berusaha untuk menghindari menyentuh wajah dengan berkali-kali.

 

#8 Tidak Berbagi Makanan dan Minuman

Membawa peralatan makan dan minum sendiri merupakan hal yang penting untuk diterapkan new normal untuk anak sekolah.

Walaupun tidak perlu sampai bersikap berlebihan, namun ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal seperti ini, demi mencegah dan mengurangi risiko terpapar oleh virus melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi.

 

Semua Pihak Terlibat dalam Memaksimalkan Protokol Kesehatan

Persiapan sekolah di new normal dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan dan selalu mentaati tata tertib sekolah new normal. Dengan  menjaga keamanan dan keselamatan peserta didik di sekolah.

Kemudian, juga sebagai peran orang tua, ibu juga harus berupaya untuk menjaga kesehatan buah hatinya dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya dengan melalui makanan yang bernutrisi.

Nah bagi para orang tua, selain mempersiapkan anak-anak untuk sekolah kembali di era new normal, kita juga harus mempersiapkan dana pendidikan anak. Karena biaya pendidikan dari tahun ke tahun terus mengalami pengingkatan.

Lalu bagaimana cara menyiapkan dana pendidikan anak yang paling efektif? Anda bisa memperoleh informasinya melalui audiobook Finansialku di bawah ini.banner -orang tua menyiapkan dana pendidikan anak

 

Bagaimana persiapan Anda dan keluarga untuk mengantar si kecil menjalani sekolah di new normal? Ayo bagikan artikel ini pada orang terdekat yang membutuhkan informasi seputar sekolah tatap muka terbatas ini, terima kasih.

 

Editor: Maria Christianti

Sumber Referensi:

  • Nicholas Ryan Aditya. 16 Juni 2021. Pembelajaran tatap muka terbatas bisa ditunda, mengapa? Newssetup.kontan.co.id – https://bit.ly/3j4EYAy

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/3zUJ3gz