Mau beli mobil MPV buat bepergian sama keluarga? Sudah tahu cara memiliki mobil MPV?

Yuk simak cara memilih mobil MPV sekaligus cari tahu cara mempersiapkan dananya. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cara Memilih Mobil MPV

Prasarana transportasi yang semakin meningkat pembangunannya pada era ini semakin membuka peluang bagi para pebisnis otomotif untuk mengeluarkan kendaraan yang semakin berkualitas dan dilirik oleh para konsumen.

Mobil adalah salah satu transportasi yang menjadi pilihan masyarakat, selain dapat membawa jumlah penumpang lebih banyak, kenyamanannya pun menjadi pertimbangan tersendiri karena mampu melindungi pengendara dan penumpang dari panasnya siang hari dan juga terpaan hujan.

Sudah Tahu Cara Memilih Mobil MPV Terbaik Untuk Keluarga 02 Mobil MPV 2 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Ketipu! Pahami 7+ Trik Saat Beli Mobil Second]

 

Varian pilihan mobil biasanya didasarkan pada kebutuhan dan kesenangan mereka pada merek atau kualitas dari mesin dan performa mobil.

Sebut saja mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle yang kini menjadi salah satu mobil yang digandrungi masyarakat, terutama mereka yang sudah berkeluarga karena dapat menampung penumpang dalam jumlah yang relatif lebih banyak.

Mobil segment MPV tentu memiliki varian yang tidak sedikit dan tak jarang kita agak bingung memilih manakah yang sesuai dengan kebutuhan keluarga, termasuk ketersediaan kantong kita.

Berikut ini beberapa pertimbangan yang bisa menjadi patokan Anda sebelum menetapkan hati untuk membeli mobil MPV agar sesuai dengan kebutuhan keluarga dan tentu saja sesuai dengan persediaan isi kantong Anda.

 

#1 Fitur Keamanan

Tentu bagi keluarga, keamanan adalah hal utama yang perlu Anda berikan, bukan? Apalagi berbicara tentang memilih kendaraan bagi keluarga tercinta.

Keamanan adalah salah satu faktor penting dan perlu menjadi yang utama bagi keluarga.

Karena mobil MPV dapat menampung penumpang dengan daya tampung minimal 5 orang, tentu kebutuhan keamanan perlu memiliki standar yang optimal.

Sudah Tahu Cara Memilih Mobil MPV Terbaik Untuk Keluarga 03 Seatbelt - Finansialku

[Baca Juga: Contoh Kasus Perhitungan Dan Simulasi Kredit Mobil Baru]

 

Salah satu sistem keamanan yang perlu Anda perhatikan adalah seperti sistem pengereman ABS+EBD+BA yang disebut-sebut menjadi sistem pengereman terbaik.

ABS atau Anti-Lock Braking merupakan salah satu fitur yang harus atau wajib terdapat pada mobil dengan kapasitas mesin yang tinggi, salah satunya MPV yang memiliki CC minimal 2000 CC.

Dengan sistem pengereman ABS, ini dapat mencegah roda terkunci ketika pengemudi menginjak pedal rem secara tiba-tiba karena menghindari sesuatu di jalanan.

Selain itu, fitur pengereman ABS juga sangat menolong saat digunakan pengemudi di jalan yang berkelok dan juga licin setelah hujan.

Fitur keamanan lainnya yang perlu ada dalam mobil MPV pilihan Anda adalah sabuk pengaman, dan pastikan memiliki sabuk pengaman tiga titik. Biasanya sabuk pengaman ini dikembangkan oleh desainer mobil Volvo, Nils Bohlin.

Karena tingkat keamanan dan juga kenyamanan yang menjadi fokus utama sabuk pengaman ini, tak jarang sabuk pengamanan jenis ini digunakan oleh para produsen mobil di Eropa dan Asia.

Sabuk pengaman ini dirancang untuk mencegah pengemudi dan juga penumpang terpental dan mengurangi kemungkinan cedera pada tubuh.

Tak ketinggalan fitur kantung udara atau yang biasa disebut dengan Airbag adalah salah satu komponen keselamatan pada kendaraan MPV pilihan Anda.

Airbag ini akan sangat menolong Anda dan tak jarang menyelamatkan nyawa pengemudi dan penumpang apabila terjadi benturan atau kecelakaan di jalan.

 

Fitur canggih ESC atau Electronic Stability Control juga perlu ada di kendaraan MPV Anda karena dapat mendeteksi apabila sang pengendara kehilangan kontrol terhadap kemudi.

Sistem ini akan secara otomatis mengaktifkan rem dan membuat arah kendaraan menjadi terkontrol kembali. Selain itu, gejala oversteer dan understeer juga akan diminimalkan dengan sistem ini.

Namun, sayangnya fitur ini perlu dukungan dari beberapa elemen seperti ban yang masih dalam kondisi optimal karena jika ban sudah tak layak pakai, maka daya cengkeraman pada aspal tidak akan optimal dan sistem ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

 

#2 Performa Mesin dan Bahan Bakar

Performa mesin adalah salah satu pertimbangan yang menjadi landasan Anda dalam memilih mobil MPV bagi keluarga tercinta.

Pilih mobil MPV dengan performa mesin yang memiliki akselerasi yang baik saat melakukan perpindahan gigi dan tentu saja mengkonsumsi bahan bakar yang efisien sehingga tetap irit di kantong.

Biasanya, rata-rata mobil yang masih baru akan memiliki konsumsi bahan bakar yang baik karena berbagai fitur pendukung yang masih baik dan membuat mobil tetap irit bahan bakar.

Tentu Anda tidak mau kan kalau kantong Anda semakin cekak karena bahan bakar mobil yang boros akibat performa mesin yang kurang baik?

 

 #3 Kenyamanan Tempat Duduk

Tempat duduk termasuk komponen penting dalam berkendara di dalam mobil, apalagi jika Anda dan keluarga menempuh perjalanan yang jauh atau berkendara di saat jalanan sedang padat.

Kenyamanan dari tempat duduk perlu menjadi pertimbangan dalam memilih mobil MPV bagi keluarga Anda.

Pilih tempat duduk yang memberikan kenyamanan Anda dan para penumpang lainnya. Pastikan seat belt atau sabuk pengaman juga tersemat di setiap kursi, baik pengemudi maupun penumpang untuk menjamin keamanan Anda.

 

#4 Pertimbangkan Desain Mobil

Pilihan desain menjadi pertimbangan berikutnya dalam memilih mobil MPV untuk keluarga Anda.

Bandingkan dengan desain lainnya yang sesuai dengan kesukaan keluarga Anda. Desain yang besar tentu juga akan menentukan space yang lebih luas dan memberikan kenyamanan yang lebih bagi pengemudi dan penumpang.

Anda dapat meminta pertimbangan dan masukan dari istri dan juga anak-anak Anda untuk desain yang mereka sukai dan memilih salah satu desain terbaik pilihan bersama.

Desain yang Anda dan keluarga sukai juga dapat menambah percaya diri dan rasa bangga terhadap mobil MPV pilihan Anda.

Investasikan uang Anda demi masa depan keuangan yang lebih baik dengan mengunduh ebook Gratis Panduan Berinvestasi dari Finansialku berikut ini:

 

#5 Bandingkan Harga

Ada banyak distributor dan showroom mobil MPV di kota tempat tinggal Anda. Biasanya akan ada perbedaan harga jika Anda dengan cermat membandingkannya.

Produk mobil dengan fitur dan varian yang sama mungkin akan ada perbedaan harga meskipun sedikit dan juga fasilitas pembayaran serta tambahan produk promosi yang sekiranya menambah daya tarik konsumen.

Miliki komitmen untuk memiliki keberhasilan finansial yang dipersiapkan sejak dini dengan memiliki ebook Perencanaan Keuangan yang dapat Anda download secara gratis dari Finansialku berikut ini:

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Cara Mempersiapkan Dana Membeli Mobil

Setelah tahu cara memilih mobil MPV untuk keluarga Anda, sudah saatnya menilik isi kantong Anda. Mari persiapkan dana membeli mobil dengan bantuan Aplikasi Finansialku yang akan memudahkan Anda dalam mencatat kebutuhan dana yang perlu dipersiapkan.

 

#1 Unduh Aplikasi Finansialku

Pertama, Anda perlu mengunduh Aplikasi Finansialku terlebih dahulu melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Anda dapat memanfaatkan fitur free trial atau sekaligus mengubah status berlangganan menjadi PREMIUM untuk dapat menggunakan seluruh fasilitas Aplikasi Finansialku dengan leluasa termasuk berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Profesional Finansialku.

 

#2 Mulai Rencanakan Dana Membeli Barang

Pada tampilan layar gadget Anda, pilih icon Rencana Keuangan dan klik tombol + pada sisi kanan bawah layar kemudian pilih Dana Membeli Barang.

Isi Keterangan di bawah ini:

  • Nama Barang: Kendaraan MPV (Toyota Avanza)
  • Harga Barang Saat ini: Rp220.000.000 (Dua Ratus Dua Puluh Juta Rupiah)
  • Berapa lama lagi: 24 bulan atau 2 tahun
  • Dana yang telah tersedia: Rp100.000.000 (Seratus Juta Rupiah)
  • Inflasi: 10% per tahun
  • Estimasi hasil Investasi: 12% per tahun
  • Klik Hitung

 

Sudah Tahu Cara Memilih Mobil MPV Terbaik Untuk Keluarga 04 Rencana Keuangan - Finansialku

Dana Membeli Barang

 

#3 Dana Yang Harus Dipersiapkan

Pada layar gadget Anda akan terlihat hasil kesimpulan dari perhitungan yang telah Anda masukkan.

Kekurangan dana sebesar: Rp166.435.294

Kebutuhan Investasi sebesar: Rp2.718.527 per bulan

Selama: 48 bulan atau 2 tahun

 

Dengan asumsi

Inflasi: 10% per tahun

Estimasi hasil investasi: 12% per tahun

Sudah Tahu Cara Memilih Mobil MPV Terbaik Untuk Keluarga 05 Kesimpulan - Finansialku

Kesimpulan atau Hasil Perhitungan Aplikasi Finansialku

 

Pintar Memilih dan Cerdas Siapkan Dana Membeli Mobil

Kini Anda sudah mengetahui cara memilih mobil MPV dan cara mempersiapkan dana membeli mobil tersebut dengan mudah.

Tunggu apalagi? Ayo siapkan semuanya dari sekarang dan segera miliki mobil MPV Impianmu.

 

Sudah siapkah dana untuk membeli mobil MPV untuk keluarga Anda tercinta?

Perlu saran jitu untuk keluar dari masalah keuangan? Segera hubungi Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda untuk memberikan solusi untuk masalah keuangan Anda!

Ada teman Anda yang membutuhkan informasi di atas? Anda dapat membagikannya kepada mereka yang membutuhkan! Semoga bermanfaat, terima kasih

 

Sumber Referensi:

  • Ade Sukendar. Tips Membeli Mobil MPV Untuk Keluarga. Otomaniac.com – https://goo.gl/nCw6jY
  • Tachta Citra Elfira. 14 November 2016. Kenali Empat Fitur Dasar Keselamatan Mobil Sebelum Berkendara. Cnnindonesia.com – https://goo.gl/JPLK19
  • Admin. 6 Fitur Keselamatan Pada Mobil Yang Wajib Diketahui Pemilik Mobil. Otosite.net – https://goo.gl/BKWhV1

 

Sumber Gambar:

  • Mobil MPV – https://goo.gl/BWAzFg
  • Mobil MPV 2 – https://goo.gl/h14wL4
  • Seat belt – https://goo.gl/VP6nTv