Gimana sih cara melunasi utang ala mahasiswa? Apapun jenis utangmu, kamu bisa melunasinya dengan cara yang jabarkan di artikel ini.

Yuk, simak ulasannya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Karena Utang Satu-satunya Jalan

Walaupun kamu masih berstatus mahasiswa, Finansialku tidak ingin menghakimimu. Ada banyak alasan mengapa seorang mahasiswa/i bisa sampai berutang, di antaranya karena dampak himpitan ekonomi keluarga.

Kalau sudah begitu, berutang jadi satu-satunya solusi untukmu melanjutkan kehidupan. Ada lima solusi yang akan Finansialku tawarkan kepadamu agar dapat melunasi utang-utangmu tersebut.

 

#1 Lunasi dahulu utang dengan bunga paling tinggi

Langkah pertama adalah dengan mengurutkan utangmu, dari yang bunganya paling tinggi ke yang paling rendah. Selanjutnya, bayar minimum semua tagihan atau cicilan kamu, lalu fokus lunasi utang dengan bunga paling tinggi.

Walaupun waktu yang kamu perlukan untuk melunasi utang memang agak lama, kamu dapat menghemat pembayaran bunga dengan metode ini.

 

#2 Lunasi dahulu utang dengan pokok utang paling kecil

Berbeda dengan metode debt stacking, kamu perlu mengurutkan utangmu berdasarkan sisa pokok utangnya tanpa melihat besaran bunga yang harus kamu bayar.

5 Cara Mudah Melunasi Utang Ala Mahasiswa1

[Baca Juga: Cara Melunasi Hutang Keluarga]

 

Setelah itu, bayarlah semua tagihan atau cicilan di atas minimum lalu fokus lunasi utang dengan sisa pokok utang paling kecil.

Metode ini memampukan kamu untuk dapat melunasi utang satu-persatu secara cepat meskipun bunga yang kamu bayar lebih tinggi daripada metode debt stacking.

 

#3 Gabungkan utang dalam satu platform

Kalau kamu punya utang dengan cara pembayaran yang berbeda-beda, kamu perlu membayar biaya-biaya administrasi lebih banyak daripada kamu berutang dalam satu platform.

Oleh sebab itu, lebih baik kamu gabungkan utang-utangmu ke dalam satu channel/jenis pembayaran (satu pintu) dalam satu tagihan.

Dengan demikian, kamu bisa meminimalisasi biaya-biaya di luar pokok utang yang harus kamu bayarkan kepada pemberi utang.

 

#4 Cari penghasilan tambahan

Untuk dapat melunasi utang, kamu tentu harus memiliki dana yang cukup setiap bulannya.

Ada banyak pilihan pekerjaan sampingan yang bisa kamu coba, seperti freelancer, menjadi asisten dosen atau asisten laboratorium, ikut proyek dosen, menjadi guru les online/offline, atau ikut perlombaan sesuai minat dan bakatmu.

5 Cara Mudah Melunasi Utang Ala Mahasiswa3

[Baca Juga: Harga Naik Lagi Tahun Depan, Ayo Beli Rumah Subsidi!]

 

Kamu juga bisa menjadi reseller/dropshipper para pebisnis online di luar sana atau bermain saham lapis satu atau dua.

Tapi ingat selalu tujuan utamamu sebagai mahasiswa, yaitu lulus kuliah dengan sebaik-baiknya.

 

#5 Tanya pada ahlinya

Ada beberapa konsultan utang profesional yang menyediakan jasa konsultasi gratis atau dengan biaya minim. Kamu bisa bertanya apa saja pada mereka, termasuk langkah strategis untuk melunasi utangmu secepatnya.

Konsultan akan meninjau anggaranmu dan memberikan opsi-opsi metode pelunasan yang mungkin belum pernah terpikirkan olehmu. Jadi, jangan ragu bertanya pada sang ahlinya!

 

Buka Mata akan Berbagai Kesempatan

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan teknologi, kamu punya lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan uang.

Buka mata dan hatimu akan berbagai kesempatan di luar sana. Dengan kerja keras, kamu pasti bisa melunasi utang-utangmu. Stay motivated!

Lakukan perencanaan keuangan sedini mungkin agar kamu dapat meminimalisasi kemungkinan untuk berutang di kemudian hari serta kamu bisa menggunakan Aplikasi Finansialku dan bisa kamu download pada tombol-tombol berikut ini.

Download Finansialku di Google Play Store
Download Finansialku di Apps Store

 

Silakan bagikan artikel ini supaya teman atau saudara kamu bisa mengetahui cara mudah melunasi utang ala mahasiswa. Jika kamu memiliki pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar.

 

Sumber Referensi:

  • Erin Huffstetler. 15 Februari 2019. 9 Ways to Redirect Money to Pay Off Your Debt. Thebalance.com – http://bit.ly/2S43Fh8
  • Dhita Koesno. 9 Juli 2017. 4 Trik Cerdas agar Bisa Cepat Melunasi Utang. Liputan6.com – https://bit.ly/39azo7B

 

Sumber Gambar:

  • Gambar tips mahasiswa 1 – http://bit.ly/38PMSoT
  • Gambar tips mahasiswa 2 – https://bit.ly/2u6UKUx
  • Gambar tips mahasiswa 3 – https://bit.ly/2OoeRnN
  • Gambar tips mahasiswa untuk melunasi utang – https://bit.ly/3702Qvk