Komik: Pentingnya Membuat Anggaran Keuangan Untuk Mahasiswa dan Fresh Graduates

Pentingnya membuat anggaran keuangan untuk mahasiswa dan fresh graduates. Apakah kamu membutuhkan sebuah anggaran keuangan? Apakah kamu tahu betapa pentingnya sebuah anggaran keuangan?

Jika kamu sedang mencari tahu bagaimana cara hidup yang tidak selalu meminjam dan menjadi jauh lebih hemat. Maka kamu berada di tempat yang tepat untuk memulainya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cerita Seorang Perempuan yang Tergiur Diskon Awal Bulan

 

Wah, setelah baca komik di atas, apakah kamu pernah mengalami hal yang sama? Ada yang tergiur diskon dengan pikiran,

  • “Kapan lagi brand itu diskon besar-besaran?”
  • “Wah, ga mungkin nih harga segini bisa dapet barang ini kalau ga diskon?”
  • “Ini dia barang yang aku pengen dari dulu, mana harganya murah banget lagi!”

 

Apakah pikiran-pikiran tersebut selalu ada di benak kamu setiap kamu melihat diskon suatu toko atau sebuah brand yang terkenal?

Lalu, akhirnya tanpa berpikir panjang, kamu membeli semua barang yang sedang sale besar-besaran tersebut tanpa memikirkan uang yang kamu punya.

Di dalam pikiran kamu pun atau mungkin teman/saudara kamu menghasut “Udah, kapan lagi sale kaya gini. Beli aja, daripada ga beli terus kepikiran.”

Komik Pentingnya Membuat Anggaran Keuangan Untuk Mahasiswa dan Fresh Graduates 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Tergiur, Ketahui 4 Fakta Gelap Barang Diskonan!]

 

Akhirnya, tanpa pikir panjang dengan mendapat persetujuan dari teman/saudara kamu yang sedang menemani, maka kamu langsung membelinya.

Bukan hanya 1 barang saja, tapi berbagai macam barang, yang mungkin hanya sekadar keinginan, padahal kamu sudah mempunyai barang dengan fungsi dan jenis yang sama tetapi kamu membeli barang tersebut.

Memang tidak ada salahnya kamu membeli barang yang sedang sale, karena pasti, manusia selalu mencari barang yang murah dengan kualitas yang bagus.

Jika kamu memang ingin pergi ke sebuah sale toko atau brand yang terkenal, pastikan kamu sudah survei dan sudah tahu apa yang akan kamu beli sesuai dengan kebutuhan.

Tetapi ya tidak dipungkiri, bahwa terkadang kita sangat tergiur dengan barang yang sedang sale, padahal barang tersebut bukan barang yang kita butuhkan.

Setelah sesampainya di rumah, kemudian kita menyesal.

Uang yang tadi dipakai belanja bisa kita pakai untuk kebutuhan sehari-hari, seperti makan, uang kosan, uang beli buku, uang fotokopi, uang transportasi dan lain-lain.

Tak jarang, kita menemui teman kita yang sedang irit-iritnya menggunakan uangnya, dengan alasan dia sudah belanja banyak pada bulan ini.

Padahal, kamu yang mungkin tidak tergiur dengan sale masih bisa makan 3 kali sehari. Sedangkan teman kamu, yang tergiur dengan sale, harus mengurangi intensitas makannya, supaya bertahan hingga akhir bulan.

3-Cara-Mengatur-Pengeluaran-Bulanan-Mahasiswa-3-Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengurus Keuangan Anak Kost dan Contoh Anggaran Anak Kost]

 

Jika kamu sering mengalami hal yang serupa dan setan di pikiranmu pun selalu mengatakan hal yang sama, maka kamu harus melakukan sebuah perubahan.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengambil kertas dan pulpen, atau kamu bisa menggunakan smartphone kamu untuk mencatat sebuah anggaran keuangan.

Kamu boleh download aplikasi Finansialku untuk pencatatan keuangan dan pembuatan anggaran. Aplikasi ini akan membantumu untuk mengelola keuangan.

Yuk, download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau silakan akses di website yaitu aplikasi.finansialku.com.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Anggaran keuangan merupakan sebuah proses dari membuat rencana untuk pengeluaran bulanan kamu, kemana uang kamu akan dihabiskan.

Artinya, kamu akan menuliskan jumlah pemasukan kamu beserta pengeluaran tetap setiap bulannya.

Dengan menuliskan anggaran keuangan, kamu bisa menentukan lebih awal, apakah kamu memiliki uang yang cukup untuk melakukan hal yang kamu butuhkan atau tidak.

Kamu juga bisa menggunakan anggaran keuangan untuk memprioritaskan pengeluaran dan fokus terhadap uang yang akan kamu gunakan untuk kepentingan kamu.

Membuat anggaran merupakan alat yang paling dasar dan efektif untuk mengatur keuangan. Tetapi, masih banyak orang yang menghindari membuat anggaran.

Mengapa demikian?

Orang memiliki anggapan bahwa membuat anggaran seperti membuat sebuah pekerjaan baru, padahal membuat anggaran bisa menjadi langkah awal untuk melakukan kegiatan kamu.

Dengan membuat anggaran juga, kamu bisa tahu kapan kamu harus menyerah dan berhenti untuk membelanjakan uang pada barang yang kamu inginkan selama ini.

Ini Buktinya! Mulai Belajar Investasi Sedini Mungkin Akan Menguntungkan (Studi Kasus) 01 Mahasiswa - Finansialku

[Baca Juga: Mengatur Keuangan Penting! Kenali Menyusun dan Membuat Anggaran Untuk Mahasiswa]

 

Anggaran keuangan sebenarnya menunjukkan bagaimana kamu mengalokasikan uang dan menyajikan pilihan untuk jenis kebutuhan mana yang akan kamu nikmati sesuai dengan kemampuan keuangan kamu.

Anggaran keuangan ini akan menyelamatkan kamu dari kesedihan pengeluaran berlebihan dan berutang yang terlalu banyak.

Anggaran keuangan tidak akan menghentikan kamu dari menikmati uang yang kamu miliki, tetapi anggaran keuangan memastikan agar kamu menikmati uang kamu saat kamu membutuhkannya.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Pentingnya Membuat Anggaran Keuangan

Kamu sekarang ingin keluar dari sebuah situasi dimana kamu membelanjakan uang kamu secara berlebihan, hingga kamu lupa untuk memenuhi kebutuhan hidup kamu.

Seperti yang kamu ketahui, bahwa anggaran keuangan memang penting untuk menghindari kejadian, dimana kamu melakukan pengeluaran yang berlebih.

Tetapi, apakah kamu tahu bahwa keuntungan dari membuat anggaran keuangan dan selalu patuh terhadap anggaran keuangan bisa menghemat pengeluaran kamu dan mendapatkan keuntungan lainnya?

Mari kita simak, apa saja keuntungan dari membuat anggaran keuangan itu?

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

#1 Fokus Terhadap Tujuan Keuangan Kamu

Ya, betul sekali! Pertama dan terpenting adalah kamu akan lebih fokus pada tujuan keuangan kamu.

Kamu pasti memiliki sebuah tujuan keuangan dan kamu ingin mencapainya, tetapi mengapa kamu tidak pernah mencapai tujuan keuangan kamu setelah bertahun-tahun?

Apakah kamu yakin sudah membuat anggaran keuangan setiap bulannya?

Polling Tujuan Keuangan Apa yang Ingin Anda Wujudkan di Tahun Ini - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: 5 Langkah Mencapai Tujuan Keuangan Pribadi]

 

Dengan membuat anggaran keuangan, kamu akan terhindar dari yang namanya BOROS.

Jika kamu suka membelanjakan uang kamu untuk sebuah barang atau jasa yang tidak berkontribusi untuk mencapai tujuan keuangan kamu, maka kamu harus membuat anggaran belanja dengan segera.

Jika kamu memiliki pendapatan yang terbatas, maka kamu akan lebih mudah dalam pemenuhan kebutuhan kamu.

 

#2 Membantu Kamu Untuk Mengatur Pendapatan, Pengeluaran, Tabungan dan Investasi

Membuat anggaran keuangan akan membuatmu sadar terhadap kategori pengeluaran yang memakan porsi paling besar dalam keuangan kamu.

Dengan cara tersebut juga, kamu akan dimudahkan untuk membuat sebuah penambahan atau perubahan.

Jika kamu masih memiliki anggaran yang bisa digunakan untuk menabung atau investasi, maka dengan mudah kamu dapat menambahkannya.

Jika anggaran untuk tabungan maupun investasi kamu terlalu besar dan kebutuhan kamu pada bulan tersebut memang sedang banyak, maka kamu dapat mengaturnya kembali.

5+ Cara Mengatur Keuangan Pabrik Secara Efektif dan Efisien 03 Finansialku

[Baca Juga: Semakin Lebih Dekat, 4 Rahasia Menuju Kebebasan Finansial]

 

Anggaran keuangan kamu pun tetap pada track yang tepat, kamu tidak menghabiskannya secara berlebihan dan kamu masih punya sisa uang untuk ditabung atau diinvestasikan.

Anggaran keuangan juga menyajikan sebagai referensi untuk mengatur tagihan kamu setiap bulannya, yaitu struk belanja dan laporan keuanganmu.

Saat semua transaksi keuangan kamu terorganisasi dengan baik, maka kamu dapat menghemat waktu dan usaha untuk urusan pajak atau pertanyaan dari kreditur.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Kendali Penuh Terhadap Uang Kamu

Sebuah anggaran keuangan adalah sebuah cara yang disengaja untuk mengetahui bagaimana cara kamu menghabiskan dan mengalokasikan uang yang kamu punya.

Katanya, dengan kamu membuat anggaran belanja, kamu bisa mengendalikan uang kamu, bukan kamu yang dikendalikan oleh uang.

Anggaran keuangan juga akan menyelamatkan kamu dari stres yang disebabkan oleh menipisnya keuangan kamu di pertengahan bulan karena kamu tidak merencanakan keuanganmu.

Kesalahan Mengatur Keuangan 01 - Finansialku

[Ilustrasi: Orang Sukses Selalu Dikejar oleh Uang, Bukan Mengejar Uang. Bagaimana Caranya?]

 

Dengan anggaran keuangan juga, kamu bisa menentukan jika kamu akan merelakan pembelanjaan jangka pendek seperti membeli kopi setiap hari.

Kamu bisa mengganti dengan keuntungan jangka panjang, seperti liburan atau membeli gadget baru.

Jika kamu ingin belajar banyak mengenai perencanaan keuangan, kamu bisa belajar lebih banyak dengan men-download ebook merencanakan keuangan untuk usia 20 an di bawah ini.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Buatlah Anggaran Keuangan Kamu Sekarang!

Tidak ada kata terlambat, kamu masih bisa menyelamatkan bagaimana uang kamu akan dihabiskan, apakah untuk kebutuhan utama kamu dan investasi atau kamu ingin mengalir begitu saja tanpa rencana.

Kamu selalu memiliki kendali penuh terhadap hidup kamu. Jika kamu ingin terhindar dari ketergiuran barang diskon, ada baiknya kamu membuat anggaran keuangan kamu sekarang!

 

Bagikan artikel ini agar teman atau saudara kamu dapat mengetahui pentingnya membuat anggaran keuangan

Jika kamu memiliki teman atau saudara yang memiliki pengalaman terjebak dalam sale awal bulan, silakan tinggalkan komentar untuk berbagi cerita dengan pembaca lainnya. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Benefits of Budgeting Your Money. Budgetingincome.com – https://goo.gl/T1uZZE
  • Admin. What is Budgeting? What is a Budget? Mymoneycoach.ca – https://goo.gl/k2NX7Y

 

Sumber Gambar:

  • Membuat Anggaran Keuangan untuk Mahasiswa – https://goo.gl/1vrZzd
  • Diskon – https://goo.gl/AWxkAJ
Summary
Komik: Pentingnya Membuat Anggaran Keuangan Untuk Mahasiswa dan Fresh Graduates
Article Name
Komik: Pentingnya Membuat Anggaran Keuangan Untuk Mahasiswa dan Fresh Graduates
Description
Pentingnya membuat anggaran keuangan untuk mahasiswa dan fresh graduates. Apakah kamu membutuhkan sebuah anggaran keuangan?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By |2018-09-24T10:20:21+00:00August 10th, 2018|Categories: Keuangan, Perencana Keuangan|Tags: , , , , , , |Comments Off on Komik: Pentingnya Membuat Anggaran Keuangan Untuk Mahasiswa dan Fresh Graduates

About the Author:

Widya Yuliarti CFP®
Widya Yuliarti, SST., MM., CFP® adalah seorang Financial Planner dari Finansialku bersertifikasi (FPSB ID: 1800 0526), ahli dalam keuangan syariah. Menempuh Pendidikan Diploma 4 Teknik Kimia di Politeknik Negeri Bandung dan menempuh Pendidikan S2 Manajemen di Universitas Padjadjaran.
Thanks!

Hi, ada yang bisa Finansialku.com bantu?

Konsultasi ke Perencana Keuangan

Event Terdekat

In House Training

Cek Kondisi Keuangan

Buat Financial Planning